- Beranda
- Kendaraan Roda 2
###### KKK (Kawasaki KSR @Kaskus) :: ######
...
TS
tongam.tampubol
###### KKK (Kawasaki KSR @Kaskus) :: ######
Selamat datang di thread:
KKK(KAWASAKI KSR @Kaskus)
Kita bukan club, geng, tim sukses, or apalah yang sifatnya mengkotak-kotakkan. Kita adalah pengguna motor Kawasaki KSR yang merupakan mini motor sport dengan desain trail yang ingin memperkenalkan motor tersebut dan juga buat sharing seputar motor tersebut, karena terbilang masih baru di Indonesia (khususnya bagi pengguna angkatan 2013 kayak Saya, hehehehe ).
Perkenalan KSR
KSR adalah motor keluaran Kawasaki untuk kategori "Mini Super Sport" yang juga disebut sebagai "Mini Motard", yang didesign di Jepang, sedangkan produksinya kebanyakan dari Thailand.
KSR Punya Versi
KSR memiliki beberapa versi keluaran, diantaranya adalah:
Versi Mesin 2 Tak (1998 - 2001)
Ini KSR versi paling lawas, dengan mesin 2 tak 50cc - 80cc. Saya kurang tahu pasti tahun berapa keluarnya, cuma dari telusuran beberapa website kebanyakan pemilik KSR model ini memiliki keluaran antara tahun 1998 sampai 2001. Pengen banget neh pnya engine 2 tak kayak gini, mungkin lebih ngacir kali yah tapi sayang, hanya dijual di Jepang.
Penampakan full:
Penampakan bagian engine:
Selanjutnya dibawah ini adalah versi sesungguhnya yang keluar di asia:
Versi 1 (2005 - 2008)
Versi 2 (2011)
Perubahan: Dashboard, Velg, Head Lamp, Kaca Spion
Versi 3 (2013)
Stiker Baru (2014)
Perubahan: Electrict Starter
Versi 4 (2014)
Stiker Baru (2015)
Perubahan: Cakram, Kopling Manual
cc KSR
KSR memiliki cc sebesar 111m3, dan boleh diupgrade ke 125cc, 138cc, 148cc, 178cc dan sebagainya. Upgrade membutuhkan kit khusus yang paling terkenal adalah merek TBOLT (Usa), Kitaco atau Takegawa (Jepang).
Kalau mau upgrade jangan lupa cari mekanik yang bagus ya
Top Speed
KSR dapat memacu kecepatan hingga 100km/jam untuk yang standard, dengan beban 80kg. Perlu diingat, motor ini bukan untuk balap-balapan, namun motor ini digunakan untuk bersenang-senang sesuai motonya yaitu "FUNBIKE".
Bagian-bagian KSR:
1. Dashboard
2. Handle
3. Roda
Harga?
KSR pada tahun 2015 untuk kelas PRO bernilai Rp. 24.900.000 sedangkan yang standard bernilai Rp. 23.900.000 dan semuanya udah on the road.
Soal harga biasanya dealer memberikan diskon, dan setiap dealer diskonnya berbeda-beda, silahkan dicari aja sesuai selera, hehehe...
Untuk harga up to date silahkan mengacu ke website resmi Kawasaki yang bisa di akses melalui link berikut:
Website Kawasaki KSR
Lama STNK turun setelah pembelian biasanya 2 bulan, maklum motor build up, tapi biasanya bisa lebih cepat.
Kapasitas Bensin
Kapasitas bensin berkisar 7.3Liter, lumayan gede kan? tapi jng kuatir, motor ini tidak boros kok.
1 Liter bisa menjangkau 50 sampai 55 km.
Ukuran Ban
Ukuran ban pada KSR standard adalah:
Diameter Jari-jari 12 inci dengan lebar dan ketebalan,
Depan 110/90 dan belakang 110/90, dan ber-merk IRC
Kamu dapat menggunakan merk ban lain yang kebanyakan berukuran,
Depan 110/70 atau 120/70 dan belakang 120/70 atau 130/70, diantaranya merk Pirelli EVO/GTS, Metzeler Me7teen, Deli Tire
Kalo kamu tidak punya waktu atau kesulitan mencari ban, bisa memesan ke salah satu temen KSRs, silahkan lihat kontaknya dibawah.
Ukuran Gear Dan Rantai
Ukuran standard untuk gear yaitu = 15 - 31, sedangkan rantai yaitu 420
Boleh banting jarak jauh
KSR bisa kamu ajak touring atau jalan jarak jauh, temen-temen disini sering mengadakan turing jarak jauh (Jakara - Bogor) dan terbukti KSR mampu menjalaninya.
Boncengan? Kenapa tidak
Pada dasarnya KSR didesign untuk single seat, atau motor yang dikendarai oleh satu orang, karena sesuai motonya yaitu "FUNBIKE".
Namun kamu bisa membeli aksesoris seperti rear footrest serta jok kursi / seat extend / long seat (bisa dimodif) agar dapat boncengan menggunakan KSR.
Supaya aman, maximal 2 orang aja ya
Merawat motor
Perawatan motor sama seperti motor pada umumnya, ganti oli setiap 1 bulan sekali (standard oli yaitu KGO, bisa menggunakan shell, motul, yang penting 4T), ganti oil filter setiap 1000km, ganti busi (standard busi yaitu NGK C6HSA) jika sulit di starter atau kendala brebet/sering mogok, serta lumasi gear and rantai.
Perlu diingat, motor KSR adalah motor bandel, jadi sangat jarang terjadi kerusakan, so, rawat yg bener ya!!
Tidak punya diameter indicator bensin
Buat yang terbiasa dengan indikator bensin setelah menggunakan KSR akan terasa asing, karena pada KSR indikator bensin sayangnya tidak ada.
Tapi kamu tidak perlu kuatir, sistem keran bensin yang diterapkan bisa membantu kamu, karena sebelum bensin akan habis pada posisi FULL, motor akan berebet yang menandakan bahwa keran bensin harus diputar pada posisi REST.
Posisi keran REST menyediakan 1 liter bensin kurang lebih, sehingga kamu bisa buru-buru mencari POM Bensin terdekat paling tidak jaraknya tidak lebih dari 40-50km.
Spartpart
Untuk mencari spartpart KSR susah-susah gampang, apalagi sejak tahun 2013 penjualan KSR meningkat (sejak ada KKK, hehehehe, songong dikit ), jadi spartpart bisa cukup mudah didapatkan di dealer-dealer resmi Kawasaki.
Jikapun temen-temen kesulitan, dapat menghubungi kita atau salah satu temen KSRs yang menjual dibawah page ini.
Kamu harus memilih KSR
Kenapa kamu harus memilih KSR? Jawaban dari orang-orang yang telah membelinya lebih dahulu adalah:
+ KSR itu unik, lucu dan menarik perhatian (sampai ada yg susah tidur dan menabung lama demi mendapatkannya)
+ Dapat dimodif/custom sesuai selera, dan semakin keren bila dimodif serta aksesoris menarik sangat banyak
Aksesoris/sparepart diantaranya:
+ Oil Cooler
+ Rear Footrest
+ Engine Protector
+ Handle Bar
+ Kursi (Seat)
+ Head Lamp
+ Kaca Spion
+ Velg/Jari (Bisa custom ring 14 juga)
dan lain-lain...
Spesifikasi Akhir KSR (Standard)
Suspensi Depan: TUBE BACK BONE
Suspensi Belakang: TUBE BACK BONE
Rem Depan: Disc Brake NISSIN
Rem Belakang: Disc Brake NISSIN
Ban Depan: 100/90-12 49J / Tubeless
Ban Belakang: 100/90-12 49J / Tubeless
Panjang x Lebar x Tinggi: 1.725 x 725 x 1020 mm
Jarak Poros Roda: 1.170 mm
Berat: 95kg
Kapasitas Bensin: 7.3 liter
Trail: 73 mm
ENGINE
Tipe: Air Cooled, 4 Stroke Single
Maksimum Power: 6.3 / 8.000 KW /rpm
Torsi Maksimum: 8.6 / 6000 Nm /rpm
Karburator: Caburator Keihin BP18
Diameter x Langkah: 53.0 x 50.6 mm
Valve System: SOHC, 2 Valves
Perbandingan Kompresi: 9,5:1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi: 4-speed
Curcol Pengalaman Pribadi
Awalnya Saya belum kenal ini motor, cuma Saya udah lama demen sama motor trail, apalagi sewaktu ngeliat motor model trail ala kawasaki yaitu KLX maupun D-TRACKER. Waktu itu masalah utama Saya adalah biaya, karena harga motor KLX ataupun D-TRACKER mencapai 20jutaan lebih.
Namun setiap kali Saya melihat motor-motor tersebut melintas, Saya jadi greget tetap harus wujudkan. Akhirnya sempat pengen nyoba-nyoba beli yang versi bekas biar murah. Namun dasar gag pernah berjodoh sama motor bekas, sewaktu ada duit Saya langsung ke dealer kawasaki untuk beli yang baru saja.
Dasar emang nggak jodoh sama ini motor. Waktu itu Ibu Saya ikut serta untuk melihat motor yang Saya damba-dambakan itu. Namun Ibu Saya bilang, motornya terlalu tinggi untuk Saya dan lebih parahnya lagi Saya emang nggak penah pakai motor kopling!!! Ibu Saya tidak menyetujui atas keinginan Saya tersebut, dan lantas Saya sempat kecewa
Tidak berlama-lama, Saya cari info2 di Internet apakah ada yang model KLX atau D-TRACKER tanpa kopling. Ada aja sih, tapi harus modif2 dan gag bawaan dari kawasakinya. Lantas Saya gag berani kalau main modif2an, maklum kalau sudah modif ke arah rangka ama mesin, Saya nggak suka
Akhirnya sewaktu Saya kunjungi situs kawasaki indonesia, wew mengejutkan... Saya ditunjukkan langsung sama bannernya si motor imut... penasaran karena modelnya sesuai keinginan Saya yaitu trail!!!.... pas lihat-lihat lagi spesifikasinya... wow.... ternyata tanpa kopling!!! asyikk.... tanpa berlama-lama Saya langsung ajak Ibu Saya, dan akhirnya jodoh... Ibu Saya menyetujuinya!!!
Awal lihat ini motor, mantab deh bodynya... walaupun imut kelihatannya, tapi kenyataannya masih lebih tinggi dari motor2 matic pasaran , hanya saja panjangnya yang membuat seakan2 kecil... padahal masih tetap bisa bonjengan.
Di thailand ini motor katanya udah lebih nongol dibanding KLX ataupun D-Tracker dan menjadi tren dsana. Sayang saja disini blum begitu, jadi aksesoris KSR ini belum memadai.
Bagi Saya motor ini asyik, kekuatan motor ataupun maximum kecepatannya sebanding dengan body untuk keamanan berkendara, trus yang paling mantab responsivenya... jadi untuk mengeok keok jalanan macet mantablah!
Kekurangannya paling disisi stang sepertinya perlu di tinggin dan jok kursinya juga perlu ditinggin juga untuk ukuran tinggi badan 160cm++, seperti Saya tentunya .
Buat aganman dan aganwoman yang punya pengalaman dengan KSR disharing disini yah.
Salam Manis, Tongam Tampubolon
Syarat nge post di thread ini yaitu:
- NO SARA
- NO PENIPU
- JUAL - BELI is OKE
- Kritik n Saran
- TIPS n TRICK di SARANKAN
- Ngasi Jadwal Ajak jalan-jalan sesama pengendara KSR boleh tuh!
OKe sekian dulu, ditunggu postingnya!!! Salam manis
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
428.1K
1.9K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•12.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya