forzafauzanAvatar border
TS
forzafauzan
PKI: Propaganda dan Manipulasi Sejarah
Bismillahirahmannirahim...

Sebelum ane nulis ini, ane sadar harus kuat mental karena apa yang ane tulis ini perspektif yang kurang mainstream di masyarakat kita. Tapi ane cuma mau berbagi dan meluruskan kesalahpahaman aja diantara kita tentang peristiwa yang dikenal dengan G30S/PKI. Semoga tulisan ini bisa membuat kita belajar jadi bangsa yang beradab.

Spoiler for Dibalik Hegemoni Orde Baru:


Apa yang terlanjur beredar di masyarakat saat ini adalah sebuahbrainstorming yang sukses dilakukan pemerintahan Orde Baru.Jangan heran kalau mindset yang masih eksis adalah PKI itu jahat, karena proses pencucian otak bangsa ini melibatkan multi aspek. Mulai dari sosial hingga pendidikan.
Kita sebagai generasi penerus bangsa nyatanya telah diwariskan suatu pemikiran yang diskriminatif dengan membenci PKI. Padahal yang terjadi adalah sebuah skenario besar untuk menggulingkan rezim dan menggantinya dengan rezim lain yakni Orde Baru.
Tuduhan2 semacam PKI tidak beragama, tidak memiliki Tuhan, bahkan hingga dituduh ingin mengganti ideologi Pancasila.

Kalau agan2 mau tau fakta mengenai PKI, silahkan agan tonton film dokumenter dari Joshua Oppenheimer. Ada dua film, judulnya: The Act of Killing dan satu lagi, The Look of Silence. Pria berkulit putih merata (alias Bule) yang satu ini berhasil menyentil dan mencabik-cabik nurani ane pas nonton filmnya.

Pengalaman ane setelah baca berbagai referensi buku dan film tentang PKI, jujur ane langsung ngerasa bersalah dan malu. Bersalah karena pernah juga membenci PKI (karena perspektif yang ane pake dulu adalah warisan Orde Baru yang laten di buku2 pelajaran sekolah), dan malu karena sebagai bagian dari bangsa Indonesia ane nggak punya power untuk melakukan sesuatu yang bisa memperbaiki citra PKI yang terlanjur dicap buruk di masyarakat.

"Those who don't know history are destined to repeat it" - Edmund Burke -
0
67.4K
658
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.