Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
806
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5609072ac3cb175a5a8b456c/klarifikasi-terbuka-bukalapak-terhadap-thread-agan-nita82
Halo Agan dan Aganwati, Sempat mencuat informasi terkait kendala yang dialami pelapak atas nama “Nita82”. Ane mewakili Bukalapak sebelumnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada agan Nita82 atas ketidaknyamanan yang dialami. Sejak 25 September 2015 yang mengatakan bahwa pihak pelapak tersebut menganggap Bukalapak lebih memihak pembeli dan pelapak/seller merasa dirugikan. Bah
Lapor Hansip
28-09-2015 16:23

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Halo Agan dan Aganwati,

Sempat mencuat informasi terkait kendala yang dialami pelapak atas nama “Nita82”. Ane mewakili Bukalapak sebelumnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada agan Nita82 atas ketidaknyamanan yang dialami.

Sejak 25 September 2015 yang mengatakan bahwa pihak pelapak tersebut menganggap Bukalapak lebih memihak pembeli dan pelapak/seller merasa dirugikan. Bahkan Bukalapak dinilai “membantu penipuan”. Perlu ane klarifikasi bahwa Bukalapak adalah platform e-commerce yang dijamin keamanannya. Tidak ada sama sekali niat menipu dari Bukalapak ataupun melindungi penipu, sedikitpun.

Untuk itu, ane mau jelasin kejadian detail terkait pelapak jika disesuaikan dengan kebijakan dan aturan penggunaan di Bukalapak.

Poin pertama, Bukalapak senantiasa menjunjung tinggi customer experience dari pengguna website kami. Bukalapak berusaha menciptakan suasana berbelanja online yang aman sekaligus nyaman bagi penggunanya. Jika pembeli menerima barang tidak sesuai dari pelapak, maka pembeli memiliki hak untuk melakukan pengembalian barang. Adapun retur (pengembalian barang), hanya diperbolehkan jika kesalahan dilakukan oleh pelapak dan barang tidak sesuai deskripsi. Hal ini bisa agan-aganwati lihat pada Aturan Penggunaan kami di www[dot]bukalapak[dot]com[slash]terms poin 11 kategori Transaksi.

Dari poin Aturan Penggunaan tsb, bisa dilihat bahwa kami berusaha tidak memihak pada salah satu pengguna, baik pelapak ataupun pembeli. Namun berusaha memberikan kebijakan terbaik, tergantung masing-masing kasus. Pembeli berhak melakukan retur, namun tidak boleh seenaknya jika pelapak sudah mengirimkan sesuai deskripsi.

Back to the topic. Sebagai informasi, agan Nita82 memiliki banyak lapak di Bukalapak, yang bahkan beberapa lapaknya termasuk pelapak kategori aktif, antara lain :

1. Roxymas (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] nita82)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

2. Upinipin Sparepart (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] ipin_sparepart)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

3. Raja Sparepart14045 (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] rajasparepart14045)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

4. Original Sparepart (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] original_sparepart)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

5. Toko Original Murah (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] toko_sparepart)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Adapun agan Nita82 menerapkan aturan sendiri di beberapa produk lapaknya, seperti tampilan ini : www[dot]bukalapak[dot]com[slash]p[slash]handphone[slash]aksesoris-handphone[slash]cns5p-jual-lcd-fullset-frame-samsung-s4-gt-i9500

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Seperti yang ane jelasin sebelumnya bahwa Bukalapak memiliki Aturan Penggunaan dimana pembeli dapat melakukan retur, namun dengan catatan, bahwa barang yang diterima memang tidak sesuai.

Lalu muncul pertanyaan, jika pelapak sudah mengirim sesuai deskripsi dan pembeli terima barang tidak sesuai? Kalau ini beda kasus gan hehe. Bukalapak akan meminta foto bukti barang yang diterima pembeli. Jika kami anggap pelapak sudah sesuai prosedur, maka kebijakan kami dana diteruskan ke pelapak.

Poin yang ingin ane sampaikan bahwa, kami menangani setiap kendala transaksi sesuai kondisi masing-masing transaksi dan berusaha membuat kebijakan win-win solution. Sehingga mimpi kami mewujudkan customer experience berupa kenyamanan dan keamanan berbelanja online dapat terwujud.

Ane mau menjelaskan kronologi kejadian transaksi yang agan Nita82 maksud, yaitu transaksi 150907167446. Ane cukup sulit menemukan transaksi ini, karena pelapak tidak menginformasikan di thread yang dibuatnya meskipun ane beberapa kali meminta konfirmasi.

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Ane juga sempat menghubungi agan Nita82 beberapa kali sejak 25 September 2015, namun nomor handphone yang dicantumkan di lapaknya belum terdaftar. Ada juga sih beberapa nomor lain yang dicantumkan, namun tidak aktif. Contoh, 082296698xxx dan 087722166xxx. Kedua nomor inilah yang dimasukkan pelapak pada data seluruh lapaknya. Sayangnya ane ngga bisa hubungi keduanya.

Pada transaksi tersebut, pembeli melakukan pemesanan per 7 September 2015 pukul 16.47. Pelapak Original Sparepart konfirmasi pengiriman per 9 September 2015 pukul 03.17. Beberapa hari kemudian, pembeli konfirmasi terima barang, namun tidak sesuai deskripsi per 13 September 2015 pukul 02.13. Adapun barang yang diterima kami cek memang tidak sesuai (bisa dilihat pada lampiran berikut) :

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Sedangkan spesifikasi produk yang ditampilkan pada halaman lapak www[dot]bukalapak[dot]com[slash]p[slash]handphone[slash]aksesoris-handphone[slash]5uu07-jual-touchscreen-mito-t970-ic-original sebagai berikut :

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Kami meminta konfirmasi pelapak namun tidak ada respon. Kami kemudian berkesimpulan bahwa pembeli memang menerima barang tidak sesuai dan memiliki hak untuk retur. Sehingga per 16 September 2015 kami meminta alamat retur kepada pelapak melalui email. Kemudian per 18 September 2015 kami menerima respond dan membalas email pelapak, serta meminta kembali alamat retur. Namun pelapak juga tidak menginformasikan alamat pengembalian barang.

Kami kemudian berinisiatif konfirmasi ke pelapak melalui diskusi pengembalian barang per 24 September 2015, namun tetap tidak ada informasi alamat retur. Pelapak merespon per 26 September 2015 meminta bukti terima barang. Kami pun mengirimkan foto bukti barang rusak yang diteruskan dari pembeli per 27 September 2015 dan memberikan waktu 1x24 jam kepada pelapak agar konfirmasi alamat pengembalian barang.

Hingga saat ini, 28 September 2015 pukul 14.39, pelapak tidak menginformasikan alamat pengembalian barang. Sehingga kami memutuskan barang dikembalikan ke kantor Bukalapak dan saat ini masih menunggu informasi nomor resi dari pembeli terkait. Jika barang sudah kami terima, maka akan kami bantu teruskan ke pelapak.

Nah agan-aganwati pasti bertanya-tanya, Bukalapak pernah ngga menangin pelapak? Ane kasih contoh kasus dari salah satu lapak agan Nita82 juga aja ya :

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Pada kasus diatas, pembeli konfirmasi mau mengembalikan barang per 16 Maret 2015. Namun pembeli tidak konfirmasi terkait kelanjutan retur hingga 27 Maret 2015. Pembeli terkait juga tidak menjelaskan alasan retur dan sebagainya. Sehingga kebijakan kami, transaksi kami selesaikan dan dana kami teruskan ke dompet salah satu lapak agan Nita82. emoticon-Smilie
Semoga dengan adanya thread ini, agan-aganwati bisa lebih memahami kendala terkait, sekaligus menambah pengetahuan agan-aganwati untuk bertransaksi aman dan nyaman di Bukalapakcom.

Oh ya, sebagai informasi saat ini Bukalapak sudah memiliki Call Center 24 jam. Agan dan aganwati bisa menghubungi via hotline 1500-350. Jadi jika menemui kendala selama transaksi di Bukalapak, bisa hubungi tim kami. Bisa juga melalui email : cs [at] bukalapak [dot] com atau akun Facebook : https://www.facebook.com/Bukalapakdotcom dan Twitter : @bukalapak.

Akhir kata, bagi kami pembeli adalah raja. Penjualpun kami jadikan raja. Karena itu Bukalapak sebagai penengah agar pada raja-rajanya mendapatkan pelayanan yang nyaman dan adil. emoticon-Smilie

Fadly
Customer Support Officer
Bukalapakcom
Diubah oleh billycare
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 18 dari 41
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:44
ayo Mas billy, buat forum klarifikasi juga di bukalapak.. jadi tandingan Kaskus emoticon-Sundul
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:45
panjang gan ane baca dulu emoticon-Ngacir
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:46
ane seller juga di bukalapakcom
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:47
klo penjualnya udah nakal kirim barang bekas padahal bilangnya baru, dan sampe sekarang masih ga bisa dihubungin, dah fix lah kiranya siapa yg salah disini..

mending tuh uang segera dibalikin aja ke pembeli emoticon-Big Grin
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:47
nah, sekarang mari kita tunggu balasan dr ybs.
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:48
hadoooh ada ada aja. sayang imeh bukalapak udah tercoreng kemaren kemaren gara gara trit si nita
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:50
Quote:Original Posted By hahahihihuhuhe


Gan , skrg ane sbgai seller balikin ke ente aja , kalo seller ud kirim brg bener tau" si buyer nakal nuker brg nya jd barang rusak trus klik retur dan duit nya balik ke buyer brrti buyer enak dng dpt brg gratisan ?
Yg lagi" pihak seller d rugiin emoticon-Big Grin


Yang ane baca gan, kalo buyer ngeklik retur duit ga langsung balik tapi nanti bikin trit diskusi retur dulu ama seller. Nah disitu nanti komunikasi deh sampe ada kesepakatan buyer ama seller. Kalo udah sepakat baru deh balik duitnya. Pihak BL mungkin yang jadi kayak juri atau mediatornya gitu kali ya.

Pendapat ane sih mau sebagus apapun, sistem yang dibikin manusia pasti ada cacatnya. Kasus2 kayak gini biasanya bukan karena ada pihak yang mau ngerugiin tapi biasanya masalah komunikasi. Makanya kalo akad jual beli, dua pihak emang harus positif thinking. Kalo kata agama dua2nya harus punya niat saling ngasih manfaat dan kemaslahatan. Kalau pengen bikin ecommerce maju ga bisa cuma penyedia platform aja, seller ama buyer juga sama2 harus smart dan pengertian. Intinya semua pihak harus kerjasama lah kalo pengen iklim ecommerce kita kondusif. Ga bisa saling nyalahin dan mau menang sendiri.
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:51
wow, bagus gan... bener gak ada namanya transaksi jual beli online gak ketemuan sama gak ada garansi masa gak bisa refund... kalo mau dibahas Uu tentang perlindungan konsumen tuh si agan nikita uda melanggar karena di Uu tersebut setau ane ada bagian jika barang gak sesuai dengan apa yg dijelaskan dan dimaksud penjual maka pembeli berhak menerima pengembalian atau ganti ke barang yang baru.... ini mah jualan tapi malah ngerugiin konsumen, sama aja kaya sesepuh bilang "maling kok teriak maling"
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:53
Ane lumayan sering belanja online gan (walau belinya barang kecil kecil).. hehehehe.
beberapa kali beli di bukalapak, lumayan enak karena ada jaminan 4 hari nyampe. cuman kalau di komparasi dengan L*Z*** kayaknya kalah dalam model free ongkir jabodetabek untuk pembelian 100rb, dan sering ada flashsale.. tidak berniat menjelekkan, yang sangat tidak memuaskah adalah M***H*** Mall, ane beli sekali, datangnya lama banget, barangnya hoak plus refund susah. Jadi sekarang kalau nggak beli di L*z*** ya bukalapak.. sekedar sharing aja.
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:56
Bahahahaa sekarang sudah terbukti pelapornya niat nipu emoticon-Ngakak

masa jualan kaga ada yang aktif nomernya.,, ganti ganti pula nomernya
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 12:57
Numpang mantau juga dah buat cerita yg satu ini...
dan nunggu klarifikasi dari pihak2 yg terkait...
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:01
Quote:Original Posted By nita82
Di baca dulu gan,surat cinta ane emoticon-Smilie , ini minta retur tanpa sebab,tanpa bukti,pembeli hanya klik retur barang dan tidak ada bukti di diskusi retur emoticon-Smilie , tiba2 admin masuk ingin mengembalikan uang nya pembeli,saya rugi di barang dan rugi di ongkir,emang nya ongkir pihak bukalapak yg bayar kah ?
Kalau ada komplain yg lain juga saya tanggepi kok gan,ada bukti nya di tread saya

Sparepart dimana pun agan membeli tidak akan ada garansi gan,bisa agan cek langsung ke toko sparepart offline kok,sparepart yg garansi itu hanya LCD SATU SET DGN TOUCHSCREEN,itu pun garansi hanya 2-3 hari aja

Apalagi kalau membeli touchscreen hp cina yg tidak ber IC,tidak bisa test di tempat (sama seperti beli kucing dalam karung )

Pernah juga kejadian retur karena pembeli yg salah membeli tetapi malah seller yg disalahkan dan di tuntut uang kembali,siapa yg di rugikan ? Pasti nya penjual

Dan pernah juga ada seorang pembeli membeli kaca touchscreen ( kaca bukan touchscreen ya ) tetapi tidak bisa memasang nya dan kemungkinan besar semua tukang service di kota si pembeli kaga ada yg mau pasangin,bisa jadi karena si buyer mau biaya murah yg tidak sesuai dgn resiko nya si tukang service,tetapi si pembeli nuntut minta kembali uang / refund,siapa lagi yg rugi ? Jelas si penjual pasti nya yg rugi,karen di fitur BL tidak ada kembali uang sebagian seperti si lapak sebelah

Touchscreen ber IC garansi kalau agan membeli sparepart nya bayar 2x lipat dari harga si toko jual,harga standart / murah tidak akan pernah toko sparepart offline kasih garansi,bisa di coba dan iseng2 langsung ke lapangan,lain cerita nya kalo agan ke tukang service yak,karena para tukang service sudah 100-300% ambil keuntungan nya,kenapa ? Karena para tukang service tau konsekuensi nya

Oh ya Dan hebat nya lagi pernah saya mendapat kan barang returan yg ternyata bukan barang saya,jadi pembeli membeli barang saya dan komplen ke saya,oke lah saya retur dan ternyata itu barang bukan milik saya emoticon-Smilie siapa yg rugi ? Penjual bukan ? Bisa agan liat juga tread dari kasuser yg lain nya,barang BNIB jadi barang bekas,kasian kan,barang baru jadi barang bekas rugi berapa ratus rebu coba ? Ongkir siapa yg bayar ? Penjual juga kan,rugi juga kan di ongkir,tapi pihak BL me refund full kepada pembeli,sedangkan percakapan yg saya liat dan anak2 kaskus liat,memang buyer yg salah dan admin BL jelas2 sangat pro ke pembeli

Saya bukan org yg gak ada kerjaan juga bikin tread kaya ginian,jujur aja cape gan karena ga pernah di tanggapi oleh pihak admin BL

Yg saya sangat aneh kan lagi,kenapa pihak BL hanya bisa di hub lewat email ? Kenapa tidak pernah masuk ke fitur layanan pengguna kaya lapak sebelah ? Pihak BL pernah ngomong ke saya pada saat saya dtg ke kantor BL,dengan alasan banyak email yg mental dan tidak masuk ke inbox mereka wkwkwk,bodoh bukan seperti itu ? Saya tegaskan sekali lagi,kalo memang komplenan para buyer atau seller sering mental gak masuk email nya ke inbox anda,kenapa di fitur BL anda tidak bisa di hub seperti lapak sebelah ?

Cape sebener nya ngetik2 kek gini,kaya org ga ada kerjaan,tp ya buat kemajuan pihak BL itu sendiri sebener nya,anda bilang admin anda menjadi pihak menengahi masalah,bukti nya mana ? Tidak ada sama sekali sampai detik ini min,inget loh trakhir saya datang bulan maret kalo ga salah,skrg udah mau oktober,sudah 7 bulan loh,sehingga saya buat surat seperti ini,mau dtg lagi ke kantor BL,hanya buang2 waktu aja,tanpa hasil sm sekali dan lucu nya,saya bertemu admin BL dengan berganti2an admin selalu pada hari yg sama,kaya main lempar2an dan seperti nya tidak ada yg bisa menjawab pertanyaan saya pada saat saya disana

Inget loh min uang saya banyak yg hilang disana dan saya hub pembeli nya doi bilang sudah ada di kantor bukalapak dan pada saat saya ingin minta,ente bilang,yg nerima supir / apalah,sehingga barang saya hilang dan ongkir pun hilang itu kejadian kalo ga salah maret atau april kek nya,tp saya anggap itu selesai,karena yg itu okelah rugi,tp yg lain nya kan untung,tp kalo di biarin bgini trs waduh bisa bahaya min,kasian seller2 kecil kaya saya yg lain nya kalo terjadi seperti ini

Id saya di BL sangat banyak sekali mungki ada 15 id yg aktif dengan rekening yg ber beda beda yg tadi nya setiap hari minimal 50 alamat saya kirim dr BL,tetapi sejak kejadian bulan maret lalu,sudah mulai saya kurangi jualan di BL,karena apa ? Deg2an juga min kalo kejadian kaya bgtu terus

Saya bukan tipe org yg tidak tau berterima kasih,saya sangat berterima kasih sama pihak BL sudah membantu penjualan online saya,tp kalo kejadian seperti ini terus menerus kasian sm yg lain

Hanya saran kalo bisa jualan di BL anda sortir para penjual nya dan kalo bisa ya kaya lazadut lah,berbayar / taro deposit dan seperti tokped bayar tiap bulan nya,jgn gratisan kaya seperti ini,hanya bayar push doang hadeh

Terima kasih
Nita82

ane paham keluhan ente gan..makanya itu kan secara pribadi..klo ane lho ya..tp kan pembeli yg lain boleh berasumsi yang lain...jadi tanpa mengirangi rasa hormat...ane komen diatas...ane jd pembeli juga gak mau dong beli barang gambling...saya tau resiko olshop..dan saya pilah2.ini hanya menurut pandangan disisi saya.ente sebagai penjual juga bergak menuliskan syarat seperti itu...ane g ngebela lho ya gan...ane cuma pembeli.dan pembeli boleh buat milih pembelinya...dan menganut apa yg disyaratkan sama penjual..selebihnya ya itu kan rejeki ente gan..ane cm ngasih pendapat aja..
best regards
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:04
Quote:Original Posted By retrocaster
Setuju sama komen agan di atas. Kalau emang si agan nita82 aktif jualan di BL, join aja sama komunitasnya. Jadi bisa lebih efektif, kalau-kalau ada masalah kayak gini. Toh, BL me-maintain komunitasnya dengan sangat baik kok (ane kebetulan beberapa kali sempet ikutan kopdar komunitasnya di Bekasi). Setiap ada seller yang punya problem transaksi, bisa langsung dibantu sama teman-teman komunitas.

Ane liat dari komennya agan nita82, semuanya resistant terhadap komen yang menyerang dia ya. Bahasanya juga ngehek (sama kayak bahasa yang dia pake di deskripsi lapaknya). Udah gitu, numpang jualan di tempat orang, tapi bikin aturan sendiri emoticon-Cape d... (S)

Nah, sekarang saatnya agan nita82 ngomong sama Om Fadly, CS-nya BL. Dengan kepala dingin dan bahasa seller yang bertanggung jawab gan. Toh, pihak BL udah inisiatif ngehubungin semua nomor hape agan (ngomong-ngomong, itu yang ente taro di BL nomor rumah ye gan? Ditelpon kagak ada yang nyambung).

Kecuali emang agan nita82 dihire sama e-commerce pesaing buat bikin black campaign, ya. Kalo emang begitu, yaudah jelek-jelekin terus aja BL, ampe kontrak agan sama si pesaing kelar.

*PS: ane baca thread agan nita82. Udah ane copy juga ke word. Ane siap bikin jadi pdf kalo emang ada yang butuh. Buat guideline komen, sebelum dikomenin agan niya 82 "baca thread ane dulu, tong. jangan asal jeplak


wah bener gan, ane di gituin , padahal umurnya belum tentu lebih tua dari ane ( gak ada etika tuh orang)
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:04
Quote:Original Posted By HPantik
Ane terbantu dengan adanya BL, thanks BL emoticon-Big Grin - dah nita kalo emang ga cocok tutup aja akun ente di BL. Buat website sendiri, trus buat aturan sendiri. Trus beli sendiri barang ente biar ga di komplen.


Quote:Original Posted By kakdr
Dari awal emang si nita82 ini uda kelihatan jual barang lotre.

Kalau di dunia grosir ada istilah barang borongan, dimana buyer membeli isi gudang seler dan menawar dengan Feeling. Nantinya dapat emas atau kaleng uda resiko buyer.

Nah si nita82 ini terapin di dunia retail.
Jual murah tapi resiko ditanggung pembeli.
Cuma sayangnya nita82 tidak jujur kalau barang dagangan dia bisa jadi emas bisa jadi loyang.

Dia cuma tekankan kalau barang tidak bisa diretur dengan alasan apapun, tapi dia tutupi barang loyangnya (yang gue yakin betul dari 10pcs yang terjual maksimal 3 yang bagus, sisanya sampah) dengan pengalih perhatian yaitu barang sudah di packing dengan rapih sebelum dikirim.

Barang yang memang sudah dasarnya rusak mau di packing Gimanapun gak bakalan jadi gak rusak ketika sampai di tangan pembeli




Adalah betul emoticon-Malu (S)
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:05
kalau menurut saya knp no hp tidak aktif atau tdk dapat di hubungi klau misal bisa lebih mudah pasti
tanpa agan salah2in adminnya.kalau di baca rule nya itu terlalu menguntungkan seller karena tidak ada garansai yang jelas
terlalu berbelit2
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:06
Quote:Original Posted By Audhumla


Yang ane baca gan, kalo buyer ngeklik retur duit ga langsung balik tapi nanti bikin trit diskusi retur dulu ama seller. Nah disitu nanti komunikasi deh sampe ada kesepakatan buyer ama seller. Kalo udah sepakat baru deh balik duitnya. Pihak BL mungkin yang jadi kayak juri atau mediatornya gitu kali ya.

Pendapat ane sih mau sebagus apapun, sistem yang dibikin manusia pasti ada cacatnya. Kasus2 kayak gini biasanya bukan karena ada pihak yang mau ngerugiin tapi biasanya masalah komunikasi. Makanya kalo akad jual beli, dua pihak emang harus positif thinking. Kalo kata agama dua2nya harus punya niat saling ngasih manfaat dan kemaslahatan. Kalau pengen bikin ecommerce maju ga bisa cuma penyedia platform aja, seller ama buyer juga sama2 harus smart dan pengertian. Intinya semua pihak harus kerjasama lah kalo pengen iklim ecommerce kita kondusif. Ga bisa saling nyalahin dan mau menang sendiri.


Nah kalo ga slah baca d thread nita , pihak BL mau retur secara sepihak gan jd bngung.. da paling enak FJB aja ga terima rekber ga trima transfer ,COD aja cocok -bayar-angkut emoticon-Ngakak
Diubah oleh hahahihihuhuhe
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:07
Quote:Original Posted By hahahihihuhuhe
Gan , skrg ane sbgai seller balikin ke ente aja , kalo seller ud kirim brg bener tau" si buyer nakal nuker brg nya jd barang rusak trus klik retur dan duit nya balik ke buyer brrti buyer enak dng dpt brg gratisan ?
Yg lagi" pihak seller d rugiin emoticon-Big Grin


kan udah dijelasin tuh sama buka lapak, tuh seller udah di konfirmasi buyer sama tim buka lapak, tapi dia gak respon emoticon-Ngacir2
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:11
Quote:Original Posted By kucing2015
kalau menurut saya knp no hp tidak aktif atau tdk dapat di hubungi klau misal bisa lebih mudah pasti
tanpa agan salah2in adminnya.kalau di baca rule nya itu terlalu menguntungkan seller karena tidak ada garansai yang jelas
terlalu berbelit2


Bro , jadi seller uda kuar modal sering d rugiin jg , bbrp x ane kirim brg d tuker sma buyer dgn brg rusak ,buyer tnggal klik retur doang .. enak d buyer dpt brg gratis nah seller nya ud rugi ongkos rugi modal , cape batin pula . ane cmn bsa elus dada kl dpt buyer macam bgtu emoticon-Frown makanya ane klo jualan skrg gbsa retur , kalo mau COD aj sma" enak sma" cape emoticon-Ngakak
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:12
Quote:Original Posted By ,*,**


kan udah dijelasin tuh sama buka lapak, tuh seller udah di konfirmasi buyer sama tim buka lapak, tapi dia gak respon emoticon-Ngacir2


Di konfirmasi ny buat nanya alamat seller kan gan ? Buat kirim brg balik
Diubah oleh hahahihihuhuhe
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 13:13
Quote:Original Posted By hahahihihuhuhe
Nah kalo ga slah baca d thread nita , pihak BL mau retur secara sepihak gan jd bngung.. da paling enak FJB aja ga terima rekber ga trima transfer ,COD aja cocok -bayar-angkut emoticon-Ngakak


makanya di saranin baca dua duanya gan, pihak buka lapak sudah berusaha menghubungi, dan buyer juga sudah konplain gak di tanggapi, dan sudah di kasih waktu untuk CMIIW
0 0
0
Halaman 18 dari 41
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia