Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
806
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5609072ac3cb175a5a8b456c/klarifikasi-terbuka-bukalapak-terhadap-thread-agan-nita82
Halo Agan dan Aganwati, Sempat mencuat informasi terkait kendala yang dialami pelapak atas nama “Nita82”. Ane mewakili Bukalapak sebelumnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada agan Nita82 atas ketidaknyamanan yang dialami. Sejak 25 September 2015 yang mengatakan bahwa pihak pelapak tersebut menganggap Bukalapak lebih memihak pembeli dan pelapak/seller merasa dirugikan. Bah
Lapor Hansip
28-09-2015 16:23

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Halo Agan dan Aganwati,

Sempat mencuat informasi terkait kendala yang dialami pelapak atas nama “Nita82”. Ane mewakili Bukalapak sebelumnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada agan Nita82 atas ketidaknyamanan yang dialami.

Sejak 25 September 2015 yang mengatakan bahwa pihak pelapak tersebut menganggap Bukalapak lebih memihak pembeli dan pelapak/seller merasa dirugikan. Bahkan Bukalapak dinilai “membantu penipuan”. Perlu ane klarifikasi bahwa Bukalapak adalah platform e-commerce yang dijamin keamanannya. Tidak ada sama sekali niat menipu dari Bukalapak ataupun melindungi penipu, sedikitpun.

Untuk itu, ane mau jelasin kejadian detail terkait pelapak jika disesuaikan dengan kebijakan dan aturan penggunaan di Bukalapak.

Poin pertama, Bukalapak senantiasa menjunjung tinggi customer experience dari pengguna website kami. Bukalapak berusaha menciptakan suasana berbelanja online yang aman sekaligus nyaman bagi penggunanya. Jika pembeli menerima barang tidak sesuai dari pelapak, maka pembeli memiliki hak untuk melakukan pengembalian barang. Adapun retur (pengembalian barang), hanya diperbolehkan jika kesalahan dilakukan oleh pelapak dan barang tidak sesuai deskripsi. Hal ini bisa agan-aganwati lihat pada Aturan Penggunaan kami di www[dot]bukalapak[dot]com[slash]terms poin 11 kategori Transaksi.

Dari poin Aturan Penggunaan tsb, bisa dilihat bahwa kami berusaha tidak memihak pada salah satu pengguna, baik pelapak ataupun pembeli. Namun berusaha memberikan kebijakan terbaik, tergantung masing-masing kasus. Pembeli berhak melakukan retur, namun tidak boleh seenaknya jika pelapak sudah mengirimkan sesuai deskripsi.

Back to the topic. Sebagai informasi, agan Nita82 memiliki banyak lapak di Bukalapak, yang bahkan beberapa lapaknya termasuk pelapak kategori aktif, antara lain :

1. Roxymas (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] nita82)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

2. Upinipin Sparepart (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] ipin_sparepart)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

3. Raja Sparepart14045 (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] rajasparepart14045)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

4. Original Sparepart (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] original_sparepart)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

5. Toko Original Murah (www [dot] bukalapak [dot] com [slash] toko_sparepart)
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Adapun agan Nita82 menerapkan aturan sendiri di beberapa produk lapaknya, seperti tampilan ini : www[dot]bukalapak[dot]com[slash]p[slash]handphone[slash]aksesoris-handphone[slash]cns5p-jual-lcd-fullset-frame-samsung-s4-gt-i9500

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Seperti yang ane jelasin sebelumnya bahwa Bukalapak memiliki Aturan Penggunaan dimana pembeli dapat melakukan retur, namun dengan catatan, bahwa barang yang diterima memang tidak sesuai.

Lalu muncul pertanyaan, jika pelapak sudah mengirim sesuai deskripsi dan pembeli terima barang tidak sesuai? Kalau ini beda kasus gan hehe. Bukalapak akan meminta foto bukti barang yang diterima pembeli. Jika kami anggap pelapak sudah sesuai prosedur, maka kebijakan kami dana diteruskan ke pelapak.

Poin yang ingin ane sampaikan bahwa, kami menangani setiap kendala transaksi sesuai kondisi masing-masing transaksi dan berusaha membuat kebijakan win-win solution. Sehingga mimpi kami mewujudkan customer experience berupa kenyamanan dan keamanan berbelanja online dapat terwujud.

Ane mau menjelaskan kronologi kejadian transaksi yang agan Nita82 maksud, yaitu transaksi 150907167446. Ane cukup sulit menemukan transaksi ini, karena pelapak tidak menginformasikan di thread yang dibuatnya meskipun ane beberapa kali meminta konfirmasi.

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Ane juga sempat menghubungi agan Nita82 beberapa kali sejak 25 September 2015, namun nomor handphone yang dicantumkan di lapaknya belum terdaftar. Ada juga sih beberapa nomor lain yang dicantumkan, namun tidak aktif. Contoh, 082296698xxx dan 087722166xxx. Kedua nomor inilah yang dimasukkan pelapak pada data seluruh lapaknya. Sayangnya ane ngga bisa hubungi keduanya.

Pada transaksi tersebut, pembeli melakukan pemesanan per 7 September 2015 pukul 16.47. Pelapak Original Sparepart konfirmasi pengiriman per 9 September 2015 pukul 03.17. Beberapa hari kemudian, pembeli konfirmasi terima barang, namun tidak sesuai deskripsi per 13 September 2015 pukul 02.13. Adapun barang yang diterima kami cek memang tidak sesuai (bisa dilihat pada lampiran berikut) :

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Sedangkan spesifikasi produk yang ditampilkan pada halaman lapak www[dot]bukalapak[dot]com[slash]p[slash]handphone[slash]aksesoris-handphone[slash]5uu07-jual-touchscreen-mito-t970-ic-original sebagai berikut :

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Kami meminta konfirmasi pelapak namun tidak ada respon. Kami kemudian berkesimpulan bahwa pembeli memang menerima barang tidak sesuai dan memiliki hak untuk retur. Sehingga per 16 September 2015 kami meminta alamat retur kepada pelapak melalui email. Kemudian per 18 September 2015 kami menerima respond dan membalas email pelapak, serta meminta kembali alamat retur. Namun pelapak juga tidak menginformasikan alamat pengembalian barang.

Kami kemudian berinisiatif konfirmasi ke pelapak melalui diskusi pengembalian barang per 24 September 2015, namun tetap tidak ada informasi alamat retur. Pelapak merespon per 26 September 2015 meminta bukti terima barang. Kami pun mengirimkan foto bukti barang rusak yang diteruskan dari pembeli per 27 September 2015 dan memberikan waktu 1x24 jam kepada pelapak agar konfirmasi alamat pengembalian barang.

Hingga saat ini, 28 September 2015 pukul 14.39, pelapak tidak menginformasikan alamat pengembalian barang. Sehingga kami memutuskan barang dikembalikan ke kantor Bukalapak dan saat ini masih menunggu informasi nomor resi dari pembeli terkait. Jika barang sudah kami terima, maka akan kami bantu teruskan ke pelapak.

Nah agan-aganwati pasti bertanya-tanya, Bukalapak pernah ngga menangin pelapak? Ane kasih contoh kasus dari salah satu lapak agan Nita82 juga aja ya :

Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82

Pada kasus diatas, pembeli konfirmasi mau mengembalikan barang per 16 Maret 2015. Namun pembeli tidak konfirmasi terkait kelanjutan retur hingga 27 Maret 2015. Pembeli terkait juga tidak menjelaskan alasan retur dan sebagainya. Sehingga kebijakan kami, transaksi kami selesaikan dan dana kami teruskan ke dompet salah satu lapak agan Nita82. emoticon-Smilie
Semoga dengan adanya thread ini, agan-aganwati bisa lebih memahami kendala terkait, sekaligus menambah pengetahuan agan-aganwati untuk bertransaksi aman dan nyaman di Bukalapakcom.

Oh ya, sebagai informasi saat ini Bukalapak sudah memiliki Call Center 24 jam. Agan dan aganwati bisa menghubungi via hotline 1500-350. Jadi jika menemui kendala selama transaksi di Bukalapak, bisa hubungi tim kami. Bisa juga melalui email : cs [at] bukalapak [dot] com atau akun Facebook : https://www.facebook.com/Bukalapakdotcom dan Twitter : @bukalapak.

Akhir kata, bagi kami pembeli adalah raja. Penjualpun kami jadikan raja. Karena itu Bukalapak sebagai penengah agar pada raja-rajanya mendapatkan pelayanan yang nyaman dan adil. emoticon-Smilie

Fadly
Customer Support Officer
Bukalapakcom
Diubah oleh billycare
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 7 dari 41
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:13
bego juga yang beli udah jelas2 kena tipu kok gak mau komplain sampai selesai
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:18
oalah klo diambil dri sudut pandang agan ini emang gak sesui diskripsi barangnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:18
berarti cman miss komunikasi aja yah.....selesaikan lah secara kekeluargaan....
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:23
Quote:Original Posted By anang165
wow perwakilan bukalapak angkat bicara emoticon-Matabelo
ane paham kok yg di rasain bukalapak

cuma terkadang ada saja pembeli yg iseng
barang di terima sesuai deskripsi, tp di komplen sama buyer dan di tukar barang yg dr seller dengan barang bekas kepunyaan buyer.
jadi si buyer mengaku2 kalo barang yg di kirim seller rusak, padahal sudah di tukar dengan si buyer.
nah itu gmn solusinya ?
kalo ane rasa, solusi macam ane sebutkan di atas susah untuk di carikan solusi.
seller ngaku udah kirim sesuai pesanan, tp buyer ngaku barang rusak karena udah di tukar sama dia.
tetep menang buyer.
rekber macam ni menang banyak ke arah buyer.


Itu udah sering terjadi gan emoticon-Smilie udah sering apes jg di BL,tp ya karena memang ane ngiklan di BL mau apalagi,tp yg saya liat,antara penjual dan admin tidak bisa di ajak bicara,saya pernah email ber kali2 sampai terkahir saya menggunakan kata2 kasar,lalu dgn tiba2 id saya di baned dan pada saat itu ada uang krn lbh 15-20jt, saya panik dan langsung ke kantor bukalapak,adu argument disana,saya gak akan pernah berkata kasar kalau memang tidak ada sebab,seller selalu di cuekin bro sm admin kalo komplen,lain cerita ya klo kita dtg ke kntr BL,kalo di baned pun langsung di bukain kok,tp kan ga mungkin setiap kali kena baned,harus ke kantor BL,main baned kaya anak kecil,padahal di sana masih banyak uang seller,sangat lucu sekali

Tp ya sudah lah,biarkan admin nya bekerja dengan maximal,benahi manage anda sebagai admin,saya seller aktif di BL,jangan sampai ada seller lain yg kena imbas nya karena ulah admin

Sebener nya saya juga males buat tread aneh2 mengenai BL,tp ya apa boleh buat,karena komplenan saya tidak pernah di tanggapi oleh pihak admin,terpaksa saya buat surat cinta

Kalo utk pencairan uang,memang saya akui BL lebih cepat drpd tokped,BL nyairin uang langsung masuk setengah jam kemudian

Sekali lagi sangat2 tolong pihak admin harus bisa tegas kepada pembeli di BL
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:26
Quote:Original Posted By donndonn


ane juga seller gan di BL
pernah jadi buyer juga, dan pas barang nyampe, gw lagi gak di rumah, tau2 status udah diterima aja, padahal belom gw buka
untung barangnya gak ada yg rusak emoticon-Big Grin
yg jadi masalah emang buyer nakal emoticon-No Hopes


kalo pas jadi buyer, ini emang kadang bikin deg2an sih.
apalagi kalo barang nyampe pas kita ga di rumah, jadi ga bisa segera dicek.

tapi kalo dari sudut pandang seller, kan kita pengennya duit cepet nyampe juga, ga lama2 ketahan.
susah juga kalau mau nyenengin semua pihak emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:33
Hhmmmmmm....
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:37
Quote:Original Posted By ilmaaa
kesalahan terletak pada penjual kalau menurut ane..
seharusnya penjual gak susah dihubungi kayak gitu dan foto barang harus sesuai dengan aslinya..

banyak banget kasus dengan penjual yang pakai foto asal comot alhasil banyak pembeli yang harus complain karena gak sesuai, dari sisi penjual seharusnya bikin dagangan yang sejels-jelasnya, kekurangan dan kelebihan harus dicantumkan.


Ente buka dulu trit nita82,
Disitu banyak banget yg kecewa sama BL,
Jadi pikir sendiri dah.

Klo klarifikasi bl malah menyalahkan nita sama aja menggali kuburan sendiri walaopun seandainya nita salah. Walaupun itu terlihat subjektif
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:42
2 kali transaksi di bukalapak...semua aman aman saja..fjb piye?
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:48
ini verified kah?
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
28-09-2015 23:58
hmm...
menurut pengamatan ane kesalahan memang terletak pada pelapak. Kalo emang ga terima harusnya sang pelapak mudah utk dihubungi bahkan yang menghubungi kantor BL tanpa perlu dikejar kejar oleh BL.

Huayoooo........

eh tapi juga bisa ya ada pembeli malah tukar balik sama barangnya yang udah rusak. Waduh.. Semoga bisa diselesaikan secara kekeluargaan deh..
Diubah oleh jeta.jeta
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:01
Quote:Original Posted By suparnokadiman

emoticon-Cape d... (S)

ane pedagang om,

ane jualan banyak di BL
ane jualan juga di Toped dan elevenia

ane ga pernah punya masalah sama ketiga tiganya

kenapa?

karena ane tau cara main masing-masing.
ane pelajari dulu peraturan masing2 tempat.

ga ngasal kayak ente gan emoticon-Najis (S)

ya elah gan, lo bikin ID aja baru 2 hari, post 19 buah, itu juga semuanya di thread nita, klo bukan orang bukalapak, ngapain lo bela2in bikin ID baru cuma buat jelek2in nita dan ngebela BL ?, tai lah klo lo bela2in buat ID cuma buat ngebela BL padahal lo cuma seller biasa.

TuanBeruang
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:09
Rame nih pada berantem, ane megang BL ah.
Aman aman aja soalnya belanja disono
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:16
Quote:Original Posted By TuanBeruang

ya elah gan, lo bikin ID aja baru 2 hari, post 19 buah, itu juga semuanya di thread nita, klo bukan orang bukalapak, ngapain lo bela2in bikin ID baru cuma buat jelek2in nita dan ngebela BL ?, tai lah klo lo bela2in buat ID cuma buat ngebela BL padahal lo cuma seller biasa.

TuanBeruang

gan, ane pembaca setia kaskus, tapi bukan poster.
ane bikin akun ini emang sengaja buat nge jawab thread nya si nita, itu ane udah bilang di post pertama ane malah.

ane penjual di BL gan, makanya ane punya kepentingan.
ane ga cuma belain BL gan, ane belain semua marketplace, karena jualan di situ.

seller macem nita ini yang bikin buyer kapok gan.

lagian, kenapa ente ga curiga juga kalo si nita itu orang tokopedia? jelas2 dia jelek2in BL dan nyuruh orang jualan di tokopedia?
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:19
Kasus yg kemaren yak? Mslh lcd? emoticon-Ngacir
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:23
Krena toped ada option trima retur ap ngga bro , mnurut ente aja klo ane jualan d BL tau" si buyer nuker brg ane dan lapor ke BL barang ga sesuai gmn critanya ?? Akirmya BL balikin duit buyer dan buyer kirim brg rusak ke ane.. untung d buyer dpt brg gretongan

Ah ga smua d jelekin kok BL sma agan nita , kt agan nita pencairan dana bagusa BL d bandin toped emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By suparnokadiman

gan, ane pembaca setia kaskus, tapi bukan poster.
ane bikin akun ini emang sengaja buat nge jawab thread nya si nita, itu ane udah bilang di post pertama ane malah.

ane penjual di BL gan, makanya ane punya kepentingan.
ane ga cuma belain BL gan, ane belain semua marketplace, karena jualan di situ.

seller macem nita ini yang bikin buyer kapok gan.

lagian, kenapa ente ga curiga juga kalo si nita itu orang tokopedia? jelas2 dia jelek2in BL dan nyuruh orang jualan di tokopedia?


Diubah oleh hahahihihuhuhe
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:24
klo ane sich gmw ngebela yg mana2..soale ane juga pengguna bukalapak.
tapi personal saya g akan ambil dl lapak agan nita dengan pertimbangan (no garansi,no retur,no refund)
buatane ini fatal dan bisa jadi pemikiran negatif
contoh kasus yang mgkn terjadi
anr beli barang denga. foto kondisi mulus,tapi daleman ancur sampe g bisa kepake.positif thinking nya rusak karena pengiriman.nethink nya pelapak kirim barang cacat.sedangkan barang g bisa diretur,no refund,no garansi.
rusak dimanapun mo di pelapak atau di pengiriman..uang sudah melayang...
jadi g ambil resiko buatbuang uang.mendingcari pelapak yg lain yg mungki lebih berani ngasih jaminan..klo takut beli aja dipusat hape kota agan...
bijak jadi pembeli aja gan....
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:29
Ane pribadi sebagai salah satu seller pelapak .. Ngasih apresiasi dengan kooperatif an kepada tim admin. Yg punya I'd kaskus yang gerak cepat menanggapi respon pelapak agan nita82 supaya tidak ada kesalah pahaman antara kita para pembaca . .


Semoga kita para kaskuser lebih telaah memilah mana steatment yang benar mana yang salah


0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:29
Nah akhirnya ada konfirm dari bukalapak juga,,
Ditunggu penyelesaian terbaik dah
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:32
Ane terbantu dengan adanya BL, thanks BL emoticon-Big Grin - dah nita kalo emang ga cocok tutup aja akun ente di BL. Buat website sendiri, trus buat aturan sendiri. Trus beli sendiri barang ente biar ga di komplen.
0 0
0
Klarifikasi Terbuka Bukalapak terhadap Thread agan Nita82
29-09-2015 00:33
menurut ane itu seller yg egois , dr point ke 3 aja ketauan .
masa garansi 7hr dari barang di kirim , sedangkan ekspedisi kalo lagi lemot tau sendiri lama nya kyk apa , apalagi yg kirim jauh"
0 0
0
Halaman 7 dari 41
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia