Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a7a51c98e31bb03d8b46f9/m2unity-komunitas-pengguna-mazda2-di-indonesia----part-1
:ilovekaskuss PERATURAN THREAD :ilovekaskuss NO SARA NO JUNK NO FLAME NO NUDITY NO PUBLIC SELLING :cendolbABOUT US:cendolb Salam Zoom-Zoom !!! M2Unity adalah komunitas bagi pengguna Mazda2 di Indonesia baik tipe Hatchback maupun Sedan. M2Unity didirikan pada tanggal 2 Oktober 2010 dan mempunyai harapan dapat menjadi wadah bagi pengguna Mazda2 di Indonesia dalam menambah wawasan dan jaringan yang a
Lapor Hansip
23-06-2014 10:55

��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ���

��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1

Quote:
emoticon-I Love Kaskus (S)PERATURAN THREAD emoticon-I Love Kaskus (S)


  1. NO SARA
  2. NO JUNK
  3. NO FLAME
  4. NO NUDITY
  5. NO PUBLIC SELLING


Quote:
emoticon-Blue Guy Cendol (S)ABOUT USemoticon-Blue Guy Cendol (S)

About Us


Quote:
Quote:
CARA BERGABUNG emoticon-Request

  1. Klik link berikut ini dan isi sesuai data ��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1

    Fungsi registrasi
    • Tentu saja untuk mengesahkan anda sebagai keluarga dari m2unity
    • Pemberian Nomor Lambung
    • Database resmi yang akan menjadi acuan untuk memberikan discount dari rekanan ataupun sponsor


  2. Gabung di mailing list yahoo groups m2unity. Mailing list ini adalah sumber informasi formal, baik untuk sekedar sharing informasi sesama anggota m2unity hingga informasi kopdar, discount dari rekanan dan sponsor M2unity. Cara bergabung di Mailing list M2unity Klik ��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1

  3. Transfer sebesar Rp. 100.000,- ke rek Kas M2Unity (Transfer ke Rek M2Unity BCA : 106 2284 786. Atas Nama: Munesh Pershotam Nandwani). Uang akan digunakan untuk kepetningan kopdar masing-masing daerah. Contoh anggota M2unity area Bandung yang sudah mentransfer ke Rek yang tertulis di atas, duitnya akan di transfer ke Kas M2unity Bandung yang akan di pakai untuk kepentingan bersama daerah Bandung. Untuk daerah yang belum ada ketuanya, uang akan di potong untuk biaya sticker dan pengiriman, Sisanya akan di kembalikan ke rekening masing-masing.

    Untuk bukti transfer mohon di email ke:
    • Andi Wicaksono - andi.wicaksono88@gmail.com - Selaku Sekjen M2Unity
    • Ogi - ogi_iskandar@yahoo.com - Selaku Book Keeper M2Unity
    • Munesh - muneshn7@yahoo.com - Selaku Ketua M2Unity

    • Pembuatan sticker sebagai tanda anggota & bergabung di group chat BBM, Line, Whatsapp. Setelah semua tahap di atas di penuhi, silahkan kontak bro Tony Andry di 769EF4EA untuk pembuatan sticker, bro Munesh 2AEE5096 untuk bergabung di group BBM, bro Dio "Line ID: dpr.junior untuk bergabung di group Line dan 0811182777 untuk bergabung di group Whatsapp


Quote:
Do follow us on twitter and like us on Facebook and also visit our site

��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1 emoticon-Bingung ��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1

��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1


Quote:
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
emoticon-Shakehand2



Quote:
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
emoticon-Sundul:



Quote:
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1

��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1


Quote:
Narsis


Quote:
Chapter


Quote:
Achievement


Quote:
Event


Quote:
emoticon-Bookmark (S)F.A.Q emoticon-Bookmark (S)
















Quote:
emoticon-Sundul Gan (S)Tips & Trick emoticon-Sundul Gan (S)



Diubah oleh M2unity
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 471 dari 501
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
19-09-2015 14:39
Quote:Original Posted By Maxime


Tq penjelasannya om, lalu bagaimana dgn teknologi vvt-i / v tec yg dipake toyotod / honhon om? Oh ya terkait kompresi , Seinget ane pertama vvt-i muncul ktnya "harus" pk plertamax tp lama kelamaan si berespun memperbolehkan pake plermium mengingat di tahun 2000an masih sangat2 jarang kendaraan menengah minum plertamax semuanya setia pake plermium

Si om kan org bengkel, pendapat ente Apakah bener sky ini lbh canggih dr vvt-i dan v-tec? Atau masih 11-12 aja emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


Hmmm kl yg si om blg di th 2000an sudah ada yg membahas ini apa dalam artian si masda ini "telat" mengaplikasi teknologi ini ke dalam produkmya ?
Seinget ane di th 2002/2003 si toyotod dan honda udah mengenalkan teknologi di mobilnya


Kalo vtec mah udah ketinggalan gan. kalo ivtec baru mantep spt halnya vvti. di skyactive, sy kurang tahu persis cam timing yg dipakai. tapi sepertinya belum ke "intelligent" itu spt di vvti dan ivtec (yg pure atau asli bukan spt di avanza atau honda jazz). Kalo aja mereka meng adopsi cam timing yg lebih intelligent, yg bisa berubah2 di hampir semua rpm, sy yakin skyactive akan lbh bagus dari vvti/ivtec, karena hal2 yg lain diluar cam timing, skyactive udah unggul/menerapkan kelebihan lain, spt di piston yg lbh baik utk pembentukan swirls & header panjang 421. Dan mungkin yg lain juga, namun krn ane belum pernah ukur2 port di mazda2, jadi belum bs komen dgn lbh banyak dulu.

Kalo soal oktan, yg lbh pengaruh adalah kompresinya gan. camry (vvti) pake kompresi 9.6, dan tentu bisa pake premium. vios pake kompresi 10.5, bagusnya pake pertamax... namun karena adanya knock sensor, premium pun bisa dgn penalti di power dan efisiensi yg menurun vs pertamax.

spt di posting seblmnya, yg ada di skyactive di sektor mesinnya, adalah teknologi biasa buat yg paham. cuma memang, yg ane sedihkan semakin terlihat, kalo kita di indo sangat terbelakang kalo urusan dgn airflow, spt pekerjaan di porting dan pembuatan exhaust system.

sederhananya, kalo kita/hasta bs lakukan, ga mungkin perusahaan top di mobil (pershn luar bukan lokal tentunya) tdk bisa. Namun perlu cost extra, spt pembuatan port yg lbh baik, kerjasama dgn perushn piston utk desain lbh baik, dan extra biaya membuat desain 421 vs 41, belum lagi ruang utk header yg panjang itu jg ga mudah dibuat...

skyactive di mesin mazda bukan berhbungan dgn cam timing secara langsung. tapi perbaikan2 di berbagai area yg berhubugnan dgn flow. ane ga akan heran, kalo port di intake mazda juga udah dibuat lbh baik dr vios/1nzfe. tapi itu msh dugaan. yg akan meyakinkan adalah bila port2 tsb dites secara flow dgn flowbench.

oh ya, dgn peningkatan kwalitas udara, baik di intake port/ruang bakar/exhaust, penggunaan oktan bensin bs lbh rendah dari yg umumnya disarankan.

oooo, belum gan di tahun awal 2000 itu, yg kita amati dari segi flow, masih banyak banget mbl yg hanya mempunyai velocity/kecepatan arah udara yg lbh rendah dari 200ft/sec.. di porting yg kita lakukan misalnya, adalah gagal kalo velocity ga tembus 250ft/sec. Tipikalnya sih masuk ke 300ft/sec ++. Velocity penting utk mempertahankan kwalitas campuran udara bensin...sehingga tetap rata saat masuk keruang bakar. Setelah di ruang bakar, desain piston di mazda itu akan membuat udara lbh campur lagi dgn bensin, dibanding dgn desain piston yg awal thn 2000 an itu. eelanjutnya exhaust, vios/yaris pake 4-1 pendek, walau diameter sudah okay menurut pengamatan ane... desain pendek apalagi dgn 4-1 ini akan membuat kemampuan exhausting berkurang... menyebabkan temperatur panas di ruang bakar bisa lbh tinggi dibanding dgn header yg berfungsi dgn baik...

emoticon-Smilie gan sori panjang... dan bs lbh panjang banget lagi kalo sambil merenung, ga main langsung ketik hehehe

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh bengkelhasta
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
19-09-2015 15:20
Quote:Original Posted By bengkelhasta
Kalo vtec mah udah ketinggalan gan. kalo ivtec baru mantep spt halnya vvti. di skyactive, sy kurang tahu persis cam timing yg dipakai. tapi sepertinya belum ke "intelligent" itu spt di vvti dan ivtec (yg pure atau asli bukan spt di avanza atau honda jazz). Kalo aja mereka meng adopsi cam timing yg lebih intelligent, yg bisa berubah2 di hampir semua rpm, sy yakin skyactive akan lbh bagus dari vvti/ivtec, karena hal2 yg lain diluar cam timing, skyactive udah unggul/menerapkan kelebihan lain, spt di piston yg lbh baik utk pembentukan swirls & header panjang 421. Dan mungkin yg lain juga, namun krn ane belum pernah ukur2 port di mazda2, jadi belum bs komen dgn lbh banyak dulu.

Kalo soal oktan, yg lbh pengaruh adalah kompresinya gan. camry (vvti) pake kompresi 9.6, dan tentu bisa pake premium. vios pake kompresi 10.5, bagusnya pake pertamax... namun karena adanya knock sensor, premium pun bisa dgn penalti di power dan efisiensi yg menurun vs pertamax.

spt di posting seblmnya, yg ada di skyactive di sektor mesinnya, adalah teknologi biasa buat yg paham. cuma memang, yg ane sedihkan semakin terlihat, kalo kita di indo sangat terbelakang kalo urusan dgn airflow, spt pekerjaan di porting dan pembuatan exhaust system.

sederhananya, kalo kita/hasta bs lakukan, ga mungkin perusahaan top di mobil (pershn luar bukan lokal tentunya) tdk bisa. Namun perlu cost extra, spt pembuatan port yg lbh baik, kerjasama dgn perushn piston utk desain lbh baik, dan extra biaya membuat desain 421 vs 41, belum lagi ruang utk header yg panjang itu jg ga mudah dibuat...

skyactive di mesin mazda bukan berhbungan dgn cam timing secara langsung. tapi perbaikan2 di berbagai area yg berhubugnan dgn flow. ane ga akan heran, kalo port di intake mazda juga udah dibuat lbh baik dr vios/1nzfe. tapi itu msh dugaan. yg akan meyakinkan adalah bila port2 tsb dites secara flow dgn flowbench.

oh ya, dgn peningkatan kwalitas udara, baik di intake port/ruang bakar/exhaust, penggunaan oktan bensin bs lbh rendah dari yg umumnya disarankan.

oooo, belum gan di tahun awal 2000 itu, yg kita amati dari segi flow, masih banyak banget mbl yg hanya mempunyai velocity/kecepatan arah udara yg lbh rendah dari 200ft/sec.. di porting yg kita lakukan misalnya, adalah gagal kalo velocity ga tembus 250ft/sec. Tipikalnya sih masuk ke 300ft/sec ++. Velocity penting utk mempertahankan kwalitas campuran udara bensin...sehingga tetap rata saat masuk keruang bakar. Setelah di ruang bakar, desain piston di mazda itu akan membuat udara lbh campur lagi dgn bensin, dibanding dgn desain piston yg awal thn 2000 an itu. eelanjutnya exhaust, vios/yaris pake 4-1 pendek, walau diameter sudah okay menurut pengamatan ane... desain pendek apalagi dgn 4-1 ini akan membuat kemampuan exhausting berkurang... menyebabkan temperatur panas di ruang bakar bisa lbh tinggi dibanding dgn header yg berfungsi dgn baik...

emoticon-Smilie gan sori panjang... dan bs lbh panjang banget lagi kalo sambil merenung, ga main langsung ketik hehehe

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)



Thx penjelasannya yg panjang lebar om, berhubung ane bukan org bengkel dan buta mesin mobil jd jujur kurang bs mencerna om emoticon-Malu (S)

Kesimpulan sementara yg ane ambil dr penjelasan diatas belum tentu teknologi sky lebih hebat dr vvt-i atau ivtec yah om? Atau kl pun memang diatas ivtec dan vvt-i plg hanya setingkat diatas mereka? Bs dibilang gt gak om?
Apalagi menurut si om teknologi sky adalah teknologi yg biasa2 aja buat yg paham , cm mungkin trik marketingnya yg seolah2 nih sky kyknya hebat bgt emoticon-Embarrassment jd kita2 termasuk ane yg buta mesin "heboh" dgn teknologi tsb?
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
19-09-2015 15:53
Quote:Original Posted By bengkelhasta


Kalo vtec mah udah ketinggalan gan. kalo ivtec baru mantep spt halnya vvti. di skyactive, sy kurang tahu persis cam timing yg dipakai. tapi sepertinya belum ke "intelligent" itu spt di vvti dan ivtec (yg pure atau asli bukan spt di avanza atau honda jazz). Kalo aja mereka meng adopsi cam timing yg lebih intelligent, yg bisa berubah2 di hampir semua rpm, sy yakin skyactive akan lbh bagus dari vvti/ivtec, karena hal2 yg lain diluar cam timing, skyactive udah unggul/menerapkan kelebihan lain, spt di piston yg lbh baik utk pembentukan swirls & header panjang 421. Dan mungkin yg lain juga, namun krn ane belum pernah ukur2 port di mazda2, jadi belum bs komen dgn lbh banyak dulu.

Kalo soal oktan, yg lbh pengaruh adalah kompresinya gan. camry (vvti) pake kompresi 9.6, dan tentu bisa pake premium. vios pake kompresi 10.5, bagusnya pake pertamax... namun karena adanya knock sensor, premium pun bisa dgn penalti di power dan efisiensi yg menurun vs pertamax.

spt di posting seblmnya, yg ada di skyactive di sektor mesinnya, adalah teknologi biasa buat yg paham. cuma memang, yg ane sedihkan semakin terlihat, kalo kita di indo sangat terbelakang kalo urusan dgn airflow, spt pekerjaan di porting dan pembuatan exhaust system.

sederhananya, kalo kita/hasta bs lakukan, ga mungkin perusahaan top di mobil (pershn luar bukan lokal tentunya) tdk bisa. Namun perlu cost extra, spt pembuatan port yg lbh baik, kerjasama dgn perushn piston utk desain lbh baik, dan extra biaya membuat desain 421 vs 41, belum lagi ruang utk header yg panjang itu jg ga mudah dibuat...

skyactive di mesin mazda bukan berhbungan dgn cam timing secara langsung. tapi perbaikan2 di berbagai area yg berhubugnan dgn flow. ane ga akan heran, kalo port di intake mazda juga udah dibuat lbh baik dr vios/1nzfe. tapi itu msh dugaan. yg akan meyakinkan adalah bila port2 tsb dites secara flow dgn flowbench.

oh ya, dgn peningkatan kwalitas udara, baik di intake port/ruang bakar/exhaust, penggunaan oktan bensin bs lbh rendah dari yg umumnya disarankan.

oooo, belum gan di tahun awal 2000 itu, yg kita amati dari segi flow, masih banyak banget mbl yg hanya mempunyai velocity/kecepatan arah udara yg lbh rendah dari 200ft/sec.. di porting yg kita lakukan misalnya, adalah gagal kalo velocity ga tembus 250ft/sec. Tipikalnya sih masuk ke 300ft/sec ++. Velocity penting utk mempertahankan kwalitas campuran udara bensin...sehingga tetap rata saat masuk keruang bakar. Setelah di ruang bakar, desain piston di mazda itu akan membuat udara lbh campur lagi dgn bensin, dibanding dgn desain piston yg awal thn 2000 an itu. eelanjutnya exhaust, vios/yaris pake 4-1 pendek, walau diameter sudah okay menurut pengamatan ane... desain pendek apalagi dgn 4-1 ini akan membuat kemampuan exhausting berkurang... menyebabkan temperatur panas di ruang bakar bisa lbh tinggi dibanding dgn header yg berfungsi dgn baik...

emoticon-Smilie gan sori panjang... dan bs lbh panjang banget lagi kalo sambil merenung, ga main langsung ketik hehehe

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


wah mantep nih penjelasan agan hasta ini emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
skr ane ngerti kenapa mesin skyactive ini kompresi nya bisa tinggi ternyata main di airflow nya
berarti bisa dibilang kalo utk cam timing nya masi termasuk jadul ya...
semoga kedepan nya mazda bisa menambahkan intelligent cam timing ke mesin skyactive....
mungkin bisa di kasi nama i-skyactive emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
19-09-2015 16:46
Quote:Original Posted By Maxime



Thx penjelasannya yg panjang lebar om, berhubung ane bukan org bengkel dan buta mesin mobil jd jujur kurang bs mencerna om emoticon-Malu (S)

Kesimpulan sementara yg ane ambil dr penjelasan diatas belum tentu teknologi sky lebih hebat dr vvt-i atau ivtec yah om? Atau kl pun memang diatas ivtec dan vvt-i plg hanya setingkat diatas mereka? Bs dibilang gt gak om?
Apalagi menurut si om teknologi sky adalah teknologi yg biasa2 aja buat yg paham , cm mungkin trik marketingnya yg seolah2 nih sky kyknya hebat bgt emoticon-Embarrassment jd kita2 termasuk ane yg buta mesin "heboh" dgn teknologi tsb?


Itu sangat wajar gan...sedangkan di bengkel2 indo yg katanya top gun disentul sendiri ga paham mengenai airflow... kalo paham, udah pasti ada flowbench di bengkel mereka... sebaliknya, justru krn kita mau belajar airflow dari 2012, malah kita di serang krn mengungkapkan kebenaran... ya tipikal indo gan... lulung pasti yakin dia lbh hebat dari ahok... heheh

dan juga bukan hanya di porting loh, di exhaust aja, spt postingan2 ane sebelumnya, udah agan bs dideteksi kesalahpahaman di konsep airflow. yg menyebabkan banyak orng, apalgi yg bukan bidangnya spt agan, jadi keliru..mereka pikir semakin besar pipa semakin baik kemampuan exhaustingnya.. heheh yg pas adalah yg pas, kebesaran malah lebh baik dihindari... prinsipnya di airflow, KECUALI di filter udara dan muffler (ujung awal dan ujung akhir), adalah kalo harus salah lebih baik sedikit kekecilan dari kebesaran ... heheh dan itu benar banget loh gan..

Silahkan kalo mau lihat hasil portingan kita yg bisa dilihat mempunyai torsi flat dari awal s/d akhir. di mbl avanza ber teknologi cam mirip spt mazda (walau ngakunya vvti): http://bengkelhasta.blogspot.co.id/2...power-all.html

oh betul gan, biasa aja namun belum bnyk mbl saat ini yg menerapkannya. bahkan bimmer pun, walau lbh baik dari mayoritas jepang, tetap masih sedikit dibawah 300ft/sec di kondisi standardnya. Jadi potensi utk menaikkan kemampuan power mbl itu msh besar, namun produsen sering harus ngalah ke emisi, biaya, dan efisiensi. emoticon-Smilie

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By haryanto211185


wah mantep nih penjelasan agan hasta ini emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
skr ane ngerti kenapa mesin skyactive ini kompresi nya bisa tinggi ternyata main di airflow nya
berarti bisa dibilang kalo utk cam timing nya masi termasuk jadul ya...
semoga kedepan nya mazda bisa menambahkan intelligent cam timing ke mesin skyactive....
mungkin bisa di kasi nama i-skyactive emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


Ane ga berani pastikan jadul apa ga sih. cuma keknya masih pake singkatan vvt deh gan... dan kalo dilihat dari hasil torsi dan hp ya, mazda 2 ini masih biasa aja. Kalo ada yg bilang lbh powerful dan efisien, itu benar juga... tapi kalo dibandingkan dgn mazda generasi seblumnya... emoticon-Smilie

kalo udh pake cam timing yg menyesuaikan terus di setiap rpm, wah udah pasti unggul gan skyactive ini... persis spt kalo vvt-i/ivtec kita porting/ganti exhaust, dan pake camcon piggyback (utk rubah2 cam timingnya). Sadis!!

Btw, ada yg punya vios/yaris manual yang sehat yg ingin lihat palign ga sebagian yg kita bicarakan disini? kita bs kasih free contoh2 dgn mbl tsb, dgn mudah.. (walaupun pekerjaan porting tdk termasuk). Atau dgn mbl tsb ingin turun balap di sentul kelas 1600 open, dan langsung punya kesempatan besar utk jadi juara (asumsi driving skill cukup okay ya)?? Utk yg mau race, bahkan kita bs kasih free porting, header, camcon piggyback, dan semua jasa lainnya yg berhubungan... mantep ga? emoticon-Smilie

Udah lihat camry ini, tanpa porting loh, tanpa filter udara aftermarket, dan masih pake header standard... heheh, ajigile:http://bengkelhasta.blogspot.co.id/2...kan-lebih.html

emoticon-Kiss (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
19-09-2015 16:48
Quote:Original Posted By Maxime


Ane buta mesin mobil mknya mash penasaran teknologi sky itu kyk apa sih ? Apa sejenis teknologi kyk vvt-i yg dipake toyotod atau v-tec yg dipake hondod
Apa bener teknologi sky ini beneran wah atau cm trik marketing aja supaya nih produk laku lagi di pasaran emoticon-Embarrassment

Kyk pertama x motor skutik pake injeksi kesannya tuh motor hebat dan heboh bgt, iklan2 di tv juga gembor gembor nyatanya kl ud dipake motor injeksi gak ada yg spesial sih emoticon-Embarrassment malah mio injeksi sama mio karbu jauh lbh enak mio yg lama loh

Klo gt musti test drive gan. Tinggal bilang aja disini, nnti pasti ada yg nge pm.. hehe
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
20-09-2015 15:05
Sudah serah terima sould red R on schedule.
Bonus cuma kurang talang air, dijanjiin 2 minggu lagi.
Akhirnya officially user mazda 2 😊
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
20-09-2015 17:40
Dapet berapa diskon nya gan
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
20-09-2015 19:00
Quote:Original Posted By bengkelhasta


Ane ga berani pastikan jadul apa ga sih. cuma keknya masih pake singkatan vvt deh gan... dan kalo dilihat dari hasil torsi dan hp ya, mazda 2 ini masih biasa aja. Kalo ada yg bilang lbh powerful dan efisien, itu benar juga... tapi kalo dibandingkan dgn mazda generasi seblumnya... emoticon-Smilie

kalo udh pake cam timing yg menyesuaikan terus di setiap rpm, wah udah pasti unggul gan skyactive ini... persis spt kalo vvt-i/ivtec kita porting/ganti exhaust, dan pake camcon piggyback (utk rubah2 cam timingnya). Sadis!!

Btw, ada yg punya vios/yaris manual yang sehat yg ingin lihat palign ga sebagian yg kita bicarakan disini? kita bs kasih free contoh2 dgn mbl tsb, dgn mudah.. (walaupun pekerjaan porting tdk termasuk). Atau dgn mbl tsb ingin turun balap di sentul kelas 1600 open, dan langsung punya kesempatan besar utk jadi juara (asumsi driving skill cukup okay ya)?? Utk yg mau race, bahkan kita bs kasih free porting, header, camcon piggyback, dan semua jasa lainnya yg berhubungan... mantep ga? emoticon-Smilie

Udah lihat camry ini, tanpa porting loh, tanpa filter udara aftermarket, dan masih pake header standard... heheh, ajigile:http://bengkelhasta.blogspot.co.id/2...kan-lebih.html

emoticon-Kiss (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Bos klo dual vvti bisa ga diupgrade? Sorry oot di skyactive, saya rencana nambah 1 mobil lagi yang dual vvti emoticon-Embarrassment
Diubah oleh jomblobiru
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
20-09-2015 19:04

Tanya general cek up

Gan ada yang pernah service di Mazda kelapa gading?
recomended gak?

gan klo cuman mau lumasin intermedaite shaft, cek kampas rem, dan cek up biasa itu biaya nya diitung gmna ya kalo di beres?

selain di beres ada bengkel spesialis mada yang recomended? terimakasih
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
20-09-2015 21:22
Quote:Original Posted By jomblobiru


Bos klo dual vvti bisa ga diupgrade? Sorry oot di skyactive, saya rencana nambah 1 mobil lagi yang dual vvti emoticon-Embarrassment


Sori, upgrade dgn piggyback begitu spt camcon ke vvti/ivtec? ane belum pernah dengar ada piggyback yg bisa. Camcon pun baru bisa merubah2 intake cam timing... dan ane tahu belum bisa dipakai ke mesin yg dual vvti.

Kalo standalone, ada kemungkinan bisa. Walau tdk semua standalone, ane pikir infinity dari AEM bisa mampu menyuplai program2 itu deh. Cuma itu akan jadi biaya extra, krn standard infinity tdk ada fitur utk nge adjust cam timing. Tp ane tahu AEM mau dengar permintaan itu kok... asal kuat bayar aja hehehe...

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 00:25
Quote:Original Posted By bengkelhasta


Itu sangat wajar gan...sedangkan di bengkel2 indo yg katanya top gun disentul sendiri ga paham mengenai airflow... kalo paham, udah pasti ada flowbench di bengkel mereka... sebaliknya, justru krn kita mau belajar airflow dari 2012, malah kita di serang krn mengungkapkan kebenaran... ya tipikal indo gan... lulung pasti yakin dia lbh hebat dari ahok... heheh

dan juga bukan hanya di porting loh, di exhaust aja, spt postingan2 ane sebelumnya, udah agan bs dideteksi kesalahpahaman di konsep airflow. yg menyebabkan banyak orng, apalgi yg bukan bidangnya spt agan, jadi keliru..mereka pikir semakin besar pipa semakin baik kemampuan exhaustingnya.. heheh yg pas adalah yg pas, kebesaran malah lebh baik dihindari... prinsipnya di airflow, KECUALI di filter udara dan muffler (ujung awal dan ujung akhir), adalah kalo harus salah lebih baik sedikit kekecilan dari kebesaran ... heheh dan itu benar banget loh gan..

Silahkan kalo mau lihat hasil portingan kita yg bisa dilihat mempunyai torsi flat dari awal s/d akhir. di mbl avanza ber teknologi cam mirip spt mazda (walau ngakunya vvti): http://bengkelhasta.blogspot.co.id/2...power-all.html

oh betul gan, biasa aja namun belum bnyk mbl saat ini yg menerapkannya. bahkan bimmer pun, walau lbh baik dari mayoritas jepang, tetap masih sedikit dibawah 300ft/sec di kondisi standardnya. Jadi potensi utk menaikkan kemampuan power mbl itu msh besar, namun produsen sering harus ngalah ke emisi, biaya, dan efisiensi. emoticon-Smilie

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)



Ane ga berani pastikan jadul apa ga sih. cuma keknya masih pake singkatan vvt deh gan... dan kalo dilihat dari hasil torsi dan hp ya, mazda 2 ini masih biasa aja. Kalo ada yg bilang lbh powerful dan efisien, itu benar juga... tapi kalo dibandingkan dgn mazda generasi seblumnya... emoticon-Smilie

kalo udh pake cam timing yg menyesuaikan terus di setiap rpm, wah udah pasti unggul gan skyactive ini... persis spt kalo vvt-i/ivtec kita porting/ganti exhaust, dan pake camcon piggyback (utk rubah2 cam timingnya). Sadis!!

Btw, ada yg punya vios/yaris manual yang sehat yg ingin lihat palign ga sebagian yg kita bicarakan disini? kita bs kasih free contoh2 dgn mbl tsb, dgn mudah.. (walaupun pekerjaan porting tdk termasuk). Atau dgn mbl tsb ingin turun balap di sentul kelas 1600 open, dan langsung punya kesempatan besar utk jadi juara (asumsi driving skill cukup okay ya)?? Utk yg mau race, bahkan kita bs kasih free porting, header, camcon piggyback, dan semua jasa lainnya yg berhubungan... mantep ga? emoticon-Smilie

Udah lihat camry ini, tanpa porting loh, tanpa filter udara aftermarket, dan masih pake header standard... heheh, ajigile:http://bengkelhasta.blogspot.co.id/2...kan-lebih.html

emoticon-Kiss (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Memang bukan tercanggih sih ya; tapi di kelas nya ini menurut saya adalah mesin yang tercanggih (apalagi kalau dibandingkan dengan 1NZ-FE atau L15 Non direct Injection yah, hehe)

Saya rasa kenapa engine nya bisa memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan engine2x lain nya tidak terlepas dari teknologi mesin tersebut; yang mana dapat dilihat di video ini; bukan semata perbaikan air flow saja.


Kalo saya summary kan yah
- Bukan merupakan satu rahasia kalau mau mesin lebih efisien, cara nya adalah memperbaiki pembakaran. Salah satu nya adalah dengan meningkatkan compression ratio
- Salah satu alasan kenapa terjadi nya Knocking (Ngelitik) adalah dikarenakan temperature daripada udara dan bahan bakar pada waktu proses pembakaran; dimana untuk mengurangi hal tsb temperature sewaktu pembakaran harus dikurangi
- Seperti misal nya Exhaust 4-2-1 untuk mengurangi residu hasil pembakaran yang bisa masuk kembali ke silinder.
- Juga Multihole Injector supaya air-fuel mixture ratio nya lebih merata, yang mana juga membuat pembakaran lebih dingin
- Ada juga Special Piston Cavity (kaya ceruk di atas piston nya) untuk mempercepat proses pembakaran
- Dan yah, kita juga tau kalau direct injection mempunyai kelebihan yaitu adanya cooling effect karena bahan bakar langsung disemprotkan ke ruang bakar; tidak seperti mesin2x dengan port injection.
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 00:27
dopost
Diubah oleh jcalvin09
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 07:33
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
buat yg kmrn minta rincian service 10rb. Service di mazda cikokol tangerang.
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 11:23
Quote:Original Posted By jcalvin09


Memang bukan tercanggih sih ya; tapi di kelas nya ini menurut saya adalah mesin yang tercanggih (apalagi kalau dibandingkan dengan 1NZ-FE atau L15 Non direct Injection yah, hehe)

Saya rasa kenapa engine nya bisa memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan engine2x lain nya tidak terlepas dari teknologi mesin tersebut; yang mana dapat dilihat di video ini; bukan semata perbaikan air flow saja.


Kalo saya summary kan yah
- Bukan merupakan satu rahasia kalau mau mesin lebih efisien, cara nya adalah memperbaiki pembakaran. Salah satu nya adalah dengan meningkatkan compression ratio
- Salah satu alasan kenapa terjadi nya Knocking (Ngelitik) adalah dikarenakan temperature daripada udara dan bahan bakar pada waktu proses pembakaran; dimana untuk mengurangi hal tsb temperature sewaktu pembakaran harus dikurangi
- Seperti misal nya Exhaust 4-2-1 untuk mengurangi residu hasil pembakaran yang bisa masuk kembali ke silinder.
- Juga Multihole Injector supaya air-fuel mixture ratio nya lebih merata, yang mana juga membuat pembakaran lebih dingin
- Ada juga Special Piston Cavity (kaya ceruk di atas piston nya) untuk mempercepat proses pembakaran
- Dan yah, kita juga tau kalau direct injection mempunyai kelebihan yaitu adanya cooling effect karena bahan bakar langsung disemprotkan ke ruang bakar; tidak seperti mesin2x dengan port injection.


Gan,
apa yg ada di video itu, udah banyak ditulis di buku2 para master disono... walau tentu disini/di indo msh banyak yg belum ngeh. prinsip jelas diterangkan yg berhubungan erat dgn airflow.... temperatur/pressure yg tinggi itu bs dikurangi dgn memperbaiki exhaust flow... cavity dipiston itu jg berhubungan erat dgn airflow, membuat swirls yg sangat berguna utk membuat campuran semakin rata . bahkan injector dgn sistem direct injection, jg berhubungan dgn flow (kalo ente paham bedanya tembak di port dgn di ruang bakar)

udah lihat link2 yg kita share itu? kok avanza 1300 cc bs punya flat torque mulai dari rpm 1000an? padahal piston jg masih std...kompresi bahkan lbh rendah dr standard, begitupun bensin hanya memakai premium... mantep kan... itu tandanya technology itu di tempat yg sudah advanced spt amrik/jepang/eropa, adalah sudah lama diketahui.

okay ane share dikit kenapa kompresi tinggi itu bisa digunakan dgn hanya bensin sekelas pertamax. campuran udara dan bensin bila injector ada diport, akan dibuat lebih atomized (halus/merata) dgn peningkatan kwalitas udara: velocity dan swirls. Dgn direct injection, jadi kita bicara hanya udara di port yg dibuat berkwalitas lbh baik, sehingga saat bensin disemprotkan di ruang bakar, proses pencampuran menjadi lbh baik.

apa sih keuntungannya pencampuran lbh baik itu? dgn membaiknya campuran itu, pembakaran akan lbh merata. detonasi atau knocking terjadi krn adanya campuran yg kurang rata yg baru terbakar setelah titik pengapian dilewati. dgn pencampuran yg lbh baik, knocking bs dihindari.

betul gan, knocking terjadi umumnya krn temperatur dan pressure yg melebihi target. Biasanya terjadi di rpm bawah, saat flow/Volumetric efficiency (VE) msh lbh rendah. Di saat ini, tentu pressure yg dihasilkan akan lbh rendah dr saat VE mencapai max. Dgn membaiknya/meningkatnya pressure, udara keluar akan lbh cepat sehingga kemungkinan udara tertahan di ruang bakar, yg bahkan bs masuk ke intake saat overlap, menjadi semakin kecil kemungkinannya. Otomatis, temperatur dan pressure menjadi normal/sesuai dgn yg direncanakan. Maka 4-2-1 sangat dibutuhkan utk memastikan exhaust bekerja dgn baik bahkan saat pressure masih rendah.

Oleh krn itu, ane berulang ulang share ke yg lain, porting yg baik dan benar (dan hanya bs dilakukan dgn bantuan alat ukur flowbench) akan membuat power dan efisiensi meningkat. dan bila kompresi ingin dinaikkan, utk ngejar extra power dan efisiensi lebih, oktan bs satu level lbh rendah digunakan utk level kompresi itu.

satu lagi yg ane udah share, mungkin worth repeating, adalah benar klaim mazda bahwa power dan efisiensi meningkat. tapi bila itu dibandingkan dgn mbl mazda sebelumnya. kalo dibandingkan dgn merek lain, angka power dari mazda ini bukanlah sesuatu yg luar biasa, terlebih dgn kata bom yg dipakai "skyactive". Kalo ane tebak, porting yg baik masih mampu meningkatkan output mazda ini dgn significant. Dan itu bukan suatu keheranan bagi yg paham karena memang semua produsen harus mempertimbangkan biaya, terutama dlm mengatasi masalah emisi (tahu kah Nox menjadi meningkat dgn kompresi yg semakin tinggi?).

Ehh, semuanya memang berhubungan erat dgn airflow kan? emoticon-Smilie

nah, pendapat yg mengatakan kalo vvti mungkin lbh unggul dari skyactive, itu masuk akal juga. krn yg terpenting dari airflow adalah cam. Krn vvti/ivtec memakai cam timing yg jelas lebih advance dibanding vvt nya mazda, wajar jg dilihat mereka lbh advanced. sekali lagi, kalo aja skyactive menggunakan cam timing spt vvti/ivtec, bisa dimengerti mazda akan lbh baik dari mereka. apalgi kalo port2nya dibuat lbh baik dlm nge flow, waowww... mazda2 skyactive 1500 cc dgn power 160-170hp dgn mudah dibuat.. ane ga membual. terlalu mudah utk itu. emoticon-Smilie

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 16:33
Quote:Original Posted By pho
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
buat yg kmrn minta rincian service 10rb. Service di mazda cikokol tangerang.

Klo ga salah ni ane trmasuk yg minta gan. Hehe..
Ini rinciannya sgitu aja apa paket dari beresnya yg cuma sgitu atau agan kurang2in lg dari paket servisnya?
Klo dikurangin tu apa aja yg dikurangin? Soalnya ane di mazda cikarang paketnya isinya mcm2, sampe ada injector cleaner sgala..
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 19:43
Quote:Original Posted By pho
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
buat yg kmrn minta rincian service 10rb. Service di mazda cikokol tangerang.


Mirip gw harganya, tapi gw 800ribuan.. Ada 1 item lagi yang gw pake yaitu pembersih busi.
Diubah oleh jomblobiru
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 20:18
Ane pake mazda R at. Di tol kecepatan 80km/jam AC nyala di Mid konsumsi bbmnya 3.1L/100km berarti 1:30an tuh
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
21-09-2015 23:30
Gimana caranya ningkatin mazda 2 jadi 170-180hp?
Apa agan ud coba?

kl CX5 2500 bisa jadi 250hp??

Quote:Original Posted By bengkelhasta


Gan,
apa yg ada di video itu, udah banyak ditulis di buku2 para master disono... walau tentu disini/di indo msh banyak yg belum ngeh. prinsip jelas diterangkan yg berhubungan erat dgn airflow.... temperatur/pressure yg tinggi itu bs dikurangi dgn memperbaiki exhaust flow... cavity dipiston itu jg berhubungan erat dgn airflow, membuat swirls yg sangat berguna utk membuat campuran semakin rata . bahkan injector dgn sistem direct injection, jg berhubungan dgn flow (kalo ente paham bedanya tembak di port dgn di ruang bakar)

udah lihat link2 yg kita share itu? kok avanza 1300 cc bs punya flat torque mulai dari rpm 1000an? padahal piston jg masih std...kompresi bahkan lbh rendah dr standard, begitupun bensin hanya memakai premium... mantep kan... itu tandanya technology itu di tempat yg sudah advanced spt amrik/jepang/eropa, adalah sudah lama diketahui.

okay ane share dikit kenapa kompresi tinggi itu bisa digunakan dgn hanya bensin sekelas pertamax. campuran udara dan bensin bila injector ada diport, akan dibuat lebih atomized (halus/merata) dgn peningkatan kwalitas udara: velocity dan swirls. Dgn direct injection, jadi kita bicara hanya udara di port yg dibuat berkwalitas lbh baik, sehingga saat bensin disemprotkan di ruang bakar, proses pencampuran menjadi lbh baik.

apa sih keuntungannya pencampuran lbh baik itu? dgn membaiknya campuran itu, pembakaran akan lbh merata. detonasi atau knocking terjadi krn adanya campuran yg kurang rata yg baru terbakar setelah titik pengapian dilewati. dgn pencampuran yg lbh baik, knocking bs dihindari.

betul gan, knocking terjadi umumnya krn temperatur dan pressure yg melebihi target. Biasanya terjadi di rpm bawah, saat flow/Volumetric efficiency (VE) msh lbh rendah. Di saat ini, tentu pressure yg dihasilkan akan lbh rendah dr saat VE mencapai max. Dgn membaiknya/meningkatnya pressure, udara keluar akan lbh cepat sehingga kemungkinan udara tertahan di ruang bakar, yg bahkan bs masuk ke intake saat overlap, menjadi semakin kecil kemungkinannya. Otomatis, temperatur dan pressure menjadi normal/sesuai dgn yg direncanakan. Maka 4-2-1 sangat dibutuhkan utk memastikan exhaust bekerja dgn baik bahkan saat pressure masih rendah.

Oleh krn itu, ane berulang ulang share ke yg lain, porting yg baik dan benar (dan hanya bs dilakukan dgn bantuan alat ukur flowbench) akan membuat power dan efisiensi meningkat. dan bila kompresi ingin dinaikkan, utk ngejar extra power dan efisiensi lebih, oktan bs satu level lbh rendah digunakan utk level kompresi itu.

satu lagi yg ane udah share, mungkin worth repeating, adalah benar klaim mazda bahwa power dan efisiensi meningkat. tapi bila itu dibandingkan dgn mbl mazda sebelumnya. kalo dibandingkan dgn merek lain, angka power dari mazda ini bukanlah sesuatu yg luar biasa, terlebih dgn kata bom yg dipakai "skyactive". Kalo ane tebak, porting yg baik masih mampu meningkatkan output mazda ini dgn significant. Dan itu bukan suatu keheranan bagi yg paham karena memang semua produsen harus mempertimbangkan biaya, terutama dlm mengatasi masalah emisi (tahu kah Nox menjadi meningkat dgn kompresi yg semakin tinggi?).

Ehh, semuanya memang berhubungan erat dgn airflow kan? emoticon-Smilie

nah, pendapat yg mengatakan kalo vvti mungkin lbh unggul dari skyactive, itu masuk akal juga. krn yg terpenting dari airflow adalah cam. Krn vvti/ivtec memakai cam timing yg jelas lebih advance dibanding vvt nya mazda, wajar jg dilihat mereka lbh advanced. sekali lagi, kalo aja skyactive menggunakan cam timing spt vvti/ivtec, bisa dimengerti mazda akan lbh baik dari mereka. apalgi kalo port2nya dibuat lbh baik dlm nge flow, waowww... mazda2 skyactive 1500 cc dgn power 160-170hp dgn mudah dibuat.. ane ga membual. terlalu mudah utk itu. emoticon-Smilie

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
22-09-2015 05:46
Quote:Original Posted By hedi2an
Klo ga salah ni ane trmasuk yg minta gan. Hehe..
Ini rinciannya sgitu aja apa paket dari beresnya yg cuma sgitu atau agan kurang2in lg dari paket servisnya?
Klo dikurangin tu apa aja yg dikurangin? Soalnya ane di mazda cikarang paketnya isinya mcm2, sampe ada injector cleaner sgala..

gak ada yg dikurang2in gan. sesuai jg sma yg di tabel mereka punya. mungkin karena msh baru buka x bengkelnya jd gak aneh2 SAnya. hehe
0 0
0
��� [M2Unity] Komunitas Pengguna Mazda2 di Indonesia ��� - Part 1
22-09-2015 05:51
Quote:Original Posted By bengkelhasta
Itu sangat wajar gan...sedangkan di bengkel2 indo yg katanya top gun disentul sendiri ga paham mengenai airflow... kalo paham, udah pasti ada flowbench di bengkel mereka... sebaliknya, justru krn kita mau belajar airflow dari 2012, malah kita di serang krn mengungkapkan kebenaran... ya tipikal indo gan... lulung pasti yakin dia lbh hebat dari ahok... heheh

dan juga bukan hanya di porting loh, di exhaust aja, spt postingan2 ane sebelumnya, udah agan bs dideteksi kesalahpahaman di konsep airflow. yg menyebabkan banyak orng, apalgi yg bukan bidangnya spt agan, jadi keliru..mereka pikir semakin besar pipa semakin baik kemampuan exhaustingnya.. heheh yg pas adalah yg pas, kebesaran malah lebh baik dihindari... prinsipnya di airflow, KECUALI di filter udara dan muffler (ujung awal dan ujung akhir), adalah kalo harus salah lebih baik sedikit kekecilan dari kebesaran ... heheh dan itu benar banget loh gan..

Silahkan kalo mau lihat hasil portingan kita yg bisa dilihat mempunyai torsi flat dari awal s/d akhir. di mbl avanza ber teknologi cam mirip spt mazda (walau ngakunya vvti): http://bengkelhasta.blogspot.co.id/2...power-all.html

oh betul gan, biasa aja namun belum bnyk mbl saat ini yg menerapkannya. bahkan bimmer pun, walau lbh baik dari mayoritas jepang, tetap masih sedikit dibawah 300ft/sec di kondisi standardnya. Jadi potensi utk menaikkan kemampuan power mbl itu msh besar, namun produsen sering harus ngalah ke emisi, biaya, dan efisiensi. emoticon-Smilie

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)



Ane ga berani pastikan jadul apa ga sih. cuma keknya masih pake singkatan vvt deh gan... dan kalo dilihat dari hasil torsi dan hp ya, mazda 2 ini masih biasa aja. Kalo ada yg bilang lbh powerful dan efisien, itu benar juga... tapi kalo dibandingkan dgn mazda generasi seblumnya... emoticon-Smilie

kalo udh pake cam timing yg menyesuaikan terus di setiap rpm, wah udah pasti unggul gan skyactive ini... persis spt kalo vvt-i/ivtec kita porting/ganti exhaust, dan pake camcon piggyback (utk rubah2 cam timingnya). Sadis!!

Btw, ada yg punya vios/yaris manual yang sehat yg ingin lihat palign ga sebagian yg kita bicarakan disini? kita bs kasih free contoh2 dgn mbl tsb, dgn mudah.. (walaupun pekerjaan porting tdk termasuk). Atau dgn mbl tsb ingin turun balap di sentul kelas 1600 open, dan langsung punya kesempatan besar utk jadi juara (asumsi driving skill cukup okay ya)?? Utk yg mau race, bahkan kita bs kasih free porting, header, camcon piggyback, dan semua jasa lainnya yg berhubungan... mantep ga? emoticon-Smilie

Udah lihat camry ini, tanpa porting loh, tanpa filter udara aftermarket, dan masih pake header standard... heheh, ajigile:http://bengkelhasta.blogspot.co.id/2...kan-lebih.html

emoticon-Kiss (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Bro, sorry no offense, tp mohon jgn bawa2 "bengkel lain" atau apa aja yg bernada "menjelekan"

Ntar kaya di forum sebelah malah ada ribut2 emoticon-Hammer (S)

Dan kalau mau diskusi, coba dikurangi promosi nya ya emoticon-Peace
0 0
0
Halaman 471 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Kendaraan Roda 4
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia