Zeng61
TS
Zeng61
Sholat Jumat di Dalam Kereta Api, Kenapa Tidak?
Subhanallah! barusan ajah terjadi, dalam keadaan apapun kita dituntut melaksanakan kewajiban.

Sholat Jumat di Dalam Kereta Api, Kenapa Tidak?




CIREBON (CT) – Suasana tak biasa nampak di dalam gerbong Kereta Api (KA) Manoreh/160 jurusan Pasar Senen-Semarang Tawang. Sadar akan kewajiban tentang sholat Jumat, para penumpang lelaki yang ada di dalam kereta tersebut berinisiatif melakukan sholat jumat di dalam gerbong kereta yang sedang berjalan.

Diringi goyangan kereta yang sedang berjalan, para jamaah sholat Jumat ini khusyuk melakukan kewajiban di atas gerbong kereta. Rahmat Basuki (45) sang pencetus ide sholat Jumat di dalam gerbong kereta mengungkapkan bahwa tak masalah jika sholat dilakukan di dalam gerbong kereta api yang sedang berjalan.

“Kan ada dalilnya yang menyatakan bahwa Allah menjadikan bumi sebagai tempat bersujud, jadi tak masalah jika di dalam kereta, kita tak sempat jika harus ke masjid untuk Sholat Jumat, kita ada undangan untuk menghadiri hajatan rekan sesama kantor,” ujar Rahmat yang juga menjadi imam dan khotib dalam sholat Jumat.

Meski terganggu dengan suara keras dari jalannya kereta, para jamaah khusyuk mendengarkan khotbah yang berisikan tentang pengabdian kepada Allah. Dalam khotbahnya, khotib secara gamblang menjelaskan bahwa Allah menciptakan manusia dan jin semata-mata untuk beribadah kepada Allah, apapun situasinya, termasuk di dalam kereta api sekalipun.

Rahmat pun menyampaikan kepada pihak PT KAI untuk membuat gerbong khusus atau tempat khusus bagi para penumpang untuk menunaikan ibadah sholat. Sehingga penumpang yang beragama muslim bisa melaksanakan kewajiban untuk menunaikan sholat atau ibadah lainnya yang disyariatkan.

Bambang, salah seorang penumpang yang juga menjadi jamaah sholat Jumat menuturkan baru pertama kali merasakan sholat Jumat di dalam kereta api. Meski sedikit terganggu, dirinya tetap khusyuk menjalankan ibadah sholat Jumat.

“Suara imam sayup-sayup terdengar karena terhalang kerasnya suara kereta, jadi saya sendiri sedikit lirik-lirik jamaah lain yang ada di depan saya,” ujar Bambang sambil tersenyum. (Khafid)

Sumber: Cirebontrust.com
0
7.6K
36
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.