Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
892
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55fad28914088d10198b4567/kenapa-orang-yang-gajinya-pas-pasan-otaknya-akan-menjadi-makin-tulalit
Sebuah hasil studi saintifik mengungkap fakta yang muram dan mengejutkan : orang yang penghasilan atau gajinya pas-pasan, dalam jangka panjang daya koginisi dan kemampuan otaknya akan makin mandul.
Lapor Hansip
17-09-2015 21:47

Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?

Past Hot Thread
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?


Sebuah hasil studi saintifik mengungkap fakta yang muram dan mengejutkan : orang yang penghasilan atau gajinya pas-pasan, dalam jangka panjang daya koginisi dan kemampuan otaknya akan makin mandul. Alias orang itu akan menjadi makin tulalit. emoticon-Big Grin

Jadi studi ilmiah itu menunjukkan : jika saya penghasilannya pas-pasan, maka pelan-pelan saya akan menjadi orang yang makin bodoh. Kekuatan dan daya kognisi saya akan makin menurun dengan drastis.

Kenapa bisa begitu? Dan apa implikasinya bagi nasib hidup Anda di masa depan? emoticon-Bingung (S)

Studi gabungan tim peneliti dari Harvard dan Princeton itu, melalui serangkaian eksperimen menemukan fakta : daya kognisi orang dengan penghasilan yang pas-pasan atau bahkan terbatas, akan makin menurun, dan kemampuannya untuk melakukan problem solving menjadi makin memburuk.

Eksperimen itu juga menemukan fakta yang agak lucu namun valid : kecerdasan otak kita saat tanggal muda cenderung lebih bagus dibanding kecerdasan kita saat tanggal tua.

Kenapa orang yang gajinya terbatas menjadi makin tulalit?

Sebabnya sederhana : karena kemampuan memori otak kita itu sejatinya terbatas. Otak kita cenderung membenci multitasking, dan otak kita suka gagap jika diajak untuk memikirkan beragam hal yang rumit, secara sekaligus (at the same time).

Nah, studi menunjukkan, orang yang penghasilannya pas-pasan, daya energi otaknya cenderung selalu terserap habis memikirkan kondisi keuangannya yang serba terbatas.

Orang yang penghasilannya terbatas, cenderung dihantui kecemasan dan stress memikirkan kondisi keuangannya yang serba pas-pasan (pas tanggal 15, sudah habis buat bayar cicilan ini itu). emoticon-Berduka (S)

Faktanya : penelitian lain menunjukkan sumber pemicu stress no. 1 kebanyakan orang adalah masalah kondisi keuangan yang terbatas (baru kemudian menyusul faktor beban pekerjaan dan kesehatan).

Apa yang terjadi saat pikiranmu dibebani stress karena memikirkan kondisi keuangan yang serba terbatas? Cadangan energi otak Anda untuk menyelesaikan beragam problem lain secara kreatif, menjadi habis.

Kapasitas otak Anda sudah habis memikirkan kondisi keuangan yang serba sulit; dan otak Anda menjadi makin tulalit saat diminta menuntaskan problem lain dalam hidup (misal problem pekerjaan, peluang usaha, dll).

Beberapa kali, saya menerima email dari pembaca yang bunyinya kira-kira seperti ini : “Mas, saya terjerat hutang ratusan juta mas. Saya bingung harus berbuat apa. Mohon dibantu mas”.

Atau email lain seperti ini : “Mas gaji saya pas-pasan dan serba kekurangan. Apa yang harus saya lakukan untuk mengubah nasib mas?”

Dulu, saat saya menerima email seperti itu, saya suka garuk-garuk kepala. Ini orang sudah akil balik, kok, kayak anak kecil, hanya bisa meminta-minta tolong. Ndak kreatif mencari solusi sendiri.

Setelah membaca hasil studi itu, saya jadi merasa lebih paham dan berempati.

Orang itu mengirim email, dan minta tolong solusi karena memang sudah tidak bisa mikir sendiri. Daya kognisi-nya sudah terserap habis memikirkan kondisi keuangannya yang serba kekurangan. Daya kognisi untuk berpikir secara jernih dan solutif, sudah lenyap.

Studi itu lalu memunculkan lingkaran atau siklus hidup yang kelam seperti ini :

Orang dengan gaji yang kecil > daya kognisinya menurun > tidak kreatif mencari solusi perubahan nasib > maka nasib hidupnya akan tetap stagnan > penghasilannya akan tetap kurang > berlanjut ke siklus awal. emoticon-Takut (S)

Siklus yang kelam tersebut, bisa membuat Anda terjebak dalam hidup yang serba terbatas untuk selamanya.

Yang muram, siklus seperti itu rasanya banyak terjadi di sekeliling kita. Banyak orang yang gajinya terbatas, tetap aja stagnan kondisi keuangannya.

Kenapa bisa begitu? Ya itu tadi, karena siklus kelam seperti diatas. Karena daya kognisinya makin menurun. Karena otaknya makin stress dan tulalit. Dan akhirnya tidak bisa mikir kreatif untuk mewujudkan solusi perubahan nasib.

Jadi bagaimana caranya agar bisa memutus siklus atau lingkaran setan yang kelam seperti itu?

Ada dua langkah praktis yang mungkin bisa dilakukan.

Yang pertama, tetap bersyukur (always be grateful). Studi neurologi menunjukkan, orang yang rajin bersyukur bisa menyisakan ruang dalam otaknya untuk terus mampu berpikir dengan jernih – bahkan ditengah kesulitan keuangan yang mendera.

Kadang memang tidak mudah bersyukur saat gaji kurang dan biaya hidup makin naik (apalagi dolar sudah tembus 14.300. Uhuk emoticon-Ngakak ).

Namun alih-alih berfokus pada kesulitas hidup, dan memikirkan apa yang tidak kita punya; jauh lebih baik bersyukur dengan semua apa yang masih kita miliki (syukur masih punya pekerjaan, syukur masih punya keluarga, syukur masih punya anak-anak yang sehat, dst). emoticon-Blue Guy Peace

Tekun bersyukur bisa melawan kecemasan dan stress akibat memikirkan kondisi keuangan yang serba terbatas. Dan bisa menyisakan ruang dalam sel otak kita untuk jernih memikirkan solusi.

Rajin bersyukur, amazingly, akan membuat otak kita lebih tangguh. Dan tidak mudah menjadi tulalit.

Langkah kedua yang juga simpel : rajin-rajinlah menggerakkan tubuh (exercise atau olah raga). Puluhan studi sudah menujukkan betapa ampuhnya dampak olahraga rutin bagi kekuatan kapasitas sel otak kita.

Study after study menunjukkan rajin menggerakan tubuh secara aktif (walk, bike, run, swim, yoga, zumba, dll) punya peran kunci untuk menghilangkan stress (beban pikiran), dan bisa membuat sel otak kita tetap tajam dan mekar.

Orang yang gajinya pas-pasan mudah menjadi stress dan otaknya menjadi tulalit karena mungkin malas melakukan olah tubuh secara rutin.

Kalau tidak ada waktu khusus untuk olahraga, sebenarnya ada banyak cara untuk “bergerak” : naik tangga kantor lima lantai bolak balik, atau jalan kaki dari stasiun KA ke kantor dengan jarak 2 – 3 KM; semua ini sudah cukup untuk membuat sel otak Anda tidak layu dan bisa tetap tajam. emoticon-Cool

Demikianlah, paparan tentang kenapa orang yang gajinya pas-pasan, otaknya cenderung akan menjadi tulalit. Sebuah hasil studi yang cukup mengejutkan dan layak direnungkan (apalagi jika kebetulan saat ini, gaji Anda masih belum memadai emoticon-Berduka (S) ).

Saya juga sudah menuliskan dua solusi praktis yang bisa dilakukan untuk menjaga agar daya kognisi Anda tidak menjadi mandul dan makin tulalit. emoticon-Smilie

Always be grateful. Always move your body and soul.
To avoid your brain damage permanently.
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star



Gimana agan setuju dengan penelitian diatas? atau malah sedang mengalami hal tersebut?
So.. Mari kita saling sharing & berdiskusi dikolom komentar dibawah ya emoticon-Salaman


== Komentar Kaskuser ==

Quote:
Quote:Original Posted By mi.ya.bi
bener banget
intinya asal mau bersukur disana ada kedamaian hati

banyak duit tapi ga pernah bersukur yg ada sikut sana sini
angan2 terlalu tinggi, jadi stres gila bunuh diri


Quote:Original Posted By 303.red.303
mungkin karena banyak yang dipikiran kan ,
terutama pekerjaan
kedua kehidupan pribadinya, yang tak mencukupi karena gaji pas pasan
jadi banyak beban di dalam pikiran dia, kerja pun tidak maksimal .


Quote:Original Posted By bexterbarber
Karna banyak pikiran dan belum merasakan kebebasan jadi pikirannya mungkin tidak bebas, untuk yang tidak pas-pasan mereka tidak memikirkan uang lagi, tapi memikirkan bagaimana mendapat uang lebih banyak lagi dengan pikiran yang jauh lebih jernih dibanding dengan orang yang hidupnya pas-pasan.. Mungkin seperti itu gan


Quote:Original Posted By baskinrobbins
klo jam kerja kantor yang super panjang & kerja 6 hari seminggu blon lagi saat libur tetep ditelpon sama boss suruh kerjain ini-itu bikin kita susah refreshing sepertinya bikin cepet stagnan juga otaknya ... emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By choro.cyber
berasa bener gan emoticon-Berduka (S)
mangkanya ane sekarang berasa juga ane jadi kaya telat mikir ane jadi kuper males ngomong dan sebagainya gaji ane emang lagi ngepas banget gan
emoticon-Berduka (S)
ngga ada lebih2nya mana kebutuhan semakin banyak dan semakin mahal
emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By kei9311
Kalau menurut ane sih ga berhubungan secara langsung gan..kalau gajinya pas - pasan dan karenanya dia jadi stress, bisa jadi otaknya jadi kurang fokus ya karena cuma mikirin gaji yang pas -pasan tadi.cuma kalau dibawa enjoy, jadi lebih rileks.nah ini bisa jadi bikin otaknya lebih fresh.jadi bkn malah tulalit.intinya kerja apa aja yang penting enjoy dan bersyukur.insyaa Allah berkah..:emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By ladyruru
Gaji saya juga pas pasan. Tapi pulang kantor sy tetap latihan menggambar (di luar pekerjaan accounting) jari job di luar. Jadi ga bete


Quote:Original Posted By m.ramdhani1981
Untungnya ane diajarin ilmu agama bahwa dengan gaji yang pas ane bisa mencukupi kebutuhan dan membantu sedikit orang yang kesusahan.

Biar gaji pas yang penting nikmat sehat gan .. Dunia dapat akhirat dapat.


Quote:Original Posted By kancutgenderuwo
klo emang gaji pas-pasan bikin otak tulalit, ternyata yg korupsi otaknya pada tulalit semua ya gan,,
intinya emang itu gan, pandai-pandai bersyukur aja,,
gaji kecil bersyukur, gaji besar bersyukur,,
gaji besar klo kita gak bisa memanage dgn benar bakal habis juga gan,,
gaji kecil klo kita bisa ngaturnya, jangankan rumah, mobil 3 juga bisa dibeli,, emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By deeanz
tulalit gara2 mikirin utang, gaji pas2an tapi gaya hidup sosialita utangnya pasti dimana2 emoticon-linux2



Diubah oleh wilfuture
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 31 dari 46
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:36
wkwkwk
kok ni trit ratenya dibawah 4 ?
Pdhl bagus isinya..
Intinya cuman jangan stres doang...
emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:37
ya begitulah emang bro, mending kita susah dan bekerja keras dulu mulai sekarang untuk menjadi kehidupan yang lebih baik dan penghasilan yang gak pas2an. nice posting gan, untuk motivasi juga 😀😀
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:38
makanya kasian sama anggota dpr....kalo nggak naik gaji....mreka bisa makin bego
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:41
menurut ane itu tergantung dari orangnya gan.. kalau orang itu nyaman n senang dgn kerjaannya, pasti ga mikir gajinya gede atau kecil..
tapi ada juga org yg termotivasi kerja karena gajinya... (mindsetnya bekerja untuk cari uang, klo gaji dikit ya kerja dikit, kalo gaji gede, kerja gede)..

emoticon-Big Grin emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:45
anesih mau tanggal berapa aja kudu rilek pokoknya emoticon-Big Grin
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:45
ane udah 3minggu nganggur gan,pusing betul,
denger orang bicara "tgl 25 cuti lah,biar ke pesta si A kita,bro"
anjir pengen jedotin pala ke tembok aja dengar kata cuti nya emoticon-Frown
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:52
ya emang bener si gan, sering" bersyukur biar enggak stress. .. juga pikirkan jalan lain untuk mecahin masalah keuangannya..
emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:58
Quote:Original Posted By akunku.dibanned
waaauw , fakta yang selama ini disembunyikan oleh FBI,CIA, NASA, MOSSAD, kfc, mcd, texas friedchicken, UFC, WWE Smackdown, NBA, English Premier League, UEFA Champions League, Paris SG, juventus, ac milan, torabika kopi susu dengan gula terpisah. emoticon-Traveller


apaan sih nih orang
ngaco komennya
bawa2 torabika kopi susu dengan gula terpisah???? emoticon-Ngakak (S)

back to topic
menurut ane gak semua org pas2an gitu gan
justru ad bbrp org yg kejepit utang
jd kreatif buat cari tambahan
tapi ad jg bbrp yg cuma meratapi aja hehehe
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 16:58
Cukup 3 kata O.M.G
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:11
Orang dengan gaji yang kecil > daya kognisinya menurun > tidak kreatif mencari solusi perubahan nasib > maka nasib hidupnya akan tetap stagnan > penghasilannya akan tetap kurang > berlanjut ke siklus awal.  siklus akut keterbelakangan brujung protes kepada pemerintah
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:15
bisa pengaruh juga ya kemampuan otak dengan gaji
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:19
Kalo ane gaji kecil gk masalah gan, kan ada tunjangan dinas,tunjangan rapat, tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan,tunjangan pakaian,tunjangan transportasi,... emoticon-Hammer2
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:23
Great Tips nya gan. gaji pas-pasan bener-bener bisa buat otak pelan-pelan jadi susah untuk cari ide yang solutif
Keren threadnya emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:25
tergantung orangnya gan.
ada yang malah muncul kreatifnya,ada yang malah tenggelam dalam kesedihan meratapi deritanya.
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:28
Bicara pas-pasan adalah sesuatu yg relatif, subyektif, dan tergantung gaya hidup.

Banyak bersyukur niscaya akan mendapat kedamaian, pikiran tenang hatipun senang.
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:38
Quote:Original Posted By gudangsate
tergantung orangnya gan.
ada yang malah muncul kreatifnya,ada yang malah tenggelam dalam kesedihan meratapi deritanya.


the power of kepepet ya Gan
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:41
karena faktor bahagia mempengaruhi kinerja saat kerja yaa
tapi ane heran ama fadli zon, gajinya gede tapi kok kerjanya tulalit emoticon-Peace
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:43
bener gan harus cari sampingan gan biar ga stagnan
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:52
Nice post gan, mungkin karena banyak pikiran itu yg bikin kita gk sadar kalo ada solusi untuk tiap masalah kita...
0 0
0
Kenapa Orang yang Gajinya Pas-pasan, Otaknya akan Menjadi Makin Tulalit?
19-09-2015 17:53
pas pasan atau gak itu tergantung gaya hidup orangnya gan. mensyukuri ato g..
0 0
0
Halaman 31 dari 46
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia