Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/554837bf31e2e66d398b456a/mau-gaming-di-notebook-berasa-gaming-di-desktop-why-not
Hai agan-agan sekalian, berjumpa lagi dengan….. ane. Yap, kali ini ane mau kasih tau kalo ada teknologi revolusioner baru buat agan-agan yang pingin nge-gaming cantik di notebook tapi berasa kayak lagi nge-gaming cantik di desktop! Apaan thu? Prosessor mobile terbaru AMD APU FX. Namun sebelum masuk ke penjelasan APU FX, ane mau jelasin dulu apa itu AMD APU. AMD APU adalah sebuah PROSESSOR (CPU)
Lapor Hansip
05-05-2015 10:23

Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??

Hai agan-agan sekalian, berjumpa lagi dengan….. ane.
Yap, kali ini ane mau kasih tau kalo ada teknologi revolusioner baru buat agan-agan yang pingin nge-gaming cantik di notebook tapi berasa kayak lagi nge-gaming cantik di desktop! Apaan thu? Prosessor mobile terbaru AMD APU FX.

Namun sebelum masuk ke penjelasan APU FX, ane mau jelasin dulu apa itu AMD APU. AMD APU adalah sebuah PROSESSOR (CPU) yang tidak cuma ada CPU itu sendiri tapi juga ada Kartu Grafis (GPU) didalamnya. Nah dahulu kala AMD APU (CPU+GPU) pertama adalah AMD APU A-series dimana yang tertinggi dari semua itu adalah A10 yang memiliki 10 compute core (4 CPU core + 6 GPU Core). Sekarang AMD APU mengeluarkan seri terbaru yang mengalahkan A10. Dia adalah AMD APU FX yang merupakan ‘reinkarnasi’ dari AMD FX Series.

Apa itu AMD APU FX?

AMD APU FX merupakan APU TERTINGGI saat ini karena memiliki 12 compute core (4 CPU core + 8 GPU core) yang tentunya lebih banyak dari seri sebelumnya yang hanya memiliki 8 sampai 10 compute core. Perlu agan ketahui bahwa sebelumnya AMD FX adalah prosessor TERTINGGI di sektor desktop karena ia memiliki jumlah core terbanyak. Dan sekarang prosessor yang TERCEPAT ini dihadirkan di sektor mobile. Sedikit berbeda dengan AMD FX di desktop yang hanya prosessor saja, tapi PERFORMA POWERFUL yang jadi andalan AMD FX ini juga hadir dalam AMD APU FX.

Apa kelebihan AMD APU FX?

1. Merupakan AMD APU TERTINGGI saat ini

Seperti yang sudah ane jelaskan AMD APU FX memiliki 12 compute core yang terdiri dari 4 CPU core + 8 GPU core. Pastinya ini membuat performa notebook mejadi lebih KENCANG. Kalau 10 compute core aja udah bisa main game ini itu, apalagi 12 compute core semua bisa dilibas gan.

2. Memiliki fitur HSA (Heterogenous System Architecture)

Dengan adanya fitur ini, CPU dan GPU mampu untuk bekerja sama secara maksimal. Tanpa HSA, CPU bekerja sendiri sehingga beban CPU lebih berat. Namun dengan HSA, GPU bisa membantu ‘pekerjaan’ CPU. Dengan kata lain performa menjadi LEBIH CEPAT dan LEBIH EFEKTIF.

3. Sudah memakai AMD Radeon seri terbaru yaitu AMD Radeon R7 Series

Ini salah satu rahasia kenapa AMD APU FX bisa membuat gaming cantik agan di notebook berasa di desktop! AMD Radeon R7 Series merupakan GPU terintegerasi TERTINGGI di APU. Agan tentunya bisa merasakan gaming resolusi tinggi dengan spek yang ringan sekalipun. Pengalaman gaming pun menjadi LEBIH ASYIK.

4. Dilengkapi oleh AMD Enduro

Jangan khawatir dengan daya tahan AMD APU FX ini, tidak hanya performa POWERFUL yang ditawarkan tapi, juga daya tahan yang bisa lebih lama. Main game jadi lebih nyaman tanpa takut daya habis duluan sebelum disave emoticon-Big Grin Ngerjain tugas sehari-hari apalagi emoticon-Big Grin

5. Support AMD True Audio

Pengalaman gaming jadi lebih asyik dengan AMD True Audio yang bisa membuat sensasi suara lebih nyata tanpa harus menggunakan perlengkapan tambahan seperti sound card khusus atau speaker khusus yang pastinya cukup menguras kantong nih gan.

6. Support API untuk game terbaru

AMD APU FX ini juga udah support game dengan API DirectX 12 dan Mantle dimana membuat agan bisa memainkan game-game masa kini maupun game yang akan datang beberapa tahun kedepan. Plus dengan adanya teknologi Mantle, fungsi kerja GPU agan udah dimaksimalkan sepenuhnya sehingga bisa menjalankan game HD lebih cepat dan mulus tanpa hambatan berarti.

Performa POWERFUL dan EFESIENSI daya. Mantep gan! emoticon-Cool

Ga Percaya? Nih ane kasih buktinya

Bukti ini ane ambil berdasarkan review dari salah satu media terkenal di Indonesia, sebut saja jagatreview.com yang melakukan pengujian performa dengan hasil sebagai berikut :

Menggunakan 3DMark Fire Strike

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang terkenal untuk menguji performa GPU.
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??

Menggunakan Cinebench R15

Aplikasi yang satu ini juga merupakan aplikasi yang terkenal untuk menguji performa kecepatan CPU.
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??

Dari score yang diperoleh melalui 3DMark Strike yaitu 1310, berarti kita sudah bisa memainkan game MENENGAH KE ATAS dengan LANCAR tanpa HAMBATAN.

Untuk lebih membuktikannya, Jagatreview.com juga melakukan pengujian performa secara langsung di beberapa game, berikut hasilnya:

Grid 2
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
Memainkan game Grid 2 dengan resolusi 1280x720 dan High Detail sekalipun tetap bisa berjalan dengan LANCAR karena FPS (Frame Per Second) yang diperoleh rata-rata adalah 42 FPS, mengingat bahwa agar sebuah game dapat berjalan mulus minimal FPS –nya adalah 30 FPS.

Battlefield 4
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??

Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
Bahkan game Battlefield 4 yang dikenal memilki spesifikasi berat pun juga bisa berjalan LANCAR di resolusi 1600x900, low detail dengan FPS rata-rata sekitar 39 FPS dan FPS terendah hanya 36 FPS.

Dari kesimpulan diatas kita bisa lihat bahwa game berat sekelas Battlefield 4 pun dapat berjalan dengan LANCAR hanya dengan grafis yang ada didalam APU itu sendiri. Coba bayangkan gan, apabila kita menggunakan grafis diskrit tambahan, pastinya score yang akan diperoleh bisa BERLIPAT-LIPAT kali lebih banyak dari hasil pengujian diatas. Hal itu berarti, mau main game seberat apapun dengan LANCAR dan kualitas grafis TINGGI nggak masalah, gan!

Ternyata AMD APU FX udah masuk Indonesia lho! Nih daptarnya

1. ASUS N551ZU
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??

Notebook ini merupakan notebook ASUS yang PREMIUM, gan, berkisar Rp 13 juta. Maklum notebook ini emang buat pasaran high end/enthusiast. Prosessornya aja udah dibekali prosessor APU berkecepatan TERTINGGI hingga 3.6Ghz, yaitu AMD APU FX 7600P, terdiri dari 12 Compute Core (4 CPU Core + 8 GPU Core) dengan grafis powerful AMD Radeon R9 M280X 4GB, dijamin bisa libas game berat maupun aplikasi berat. Udah mendukung DirectX 12 juga lho gan! Ini bisa mempercepat performa dalam bermain game serta menjalankan aplikasi di masa depan.
Selain itu, notebook ini memiliki fitur khusus game seperti backlight keyboard dan audio berkualitas tinggi SonicMaster Premium. Terdapat fitur AMD Eyefinity juga dimana agan bisa menggabungkan 3 monitor sekaligus untuk pengalaman gaming yang lebih cantik lagi. Layarnya berukuran 15.6” dan sudah mendukung resolusi FULL HD sehingga akan sangat bagus dan jernih untuk main game atau nonton film. Kalau agan-agan ada yang minat sama notebook yang satu ini, agan bisa langsung rasain sendiri kehebatannya karena dapet game gratis dari AMD.

2. ASUS X550ZE

Kalo yang satu ini adalah notebook FX untuk kelas mainstream yang memakai prosessor TERTINGGI AMD APU FX 7600P dengan grafis AMD Radeon R7 M265DX yang mendukung dual grafik untuk performa yang lebih baik saat bermain game. Layarnya berukuran 15.6”, dan dibanderol dengan harga lebih murah sekitar 7 jutaan. Cocok untuk jalanin game berat dengan setting medium hingga high sekalipun. TAPI HATI HATI gan, soalnya ASUS X550ZE ini ada 2 versi, yang satu pake prosessor AMD APU A10-7400P, nah yang satunya lagi baru pake AMD APU FX 7600P. Jadi jangan sampe salah beli ya gan. emoticon-Big Grin

Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
Kalau agan minat bisa beli dimari nih gan, http://enterkomputer.com/notebook.php

Nah, jadi gimana gan minat nggak beli notebook dengan prosessor AMD APU FX supaya gaming lebih LANCAR, NYAMAN, dan ASYIK? Tinggal dipilih aja gan. Kalo agan paling minat sama yang mana? Boleh di komeng disini. Sapa tau kesampean emoticon-Matabelo
Sekian thread dari ane kali ini, nantikan thread ane selanjutnya yang pasti akan selalu bermanfaat untuk disimak…. Dan jangan lupa kasih cendolnya ya gan, biar ane semangat terus untuk bikin thread yang berguna buat agan sekalian emoticon-Malu (S)
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 11:30
Gak kuat beli gan emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 11:40
harganya ga lucu
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 11:42
sama aja beli baru lagi gan. kirain mah ada tips n trik gitu buat ningkatin performa notebook biar gahar..
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 11:45
AMD sekarang masih panas gak gan ????
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 12:19
hmm apa daya ane hanya bisa main di warnet emoticon-Mewek
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 12:31
oh gitu ya...baru tahu ane..
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 12:36
Wanjir 13 juta mending build pc
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 12:58
Untuk game kemana2 mending desktop dibanding laptop. Harga beda jauh keuntungannya cuma mobilitas. Ane aja laptop yg pake nvidia 860m seharga 15jt masih kurang memuaskan. Walaupun game Grid 2 ultra 1080p lancar 60fps. Game2 terbaru paling mentok di high. Tapi entahlah kalo amd kedepannya menjanjikan apa nggak.
Intinya kalo mau lebih ekonomis, desktop paling menjanjikan. kalo mau lebih murah, beli konsol game aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 13:03
Mengheningkan cipta untuk harga nya emoticon-Berduka (S)
Nunggu sampai murah aja deh
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 13:05
Bookmark emoticon-Paw
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 13:19
13 juta gitu sih ane mending rakit pc desktop deh gan
udah include monitor+cpu+mouse dan lain2
udah dapet i5+vga gtx 960 minimal

IMO loh ya
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 13:19
ane pake a8 gan emang harganya 5jtan -__-
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 13:59
Saya mau review Asus N551ZU

- Laptop indah dengan berbagai keterbatasannya (sesuai budget). Indah karena desainnya bisa diadu dengan Macbook ataupun Dell XPS 15 yang harganya 2-2,5x laptop ini. Layar 15.6", Resolusi 1920 x 1080, backlight keyboard, logo Asus menyala di belakang layar, Casing aluminium pokoknya overall good looking
- Jika anda mencari laptop pengganti dekstop (Selalu digunakan di rumah) maka N551ZU ini cocok untuk anda. Tetapi jika anda gemar traveling atau sering digunakan untuk diluar rumah maka siap-siap stroke anda kumat dengan daya tahan baterainya (Hanya 2.5 jam untuk full browsing)
- Bagi yang gemar main game laptop ini sangat recommended (dari segi biaya), mampu memainkan game kekinian setingan High - Ultra di layar 1920 x 1080 (terbaik di antara laptop profesional desain premium lainnya di kisaran harga yang sama, pesaing terberat menurut saya hanya N550JV dengan GTX 750M nya yang dimana masih dibawah R9 M280X milik N551ZU)
source : R9 M280X notebookcheck VS GTX 750M notebookcheck
- Mampu memainkan game berat (The Witcher 3//Battlefield 4/Batman Arkham/Mad Max/Metal Gear V/Solitare) dengan FPS 25-50 . Tapi ingat ya, panasnya yang mencapai 88-90 derajat ketika bermain game siap untuk masak telur (Meskipun AMD klaim mampu tahan hingga 105 derajat celcius tetap saja 88-90 derajat terlalu panas coy!!)
- Saya sudah survey bermacam-macam laptop, Harga kisaran 12jt pesaing terberat dari segi desain TIDAK ADA, dari segi kartu grafis BANYAK terutama laptop gaming (Dell Pandora, ASUS ROG, Lenovo Y40). Jadi kalau mau laptop gaming dengan desain premium harga 12jt an menurut saya ya hanya N551ZU (Berdasarkan survey saya di berbagai toko online dan toko laptop lokal). Tapi kalau mau gaming dengan spec lebih bagus bisa pilih Dell pandora (14" / GTX 850M / Windows 8.1 / RAM 8gb) atau Asus ROG (15.6" / GTX 950M / DOS / RAM 4gb)
- Banyak yang bilang kalau kartu grafis AMD punya tenaga dalam tambahan yaitu AMD mantle (Hanya beberapa game yang punya option mantle seperti Battlefield)
- Saya bukan sales ASUS dan yang pasti laptop ini cocok untuk saya karena sudah terlanjur saya beli emoticon-Ngakak
- Tingkat penyesalan saya beli ini 0.99999% (Baterainya luar biadab), sisanya mantab karena purpose sayamemang hanya untuk presentasi kerja sisanya untuk di rumah

Peningkatan AMD APU untuk Gaming
1. Update Driver Catalyst versi terbaru (saat ini versi 15.8)
2. Optimized settingan game dari Gaming Evolved. Saya coba main battlefield 4 setting ultra FPS hanya dapat 20-an, ketika main dari gaming evolved berubah drastis menjadi FPS 38-45 meskipun saya tidak menemukan option mantle emoticon-Bingung
3. Upgrade memory SO-DIMM (not tested yet) dengan kecepatan minimal 1866Mhz, N551ZU dengan Kaveri mampu compatible hingga speed 2133Mhz (Source : http://www.tomshardware.com/reviews/...nity,3419.html)
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 14:06
Harganya bikin kantong menjerit
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 14:56
Ane xpd user a10 emoticon-Malu (S)
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 15:09
Oh really bisa lawan asus rog yg baru? yakin? nih link beritanya, baca nih ROG G752 Gaming Laptop APU? lawan gtx 980m? jauh banget emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh the_dark_site
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 15:25
Harga nya?
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
13-09-2015 15:35
hianciuukk...harganya ciuukk... emoticon-Takut emoticon-Takut
cewek gue beli bh aja nggak sampe segitu harganya ciuukk emoticon-Big Grin
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
25-05-2016 13:32
dari pada yang cuma berasa..mending yang beneran pake prosesor dekstop pc..
http://fjb.kaskus.co.id/post/56bd853...633.1464157521

emoticon-Toast
0 0
0
Mau Gaming di Notebook Berasa Gaming di Desktop?! Why Not??
25-05-2016 13:34
ntar ane cuba emoticon-Ngacir
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia