ts4l4sa
TS
ts4l4sa
Orang dekat Luhut gagal gantikan Kastaf Kepresidenan, Bukti Jokowi Independen!
Teten Masduki Jadi Jalan Tengah, Semua Happy
Rabu 02 Sep 2015, 13:17 WIB



Jakarta - Presiden Joko Widodo mengambil keputusan penting menunjuk Teten Masduki menjadi Kepala Staf Kepresidenan di saat terakhir. Langkah Jokowi memilih Teten Masduki jadi jalan tengah yang indah di tengah tarik menarik kepentingan yang santer soal posisi strategis yang sebelumnya diisi oleh Luhut Pandjaitan tersebut.

Sebelumnya memang ada sejumlah kandidat lain yang juga orang dekat Luhut Pandjaitan di pusaran isu calon Kepala Staf Kepresidenan. Belakangan yang paling kuat adalah Letjen TNI (Purn) Johny Lumintang, konon sampai pagi tadi nama Johny Lumintang - Dubes RI di Manila - masih jadi kandidat kuat. Melihat kuatnya dorongan Luhut, kalangan relawan pendukung Jokowi pun mencoba mengusulkan beberapa nama, demikian juga dari PDIP.

Namun siapa sangka di last minutes Presiden Jokowi mengambil keputusan lain. Jokowi menunjuk Teten Masduki sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Teten baru diberi tahu bakal dilantik pukul 08.30 tadi. Sejam kemudian dia diambil sumpah.

Kini Teten telah resmi menjadi Kepala Staf Kepresidenan. Eks aktivis ICW ini benar-benar jadi jalan tengah di antara tarik-menarik kepentingan tersebut. Ormas pendukung Jokowi pun mengapresiasi langkah bijak Presiden.

"Kami menghormati dan mendukung sepenuhnya hak preogratif Presiden Jokowi. Kami yakin Presiden memutuskan dengan bijak dan perhitungan yang matang. Presiden mengambil keputusan terbaik, " ujar Budi Arie Setiadi, ketua umum PROJO dalam siaran pers, Rabu (2/9/2015).

PROJO pun langsung mengucapkan selamat kepada Teten. Teten dipandang sebagai perwakilan pendukung Jokowi yang kini menempati posisi strategis di istana.

"Kami mengucapkan selamat bekerja untuk Teten Masduki. Karena Teten adalah loyalis dan pendukung Jokowi yang sudah teruji dan punya rekam jejak yang baik terutama dalam isu pemberantasan korupsi. Semoga di tangan Teten, KSP menjadi lembaga yang kredibel dan memiliki integritas yang tinggi," ujar Budi lagi.

"Kami selalu loyal dan mengawal seluruh kebijakan Jokowi. Bagi kami siapa pun yang diangkat tidak ada masalah selama mau berjuang dan mewujudkan cita-cita bersama yang tertuang dalam Nawacita dan Tri Sakti. Perubahan pasti datang. Resan air ke air, resan minyak ke minyak. Kami tetap: Yudiya Pratidina Marhaenis (marhaenis tetap berjuang setiap saat) sampai akhir hayat," pungkas Budi
http://news.detik.com/berita/3007878...ah-semua-happy


Kepala Staf Presiden Dilantik Hari Ini, Johny Lumintang Gantikan Luhut Panjaitan?
Rabu, 2 September 2015 07:12 WIB

Tribunnews.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Staf Presiden pada hari Rabu (2/9/2015) ini. Pelantikan digelar pukul 09.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

"Iya pelantikan jam 09.00 WIB di Istana Negara," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, saat dihubungi Rabu pagi.

Pramono Anung menolak menjawab ketika disodorkan nama Johny Josephus Lumintang sebagai Kepala Staf Presiden yang akan dilantik menggantikan Luhut Panjaitan. Luhut saat ini telah menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Secara terpisah, Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki juga mengaku belum mengetahui nama Kepala Staf Presiden yang akan menggantikan Luhut. Ia hanya membenarkan bahwa pelantikan tersebut akan dilakukan pada hari ini.
"Nama (kepala staf Presiden) masih di kantong Presiden Joko Widodo," ucap Teten.
http://www.tribunnews.com/nasional/2...uhut-panjaitan


Kepala Staf Kepresidenan Dilantik Besok, Jhony Lumintang Atau Fachrul Razi?
Selasa 01 Sep 2015, 23:26 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menggelar pelantikan Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Rabu (2/9). Presiden sudah mengantongi nama untuk dilantik sebagai pengganti Luhut Panjaitan yang menjadi Menko Polhukam.

"Iya (besok pelantikan)" ujar Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki saat dikonfirmasi, Selasa (1/9/2015).

Namun Teten mengaku belum tahu siapa yang akan dilantik besok. Dia meminta agar hal itu ditanyakan kepada Mensesneg Pratikno.

"Saya nggak tahu, coba tanya Pak 'Tik," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi ke Pratikno, telepon dan pesan singkat yang dikirim belum dibalas. Di internal Setneg sendiri juga membenarkan soal pelantikan yang akan digelar besok. Namun belum bisa dipastikan siapa yang akan dilantik.

Sementara itu di internal Kantor Kepala Staf Kepresidenan tersiar informasi dua kandidat kuat yang akan menjabat sebagai Kepala Kantor Staf Kepresidenan. Mereka adalah Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi dan Jenderal TNI (Purn) Jhony Josephus Lumintang.

Fachrul Razi pernah menjabat Wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sementara Letnan Jenderal TNI (Purn) Johny Josephus Lumintang yang pernah menjabat Pangkostrad. Dua nama jenderal itu adalah orang dekat Luhut Pandjaitan.

Informasi lain menyebutkan dari dua nama tersebut, Jhony Lumintang yang dipastikan ditunjuk Jokowi untuk menggantikan posisi Luhut. Johny termasuk 22 jenderal di bawah koordinasi Luhut Panjaitan yang mendukung Jokowi dalam Pilpres 2014 lalu.

Soal nama yang disebut kandidat kuat ini, Teten Masduki enggan berkomentar.
http://news.detik.com/berita/3007399...u-fachrul-razi


Teten Jadi Kepala Staf Kepresidenan, Bukti Jokowi Independen
Rabu 02 Sep 2015, 11:26 WIB

Jakarta - Di last minutes akhirnya Presiden Jokowi menunjuk Teten Masduki jadi Kepala Staf Kepresidenan. Langkah Presiden Jokowi ini menuai apresiasi.

"Pelantikan ini, paling tidak, mempunyai dua makna penting. Pertama, memperlihatkan independensi politik Jokowi sebagai presiden yang banyak diragukan orang selama ini," kata Raja Juli Antoni, Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), kepada detikcom, Rabu (2/8/2015).

Raja menilai parpol pendukung Jokowi pasti punya kepentingan menempatkan orangnya di ring satu Jokowi. Namun Jokowi bisa keluar dari tekanan itu dan memilih orangnya sendiri.

"Partai elite politik pasti mempunyai kepentingan untuk menempatkan orangnya di lingkar paling dekat dengan presiden. Beredarnya beberapa nama menjelang pelantikan menunjukkan tarik-manarik kekuatan politik di sekeliling Jokowi. Namun akhirnya Jokowi memilih Kang Teten yang bisa disebut sebagai orang Jokowi sendiri," katanya.

Kedua, pelantikan ini menunjukkan semakin banyak orang baik di sekeliling Jokowi. Dengan kompleksitas masalah kebangsaan dan kenegaraan yang dihadapai seorang presiden, masukan dari orang di sekeliling presiden menentukan orientasi kebijakan publik yang diputuskan presiden. Dalam sejarah politik dunia, "para pembisik" presiden menentukan berhasil atau tidak sebuah kepemimpinan politik.

"Kang Teten adalah orang yang punya rekam sejarah panjang yang baik. Komitmennya untuk pemberantasan korupsi, misalkan, tidak perlu diragukan lagi. InsyaAllah Kang Teten akan menjadi orang terdekat Jokowi yang akan memberikan saran-saran terbaik untuk kebaikan kolektif kita sebagai bangsa," pungkasnya.
http://news.detik.com/berita/3007727...owi-independen

---------------------------------

Dalam alam demokrasi yang semakin maju dan berkembang, serta kehidupan masyarakat yang lebih banyak menuntut keterbukaan dan transparansi, kebanyakan "mengkoleksi" mantan Jenderal 'perang' zaman Eyang Harto dalam Kabinet, belum tentu bisa menjadikan keadaan negeri akan bertambah lebih baik, terutama untuk modal terbentuknya "Civil Socieaty' atau masyarakat Madani yang kita cita-citakan. Jokowi kali ini cukup berani dan cantik kebijakannya!


emoticon-Angkat Beer


Diubah oleh ts4l4sa 02-09-2015 12:49
0
4K
39
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.