Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
5297
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531f08360e8b46a32a0000c1/new-all-about-hidroponik
WAJIB DIBACA Thread ini adalah lanjutan dari thread terdahulu ALL about hidroponik atas persetujuan Moderator dan penghuni thread tersebut Peraturan dalam thread ini mengacu pada Tata tertib forum tanaman TS bukanlah orang yang menguasai dalam bidang Hidroponik, TS masih sama-sama belajar jadi diharapkan dengan adanya thread ini kita bisa saling share dan belajar tentang Hidroponik. Hormati kaskus
Lapor Hansip
11-03-2014 19:57

[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK

Quote:
WAJIB DIBACA

  • Thread ini adalah lanjutan dari thread terdahulu ALL about hidroponik atas persetujuan Moderator dan penghuni thread tersebut
  • Peraturan dalam thread ini mengacu pada Tata tertib forum tanaman
  • TS bukanlah orang yang menguasai dalam bidang Hidroponik, TS masih sama-sama belajar jadi diharapkan dengan adanya thread ini kita bisa saling share dan belajar tentang Hidroponik.
  • Hormati kaskuser lain yang baru gabung dan ingin belajar, pakailah bahasa yang sopan agar enak dibaca.
  • Semoga thread ini bermanfaat bagi semuanya. Salam HIDROPONIK!



Quote:
SEJARAH DAN PENGERTIAN HIDROPONIK

Quote:Sejarah Hidroponik
Menurut literatur, bertanam secara hidroponik telah dimulai ribuan tahun yang lalu. Diceritakan, ada taman gantung di Babilon dan taman terapung di Cina yang bisa disebut sebagai contoh Hidroponik. Lebih lanjut diceritakanpula, di Mesir, India dan Cina, manusia purba sudah kerap menggunakan larutan pupuk organik untuk memupuk semangka, mentimun dan sayuran lainnya dalam bedengan pasir di tepi sungai. Cara bertanam seperti ini kemudian disebut river bed cuultivation.
Ketika ahli patologis tanaman menggunakan nutrien khusus untuk media tanam muncullah istilah nutri culture. Setelah itu, bermunculan istilah water culture, solution culture dan gravel bed culture untuk menyebutkan hasil percobaan mereka yang menanam sesuatu tanpa menggunakan tanah sebagai medianya. Terakhir pada tahun 1936 istilah hidroponik lahir, istilah ini diberikan untuk hasil dari Dr. WF. Gericke, seorang agronomis dari Universitas California, USA, berupa tanaman tomat setinggi 3 meter yang penuh buah dan ditanam dalam bak berisi mineral hasil uji cobanya.
Sejak itu, hidroponik yang berarti hydros adalah air dan ponics untuk menyebut pengerjaan atau bercocok tanam, dinobatkan untuk menyebut segala aktivitas bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai tempat tumbuhnya. Gericke ini menjadi sensasi saat itu, foto dan riwayat kerjanya menjadi headline surat kabar, bahkan ia sempat dinobatkan menjadi orang berjasa abad 20. Sejak itu, hidroponik tidak lagi sebatas skala laboratorium, tetapi dengan teknik yang sederhana dapat diterapkan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga. Jepang yang kalah dari sekutu dan tanahnya tandus akibat bom atom, pada tahun 1950 secara gencar menerapkan hidroponik. Kemudian negara lain seperti irak, Bahrain dan negara-negara penghasil minyak yang tanahnya berupa gurun pasir dan tandus pun ikut menerapkan hidroponik.

Quote:Pengertian Hidroponik
Istilah hidroponik (hydroponics) digunakan untuk menjelaskan tentang cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Di kalangan umum, istilah ini dikenal sebagai “bercocok tanam tanpa tanah”. Di sini termasuk juga bercocok tanam di dalam pot atau wadah lainnya yang menggunakan air atau bahan porous lainnya, seperti pecahan genting, pasir kali, kerikil, maupun gabus putih.
Dahulu, peneliti yang bekerja di laboratorium fisiologi tumbuhan sering bermain-main dengan air sebagai media tanam dengan tujuan uji coba bercocok tanam tanpa tanah. Sebagian orang menganggap metode itu sebagai aquakultur (bercocok tanam di dalam air). Uji coba tersebut ternyata berhasil dan patut diberi acungan jempol sehingga banyak ahli agronomi yang terus mengembangkan cara tersebut.
Pada perkembangan selanjutnya, media air diganti dengan media yang lebih praktis, efisien dan lebih produktif. Cara kedua ini lebih mendapat sambutan dibandingkan cara yang hanya menggunakan media air. Oleh karenanya, pada perkembangan selanjutnya, teknik itu disebut hidroponik. Hidroponik ini kemudian dikembangkan secara komersial.

Quote:
MACAM-MACAM SISTEM HIDROPONIK

Quote:1. Aeroponik
Aeroponik merupakan salah satu cara budidaya tanaman hidroponik. Cara ini belum sefamiliar cara-cara hidroponik lainnya (seperti cara tetes, NFT – Nutrient Film Technique). Kalau dilihat dari kata-kata penyusunnya, yaitu terdiri dari Aero + Phonic. Aero berarti udara, phonik artinya cara budidaya, arti secara harafiah cara bercocok tanam di udara, atau bercocok tanam dengan system pengkabutan, dimana akar tanamannya menggantung di udara tanpa media (misalkan tanah), dan kebutuhan nutrisinya dipenuhi dengan cara spraying ke akarnya. Sejarah ditemukannya cara ini berawal dari penemuan cara hidroponik. Selanjutnya dikembangkanlah system aeroponik pertama kali oleh Dr. Franco Massantini di University of Pia, Italia. Di Indonesia, perintis aeroponik secara komersial adalah Amazing Farm pada tahun 1998 di Lembang (Bandung).
aeroponik

Quote:2. Fertigasi
Sistem Fertigasi ialah salah satu dari metode hidroponik. Fertigasi adalah teknik aplikasi unsur hara melalui sistem irigasi. Sesuai dengan pengertian fertigasi sendiri yang merupakan singkatan dari fertilisasi (pemupukan) dan irigasi. Dengan teknik fertigasi biaya tenaga kerja untuk pemupukan dapat dikurangi, karena pupuk diberikan bersamaan dengan penyiraman. Keuntungan lain adalah peningkatan efisiensi penggunaan unsur hara karena pupuk diberikan dalam jumlah sedikit tetapi kontinyu; serta mengurangi kehilangan unsur hara (khususnya nitrogen) akibat ‘leaching’ atau pencucian dan denitrifikasi (kehilangan nitrogen akibat perubahan menjadi gas).
fertigasi

Quote:3. NFT (Nutrient Film Technique)
Konsep dasar NFT ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Tanaman tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tanaman terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan pompa. Daerah perakaran dalam larutan nutrisi dapat berkembang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga bagian atas akar tanaman berada di permukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam, adanya bagian akar dalam udara ini memungkinkan oksigen masih bisa terpenuhi dan mencukupi untuk pertumbuhan secara normal.
NFT

Quote:4. Wick
Cara yang paling sederhana berhidroponik adalah menggunakan sistem sumbu atau Wick System, teknik ini memanfaatkan gaya kapilaritas pada sumbu untuk mengantarkan air dan nutrisi ke akar tanaman, sehingga akar dapat menyerap unsur-unsur hara yang disediakan.
wick

Quote:
MEDIA TANAM HIDROPONIK

Quote:1. Arang Sekam
Arang sekam padi biasa digunakan sebagai pupuk dan bahan baku briket arang. Sekam yang digunakan bisa diperoleh ditempat penggilingan padi. Selain digunakan untuk arang, sekam padi juga sering dijadikan bekatul untuk pekan ternak. Arang sekam juga bisa digunakan sebagai campuran pupuk dan media tanam di persemaian. Hal ini karena sekam padi memiliki kemampuan untuk menyerap dan menyimpan air sebagai cadangan makanan.
sekam

Quote:2. Rockwool
Merupakan bahan non-organik yang terbuat dari campuran batuan basalt dan pasir yang berbentuk serat. Awal mulanya, bahan ini digunakan sebagai pelengkap konstruksi pabrik, industri, kantor dan sebagainya. Pertama kali Rockwool diciptakan pada abad 1800-an dan dikenal dengan nama isolasi mineral wool bahkan isolasi batu wool.
rockwool

Quote:3. Cocopeat
Cocopeat blok (serbuk sabut kelapa) yang merupakan serbuk sisa pengolahan penguraian sabut kelapa yang dicetak berbentuk kubus memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Pengolahannya cukup sederhana, namun dapat mengangkat harga cocopeat. Cocopeat blok sering dimanfaatkan oleh perusahaan pembuat karbon batrai atau juga sebagai media tanam. Penggunaan cocopeat selama ini di dalam negeri banyak digunakan sebagai media tanam pengganti tanah, atau sebagai campuran pembuatan pupuk organik.
cocopeat

Quote:4. Kerikil/Pasir
Kerikil memiliki pori-pori makro lebih banyak daripada pasir. Kerikil sering digunakan sebagai media untuk budi daya tanaman secara hidroponik. Penggunaan media ini akan membantu peredaran larutan unsur hara dan udara serta pada prinsipnya tidak menekan pertumbuhan akar. Namun, kerikil memiliki kemampuan mengikat air yang relatif rendah sehingga mudah basah dan cepat kering jika penyiraman tidak dilakukan secara rutin.
kerikil

Quote:5. Pecahan Genteng atau Batu Bata
Pecahan batu bata juga dapat dijadikan alternatif sebagai media tanam. Seperti halnya bahan anorganik lainnya, media jenis ini juga berfungsi untuk melekatkan akar. Sebaiknya, ukuran batu-bata yang akan digunakan sebagai media tanam dibuat kecil, seperti kerikil, dengan ukuran sekitar 2-3 em. Semakin kecil ukurannya, kemampuan daya serap batu bata terhadap air maupun unsur hara akan semakin balk. Selain itu, ukuran yang semakin kecil juga akan membuat sirkulasi udara dan kelembapan di sekitar akar tanaman berlangsung lebih baik.
genteng

Quote:6. Hidrogel
Gel atau hidrogel adalah kristal-kristal polimer yang sering digunakan sebagai media tanam bagi tanaman hidroponik. Penggunaan media jenis ini sangat praktis dan efisien karena tidak perlu repot-repot untuk mengganti dengan yang baru, menyiram, atau memupuk. Selain itu, media tanam ini juga memiliki keanekaragaman warna sehingga pemilihannya dapat disesuaikan dengan selera dan warna tanaman. Oleh karenanya, hal tersebut akan menciptakan keindahan dan keasrian tanaman hias yang diletakkan di ruang tamu atau ruang kerja.
hidrogel

Quote:7. Perlite dan Vermiculite
Vermikulit adalah media anorganik steril yang dihasilkan dari pemananasan kepingan-kepingan mika serta mengandung potasium dan H’,lum. Berdasarkan sifatnya, vermikulit merupakan media tanam yang memiliki kemampuan kapasitas tukar kation yang tinggi, terutama dalam keadaan padat dan pada saat basah. Vermikulit dapat menurunkan berat jenis, dan meningkatkan daya serap air jika digunakan sebagai campuran media tanaman. Jika digunakan sebagai campuran media tanam, vermikulit dapat menurunkan berat jenis dan meningkatkan daya absorpsi air sehingga bisa dengan mudah diserap oleh akar tanaman.
perlite dan vermiculite

Quote:
SELAMAT ber-HIDROPONIK
Diubah oleh file.not.found
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
tanaman
Tanaman
809 Anggota • 3.6K Threads
Halaman 142 dari 262
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
26-08-2015 21:32
Quote:Original Posted By sukanime
Mantab, Kangkung nya daun nya besar besar....
Umur berapa itu om?
Rasa nya bagiamana?
Pakai benih apa ? Panah Merah yang Bangkok LP-1 ?


Biasa Om, ini benih yg dari Om Adri dulu slaen dpt beli dpt bonus pula... emoticon-Big Grin

Kyknya sih umur 3 minggu jalan mo ke 4 minggu, akhirnya td sore diambil lg semua sisa sebaris dr yg kmren, sebaris jg dah seember, klo ga diambil pasti 2-3 hr lalu bagian pucuk dah mnjalar kmn-mn. Selaen daun batangnya jg lmyn besar2. Ini sy kasih ppmnya jg ga bgtu tinggi, max 1200 mklum cuaca lg panas2nya, rasanya hmmm... yummiiiii... emoticon-Big Grin
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
27-08-2015 18:06
Hai gan, salam kenal, ane pemula di FT ini, ane mao nanya beberapa hal ke agan, mohon pencerahan ya

Quote:Original Posted By Marutoklopokono


Samhong itu biasanya emang panennya gede Om, umur 60 HST sekilo bisa cuma isi 1 pohon emoticon-Big Grin

Samhong bisa sampe umur 60 HST ya gan? ane uda beberapa kali panen samhong tapi belom perna ditunggu sampe 60hr. Jadi kalo umur 60HST baru dipanen gak ketuaan kan gan ? ane jadi pengen coba

Romaine ada 3 jenis yang sudah saya temuin, yang Mediteran contohnya Tiberius punyanya RZ, yang ini memang bisa besar. Trus kemudian Asian type, yang ini bisa besar juga biasanya kalau formulator nutrisinya ngawur kalau ditanam hidro numbuhnya gaje bentuknya, yang terakhir yang Romaine Baloon punya Mr. F, tipikalnya besar di tengah kayak guci. Kelemahannya kalau ditanam di daerah panas gak membentuk crop sama sekali. Romaine yang bagus harus bisa ngecrop di bagian tengahnya, daun relatif lebar dan kalau dipotong horizontal di bagian tengah terlihat gradasi warna yang bagus dari hijau tua, hijau muda, kuning kemudian keputihan di tengah. Yang ngajari ane chef-chef Hotel soalnya kita suplai ke mereka emoticon-Big Grin
Ane lagi nanam Romaine RZ, ada tips nya supanya ngecrop gan ? sebelumnya ane juga perna nanam romaine RZ, tapi pada tipburn semua, jadi banyak yang gagal panen emoticon-Mewek


Kale Dwarf Green sama Nero Toscana bisa di daerah panas, tapi kalau Red Russian relatif ya, meski di daerah panas kalau kelembapan udara sesuai kebutuhan mereka masih bisa hidup, karena asalnya kan memang dari Russia yang dingin. Harus kita pacu pertumbuhannya, nutrisi harus rada pekat sedikit soalnya biasanya mereka numbuh di daerah 4 musim dengan penyinaran matahari minimal 14 jam, di kita paling efektif dapet matahari 8 atau 9 jam sehari.
Ane juga lagi nanam Kale, nah kalo Kale ini baru pertama kali nyoba. Umur berapa hari baru bias dipanen pertama kali ? trus biasa dijaga di ph n EC berapa ? Panen daun itu maksudnya digunting daunnya aja gitu ya gan ?



Thank you ya gan sebelumnya....emoticon-2 Jempol

0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
27-08-2015 18:51
Quote:Original Posted By eoneh


Biasa Om, ini benih yg dari Om Adri dulu slaen dpt beli dpt bonus pula... emoticon-Big Grin

Kyknya sih umur 3 minggu jalan mo ke 4 minggu, akhirnya td sore diambil lg semua sisa sebaris dr yg kmren, sebaris jg dah seember, klo ga diambil pasti 2-3 hr lalu bagian pucuk dah mnjalar kmn-mn. Selaen daun batangnya jg lmyn besar2. Ini sy kasih ppmnya jg ga bgtu tinggi, max 1200 mklum cuaca lg panas2nya, rasanya hmmm... yummiiiii... emoticon-Big Grin


Ow jadi gak tahu merk nya ya?
Mantab batangnya bisa besar, semakin enak makan nya... ^_^

Saya juga Nanam Kangkung di Pipa PVC 2,5" dan pakai sistem Genangponik,
nanam di Netpot Gelas plastik, tapi tanpa metan,
Pakai benih Kangkung Panah Merah yang Mahar LP-1 dan Sebagian Benih yang di beli di K.U.D.

Umur sudah 24 HSS...

Sampai sekarang masih kecil aja, masih setinggi gelas nya.
Dua hari kemarin sudah saya coba naikkan PPM dari sebelumnya 500-an menjadi 1.000-an ,
Mulai awal, saya sengaja kasih 500-an ppm karena masih semai, dan gak saya naik naikkan karena masih kecil.
Sekarang sudah mulai cepat tumbuhnya dengan ppm 1.000-an, meski masih sedikit lebih tinggi dari Gelas nya.

Saya rasakan, koq cepetan nanam di Baki pakai Metan Arangsekam dan di Guyurponik ya.... emoticon-Cape d... (S)

Penampakan Kangkung Genangponik Pipa PVC, di sebelahnya ada Genangponik tanaman En Choy (Bayam Belang)
Diubah oleh sukanime
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
27-08-2015 20:34
Quote:Original Posted By sukanime
Ow jadi gak tahu merk nya ya?
Mantab batangnya bisa besar, semakin enak makan nya... ^_^

Saya juga Nanam Kangkung di Pipa PVC 2,5" dan pakai sistem Genangponik,
nanam di Netpot Gelas plastik, tapi tanpa metan,
Pakai benih Kangkung Panah Merah yang Mahar LP-1 dan Sebagian Benih yang di beli di K.U.D.

Umur sudah 24 HSS...

Sampai sekarang masih kecil aja, masih setinggi gelas nya.
Dua hari kemarin sudah saya coba naikkan PPM dari sebelumnya 500-an menjadi 1.000-an ,
Mulai awal, saya sengaja kasih 500-an ppm karena masih semai, dan gak saya naik naikkan karena masih kecil.
Sekarang sudah mulai cepat tumbuhnya dengan ppm 1.000-an, meski masih sedikit lebih tinggi dari Gelas nya.

Saya rasakan, koq cepetan nanam di Baki pakai Metan Arangsekam dan di Guyurponik ya.... emoticon-Cape d... (S)

Penampakan Kangkung Genangponik Pipa PVC, di sebelahnya ada Genangponik tanaman En Choy (Bayam Belang)


Iya tanpa merk benihnya, wong tukunya sistem paket, paket krcil, paket besar gitu. Jd non label

Panah Merah itukan merk bagus ya... Ini yg hr minggu dipanen aja skrng dah 10-15cm barunya, ppm msh sy tahan di 1100... Pernah jg kangkung sy cekokin 2750ppm, kirain angus eh trnyta baik2 aja. Itu sih sy iseng aja wkt prtma nanem kangkung, dlm hati mati ya mati deh, wong mo buru2 ganti nanem yg laen... emoticon-Big Grin

Itu jg sy tanam satu gelas isi 4, klo diisi 5 kyknya trllu padet
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 08:34
ada rekomendasi seller led untuk hidroponik?
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 15:03
Quote:Original Posted By sukanime


Ow jadi gak tahu merk nya ya?
Mantab batangnya bisa besar, semakin enak makan nya... ^_^

Saya juga Nanam Kangkung di Pipa PVC 2,5" dan pakai sistem Genangponik,
nanam di Netpot Gelas plastik, tapi tanpa metan,
Pakai benih Kangkung Panah Merah yang Mahar LP-1 dan Sebagian Benih yang di beli di K.U.D.

Umur sudah 24 HSS...

Sampai sekarang masih kecil aja, masih setinggi gelas nya.
Dua hari kemarin sudah saya coba naikkan PPM dari sebelumnya 500-an menjadi 1.000-an ,
Mulai awal, saya sengaja kasih 500-an ppm karena masih semai, dan gak saya naik naikkan karena masih kecil.
Sekarang sudah mulai cepat tumbuhnya dengan ppm 1.000-an, meski masih sedikit lebih tinggi dari Gelas nya.

Saya rasakan, koq cepetan nanam di Baki pakai Metan Arangsekam dan di Guyurponik ya.... emoticon-Cape d... (S)

Penampakan Kangkung Genangponik Pipa PVC, di sebelahnya ada Genangponik tanaman En Choy (Bayam Belang)


kebanyakan itu isi nya om ... satu gelas maks 4-5 aja .. hasil terbaik sih 2-3 .. jadi tunas anakan bisa sama gede nya kayak induk .. kangkung darat kan selalu punya anak tunas 2 bh di kanan kiri .. kalo kepenuhan gitu rebutan nutrisi pasti , ndak maksimal hasil nya .. semai ulang aja om .. daripada rugi nutrisi
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 17:00

Ask

Permisi gan, ane mau nanya:
1. Berapa lama biasanya benih sprout Selada keriting, bayan hijau/merah, kangkung dan pakcoy hijau? Metan sekam bakar.

2. Lebih baik berapa benih yg saya sebutkan di no 1 ditaruh di netpot setelah pemindahan?

3. Ane mau coba nanem pake paralon 3" per 1mtr, netpot pakai bekas gelas air mineral, metan sekam bakar, biasanya lebih baik pakai system wick atau genang? Hanya 2 system itu dulu yg ane mau coba.

4. Tambahan, Kalau nyemai benih pakai sebak disebar diatas sebak tp tidak ditutupi sebak lagi atau ditutupi sebak lg setelah disebar? kan kalo ditutup lagi ga keliatan udah sprout apa blm.

Mohon bantuannya gan ane baru mau mulai nyoba berhidroponik... Terima kasih emoticon-Malu (S)
Diubah oleh Apitz_gaara
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 18:00
misi gan...
mau up foto cabe....
segini kutilang kga ?
Quote:
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK

[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK

ada 1 bulan lebih semenjak nebar benih...
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 20:26
Lam kenal agan2 semua...
Sepertinya ane tertarik ama hidroponik.
Rencana ane mau nanam semangka secara hidroponik. Agan2 ada yg dah pernah nyoba gak?
Diubah oleh aswadias
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 21:11
Quote:Original Posted By eoneh


Iya tanpa merk benihnya, wong tukunya sistem paket, paket krcil, paket besar gitu. Jd non label

Panah Merah itukan merk bagus ya... Ini yg hr minggu dipanen aja skrng dah 10-15cm barunya, ppm msh sy tahan di 1100... Pernah jg kangkung sy cekokin 2750ppm, kirain angus eh trnyta baik2 aja. Itu sih sy iseng aja wkt prtma nanem kangkung, dlm hati mati ya mati deh, wong mo buru2 ganti nanem yg laen... emoticon-Big Grin

Itu jg sy tanam satu gelas isi 4, klo diisi 5 kyknya trllu padet


Iya, merk bagus.
Itu benih Kangkung Panah Merah nya di kasih temen, dan kata temenku 20 hari sudah bisa panen, lebih dari itu daun nya bisa besar besar.

Tadi iseng mindahin sebagian tanaman kangkung ke sistem nft, saat saya angkat Netpotnya.
Air nya sudah habis dan kering kerontang, sepertinya sudah habis lebih dari 1 hari,
tapi koq seger aja kangkung nya, ehehehe....

Nanti mau saya coba nanam di sistem nft mulai awal, pingin tahu mana yang paling cepet.
Sama Nutrisi AB Mix yang saya pakai kali ini, buat nanam Pak Choy White hasilnya kurang bagus, bentuk besar , tapi bobot ringan.
200 lubang biasanya dapat 13 Kg, sekarang cuman 4 Kg-an saja...
Udah dua kali masa panen dengan merk nutrisi ab mix yang sama, hasilnya tetep saja seperti itu.....
Jadi Nutrisi mau buat nanam Kangkung dan Bayam saja...



Quote:Original Posted By subad


kebanyakan itu isi nya om ... satu gelas maks 4-5 aja .. hasil terbaik sih 2-3 .. jadi tunas anakan bisa sama gede nya kayak induk .. kangkung darat kan selalu punya anak tunas 2 bh di kanan kiri .. kalo kepenuhan gitu rebutan nutrisi pasti , ndak maksimal hasil nya .. semai ulang aja om .. daripada rugi nutrisi


Terima kasih saran nya om....
Maklum saya Petani Pak Choy White,
Ini saya nanam Kangkung karena ada pembeli yang minta kangkung,
Jadi saya coba nanam Kangkung juga,
Pertama coba nanam di Baki saya isi Arang sekam dan saya guyur, ingin tahu rasa dan kecepatan tumbuh nya.
Setelah cocok, saya coba di Pipa PVC.

Nah karena pakai Net pot gelas yang diameter nya 2", maka saya isi 30 - 45 biji per Net Pot biar banyak hasilnya, ehehehe....

Insya Allah besok saya coba semai lagi.... ^_^
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 22:35
Quote:Original Posted By maxoli1
misi gan...
mau up foto cabe....
segini kutilang kga ?

ada 1 bulan lebih semenjak nebar benih...

ndak kutilang itu gan .. batangnya berisi kok .. umur sebulan emang segitu kok kalo cabe .. sabar dah kalo cabe .. di tanah lebih lama lagi
Quote:Original Posted By sukanime


Iya, merk bagus.
Itu benih Kangkung Panah Merah nya di kasih temen, dan kata temenku 20 hari sudah bisa panen, lebih dari itu daun nya bisa besar besar.

Tadi iseng mindahin sebagian tanaman kangkung ke sistem nft, saat saya angkat Netpotnya.
Air nya sudah habis dan kering kerontang, sepertinya sudah habis lebih dari 1 hari,
tapi koq seger aja kangkung nya, ehehehe....

Nanti mau saya coba nanam di sistem nft mulai awal, pingin tahu mana yang paling cepet.
Sama Nutrisi AB Mix yang saya pakai kali ini, buat nanam Pak Choy White hasilnya kurang bagus, bentuk besar , tapi bobot ringan.
200 lubang biasanya dapat 13 Kg, sekarang cuman 4 Kg-an saja...
Udah dua kali masa panen dengan merk nutrisi ab mix yang sama, hasilnya tetep saja seperti itu.....
Jadi Nutrisi mau buat nanam Kangkung dan Bayam saja...





Terima kasih saran nya om....
Maklum saya Petani Pak Choy White,
Ini saya nanam Kangkung karena ada pembeli yang minta kangkung,
Jadi saya coba nanam Kangkung juga,
Pertama coba nanam di Baki saya isi Arang sekam dan saya guyur, ingin tahu rasa dan kecepatan tumbuh nya.
Setelah cocok, saya coba di Pipa PVC.

Nah karena pakai Net pot gelas yang diameter nya 2", maka saya isi 30 - 45 biji per Net Pot biar banyak hasilnya, ehehehe....

Insya Allah besok saya coba semai lagi.... ^_^


emoticon-Ngakak (S) .. maruk nih pak teguh .. pengen cepet aja dapet nya... saya iseng2 nyoba nanem kangkung pake sistem wick di botol bekas .. lumayan cepet juga pake wick .. sama kayak di tanah kalo ngitung panen nya ... kalo pake aerator mungkin bisa lebih bagus lagi ..
kangkung langsung semai di netpot aja om .. ndak repot mindahin, paling tinggal tambahin arang sekam dikit kalo dah keluar daun

Quote:Original Posted By Apitz_gaara
Permisi gan, ane mau nanya:
1. Berapa lama biasanya benih sprout Selada keriting, bayan hijau/merah, kangkung dan pakcoy hijau? Metan sekam bakar.

2. Lebih baik berapa benih yg saya sebutkan di no 1 ditaruh di netpot setelah pemindahan?

3. Ane mau coba nanem pake paralon 3" per 1mtr, netpot pakai bekas gelas air mineral, metan sekam bakar, biasanya lebih baik pakai system wick atau genang? Hanya 2 system itu dulu yg ane mau coba.

4. Tambahan, Kalau nyemai benih pakai sebak disebar diatas sebak tp tidak ditutupi sebak lagi atau ditutupi sebak lg setelah disebar? kan kalo ditutup lagi ga keliatan udah sprout apa blm.

Mohon bantuannya gan ane baru mau mulai nyoba berhidroponik... Terima kasih emoticon-Malu (S)


1. 3 hari dah sprout itu rata2
2. selada , pakchoy= 1 per netpot
bayam , kangkung= 3-5 per netpot
3. ane pake genang + wick .. jadi kalo level air dah turun masih ada ditolong sumbu
4. kalo ane ditutup lagi gan ... tipis aja sih .. asal biji nya pada ketutup, tujuannya biar kena air semua itu biji + ndak kering kalo kepanasan
Diubah oleh subad
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
28-08-2015 22:54
Quote:Original Posted By Apitz_gaara
Permisi gan, ane mau nanya:
1. Berapa lama biasanya benih sprout Selada keriting, bayan hijau/merah, kangkung dan pakcoy hijau? Metan sekam bakar.

2. Lebih baik berapa benih yg saya sebutkan di no 1 ditaruh di netpot setelah pemindahan?

3. Ane mau coba nanem pake paralon 3" per 1mtr, netpot pakai bekas gelas air mineral, metan sekam bakar, biasanya lebih baik pakai system wick atau genang? Hanya 2 system itu dulu yg ane mau coba.

4. Tambahan, Kalau nyemai benih pakai sebak disebar diatas sebak tp tidak ditutupi sebak lagi atau ditutupi sebak lg setelah disebar? kan kalo ditutup lagi ga keliatan udah sprout apa blm.

Mohon bantuannya gan ane baru mau mulai nyoba berhidroponik... Terima kasih emoticon-Malu (S)


saya coba bantu jawab om
1. (saya pakai rockwool), biasanya benih saya tunggu 1x24jam. kalo ngak sprout, saya tanam ulang.

2. untuk selada biasanya 1netpot 1benih. kecuali seperti tanaman siomak, 1netpot bs rame2 benihnya krn bobotnya ringan. bayam juga gitu, tp saya ga pake netpot kl untuk bayam.

3. maksudnya pipa 3" per 1meter itu gimana ya ? saya nanam pake pipa 2.5" jarak antar lubang sekitar 20cm. sistem yg digunakan kombinasi antara NFT n genang.

4. (ini versi rockwool ya). biasa nya kl uda disemai saya ga tutup apa2 lagi. selama 24jam saya taro di dalam ruangan, belom kena simat. setelah itu baru saya pindah keluar, saya taro di pra-nursery (di atas talang terbuka n dialirin air cm 2x aja dalam 1hr). nanti stlh keluar daun sejati nya, baru saya pindah ke netpot n masuk ke nursery. (sorry ga bs kasi liat potonya, balasnya dr hp, agak susah mao upload). nantinya sekitar umur 14hr baru saya pindah ke pipa paralon. oya selama proses pondah2 itu juga skalian disortir. kl kira2 gagal tumbuh langsung saya semai ulang.

semoga jawabannya bs membantu 😊
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
29-08-2015 00:53
Quote:Original Posted By subad

1. 3 hari dah sprout itu rata2
2. selada , pakchoy= 1 per netpot
bayam , kangkung= 3-5 per netpot
3. ane pake genang + wick .. jadi kalo level air dah turun masih ada ditolong sumbu
4. kalo ane ditutup lagi gan ... tipis aja sih .. asal biji nya pada ketutup, tujuannya biar kena air semua itu biji + ndak kering kalo kepanasan


1. Terima Kasih gan atas jawaban 1, 2 n 3

2 Untuk no 4, berarti agan mungkin dr awal nyemai langsung kena matahari? Kan kalau ketutup ga keliatan udah sprout atau belum kecuali dibongkar pelan" yah.


Quote:Original Posted By lunamichelle


saya coba bantu jawab om
1. (saya pakai rockwool), biasanya benih saya tunggu 1x24jam. kalo ngak sprout, saya tanam ulang.

2. untuk selada biasanya 1netpot 1benih. kecuali seperti tanaman siomak, 1netpot bs rame2 benihnya krn bobotnya ringan. bayam juga gitu, tp saya ga pake netpot kl untuk bayam.

3. maksudnya pipa 3" per 1meter itu gimana ya ? saya nanam pake pipa 2.5" jarak antar lubang sekitar 20cm. sistem yg digunakan kombinasi antara NFT n genang.

4. (ini versi rockwool ya). biasa nya kl uda disemai saya ga tutup apa2 lagi. selama 24jam saya taro di dalam ruangan, belom kena simat. setelah itu baru saya pindah keluar, saya taro di pra-nursery (di atas talang terbuka n dialirin air cm 2x aja dalam 1hr). nanti stlh keluar daun sejati nya, baru saya pindah ke netpot n masuk ke nursery. (sorry ga bs kasi liat potonya, balasnya dr hp, agak susah mao upload). nantinya sekitar umur 14hr baru saya pindah ke pipa paralon. oya selama proses pondah2 itu juga skalian disortir. kl kira2 gagal tumbuh langsung saya semai ulang.

semoga jawabannya bs membantu 😊


1. Terima kasih untuk jawaban no 1 n 2
2. Maksud saya paralonnya dipotong per 1meter jadi 4 potong dan ditutup dop didua sisi, rencana sih mau bikin jarak lubang 20cm untuk pakcoy dan selada, bayam dan kangkung 15cm.


Tambahan, cara menyimpan benih yg belum terpakai gimana yah biar ttp bagus?
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
29-08-2015 07:37
Quote:Original Posted By Apitz_gaara


1. Terima Kasih gan atas jawaban 1, 2 n 3

2 Untuk no 4, berarti agan mungkin dr awal nyemai langsung kena matahari? Kan kalau ketutup ga keliatan udah sprout atau belum kecuali dibongkar pelan" yah.




1. Terima kasih untuk jawaban no 1 n 2
2. Maksud saya paralonnya dipotong per 1meter jadi 4 potong dan ditutup dop didua sisi, rencana sih mau bikin jarak lubang 20cm untuk pakcoy dan selada, bayam dan kangkung 15cm.


Tambahan, cara menyimpan benih yg belum terpakai gimana yah biar ttp bagus?


ngapain diumpetin dulu dari sinar matahari gan ? emoticon-Big Grin ndak keliatan sprout gimana kalo ditutup? tetep aja nanti dia bakal keluar daun nya dan justru akar tanaman lebih firm kalo metan ditutup lagi, kalo di rockwool itu dibikin agak dalem naro benih nya, nutup nya kan tipis2 .. paling2 1-2 cm

0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
29-08-2015 08:19
@bro apitz

untuk pipa nya mao dipotong pas2 1mtr ya bro ? kalo bole saran, jarak antar netpot nya jd 18cm aja, krn kl dipaksa 20cm takutnya dpt nya cm 4lubang. 😊
Diubah oleh lunamichelle
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
29-08-2015 09:40
Quote:Original Posted By aswadias
Lam kenal agan2 semua...
Sepertinya ane tertarik ama hidroponik.
Rencana ane mau nanam semangka secara hidroponik. Agan2 ada yg dah pernah nyoba gak?


Misi gan...
Ane nyimak lagi n nanyk lagi ne, sambil nunggu jawaban dr master2 hidroponik. Ane mau racik nutrisi buat semangka, tp ane gak tau resepnya, apa da agan2 yg dah racik sendiri? Mihon resepnya gan...
Untuk beli nutrisinya ane agak susah di ongkirnya ketempat ane ongkir dr jkrta agak lumayan mahal gan, smpe 70rb via JNE, makanya ane mau racik sendiri nutrisi yang bisa digunakan buat semangka. Mohon jawaban dr master2 dsini... thank's sebelumnya...
Diubah oleh aswadias
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
29-08-2015 09:52
gan mau tanya
saya mau coba jualan sayuran hidro sekalian tanem jg
kl di bandung ada suplier utk sayuran hidro ga?buat jualan lg
thx buat bantuannya
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
29-08-2015 09:52
Quote:Original Posted By eoneh


Maklum Om... selain buat makanan lahir, juga sebagai konsumsi mata (bathin), jadi fresh klo pulang kerja liat mereka.... ya tapi itulah.... takdirnya memang harus dikonsumsi lahir.... ya sering juga di bagi-bagi sih ke tetangga sebelah menyebelah..... alhamdulillah.... hati senang mereka bisa icip



hehehehe..ane malah jatah buat dimakan sendiri paling 15 %..sisanya dibagi2 ke saudara2 n tetangga..
pengen sih buat dijual2..tp belum ketemu caranya yg tepat.
kalo ada rezeki mah ane mau buka toko sayur seger...hehehehehe...
Quote:Original Posted By zuma4d
gmana cara membuat nutrisi utk hidroponik sendiri ?
ane pernah dengar nutrisi yg di jual di pasaran itu ada yg dari kimia dan ada juga yg organik.

nutrisi kimia dan organik, mana lebih bagus dan aman? apakah benar nutrisi kimia berbahaya? nutrisi kimia itu seperti garam2an AB Mix, Hydro J, dkk.

Bagaimana cara meramunya yg kimia dan organik? bahan2 nya bisa didapat dimana?

Apakah sudah ada yg bahas ttg ini.
Mohon infonya gan.

trims.


kalo organik biasanya disebut POC (pupuk Organik cair)
biasanya terdiri dari berbagai macam sisa sampah sayur dan buah yg difermentasikan..tapi ane belom pernah coba sih

kalo abmix sdh pasti kimiawi..bahaya..?nurut ane gaklah....kecuali yg dikonsumsi ke kita abmix langsung...itu baru bahaya..hehehehehe
Quote:Original Posted By sukanime


Ow jadi gak tahu merk nya ya?
Mantab batangnya bisa besar, semakin enak makan nya... ^_^

Saya juga Nanam Kangkung di Pipa PVC 2,5" dan pakai sistem Genangponik,
nanam di Netpot Gelas plastik, tapi tanpa metan,
Pakai benih Kangkung Panah Merah yang Mahar LP-1 dan Sebagian Benih yang di beli di K.U.D.

Umur sudah 24 HSS...

Sampai sekarang masih kecil aja, masih setinggi gelas nya.
Dua hari kemarin sudah saya coba naikkan PPM dari sebelumnya 500-an menjadi 1.000-an ,
Mulai awal, saya sengaja kasih 500-an ppm karena masih semai, dan gak saya naik naikkan karena masih kecil.
Sekarang sudah mulai cepat tumbuhnya dengan ppm 1.000-an, meski masih sedikit lebih tinggi dari Gelas nya.

Saya rasakan, koq cepetan nanam di Baki pakai Metan Arangsekam dan di Guyurponik ya.... emoticon-Cape d... (S)

Penampakan Kangkung Genangponik Pipa PVC, di sebelahnya ada Genangponik tanaman En Choy (Bayam Belang)

mantab om..bisa buat jualan jg..keren abisssss....

Quote:Original Posted By maxoli1
misi gan...
mau up foto cabe....
segini kutilang kga ?

ada 1 bulan lebih semenjak nebar benih...


cabe emang lama..ane aja si peter sdh hampir 8 hari baru sprout

0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
30-08-2015 11:03

Baru mau mulai hidroponik

ada yang tau di balikpapan beli dimana AB mix dan peralatan lain( rock woll, net pot, bor yang buat lobangin pipa, dll)?
atau online shopnya?
trus kalo buat yang baru bagus pake sistem yang mana dulu nih?

thanks sebelumnya, maaf terlalu banyak nanyaemoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
0 0
0
[NEW] ALL ABOUT HIDROPONIK
30-08-2015 17:12
Quote:Original Posted By subad


ngapain diumpetin dulu dari sinar matahari gan ? emoticon-Big Grin ndak keliatan sprout gimana kalo ditutup? tetep aja nanti dia bakal keluar daun nya dan justru akar tanaman lebih firm kalo metan ditutup lagi, kalo di rockwool itu dibikin agak dalem naro benih nya, nutup nya kan tipis2 .. paling2 1-2 cm



Iya gan ini jg lg coba nyemai. emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By lunamichelle
@bro apitz

untuk pipa nya mao dipotong pas2 1mtr ya bro ? kalo bole saran, jarak antar netpot nya jd 18cm aja, krn kl dipaksa 20cm takutnya dpt nya cm 4lubang. 😊


Iya pas 1mtr, ini lg bikin yg 5 lubang aja dulu, jarak 15cm dr pinggir lubang ke pinggir lagi.emoticon-Shakehand2

Nyimpen benih yg belum terpakai gmn baiknya?
0 0
0
Halaman 142 dari 262
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia