alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55dc35f69252334e4d8b4567/makna-tersembunyi-penyebutan-angka-dalam-bahasa-jawa
Lapor Hansip
25-08-2015 16:31
Makna tersembunyi penyebutan angka dalam bahasa Jawa!!!
Past Hot Thread
Makna tersembunyi penyebutan angka dalam bahasa Jawa!!!


Quote:
Alhamdulillah HT#2 gan,,, thank's smuanya...

Makna tersembunyi penyebutan angka dalam bahasa Jawa!!!


Quote:
Selamat datang gan sis di threat sederhana ane,
Langsung aja gan,

Ane sebagai orang jawa sampai sekarang baru tau gan kenapa angka seperti 25,50,60 dalam pengucapannya berbeda dengan angka2 yang lain. Ternyata dibalik itu ada sesuatu yang tersembunyi dimana ada maksud tertentu dalam pengucapannya, cekidot gan bagi yang belom tau terutama yg orang jawa nih....
emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


PENDAHULUAN
Quote:Dalam bahasa Jawa, terdapat penyimpangan pola penamaan bilangan yang konon memiliki falsafah yang amat mendalam jika dikaitkan dengan penyebutan usia seseorang. Jika dicermati dengan seksama, penyimpangan ini memang berbeda dari lazimnya penyebutan angka-angka di kepulauan melayu atau nusantara.

Penyimpangan tersebut terjadi mulai dari beberapa angka belasan hingga sampai angka 60. Ya, sampai angka 60 saja! Hal ini semakin menguatkan dugaan bahwa penyebutan tersebut memang erat kaitannya dengan usia manusia, mengingat usia 60 merupakan rata-rata panjang usia seseorang.


Mari kita perhatikan dan kita renungkan sejenak:
Quote:Angka 11 hingga 19

Dalam bahasa Jawa, angka 11 tidak disebut sebagai 'sepuluh siji', 12 bukan 'sepuluh loro', 13 bukan 'sepuluh telu' dan seterusnya hingga angka 19 yang tidak disebut sebagai 'sepuluh songo'. Namun, angka 11 disebut sebagai 'sewelas', 12 disebut sebagai 'rolas' dan seterusnya hingga 19 yang disebut sebagai 'songolas'.
Apa makna dibalik semua ini? Mengapa sepuluhan diganti dengan welasan?

Filosofinya, bahwa pada usia 11 tahun hingga 19 tahun adalah saat-saat berseminya rasa welas asih (belas kasih) pada jiwa seseorang, terutama terhadap lawan jenis. Itulah usia di mana seseorang memasuki masa akil baligh, masa remaja.

Sementara dalam banyak bahasa, bilangan 11 hingga 19 memang diberi nama dengan pola yang berbeda. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan belasan. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan teen, sehingga para remaja pada usia tersebut disebut teenagers.


Next:
Quote:Angka 21 hingga 29

Seterusnya, bilangan 21 hingga 29 dalam bahasa Jawa juga dinamakan berbeda dengan pola umum yang ada.

Dalam bahasa lain biasanya sesuai pola. Misal dalam bahasa Indonesia diucapkan dua puluh satu, dua puluh dua, dan begitu seterusnya hingga dua puluh sembilan.

Sedangkan dalam bahasa jawa tidak demikian, angkaa 21 tidak disebut sebagai 'rongpuluh siji', 22 tidak disebut rongpuluh loro, dst, melainkan 21 disebut selikur, 22 disebut rolikur, dan seterusnya hingga 29 yang disebut songo likur, kecuali angka 25 yang disebut sebagai selawe.

Di sini terdapat satuan Likur yang tidak lain merupakan kependekan dari LIngguh KURsi, artinya duduk di kursi.
Mengapa disebut demikian? Falsafahnya, bahwa pada usia 21 hingga 29 itulah pada umumnya manusia mendapatkan “tempat duduknya”, baik itu berupa pekerjaannya, profesi yang akan ditekuni dalam kehidupannya; apakah sebagai pegawai, pedagang, seniman, penulis, dan lain sebagainya.

Bahkan yang lebih menarik, angka 25 memiliki sebutan khusus, yang mana bilangan 25 tidak disebut sebagai limang likur, melainkan selawe.

Apa maknanya, Selawe konon merupakan singkatan dari SEneng-senenge LAnang lan WEdok, itulah puncak asmaranya seorang laki-laki dan perempuan, yang ditandai oleh pernikahan. Maka pada usia tersebutlah (25) pada umumnya seorang laki-laki berumah tangga (dadi manten),

Memang tidak semua orang menikah pada usia tersebut, tapi jika dirata-rata memang di antara usia 21-29. Pada saat kedudukan sudah diperoleh, pada saat itulah seseorang siap untuk menikah.


Next:
Quote:Angka 50

Dari angka 30 hingga 49, penamaan angka dibaca normal seusai pola urutan, misalnya telung puluh, telung puluh siji, telung puluh loro, dst.

Tapi ada penyimpangan lagi nanti pada bilangan 50. Mestinya, angka ini disebut sebagai limang puluh, namun sebutan populernya tidaklah demikian, angka 50 lebih sering disebut dengan seket.

Apa makna dibalik semua ini? Konon SEKET merupakan kependekan dari kalimat SEneng KEthonan, artinya suka memakai kethu / alias tutup kepala/topi/kopiah dan sebagainya.

Hal ini menandakan usia seseorang semakin lanjut, dan tutup kepala merupakan lambang dari semua itu. Selain itu tutup kepala merupakan alat untuk menutup rambut yang mulai botak atau memutih.

Di sisi lain, tutup kepala bisa juga berupa kopiah yang melambangkan orang yang sedang beribadah. Memang demikian, pada usia 50 sudah seharusnya seseorang lebih memperhatikan ibadahnya. Setelah sejak umur likuran bekerja keras mencari kekayaan untuk kehidupan dunia, sekitar 25 tahun kemudian, yaitu pada usia 50 perbanyaklah ibadah, untuk bekal memasuki kehidupan akhirat.


Next:
Quote:Angka 60

Lain 50, lain pula 60. Angka ini tidak populer dengan sebutan enem puluh, tapi lebih sering diseut dengan sewidak atau suwidak.

Usut punya usut, konon sewidak merupakan kependekan dari 'SEjatine WIs wayahe tinDAK'.

Maknanya, sesungguhnya pada usia tersebut sudah saat seseorang bersiap-siap untuk pergi meninggalkan dunia fana ini. Maka kalau usia kita sudah mencapai 60, lebih berhati-hatilah dan tentu saja semakin banyaklah bersyukur, karena usia selebihnya adalah bonus dari Yang Maha Kuasa.


Bagaimana gan, sangat menakjubkan menurut ane, ternyata pengucapanya memang dibuat dengan maksud tertentu yang dimana bisa mengingatkan kita, misal sudah berumur tua kita bersiap-siap untuk pergi meninggalkan dunia ini dan mencari bekal di kehidupan akhirat kelak.emoticon-Blue Guy Peace

Thank You,

sumur



Komen2 Kaskuser:

Quote:Original Posted By gendowor22
ane akui bahasa jawa memang lengkap gan... bahkan lebih lengkap ketimbang bahasa indonesia

Quote:Original Posted By matapish
Ane baru tau gan padahal udah bertaun" jadi orang jawa emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By m00n2718
baru tahu ane gan filosofinya, sempet sih ane dulu bertanya2 kok penyebutannya gini dlam bahasa jawa, nice info gan, akhirnya ane bisa tidur dengan tenang emoticon-Matabelo
ndisek q pas belajar ngitung mesti salah ngucapne selawe dadi limolikur gan emoticon-Hammer2 emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By alvetamra
Dulu waktu kecil jg sering salah sama bingung cara nyebut 25, 50, 60.
Dengan polosnya ane ikutin pola2 sebelumnya, eh malah diketawain emoticon-Big Grin

Filosofinya dalem juga ternyata emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By HaiLadies.com
dulu pas diajarin ngitung sama guru SD kok ga dijelasin gini ya gan?
ane dulu juga bertanya-tanya [dalam hati] kok beda ya pas angka-angka itu....tp seiring berjalannya waktu ya hilang sudah pikiran itu. emoticon-Hammer (S)

wajib dikasih tahu nih para guru bahasa jawa SD, biar anak-anak generasi berikutnya bisa paham artinya, ga cuman ngikutin aja.
Orang tua ane aja kayaknya juga ga tau nih gan.. hahahaha

thx infornya gan.emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By vespaaaaaaaa
eh buset baru kejawab setelah berpuluh2 tahun, sebetulnya udah ngerasa ada keganjilan semenjak kecil waktu belajar berbahasa jawa, emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By r1co2
Ane keturunan gan.. pas jaga toko awal2 blm ngerti bahasa jawa gw bilang aja rongpuluh limo emoticon-Ngakak diketawain sama orang2 termasuk papa ane

Quote:Original Posted By 4X3L4
ane keturunan campuran gan
di bahasa madura penyebutan juga sama mirip2 dengan bahasa jawa. tapi utk filosofinya ane belum tau, mungkin juga mirip.


kalo bahasa jawa belasan itu welas, kalo bahasa madura itu "belles". 11-19 penyebutan sama, yaitu angka depan dlm bhs madura diikuti kata "belles"

kalo di bahasa jawa "likur", di bahasa madura "lekor". penyebutan jg mirip dgn bahasa jawa, angka depan dlm bhs madura diikuti kata "lekor", kecuali angka 25 yg disebut "sagemik"

angka 30-49 juga sama seperti bhs jawa, dibaca normal mengikuti pola

angka 50 peyebutan sama seperti bahasa jawa, sama2 disebut "seket"

angka 60 yg dlm bahasa jawa penyebutannya beda, dalam bhs madura juga beda. klo dlm bhs jawa disebut "suwidak", dlm bhs madura disebut "sabidek"

pejwan klo berkenan emoticon-Cool





Kisah agan ini bikin ane NGAKAKK gan, emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By lepeparemania
pernah kejadian lucu dialami temen ane gan.
dia pesen martabak, pengennya pake bahasa jawa krama. dia pesen seharga 25 ribu ( dalam bahasa jawa krama 25 = selangkung). Tp karena tidak tahu temen saya bilang ke pedagangnya "kalihdoso gangsal" (duapuluh lima), alhasil sama pedagangnya dibikinin martabak seharga 20rb dengan jumlah 5 biji, dan dia harus bayar 100rb. ahahahhaha







Meski Mengidap Tumor, Alpian Tetap Bekerja Demi Kesembuhan Adiknya yang Busung Lapar

Quote:Dapet titipan dari kaskuser, sebagai sesama manusia kita harus saling membantu.
http://www.kaskus.co.id/thread/55c36...g-busung-lapar
Diubah oleh evo16
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 46 dari 55
26-08-2015 22:38
nice inpo
terjawab sudah misteri angka jawa
0
26-08-2015 22:39
keren nich tritnya cek kulkas gan ane kirim yg seger".
0
26-08-2015 22:51
pak parno
0
26-08-2015 23:00
Baru tau ane gan emoticon-Matabelo
Padl ane orang jawa asli emoticon-Hammer2
0
26-08-2015 23:03
waduh, lagi weruh maknane saiki, pdal wes selikur taun dadi wong jowo wkwkwk
0
26-08-2015 23:15
filosofi ny begitu ya
0
26-08-2015 23:19
Keren ada filosofi dari sebuah penamaan angka... Ane baru tau sebagai orang jawa emoticon-Ngakak
0
26-08-2015 23:19
Dosen ane pernah bilang, kalo orang jawa adalah salah satu manusia paling simbolis di dunia, dan ane setuju
0
26-08-2015 23:21
Keren banget ini tread. Ane bangga juga jadi orang jawa. Tapi berpuluh puluh tahun jadi org jawa yg hidup di kota metropolitan gak tau sejarah sejarah kaya gini. Keren bgt.
0
26-08-2015 23:25
Quote:Original Posted By mas.mujur
semua ada filosofinya. Tidak ujug2


Bener gan.
Peradaban tercipta dari waktu yang lama.
0
26-08-2015 23:43
dulu ane pas awal awal ngerti bahasa jawa juga bingung gan kenapa bisa beda gitu wkwkwk emoticon-Ngakak (S)
sekarang udah ngerti thanks to agan emoticon-Malu (S)
0
26-08-2015 23:59
thanks gan, ane baru tauemoticon-Sundul Gan (S)
0
27-08-2015 00:03
ane murni dari keluarga jawa.. tapi tumbuh kembang di priangan. ane masih bingung 1500=karo tengah. cmiiw.. penjelasannyya sepuh
0
27-08-2015 00:04
mantep ganemoticon-Shakehand2
0
27-08-2015 00:14
Hmmm jebul ngono... Lagi ngerti
0
27-08-2015 00:17
wahh dpet ilmu
0
27-08-2015 00:19
ane orang jawa dan biasa menyebutkan angka itu dikehidupan sehari2.. baru tau artinya emoticon-Smilie
0
27-08-2015 00:20
Quote:Original Posted By hellomidwife
ane orang jawa dan biasa menyebutkan angka itu dikehidupan sehari2.. baru tau artinya emoticon-Smilie


Lah kok bisa emoticon-Ngakak
0
27-08-2015 00:21
asale ngono to gan, dadi mudeng saiki aku.. emoticon-Big Grin
nice inpoh bgt..
0
27-08-2015 01:00
Weik,aku wong jowo asli kok yo gak reti yo. .
Babe ama enyak mungkin jg ga tau nih,hambok yakin emoticon-Hammer
Thanks gan, inponya,serasa lebih ganteng dah ane emoticon-Cool
0
Halaman 46 dari 55
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.