Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
9984
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013965906/all-about-kpr---please-read-page-1
All About KPR Permisi buat Om Moderator Ane minta izin bikin thread KPR baru Supaya info terbaru bisa update di page-1 Mohon maaf jika kurang berkenan Demi Manfaat, Kerapihan dan Kenyamanan Thread ini 1. Sebelum bertanya sesuatu, sebaiknya baca PAGE ONE atau page-page sebelumnya. 2. Dimohon untuk mempergunakan bahasa yang sopan. 3. Tidak ada tulisan dengan bahasa yang dapat menyinggung Suku/Ras/Ag
Lapor Hansip
15-04-2012 04:44

All About KPR - Please Read Page 1

All About KPR

Permisi buat Om Moderator
Ane minta izin bikin thread KPR baru
Supaya info terbaru bisa update di page-1
Mohon maaf jika kurang berkenan

Quote:
Demi Manfaat, Kerapihan dan Kenyamanan Thread ini

1. Sebelum bertanya sesuatu, sebaiknya baca PAGE ONE atau page-page sebelumnya.
2. Dimohon untuk mempergunakan bahasa yang sopan.
3. Tidak ada tulisan dengan bahasa yang dapat menyinggung Suku/Ras/Agama/Politik tertentu
4. Tidak Nge-Junk.
5. Harap upload gambar dalam ukuran file kecil (under 100Kb), demi kenyamanan teman-teman yg memiliki sambungan internet lambat.

Quote:
Syarat-syarat KPR :

Syarat KPR

Quote:
Fase Proses KPR :

Fase KPR

Quote:
Biaya-biaya KPR :

Biaya-Biaya KPR

Quote:
Hitungan Besar Pajak :

Hitungan Pajak

Quote:
Bank Penerima Take Over KPR dari Bank lain :

Take Over KPR

Quote:
Proses Pembelian Tanah dan Membangun Rumah
Atau
Punya Tanah dan Mau Membangun Rumah:

Beli Tanah + Bangun
Quote:Original Posted By InRealLife
sharing buat syarat tambahan KPR untuk ngebangun rumah:

-fotokopi bukti kepemilikan tanah (sertifikat)
-fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau resi permohonan pembuatan IMB
-bukti pembayaran PBB tahun terakhir
-Rencana Anggaran Biaya (RAB)
*sumber: BNI

-Bank Syariah Mandiri: Dalam RAB, biaya upah pekerja dan keuntungan kontraktor tidak akan dipertimbangkan untuk perhitungan kredit pembangunan karena dianggap bukan komponen "pembelian".

Quote:
Proses Akad Kredit

Proses Akad Kredit

Quote:
F. A. Q. :


Bank Manakah Yang Terbaik Untuk Mengambil KPR ?
Bank Terbaik

Bank Swasta Atau Bank Pemerintah ?
Bank Swasta vs Bank Pemerintah

Sistem Anuitas atau Flat ?
Anuitas vs Flat


Dirangkum dari share kawan-kawan Kaskuser dari 2 Thread KPR sebelumnya...

emoticon-linux2
Diubah oleh ichalviking
profile-picture
tata604 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 390 dari 501
All About KPR - Please Read Page 1
24-08-2015 23:50
Quote:Original Posted By sigoblog
Misi gan, mau tanya, kalo untuk pembelian rumah kost-an bisa lewat kpr? Kalo ktp jkt dan rumah kost yg mau dibeli ada di jogja, apa bisa lewat kpr? Kalo ada, kira2 bank apa yg mau?
Thanks

kost2an itu agak rumit gan karena perlakuannya case by case dan in the end, bergantung dari bagian credit approvalnya apakah mau approved atau tidak.

selama kost2annya ini masih berbentuk rumah tinggal biasa sih kemungkinan lolosnya oke, tapi yg agak ribet ini kalau bentuknya sudah bner2 kaya tempat kost, kan kliatan tuh dr depan misal udah banyak mesin ACnya di luar jendela. nah ini yg saya bilang tergantung dari approvalnya. sama yg mesti diliat itu IMBnya peruntukkannya utk apa loh gan.
Saya pernah urus rumah kost2an, bentuknya udah ruko 4 lantai tapi tau2 IMBnya peruntukkan rumah 2 lt. matilah itu, yg diappraisal hasilnya hanya dihitung 2 lantainya aja sesuai IMB. alhasil nilainya kecil bukan main. emoticon-linux2



Quote:Original Posted By k33r33n22
misi gan ijin nimbrung lg cari2 kpr yg sreg nih penginnya yg syariah aja
btw ga ada yg punya rekap/daftar bunga kpr bank syariah kah?
ane cari2 di pejwan gak dpt nih

itu ada orang bank mandiri syariah yg respon mad. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By brownsnow
Gans, ane rencananya mau ambil KPR segera kira-kira timingnya tepat ga ya tahun-tahun ini? terus ane kan masih single belum merid dan masih sama orang tua, kalo hitungan 40% gaji kayaknya kurang, tapi ane sebenernya ga masalah kalau lebih dari itu karena ane pengeluaran bulanan ga besar dan masih sama ortu, kira-kira ada ga ya bank yang bisa lebih dari 50% THP sebagai syarat plafon?

ambil KPR mah ketika kita bisa ambil aja gan, harga rumah naik trus euy dr tahun ke tahun. itung2 investasi jangka panjang jg dgn bli dr sedini mgkn. emoticon-Peace


Quote:Original Posted By timun52
Mau nanya gan:
1.Saya ingin membeli rumah second dengan KPR,alamat rumah tersebut ada di Surabaya sedangkan alamat saya di semarang. Untuk kondisi jarak seperti ini bagaimana untuk pengajuan kprnya? Apakah saya mesti bolak balik selama proses KPR ? Atau bisakah jika saya mengajukan kpr di bank di semarang?
2. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembayaran DP ke penjual pada proses kpr? Apakah harus nunggu proses kpr disetujui atau tidak dlu baru kita bayarkan DPnya?
3.Untuk pengurusan IMB untuk rumah second yg belum ada IMBnya prosesnya bagaimana?


1. urus dr semarang jg bisa gan biasanya mah. ga perlu bolak-balik, proses awal mah by email2an aja, paling ktemu 1x saat akad kredit doank misal sampe tahap itu.
2. urusan DP bank mah ga urus gan, urusan pribadi agan dgn si penjual. kalau penjualnnya mau nunggu sampe KPR disetujui sih oke, tapi setau saya biasanya ga mau penjual digituin sih. pasti minta tanda jadi yg ujung2nya klo klamaan dihitung angus.
3. IMB urusannya sama dinas tata kota gan.
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 04:54
Mau nanya tentang KPR nih gan :

1. Bagaimana cara meminta bank menurunkan bunga KPR kita yang sudah berjalan? apakah ada tips-nya supaya pengajuannya disetujuin?
2. Apa pertimbangan kita menentukan KPR Top Up atau KPR Take Over selain bunga bank dan biaya-biaya administrasinya?
3. Apabila kita jual rumah yang masih dalam proses pembiayaan KPR, apakah pembeli baru akan meneruskan cicilan sesuai promo yang kita dapatkan atau ada analisa lagi dari pihak bank kepada pembeli?

Thanks,
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 09:22
Misi suhu2 KPR dimari,

Ane mau tanya nih.. KPR ane sudah disetujui (sudah ada SP3K) tapi karena rumah masih dibangun (belum ready stock) jadi masih belum akad.
Nah ane rencana bayar dp ke developer secara cicilan. karena dp ane masih kurang, ane rencana ambil kredit kaya KTA gitu di Bank lain.
Pertanyaanya apakah SP3K ane itu masih berlaku atau tidak berubah plafondnya karena ane ambil kredit lg. atau apakah bank mengecek kembali riwayat kredit ane (BI Checking lagi)..

Makasih suhu.
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 09:25
Mau nanya gan tentang Appraisal :
1.Biaya rata-rata appraisal sekarang berapa ya gan untuk bank konvensional maupun bank syariah?
2.Apakah kita boleh meminta jasa appraisal terhadap sebuah rumah second yg dijual sebelum mengajukan kpr ke bank dengan tujuan untuk mengetahui harga rumah tersebut berdasarkan hasil appraisal?
3.Proses appraisal bank pada rumah second yang ingin dibeli melalui kpr biasanya tahapannya yang mana dlu gan, kita ngajukan kpr dengan melengkapi semua persyaratan ke bank baru dilakukan appraisal oleh bank atau kita boleh meminta jasa appraisal dulu terhadap rumah yg mau dibeli?
4.Ada rumah second dijual dengan harga Rp.540jt.Setelah dilakukan appraisal oleh bank,ternyata harga hasil appraisal bank Rp.600jt. Dengan adanya perbedaan harga antara harga dari penjual dan harga hasil appraisal tersebut, Apakah pihak penjual berhak mengetahui harga hasil appraisal atau hanya saya sebagai calon pembeli yang berhak mengetahuinya (secara saya yang meminta jasa appraisal) ? Takutnya kalau penjual mengetahui harga appraisal lebih tinggi jangan2 malah dinaikan harga jualnya mengikuti harga hasil appraisal.emoticon-Cape d... (S)
5.Untuk 1 rumah second yang dijual diatas.harga hasil appraisal dari masing2 bank kira2 ada perbedaan ga gan?

Thanks.
Diubah oleh timun52
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 11:07
siang gan, mau curcol & minta pendapatnya
1. ane ngajuin kpr (rmh second, bangunan sudah jadi 100%.,- rumah tsb di perumahan yg nota bene dibeli cash mr.X & blm pernah ditempati)
2. ane dibantu marketing Y, udah dpt sppk dari bank
3. dp sudah ane bayar ke pemilik rmh
4. bersamaan dgn proses pengajuan kpr ane, marketing Z juga menawarkan rmh tsb dan mendapat pembeli yang mau bayar tunai
5. marketing Z memberi deadline ke marketing Y bahwa kamis harus akad dan pencairan dana karena pemilik rumah butuh hari itu.

ane seharusnya kan tinggal akad saja,
nah masalahnya mucul disini...

-karena ane kerja luar kota, ane cuma bisa mbolos hari senin atau jumat saja untuk melakukan akad
sedangkan marketing Z dan orang yg dipasrahi (mungkin makelar) oleh pemilik rumah ngasih deadline ke marketing Y bahwa paling lambat kamis harus akad krn pemilik minta dana cair hari itu jg.

-ane bener2 nga bisa mbolos dua hari berturut turut kemis-jumat krn klo mbolos sehari (kamis saja) tdk memungkinkan untuk balik lagi ke kota tempat kerja ane dan paginya langsung masuk kerja

-marketing ane akhirnya dapat nomor telpon pemilik rumah (krn sebelumnya dia komunikasi hanya dgn si (makelar) dan menanyakan apakah bisa akad hari jumat, dan ternyata pemilik rumah tidak mempermasalahkan akad hari jumat (berbeda dengan keterangan marketing Z & (makelar)yg mengharuskan akad hari kamis)

-dan pemilik rumah yg aseli, tdk dapat memutuskan karena dia sudah pasrah/menyerahkan penjualan rmh tsb ke (makelar/orang yg di pasrahi menjualkan)

-istilahnya sekarang ini saya dan marketing Y mendapat tekanan dari marketing Z dan si makelar, bahwa kamis harus akad atau batal dan diberikan ke calon pembeli tunai.


menurut agan2 saya harus gmn, apa memang harus ngalah sama pembeli tunai tsb, karena ane bener2 tdk bisa mbolos dua hari berturut turut (kamis-jumat)
Diubah oleh wsastro
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 13:03
Quote:Original Posted By derossi
Misi suhu2 KPR dimari,

Ane mau tanya nih.. KPR ane sudah disetujui (sudah ada SP3K) tapi karena rumah masih dibangun (belum ready stock) jadi masih belum akad.
Nah ane rencana bayar dp ke developer secara cicilan. karena dp ane masih kurang, ane rencana ambil kredit kaya KTA gitu di Bank lain.
Pertanyaanya apakah SP3K ane itu masih berlaku atau tidak berubah plafondnya karena ane ambil kredit lg. atau apakah bank mengecek kembali riwayat kredit ane (BI Checking lagi)..

Makasih suhu.
bank akan ngelakuin BI checking lg, lagian SPPK kan ada masa berlaku nya jg

0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 13:23
Kalo SP3K nya ane masih draft gitu gmana gan..jadi bilangnya nanti aja pas mau akad baru tanda tangan SP3K, sekalian dokumen lainnya
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 13:32
Quote:Original Posted By derossi
Kalo SP3K nya ane masih draft gitu gmana gan..jadi bilangnya nanti aja pas mau akad baru tanda tangan SP3K, sekalian dokumen lainnya

Sepertinya si agan senasib sama saya. Walaupun draft, sppk yg udah keluar skrng itu kan tetap sdh ngelewatin tahap bi checking. Buat bikin draft aja mereka udah bi checking, apalagi udah mau akad? Tentu bank ga mau kecolongan donk? Klo bank saya, mereka sdh wanti2 saya jgn ada ambil kredit apa2 sampai akad nanti krn udah jd SOP mereka untuk nge cek sppk lg.

Skedar saran
Cb dicek lg nilai di SPPK utk biaya kpr sama ga seperti nilai yg diinfokan developer. Berharap sih ada selisih, jd bisa ngurangin nilai DP total si agan.. (karena case saya yg skrng seperti itu)
Diubah oleh brambrembrom
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 13:54
Biaya KPR nya belum tercantum gan.. nah itu dia gan bank nya ga ada wanti2 ke ane..kn jadi tergoda ambil kredit tempat lain buat nambah2 dp..oh ada SOP ngecheck aplikasi nasabah lagi (BI Checnking dll) ya sebelum akad..ok gan thank you
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 14:24
Quote:Original Posted By boy777
Mau nanya tentang KPR nih gan :

1. Bagaimana cara meminta bank menurunkan bunga KPR kita yang sudah berjalan? apakah ada tips-nya supaya pengajuannya disetujuin?
2. Apa pertimbangan kita menentukan KPR Top Up atau KPR Take Over selain bunga bank dan biaya-biaya administrasinya?
3. Apabila kita jual rumah yang masih dalam proses pembiayaan KPR, apakah pembeli baru akan meneruskan cicilan sesuai promo yang kita dapatkan atau ada analisa lagi dari pihak bank kepada pembeli?

Thanks,

1. hubungi pihak mortgage relation unitnya klo di tempat saya sih gan. kalau di bank lain bisa jadi beda nama divisinya.
2. ga ada sih, biasa orang mau take over itu ya karena mau dapet bunga fixed lagi krn di bank asal sudah masuk masa floating. sama ya top upnya itu skalian misal butuh dana tambahan bkal apaan gt. emoticon-Big Grin
3. itu jatuhnya take over jual beli namanya, tentu proses dari awal lagi, tp kali ini yg diproses adl si pembeli kalau memang si pembeli mau take over KPR agan di bank yg sama. kalau si pembeli mau menggunakan bank lain, tentunya dia akan diproses KPR di bank lain tsb.


Quote:Original Posted By derossi
Misi suhu2 KPR dimari,

Ane mau tanya nih.. KPR ane sudah disetujui (sudah ada SP3K) tapi karena rumah masih dibangun (belum ready stock) jadi masih belum akad.
Nah ane rencana bayar dp ke developer secara cicilan. karena dp ane masih kurang, ane rencana ambil kredit kaya KTA gitu di Bank lain.
Pertanyaanya apakah SP3K ane itu masih berlaku atau tidak berubah plafondnya karena ane ambil kredit lg. atau apakah bank mengecek kembali riwayat kredit ane (BI Checking lagi)..

Makasih suhu.

hmmm...biasanya masa berlaku SPK itu 2 minggu - 1 bulan sih gan. lebih dari 1 bulan butuh pengajuan dispensasi perpanjangan SPK.

Quote:Original Posted By timun52
Mau nanya gan tentang Appraisal :
1.Biaya rata-rata appraisal sekarang berapa ya gan untuk bank konvensional maupun bank syariah?
2.Apakah kita boleh meminta jasa appraisal terhadap sebuah rumah second yg dijual sebelum mengajukan kpr ke bank dengan tujuan untuk mengetahui harga rumah tersebut berdasarkan hasil appraisal?
3.Proses appraisal bank pada rumah second yang ingin dibeli melalui kpr biasanya tahapannya yang mana dlu gan, kita ngajukan kpr dengan melengkapi semua persyaratan ke bank baru dilakukan appraisal oleh bank atau kita boleh meminta jasa appraisal dulu terhadap rumah yg mau dibeli?
4.Ada rumah second dijual dengan harga Rp.540jt.Setelah dilakukan appraisal oleh bank,ternyata harga hasil appraisal bank Rp.600jt. Dengan adanya perbedaan harga antara harga dari penjual dan harga hasil appraisal tersebut, Apakah pihak penjual berhak mengetahui harga hasil appraisal atau hanya saya sebagai calon pembeli yang berhak mengetahuinya (secara saya yang meminta jasa appraisal) ? Takutnya kalau penjual mengetahui harga appraisal lebih tinggi jangan2 malah dinaikan harga jualnya mengikuti harga hasil appraisal.emoticon-Cape d... (S)
5.Untuk 1 rumah second yang dijual diatas.harga hasil appraisal dari masing2 bank kira2 ada perbedaan ga gan?

Thanks.

1. ketentuan normal 2015 sih 1 juta gan, bahkan ada beberapa KJPP yg masang harga lebih tinggi.

2. jd mau appraisal sendiri dl gt ya? sah2 aja kok, tapi ketika nanti mengajukan proses KPR, oleh bank akan diappraisal lagi ya, Bank ga bisa pake hasil appraisal di awal td.

3. kalau saya pribadi sih, sblm sampai proses appraisal, saya lebih suka untuk order BI checking dl sehingga bisa lihat histori kredit agan, setelah itu dari hasil BI checking itu saya hitung2 profil keuangan agan berbanding dgn income agan, masih sesuai ketentuan ga itu. semisal masih masuk ketentuan, ya sudah baru saya tawarkan untuk proses appraisal yg dipararelkan dengan collect dokumen lengkap untuk disubmit skalian ke analis kreditnya.

4. penjual ga wajib tau hasil appraisalnya kok, kalau mau dkasih tau sama agan ya terserah agan itu. emoticon-Big Grin

5. ini mksd pertanyaannya gmn ya? mksdnya agan nanya apakah hasil appraisal masing2 bank itu bisa memberikan nilai yg berbeda2? klo iya maka jawabannya tentu bisa berbeda2. kan KJPPnya pun beda2 yg dpakai. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By wsastro
siang gan, mau curcol & minta pendapatnya
1. ane ngajuin kpr (rmh second, bangunan sudah jadi 100%.,- rumah tsb di perumahan yg nota bene dibeli cash mr.X & blm pernah ditempati)
2. ane dibantu marketing Y, udah dpt sppk dari bank
3. dp sudah ane bayar ke pemilik rmh
4. bersamaan dgn proses pengajuan kpr ane, marketing Z juga menawarkan rmh tsb dan mendapat pembeli yang mau bayar tunai
5. marketing Z memberi deadline ke marketing Y bahwa kamis harus akad dan pencairan dana karena pemilik rumah butuh hari itu.

ane seharusnya kan tinggal akad saja,
nah masalahnya mucul disini...

-karena ane kerja luar kota, ane cuma bisa mbolos hari senin atau jumat saja untuk melakukan akad
sedangkan marketing Z dan orang yg dipasrahi (mungkin makelar) oleh pemilik rumah ngasih deadline ke marketing Y bahwa paling lambat kamis harus akad krn pemilik minta dana cair hari itu jg.

-ane bener2 nga bisa mbolos dua hari berturut turut kemis-jumat krn klo mbolos sehari (kamis saja) tdk memungkinkan untuk balik lagi ke kota tempat kerja ane dan paginya langsung masuk kerja

-marketing ane akhirnya dapat nomor telpon pemilik rumah (krn sebelumnya dia komunikasi hanya dgn si (makelar) dan menanyakan apakah bisa akad hari jumat, dan ternyata pemilik rumah tidak mempermasalahkan akad hari jumat (berbeda dengan keterangan marketing Z & (makelar)yg mengharuskan akad hari kamis)

-dan pemilik rumah yg aseli, tdk dapat memutuskan karena dia sudah pasrah/menyerahkan penjualan rmh tsb ke (makelar/orang yg di pasrahi menjualkan)

-istilahnya sekarang ini saya dan marketing Y mendapat tekanan dari marketing Z dan si makelar, bahwa kamis harus akad atau batal dan diberikan ke calon pembeli tunai.


menurut agan2 saya harus gmn, apa memang harus ngalah sama pembeli tunai tsb, karena ane bener2 tdk bisa mbolos dua hari berturut turut (kamis-jumat)

marketing Y dan Z ini marketing properti agent atau marketing bank sih gan? agak bingung saya. emoticon-Hammer
soalnya ada lg si makelar ini, ini makelar agent property jg? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By derossi
Kalo SP3K nya ane masih draft gitu gmana gan..jadi bilangnya nanti aja pas mau akad baru tanda tangan SP3K, sekalian dokumen lainnya

masih draft itu jadi blum ada fisiknya gt ya gan? baru by omongan aja ato gmn?emoticon-Bingung (S)
lalu problemnya apa ini critanya?emoticon-Thinking
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 14:28
iya gan sp3k nya masih draft (dikirim by email), bank nya bilang untuk resminya nanti pas akad kredit nunggu rumah jadi, kira2 satu bulan lagi rumah jadinya.
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 14:46
Quote:Original Posted By brownsnow
Bank nya apa gan? ane save dulu ya nomornyaemoticon-Cendol (S)
pakai btn gan, panin jg bisa. liat data agan.
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:09
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh coffe.bean
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:10
Quote:Original Posted By derossi
iya gan sp3k nya masih draft (dikirim by email), bank nya bilang untuk resminya nanti pas akad kredit nunggu rumah jadi, kira2 satu bulan lagi rumah jadinya.


aneh juga ya, semestinya sih proses KPR itu kan bisa dilakukan kalau DPnya sudah lunas terlebih dahulu, jadi ya seharusnya kalau agan sudah bisa proses kan asumsi saya DP sudah lunas ya, maka akad kredit mestinya sudah bisa dilangsungkan tanpa harus menunggu rumahnya jadi dulu sih. CMIIW ya, soalnya saya bukan tim KPR yg megang rumah primary dr developer sih, jd detail prosesnya kurang tau juga. tapi seharusnya sih seperti yg saya tulis ya. emoticon-Thinking

Quote:Original Posted By coffe.bean


gini gan, rumah itu dibeli mr.x dgn cara cash, kmudian 95% bangunan berdiri dijual lagi sama mr.x (minta bantuan sodara/makelar)
sodara/makelar itu minta tolong marketing Y & Z (marketing Y & Z sendiri jg marketing developer perumahan tsb)
kira2 begitu gan jadi ya masuknya marketing Y & Z itu marketing property


hmm..itu marketing developernya toh, tak kira marketing Banknya. emoticon-Embarrassment

kurang bisa kasih saran jg sih klo soal ini, terlalu bnyk pihak yg terlibat soalnya. tunggu yg lain kasih saran aja d. emoticon-Embarrassment
Diubah oleh AirezZ
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:10
-dopost karena page nyangkut-
Diubah oleh AirezZ
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:19
Quote:Original Posted By AirezZ



hmm..itu marketing developernya toh, tak kira marketing Banknya. emoticon-Embarrassment

kurang bisa kasih saran jg sih klo soal ini, terlalu bnyk pihak yg terlibat soalnya. tunggu yg lain kasih saran aja d. emoticon-Embarrassment


iya gan thanks,
sepertinya perang marketing ane jg sudah relain
Diubah oleh wsastro
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:21
Quote:Original Posted By wsastro


emoticon-Bingung (S) ane jg aga bingung jelasinnya
gini gan mr x beli rmh di perumahan secara cash, blm 100% bangunan selesai mrx mau jual tu rumah tapi pasrah samasodara/makelar buat ngejualin
marketing Y & Z itu marketing properti perumahan yg di beli mr.x
kira2 bgitu gan


iya saya bingungnya itu knp si Mr. X selaku penjual kok pasrah bner, sbenernya itu orang niat kga jual rumahnya? kok malah pasrah ngikutin makelarnya, yg punya rumahnya kan dia sendiri, tp kok disetir sama makelar. padahal seharusnya keputusan kan dia yg megang gt, sehingga ketika agan adl calon pembeli pertama yg hadir, si penjual harusnya bisa diskusi dgn agan, bukan dgn si makelar. emoticon-Hammer

Diubah oleh AirezZ
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:26
Quote:Original Posted By AirezZ

iya saya bingungnya itu knp si Mr. X selaku penjual kok pasrah bner, sbenernya itu orang niat kga jual rumahnya? kok malah pasrah ngikutin makelarnya, yg punya rumahnya kan dia sendiri, tp kok disetir sama makelar. emoticon-Hammer



biar jelas gini gan, mr x jual rumah itu 500 jt
seiring ane booking fee & ngurus kpr harga untuk tipe&ukuran yang sama naekemoticon-Hammer (S)
bahkan sppk ane dihargai appraisal bank 540jt

makanya aneh bgt, tinggal akad kredit saja bisa begini..dan saya cuma minta kelonggaran waktu sehari dari harusnya kamis menjadi jumat tetep tidak bisa dgn alasan waktu marketing Y cuma sampe hari kamis
dan marketing Z sudah ada pembeli mau beli cash

kemudian marketing ane (marketing Y) dapat no hp pemilik rmh,, ditelpon dan pemilik rmh bilang tdk masalah akad jumat,,
tapi mendadak beberapa jam yg lalu marketing ane telpon, kalo mau akad harus tetep kamisemoticon-Takut (S)
permainan kah
Diubah oleh wsastro
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:30
ane barusan ditelpon orang bank nanyain soal lembar terakhir sertifikat yg berisi tandatangan kepala kantor pertanahan, di sebelah kanan ada bagian kepala seksi survei (bawahan kepala kantor pastinya) ukur dan pemetaan yg hanya berisi ketikan "ttd" tanpa tanda tangan, orang bank nanyain apakah owner nyimpan lembar yg kanan kiri ditandatangani?

sebenarnya legalitasnya kaya gimana ya sertifikat ini?

All About KPR - Please Read Page 1
Diubah oleh Mr.River
0 0
0
All About KPR - Please Read Page 1
25-08-2015 16:51
Quote:Original Posted By wsastro
siang gan, mau curcol & minta pendapatnya
1. ane ngajuin kpr (rmh second, bangunan sudah jadi 100%.,- rumah tsb di perumahan yg nota bene dibeli cash mr.X & blm pernah ditempati)
2. ane dibantu marketing Y, udah dpt sppk dari bank
3. dp sudah ane bayar ke pemilik rmh
4. bersamaan dgn proses pengajuan kpr ane, marketing Z juga menawarkan rmh tsb dan mendapat pembeli yang mau bayar tunai
5. marketing Z memberi deadline ke marketing Y bahwa kamis harus akad dan pencairan dana karena pemilik rumah butuh hari itu.

ane seharusnya kan tinggal akad saja,
nah masalahnya mucul disini...

-karena ane kerja luar kota, ane cuma bisa mbolos hari senin atau jumat saja untuk melakukan akad
sedangkan marketing Z dan orang yg dipasrahi (mungkin makelar) oleh pemilik rumah ngasih deadline ke marketing Y bahwa paling lambat kamis harus akad krn pemilik minta dana cair hari itu jg.

-ane bener2 nga bisa mbolos dua hari berturut turut kemis-jumat krn klo mbolos sehari (kamis saja) tdk memungkinkan untuk balik lagi ke kota tempat kerja ane dan paginya langsung masuk kerja

-marketing ane akhirnya dapat nomor telpon pemilik rumah (krn sebelumnya dia komunikasi hanya dgn si (makelar) dan menanyakan apakah bisa akad hari jumat, dan ternyata pemilik rumah tidak mempermasalahkan akad hari jumat (berbeda dengan keterangan marketing Z & (makelar)yg mengharuskan akad hari kamis)

-dan pemilik rumah yg aseli, tdk dapat memutuskan karena dia sudah pasrah/menyerahkan penjualan rmh tsb ke (makelar/orang yg di pasrahi menjualkan)

-istilahnya sekarang ini saya dan marketing Y mendapat tekanan dari marketing Z dan si makelar, bahwa kamis harus akad atau batal dan diberikan ke calon pembeli tunai.


menurut agan2 saya harus gmn, apa memang harus ngalah sama pembeli tunai tsb, karena ane bener2 tdk bisa mbolos dua hari berturut turut (kamis-jumat)

Pas bayar DP / tnd jadi, ada ttd tgn d atas materai bahwa kedua belah pihak tidak boleh batal sampai periode tertentu kah?
kalo ane seh dulu ada, jd kalo pembeli batal maka DP akan hangus, kalo penjual batal maka ganti 2x.

hal ini adalah hal umum kalo pake agen properti.
0 0
0
Halaman 390 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia