• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [FOTO] Inilah Potret Kekeringan dan Kemarau Panjang yang Melanda Indonesia

provokator.7Avatar border
TS
provokator.7
[FOTO] Inilah Potret Kekeringan dan Kemarau Panjang yang Melanda Indonesia
HOT THREAD KE-TIGA






Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya menjelaskan kepada BBC Indonesia bahwa El Nino saat ini dalam proses terus menguat hingga menjelang akhir tahun 2015.

"BMKG memperkirakan, kemarau akan lebih panjang dari biasanya dan awal musim hujan akan mundur kira-kira dua bulan," ujar Andi Eka Sakya.

Kemarau, yang biasanya berlangsung April hingga September, tahun ini diperkirakan baru akan berakhir pada November. Musim hujan, yang biasanya mulai berlangsung Oktober hingga April, tahun ini dikhawatirkan baru akan bermula pada bulan Desember.

Dia mengatakan, El Nino merupakan gejala alam berupa naiknya suhu permukaan laut di Samudra Pasifik sekitar ekuator, khususnya di sekitar Cile dan Peru. Ini diikuti turunnya suhu permukaan air di beberapa wilayah perairan Indonesia. Di sisi lain, hal ini berdampak pada terjadinya kekeringan di beberapa daerah di Indonesia.




Warga menanam bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (18\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air untuk pertanian akibat kekeringan saat musim kemarau.




Warga menggali lubang untuk mendapatkan sisa air di Sungai Cibarusah, Ciketung, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, untuk keperluan mandi dan mencuci, Sabtu (15\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air bersih sejak tiga bulan terakhir karena sumur dan sungai mereka kering akibat kemarau.




Areal pertanian terlihat kering di Cikoneng Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (18\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air untuk pertanian akibat kekeringan saat musim kemarau.




Warga memanen padi di Desa Panyindangan, Kecamatan Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (17\/8\/2015). Warga mengaku gagal panen padi akibat sungai untuk irigasi mengalami kekeringan saat musim kemarau.




Sungai Cibarusah, Kampung Ciketung, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, kering akibat musim kemarau, Minggu (16\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air bersih sejak tiga bulan terakhir karena sumur dan sungai mereka kering.




Warga menggarap ladang untuk menanam kencur di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16\/8\/2015). Warga mengaku gagal panen padi akibat sungai untuk irigasi mengalami kekeringan sejak tiga bulan lalu.




Warga menunjukkan sisa panen padi di Desa Panyindangan, Kecamatan Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (17\/8\/2015). Warga mengaku gagal panen padi akibat sungai untuk irigasi mengalami kekeringan saat musim kemarau.




Sungai Cibarusah, Kampung Ciketung, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, kering akibat musim kemarau, Minggu (16\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air bersih sejak tiga bulan terakhir karena sumur dan sungai mereka kering akibat kemarau.




Warga menanam bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (18\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air untuk pertanian akibat kekeringan saat musim kemarau.




Tambak garam di Desa Eretan, Kecamatan Kandang Haur, Indramayu, Jawa Barat, Senin (17\/8\/2015). Alih profesi dari petani padi menjadi petani garam merupakan cara bertahan hidup sebagian warga Indramayu karena kekeringan yang sering terjadi saat musim kemarau.




Warga memanfaatkan sisa air Sungai Cibarusah, Kampung Ciketung, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, untuk keperluan mandi dan mencuci, Minggu (16\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air bersih sejak tiga bulan terakhir karena sumur dan sungai mereka kering akibat kemarau.




Tambak garam di Desa Eretan, Kecamatan Kandang Haur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (17\/8\/2015). Alih profesi dari petani padi menjadi petani garam merupakan cara bertahan hidup sebagian warga Indramayu karena kekeringan yang sering terjadi saat musim kemarau seperti saat ini.




Warga memanfaatkan sisa air Sungai Cibarusah, Kampung Ciketung, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat untuk keperluan mandi dan mencuci, Sabtu (15\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air bersih sejak tiga bulan terakhir karena sumur dan sungai mereka kering akibat kemarau.




Warga menanam bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (18\/8\/2015). Warga mengaku kesulitan mendapatkan air untuk pertanian akibat kekeringan saat musim kemarau.


Sumber



Semoga kekeringannya tidak terlalu parah emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)



Quote:
Diubah oleh provokator.7 23-08-2015 11:07
0
77.2K
480
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.