Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
953
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/557ec213138b46a6138b456a/uitemate--teknik-mengapung-yang-telah-selamatkan-banyak-nyawa-dari-tenggelam
Tolong bantu share untuk info kebaikan gan ;) Masih ingat dengan bencana Tsunami di Jepang pada Maret 2011 lalu? Sebuah teknik mengapung sederhana untuk bertahan sambil menunggu bala bantuan te
Lapor Hansip
15-06-2015 19:16

Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!

Past Hot Thread

ALHAMDULILLAH HT PERTAMA SEJAK 2006 HAHAHHAAA...



Tolong bantu share untuk info kebaikan gan emoticon-Wink

Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!


Masih ingat dengan bencana Tsunami di Jepang pada Maret 2011 lalu? Sebuah teknik mengapung sederhana untuk bertahan sambil menunggu bala bantuan telah menyelamatkan banyak nyawa pada bencana tersebut.

Teknik ini disebut dengan uitemate yang berarti “mengambang dan menunggu” yang dicetuskan oleh Profesor Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka, Jepang.

Pada 11 Maret 2011 lalu, murid-murid sekolah dasar di Higashi-Matsushima, Perfektur Miyagi harus dievakuasi kedalam gymnasium beberapa saat setelah gempa berlansung.

Beberapa guru dan murid terperangkap di dalam gymnasium dengan air yang mulai meninggi karena tsunami, namun mereka selamat karena pernah mempelajari teknik uitemate.

Teknik ini memang sudah dipromosikan Professor Saito semenjak tahun 2000 dan telah diajarkan di sekolah dasar seluruh Jepang. Belakangan teknik ini juga dipopulerkan di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Quote:Dalam banyak kasus, seseorang yang terjebak di air akan mencoba dirinya untuk tetap berdiri tegak dengan hanya kepala yang berada di atas permukaan air, seluruh tubuh akan tenggelam jika orang tersebut mencoba menarik perhatian penyelamat dengan melambaikan tangan. Skenario terburuknya, orang tersebut akan tenggelam dalam hitungan menit.


Uitemate memungkinkan kita untuk tetap bernafas dan sangat menghemat energi kita.



Quote:“Jangan paksa dirimu untuk berenang, cukup mengambang seperti daun di air” ungkap Yuji Tamura, associate professor di Tokyo University. “Ini metode yang sangat sederhana” tambahnya.


Teknik ini bisa dan mudah dipelajari gan, berikut ini contohnya :






sumber : https://japanesia.co.id/uitemate-tek...-banyak-nyawa/


Quote:Original Posted By dentaku
komentar2 di depan buat ane malas baca thread nya emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By malingkutank
Karena tehnik ini pernah menyelamatkan nyawa gw gan.. berenang dengan gaya biasa emang perlu gan tapi perlu tenaga lebih kalo udah habis tenaga kelelep juga.. kalo udah bisa berenang gw rasa wajib menguasai tehnik ini..

Gw dulu pernah kejadian hampir mati di sungai ogan gan pada saat smp dulu gw dan teman2 gw mandi di sungai saat itu musim lagi kemarau pasir akan muncul dari pinggir ampe ketengah sungai mirip seperti dipantai lebar sungai Ogan itu seperti sungai musi dipalembang gan agak kecil dikit emang anak sungai musi...

Setelah pulang sekolah temen2 gw ngajak ketengah sungai pertama batas lutut jauh dikit pinggang sampek dagu oleh karena badan ane paling kecil dan pijakan ane yang dalam dan ane kaget dan dibawa arus sungai gw berjuang setengah mati sekuat tenaga sampe gw gak kuat lagi berenang untuk kepinggir gan gw teriak minta tolong gak ada satupun yang menolong padahal disungai tersebut banyak perahu kapal kecil hilir mudik.

Saat itu terlintas dipikiran gw dan pasrah dalam hati berkata gw akan mati hari ini dari kejauhan gw lihat temen gw teriak2 entah apa yang mereka katakan tenaga gw udah habis suara pun tidak sanggup untuk teriak akhirnya gw coba baringkan badan disungai persis sama tehnik yang ada di thread ini gw coba atur nafas lagi sambil mengumpulkan tenaga lagi kaki gw kepakan buat pendorong dengan pelan dan tangan gw gunakan buat badan tetap mengapung gw lakukan terus sampai akhirnya gw sampe kepinggir sungai gan...




Quote:Original Posted By valerain02
Ane pernah liat langsung gan, waktu itu di ancol thn 2011an gan ane lupa,

waktu itu ane lgi berenang di laut ancol gan, waktu itu mlm gan jdi ane berani soalnya ga liat airnya yg kotor, hehehe
ada anak gendut bgt lgi ngapung gan, di temenin bokapnya, ane penasaran ane nanya ke bapaknya itu pake olah pernapasan pak, kata si bpknya " engga ini tekhniknya cuma diem aja, trus ane nanya lgi "trus semua org bisa pak" kata bapaknya " semua org bisa melakukan asal tahu tekhniknya, anak saya ini gendut bgt klo di ajarin renang ga sampe semenit dah kecapean makanya saya ajarin aja ngapung. jadi klo terjadi sesuatu di tengah laut dia bisa berenang semenit, kemudian istirahat di mana aja dia mau dgn cara ngapung, sambil nunggu bantuan, soalnya klo tenggelam di laut mau sekuat apapun org ga mungkin nyampai pinggiran dgn berenang cara satu2nya adalah menunggu bantuan.
klo saat itu ga ada sekoci atau apapun buat pegangan maka ini cara satu2nya. trus ane nyoba gan berempat sama tmn ane. yg bisa cuma 1 org doang gan. ternyata sulit praktekinnya, lebih gampang belajar renang


Quote:Original Posted By heydoll23
Sebelum ane bs berenang, ane bs ngapung begini. Belajarnya dr film tuyul dan mbak yul. Ada tuyul namanya kentung, sering ngapung begitu..


Quote:Original Posted By tarjomasukkota
Wah ga nyangka, trnyata ada nama trkniknya. Ane bisa gan, dulu inspirasi dr kentung nya tuyul n mba yul. Kunci utamanya ga bileh takut palagi galau, pala lihat ke atas klo bahasa jawanya dongak gan. Klo ga dongak ga akan bisa, kaki wajib naik kaya di gambar. Utk pemula tangan kita bisa ngayun2 utk bantu ngapung, pas belajar dah ga keitung air masuk kuping idung, jgn nyerah. Nah klo dah bisa ini bisa dipakai kombinasi ma gaya punggung. AneEjg dah bisa kok


Quote:Original Posted By puteri.bathory
iya bener gan, mama ane padahal gendut sekitar 70kg tinggi 150an. tapi pas berenang bisa ngapung diair, katanya gausah gerak dia ngapung sendiri rentangkan kaki sama tangan, posisinya persis kayak di gambar ente.
tapi ane nyoba gak bisa bisa hahaha


Quote:Original Posted By nokia3310c
gaya ngambang gitu sering ane praktekin pas wkt msi boca di sungai duluh gan emoticon-Ngakak , jadi kta sengaja ngambangin diri titik A sampe hanyut ke titik G terus naik lagi dan lari ke titik A dan ngambang lagi sampe cape emoticon-Hammer2
dan gaya ini tuh biasa ane sebut gaya kentung2'an (itu-tu yg di pelem tuyul&mbakyul yg tuyul gendutnya kan sering gambang make gaya ini ditv emoticon-Hammer2 )


Quote:Original Posted By Rafxin
yang paling gampang kalo masuk air itu ya ngapung. kunci nya tenang, jangan panik kalo masuk ke dalam air.

kadang ada orang parnoan masuk ke dalam air gara2 gabisa berenang dan takut kelelep. padahal mah ngapung sama berenang beda




Quote:Original Posted By 58911xx
susah tong,aernya masuk ke kuping ane semua emoticon-Mad (S)

Quote:Original Posted By suburisdead
lu pura-pura mati aje bray
biasanya kalo orang mati kan ngapung tuh
sapa tau nanti aernya ngira lu udah mati, jadinya bisa ngapung
emoticon-Cool



emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By vonnyrah
Dulu kata saudara tni yang ditugaskan keluar jawa..ada suku disana yang biasa menggunakan teknik ini. Suku itu hidup terutama dilaut.Lupa suku apa namanyaemoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By MR.K4SKUS
wahh gak nyangka ane gan ternyata yg suka ane lakuin di kolam renang itu ada tekniknya emoticon-Ngakak padahal ane ngelakuinnya spontan aja tuh intinya sih jangan panik gan kalo berurusan sama air emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By balagendir
Waktu masih kecil ane suka berenang, kalo kolamnya sepi suka diem terapung telentang begitu.

~~~~ When we stop struggling, we float ~~~~


Quote:Original Posted By AikiTom
Teknik ini memang benar adanya. Saya sdh sejak lama bisa melakukannya, baru tau kalau ada istilahnya. Kelebihan teknik ini kita bisa tidur di air. Suhu tubuh juga terjaga. Kelemahanya jika suhu air menjadi dingin kepala cepat pusing, bisa diatasi dengan pake tutup kepala pas mengambang (pake kain atau yg lain). Saya juga sdh ber eksperimen dengan menggunakan pelampung tnyata lbh bagus karena tenaga tdk terkuras. Caranya, setlah berhasil mengapung, jika ada papan atau barang lain yg bisa mengambang diselipkan ke punggung dan kepala, shg membantu menahan beban kepala serta leher dan dada. Dengan menggerakkan kaki scr perlahan kita akan bergerak


Quote:Original Posted By wizardmachine
Nice inpoh gan...Boleh dicoba nih.
Tp kalo ngga bisa berenang, masih bisa nyoba kan ya?


Quote:Original Posted By danedodola
ane bisa ngapung tp gak bisa renang 😂
pokoknya kl ngapung bagian perut sama pantat sebisa mungkin naikin ke atas / sama spt permukaan air


Quote:Original Posted By koenokatachi.
sampe sekarang ane bingung gimana caranya ngapung emoticon-Frown
itu tak perlu tahan napas kn?



Quote:Original Posted By rendibendot
Ntar Ane bikin Kolam renang pribadi dlu gan, bru Ane Praktekin... emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool


Quote:Original Posted By mpiss
gampang banget gan, ane bisa tanpa belajar emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Rianto81
Pada dasar nya tubuh kita mengapung di air gan.. Kan 80 % lebih tubuh kita terdiri dari cairan.. Yg bikin kita tenggelam justru gerakan-gerakan tubuh yg terjadi secara reflek maupun kita sengaja saat berada di dalam air..


Quote:Original Posted By bagaspkr
ane udah bisa teknik ini dari kelas 5 sd gan, belajar sendiri.
intinya mah gampang rileks, jangan panik, rentangkan seluruh anggota tubuh dan coba ringankan tubuh.
terbuksi berhasil emoticon-Toastemoticon-Toast


Quote:Original Posted By Ndraloxy
ane bisa loh gan
biasanya makin gendut makin mudah ngapung (banyak lemak)
ane kurus gan, kadang kalo di pantai ampe setengah ketiduran udah hanyut kemana gitu.
intinya tarik nafas dalem dalem.


Quote:Original Posted By MR.K4SKUS
wahh gak nyangka ane gan ternyata yg suka ane lakuin di kolam renang itu ada tekniknya emoticon-Ngakak padahal ane ngelakuinnya spontan aja tuh intinya sih jangan panik gan kalo berurusan sama air emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By balagendir
Waktu masih kecil ane suka berenang, kalo kolamnya sepi suka diem terapung telentang begitu.

~~~~ When we stop struggling, we float ~~~~


Quote:Original Posted By JeniNewby
Ane sering gan mraktekin ini, ane kira gak ada tekniknya emoticon-Ngakak soalnya ane bisa teknik ini secara alamiah aja, karna waktu renang gaya punggung trus ane cape. Ane rebahan dah emoticon-Cool ternyata ini bisa buay nyalemtin jiwa jika terjadi sesuatu


Quote:Original Posted By renst3vg
Ane suka tehnik itu, gan. Berasa tenang terapung di atas air


Quote:Original Posted By s3xme
geli kupingnya kemasukan aer


Quote:Original Posted By handyjoli
ini mah ane udh bisa dari dulu gan


Quote:Original Posted By abheizthe
Ho'oh emoticon-Embarrassment
Teknik ini biasa saya praktekan dikala berenang ke tengah kolam yg dalam dan kecapean emoticon-Embarrassment
Bisa ngambang gitu walaupun kaki ama tangan agak kedalem emoticon-Embarrassment yg penting posisi muka (terutama hidung) ada di atas air (udara) jadi masih bisa ngambil nafas sambil kena terik matahari emoticon-Matahari emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By muscarinic
Anr pernah latihan diving..salah satu materinya water trapping, tujuan sama, menunggu bantuan


Quote:Original Posted By r1co2
Udah bisa dari sd gan.. baru tau juga ini namanya.. bisa2 sendiri soalnya ane hehehe.. paling suka kalo di kolam renang ngelakuin ini.. suantai gt rasane..


Quote:Original Posted By JeniNewby
Ane sering gan mraktekin ini, ane kira gak ada tekniknya emoticon-Ngakak soalnya ane bisa teknik ini secara alamiah aja, karna waktu renang gaya punggung trus ane cape. Ane rebahan dah emoticon-Cool ternyata ini bisa buay nyalemtin jiwa jika terjadi sesuatu


Quote:Original Posted By renst3vg
Ane suka tehnik itu, gan. Berasa tenang terapung di atas air


Quote:Original Posted By s3xme
geli kupingnya kemasukan aer


Quote:Original Posted By handyjoli
ini mah ane udh bisa dari dulu gan


Quote:Original Posted By abheizthe
Ho'oh emoticon-Embarrassment
Teknik ini biasa saya praktekan dikala berenang ke tengah kolam yg dalam dan kecapean emoticon-Embarrassment
Bisa ngambang gitu walaupun kaki ama tangan agak kedalem emoticon-Embarrassment yg penting posisi muka (terutama hidung) ada di atas air (udara) jadi masih bisa ngambil nafas sambil kena terik matahari emoticon-Matahari emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By muscarinic
Anr pernah latihan diving..salah satu materinya water trapping, tujuan sama, menunggu bantuan


Quote:Original Posted By r1co2
Udah bisa dari sd gan.. baru tau juga ini namanya.. bisa2 sendiri soalnya ane hehehe.. paling suka kalo di kolam renang ngelakuin ini.. suantai gt rasane..


Quote:Original Posted By darklight89
ane dulu nya suka banget renang di paluh pas lg pasang air laut..
biarpun emak melarang...
salah satu nya teknik ngapung ini, akan ane lakukan jika sudah lelah berenang..
emoticon-Rate 5 Star


Terima kasih kaskus emoticon-Kiss (S)
kalau ada yang mau mampir ke blognya TS silahkan :uwuwuwuwu: http://hajisunaryo.com

Btw, sudah tau tentang Alpian?
Meski Mengidap Tumor, Alpian Tetap Bekerja Demi Kesembuhan Adiknya yang Busung Lapar
Diubah oleh PutriAisa
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 31 dari 49
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:06
waduh jadi pengen nyoba nihh teknik
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:06
nanti ane coba praktekin gan
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:07
ini keliatan sederhana
tapi ane gagal terus emoticon-Big Grin
pernah di ajarin guruh olah raga pas sma
dan hasilnya, ane kelelep terus wkakaka
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:07
Hahahaha, gak nyangka yang beginian juga ada teknik nya..
Minggu lalu ane abis berenang di Sunga Brantas sama temen ane gan, kangen masa kecil dulu.. emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Cara seperti ini membantu banget pas ane kelelahan berenang buat nyebrangin tuh sungai, dalemnya pake banget arusnya juga kuat gan..
emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:07
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:08
Airnya ga akan masuk ke hidung ato telinga gan? emoticon-Bingung
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:09
Quote:Original Posted By gamboters
gw banget tuh gan, ga bisa renang bisanya ngapung doang emoticon-Hammer2

ckckckemoticon-Ngakak sm ganemoticon-Mewek
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:09
kayakny susah gan mau ngambang kayak gitu. soalnya ane selalu gagal buat ngambang hehe
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:10
yang penting kuncinya rileks
ini teknik sejak masih doyan berenang di kali dulu hehe

sama ada satu lagi teknik berenang gaya anjing
emoticon-Ngakak
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:11
ngapung, terus hanyut bersama aliran air
emoticon-Ngakak
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:14
Kalo kecapean abis snorekling/renang biasanya ane relaxing mengapung begini...meregangkan otot sambil menikmati sinar matahari...emoticon-2 Jempol
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:15
nice inpooohhh gannn

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:18
ini mah gaya ane pas mandi di kali waktu masih bocah, kalo dulu istilahnya ngambang (sama aja artinya dengan ngapung)emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:19
ane dlu juga di ajarin teknik ini dulu gan sama bapak ane sebelum d.ajari berenang
belakang rumah ane tu sungai, dan seperti biasa anak2 kecil suka lah maen2 dsungai
nah karena itu ane d,ajari bapak buat renang, tpi sebelum renang ya blajar pake teknik ini dulu gan
pada prinsipnya kita diem aja sih, awal2 ya dtopang pake tangan bapak
setelah bisa ya langsung d.ajarin renang sama bapak buat reang pp lebar sungai emoticon-Hammer (S)
jadi misalnya kita capekk kn bisa ngapung terus gerak2in kaki dikit buat maju gan, tangan sebagai kemudi,,
harusnya sih setiap orang bisa renang pasti bisa ngapung lah, tapi kan ngapungnya beda2, ada yang berdiri tegak di aer sambil gerakin kaki2 sama tangan, nah ini itu capek banget gan emoticon-Hammer (S)
kalo ngapungbaring gini sih nda capek, bisa atur napas lagi dah..
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:20
apakah ada diajarkan di sekolah kita gan
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:22
kodok juga suka nih pake jurus ini kalo sedang terancam bahaya, pura pura jadi bangke mengambang.
ketika bahaya pergi tuh kodok balik badan n berenang gaya kodok emoticon-Cape d... (S) emoticon-Mad (S)

jadi inilah yang sebetulnya pantas disebut renang gaya kodok emoticon-cystg
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:22
"Uitimate"
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:23
wah ane praktekin itu gan dr dulu,tp kog kgak bisa2 ya,ngambang ky tae kebo.wkwkw
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:25
harus dicoba nih gan
makasih infonya, sangat berguna
0 0
0
Uitemate : Teknik Mengapung yang Telah Selamatkan Banyak Nyawa dari TENGGELAM!
19-08-2015 12:25
Quote:Original Posted By meyonk_aja
ini mah gaya ane pas mandi di kali waktu masih bocah, kalo dulu istilahnya ngambang (sama aja artinya dengan ngapung)emoticon-Ngakak (S)


bisa disebut jurus tokai emoticon-Shutup emoticon-Ngakak (S)

dulu ane bisa tuh pake jurus tokai dikolam, sekarang dah hilang kemampuan itu, seiring dengan bertambahnya dosa-dosa.
ya namanya juga manusia emoticon-Ngacir
0 0
0
Halaman 31 dari 49
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia