Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1324
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55b9bd0f925233e9728b456f/kisah-kejam-dibalik-breeder---peternak-gelap-dan-pabrik-puppy-anak-anjing
HT!!!! My first Thread and My First HT -terimakasih atas bantuan agan2 dan momod , sehingga thread ini menjadi HT.. thx atas komen, rates dan share.. :) "The greatness of a nation and its mo
Lapor Hansip
30-07-2015 12:58

Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)

Past Hot Thread
HT!!!! My first Thread and My First HT
-terimakasih atas bantuan agan2 dan momod , sehingga thread ini menjadi HT.. thx atas komen, rates dan share.. emoticon-Smilie

ht



Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
"The greatness of a nation and its moral progress can be judged by the way its animal are treated." - Mahatma Gandhi

INTRO

Quote:Halo Agan dan Sista, selamat datang di thread pertama saya di lounge. Saya ingi berbagi pengalaman tentang kisah kejam para breeder anjing2 yang lucu yang biasa kita lihat di pet shop ataupun di pameran.

Isi dari Thread ini murni berdasarkan tulisan dari ibu "Dhini Damayanti H" yang saya dapat dari faceboook beliau, tanpa ada perubahan isi baik penambahan atau pengurangan.
isi threead ini sendiri sudah sepenuhnya meminta ijin dari ybs. Untuk segala jenis repost di forum lain ataupun media masa, harap langsung menghubungi beliau, bukan saya sebagai TS emoticon-Smilie
TS sendiri tidak bermaksud menyinggung praktek keji dari breeder yg tidak bertanggung jawab, karen TS sendiri yakin masih banyak orang yang mengembangbiakan anjing ras, dengan cara yg benar.

PENTING :
TS TIDAK MENGHARAPKAN CENDOL BANYAK.
SAya hanya berharap anda mau komen untuk menjaga thread ini dan membantu share
Jika anda seorang silent reader, setidaknya tolong bantu rate dan share emoticon-Smilie

Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)


What a cute puppy!


Quote:Well, setelah sekian banyaknya request dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang breeder, maka sebuah tulisan ini saya buat dengan harapan bisa bermanfaat untuk mengedukasi tanpa berusaha berpihak kepada siapapun. sumber dari tulisan ini adalah pengalaman saya di bidang animal rescue di lapangan, beberapa referensi artikel dan dokumentari yang saya baca dan saya tonton, serta sharing saya dengan beberapa teman yang sangat ahli dibidangnya. Apakah ini sebuah tulisan persuasif? well short of. This is an information that i hope can persuade you to think differently. emoticon-Smilie

Enjoy!
Damayanti Dhini.


Breeder. Siapa sih breeder ini? mengapa mereka disebut sebagai salah satu pihak yg melakukan penyiksaan satwa? Basicly, breeder atau dalam bahasa di sebut pembiak /peternak adalah orang yang dengan sengaja membiakan hewan peliharaanya untuk selanjutnya di jual sebagai komoditas yang bernilai sejumlah uang. Dan yang akan saya bahas lebih dalam kali ini adalah pembiak anjing dan kucing. Satwa sahabat manusia.

Puppy. siapa sih yang ga suka sama puppy lucu yang sering kita lihat di petshop? Ntah apa yang ada dibenak orang yang menganggap mereka tidaklah lucu. tapi pernahkah terfikir darimana mereka asalnya? "dari indukan anjing yang bahagia tentunya. mangkanya anaknya lucu" well in this case, yuk intip beberapa foto yang saya abadikan saat berkunjung ke "suplier puppy di petshop"


Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)

Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)

Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
*foto pabrik anjing
beberapa foto ini adalah sebagian kecil foto yang bisa saya abadikan sendiri menggunakan kamera ponsel saya ketika berada di sebuah "pabrik" puppy.

Quote:para indukan ini adalah anjing anjing pure breed yang seumur hidupnya didedikasikan untuk menghasilkan anak-anak anjing lucu yang di etalase etalase petshop. jangankan merasakan kasih sayang atau sekedar tidur di pangkuan majikan. Merasakan makanan yg sesuai dengan kebutuhan gizi mereka pun tidak. sampai akhir hayatnya, mereka hanya bisa melihat pagar besi yang membatasi mereka untuk bergerak kesana kemari.

Banyak pertanyaan yang saya dapat ketika saya bercerita kisah ini pada orang lain.

1. ini serius? kirain cuma ada di luar negri aja.
Ia serius. saya sendiri sudah kluar masuk beberapa "pabrikan" buat ambil sebagian nyariin rumah yang layak.

2. tapi kan yang di petshop itu lucu" masa indukannya begini bentuknya?
Lucu karena mereka masih sangat kecil. ada di usia yang memang menarik mata dan hati orang yang melihatnya. coba tanya paling usianya kisaran 2-3 bulan. kebayang ga kalo usia baru masuk 8 minggu udh berhari- hari atau berminggu minggu di etalase usia berapa dipisah dari induknya? bisa" 6 minggu. belum vaksin dan masih menyusu pada induknya. atau bahkan sebagian belum vaksin. secara umur vaksinasi ada di 8 minggu.

3. kwalitas mereka gimana kalo indukanya begini?
secara fisik, semua anjing di petshop pastinya anjing sempurna tanpa cacat. ga mungkin di jual yg buta, atau cacat fisik. Tapi coba perhatikan. feces anjing di petshop cenderung cair bukan dalam bentuk solid. hati" ini harus diwaspadai.
mereka lahir dari induk yang tidak sehat secara lahir batin so banyak kasus baru bawa pulang anjing dari petshop jadi keluarin uang jauh lebih banyak untuk biaya dokter, biaya opname, atau biaya rumah vet lainnya karena banyaknya penyakit bawaan pada si puppy lucu. so lucu darimananya ya kalo cuma ngabis"in uang di vet atau ngebatin karena ga tega si anjing terkulai lemas? (pengalaman pribadi). secara fisik pertumbuhan mereka tidak bisa maksimal (mostly untuk anjing besar) saya pernah bandingin husky saya saat usia mereka 8 minggu. berat husky saya paling kecil 8kg sisanya 8,5 atau sampai 9 kg. sementara di petshop husky 8 minggu cuma punya berat 4 kg untuk si jantan. (setengahnya bentley dong!)


Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
anakan cacat hasil puppy mill. (calon mesin)


Quote:4. eh gw sih anjingnya ga beli yang abal" show quality harganya 3x harga petshop
oh.. gtu. saya pernah tuh rescue banyak anjing bekas juara yang nama di suratnya pake embel" ina.ch yang katanya mahal banget. ada yang bahkan harganya saya browsing di mbah gugel seharga motor Harley Davidson yang ahh.. ganteng sekali itu *ups kluar tema. ketika tua dan tidak berprestasi lagi mereka terlupakan begitu saja. di obral dengan harga murah saking murahnya kami bisa mengambil sebanyak yang kami mau tanpa biaya tebus sepeserpun. "anjing apa ini? katanya bekas juara kok bentuknya begini? apa yang bikin mahal sih?" ini terucap ketika saya diserahkan team sebuah shih-tzhu yang punya harga sebuah motor ganteng itu. kurus, kuku kaya naga, belek mata numpuk, tear stain udah kaya apa. mahal dimananya???
belum dengan kelakuannya yang aneh. insecure luar biasa. di tinggal nangis menjerit. daripada uangnya beli anjing macam gini mending saya beli motor ganteng aja deh. lumayan buat beli telor ke warung depan atau sekedar muterin komplek buat ngeringin rambut. Serius. apa esensinya gelar ina.ch ini kalo hidup si anjing juga bisa dibilang luar binasa dan hanya sekedar dijadikan komoditi penghasil uang semata tanpa berfikir mereka adalah mahluk bernyawa layaknya kita manusia?

5. tapi mereka itu di tattoo loh dan bersurat dari PERKIN.
ya terus? bikin surat di perkin itu piece a cake! suratnya bisa punya siapa aja asal satu breed dan tidak satu silsilah. emang perkin pernah periksa indukan? nga. manipulasi surat di perkin itu luar biasa mudah. asalkan ga sedarah atau satu silsilah bisa (suratnya aja) orang yang diberikan serahkan ke perkin cuma fotokopi surat silsilah indukan dan sebuah form yang diisi oleh pemilik. mostyly para breeder membawa anjingnya ke kantor perkin (hanya anakannya saja ya) untuk di tattoo. dan hanya yang sempurna secara fisik yang dapat tattoo. kalo ada yang cacat ya ga dapet akta lahir. ingat ya. perkin tidak pernah mengecek lingkungan si anjing layak atau tidak ataupun mau sibuk" mengecek keaslian surat si induk. apakah ini bener suratnya induk si puppy atau tidak. lagian surat itu gunanya buat apa sih? yang katanya surat kepemilikan ujung"nya cuma di tumpuk sama majalah bekas.

6. tapi sekarangkan PERKIN nerbitin peraturan baru yang menyulitkan orang menjadi breeder.
ia sih.. yang katanya seminar dan peraturan breeding sebanyak 5x ya (untuk detailnya gugel). ah.. seminar itu berapa bulan sekali ya? kuota seminar juga sedikit banget kok sementara anggota perkin aktif ribuan orang di seluruh indonesia. lagian apakah ada sanksi dari perkin tentang breeding? nga. so efek peraturannya apa?

7. anjing itu milih pasangannya loh mereka harus mau sama pasangannya baru jadi.
aaah.. teuing ah. gini ya. mereka kimpoi itu karena unsur insting bukan macam manusia yang milih pasangan, bangun keluarga dan sebagainya. lelah pala aing jelasinnya.. pernah denger pawang? kerjanya mereka apa nyomblangin anjing? menurut ngana? mereka megangin si betina agar tidak bergerak atau melawan dan mengangkat badan si jantan agar penisnya bisa masuk sempurna ke vagina si betina. sekarang bahkan ada yang namanya breeding stand. alat ini di ciptakan mostly untuk breed besar yang berpotensi menyerang balik ntah si jantan atau si pawang karena tidak legowo di kimpoikannya. so they rape the dog instead.


Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
foto alat breeding anjing

Quote:8. terus ada ga sih breeder yang bener?
ada. dengan prosentase yang begitu kecil. dan percayalah dapetin anak anjing dari mereka ga cuma sekedar transfer duit. mostly mereka bawelnya bukan main karena mau anakan yang mereka hasilkan terjamin hidupnya. milih pembeli (serius!). anakan yang mereka hasilkan pun jumlahnya sangat sangat sedikit. maksimal satu betina 3x di kimpoikan dalam hidupnya itupun setahun sekali bukan setiap loop hamil. bahkan ada yang hanya mengawinkan sekali seumur hidupnya. (sound perfect ya) dan inilah kiranya perbincangan saya dengan beberapa org tsb.
m: om, kapan ada anakan lagi?
b: udah ga nganakin lagi. udah 2x lahiran si a. udh 5 tahun juga.
m: oh gtu. prasaan kennel lain ga ada berentinya.
b: itu mah ga bener. nih ya lo pikir deh. emang tiap saat ngelahirin tu anjing ga cape? gizinya juga ga ada. anakan hasilnya jelek buat apa? nyiksa anjing. itu mah yang jadiin anjingnya komoditas doang.
sekarang kan orang banyak beli anjing di taro kandang buat nge breed. hasilnya ga jelas. kalo laku. kalo nga mau kemanain emang ngurus anjing banyak murah? lo punya anjing ga mau kimpoiin steril aja. lebih sehat kok. tuh anjing gw satu udh steril.

ada lagi seorang kenalan saya yang terkenal sebagai pembiak yang berani mengambil kembali anjingnya ketika tau si anjing dijadikan anjing adu. (heroik. duitnya di kembaliin)

masih banyak lagi walaupun jumlah mereka sangat sangat sedikit. mereka tetap punya hati dan etika sebagai pembiak.
untuk menemukan mereka jangan harap ada di iklan internet atau hasil anakannya ada di petshop. mereka sangat sangat jarang di temui

beberapa film dokumenter tentang breeder di nat geo dan animal planet pernah membahas tentang hal ini. pabrikan anjing atau puppy mill adalah sebuah mimpi buruk bagi satwa yang terperangkap didalamnya. mereka akan terus ada dan tumbuh di sekitar kita selama permintaan terhadap puppy lucu ini masih ada dan semakin membengkak. sebuah ironi bagi kami yang tidak punya hati melihat para "mesin" ini hidup, rusak, dilupakan, dan dibuang. (coba cari di yutub banyak kok.)

saya dan team tidak bisa setiap saat menebus para mesin ini dan menyelamatkan mereka. hal ini pun tidak memberikan solusi kongkrit. ketika para mesin ini kami ambil, kami telah membantu si breeder untuk membereskan hasil kejahatan mereka. mereka juga tidak perlu pusing kemana lagi mereka harus membuang mesin mesin tua tidak berguna ini. (may God forgive your soul cause i'm already cursing it)

"tidak akan ada produksi bila ada permintaan." hukum ekonomi inilah yang bisa menumpah pabrikan anjing atau puppy mill.

sebuah tulisan ini saya dedikasikan kepada kesayangan saya, Ceci. anak red toy poodle yang di buang bersama ibu, om dan beberaoa saudaranya dari pabrikan anjing yang gulung tikar.


Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)

terima kasih semoga bermanfaat.
Damayanti


sumber facebook:
https://www.facebook.com/notes/10153...4/?pnref=story


Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)


TITIPAN THREAD BANTUAN

http://www.kaskus.co.id/thread/55a60...-uluran-tangan


Diubah oleh leonardomufc
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 49 dari 68
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:04
itu yg selalu saya ngencerin ke teman2 untuk adopsi anjing bukan membeli
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:04
gak heran zaman sekarang mah, makin pinter makin keblinger emoticon-Mad

btw sistnya emoticon-Embarrassment
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:06
miris emang klo udah liat kesininya.. di negara kita belom ada payung hukum yang kuat.. coba di negara lain, menelantarkan hewan piaraan aja bisa dihukum denda dan penjara.. memelihara pupy bukan hanya dinilai dari harga saat kita membelinya tetapi harga yang harus kita bayar ngerawat dia dengan dedikasi dan kasih sayang..
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:07
Quote:Original Posted By oranduweid


alangkah baiknya tidak bekerja emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)


tidak bekerja, uang melimpah tidak habis 26 turunan, hura hura senang senang mati masuk surga emoticon-Ngakak
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:09
What an exploitation.
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:09
Gak tega liatnya. emoticon-Mewek
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:10
G cuma anjing kan yakk???
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:12
Sebenarnya kalau pembeli niat bisa keliatan kok mana yg dari puppy mill mana yg dari breeder beneran
tinggal luangkan waktu sedikit searching di komunitas breednya sehingga tahu mana responsible breeder dan mana yg profir oriented

saya sampai umur segini pelihara anjing lebih dari 10 cuma 1 yang beli sisanya hibah semua dan maaf walaupun hibah good quality semua
karena kalau benar benar breeder mereka lebih suka menitipkan puppy nya di urus dog lover daripada di beli oleh orang yg ngga jelas
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:15
waduh jadi ngeri nih kelakuan manusia, semuanya demi uang sampai ada juga yg di china festival makan daging anjing, itu diternakin juga kali ya sengaja.







dugem asoy geboy
Diubah oleh light555
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:18
ngeri juga ya, baru tau emoticon-Sorry
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:19
untung ane gak suka anjing emoticon-Embarrassment
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:19
Baru tau dah ane
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:20
Just share

Ane pernah mau coba adopt puppy jenis basenji, tapi krn di indonesia anjing tsb termasuk langka, ane coba2 cari di mbah gugel. Dapet info klo basenji banyak breedernya di Austria. Ane iseng kontak tante ane yg kebetulan memang tinggal di sono utk cari info klo mo adopt itu puppy. Dari breeder sono, ane email2an ma dia, dan dia mengarahkan ane utk menghubungi temennya, breeder basenji juga tapi posisinya di Australia. Dari hasil ngobrol2 ma breeder australi, ane dapet info klo mereka cuma membiakan itu 1 tahun sekali, sekitar bulan september - oktober biasanya. Dan klo ada yg mau adopt, biasanya jauh2 hari sebelum di kimpoi, si adopter udah booking duluan anakannya. Padahal emak ma bapaknya kimpoi aja belom tp udah di booking anakannya.

Di sini ane melihat suatu hal yg bener2 kontras antara breeding di Indo dan di luar. Ane coba jelasin garis besarnya aja ya.
Pertama,
Bredeer di luar negeri sono, rata2 itu bukan peternak dan bahkan mereka tidak sengaja beternak. Kebanyakan merkimpoi-in peliharaannya 1 sama lain. Dan anakan dari hasil kimpoi tsb lah yg akhirnya di tawarkan ke orang2 utk di adopt. Dan tujuan mereka nge-kimpoi-in peliharaannya krn menurut mereka, hewan pun butuh utk berkembang biak. Dan anakan yg mereka tawarkan ke orang2 itu krn mereka berpikir "drpd gue melihara bnyk gak ke urus, mending gue tawarin ke orang.
Beda bgt sama yg di Indo, kebanyakan dari mereka itu beternak memang sengaja dan memang tujuannya adalah uang. Jadi ya bener seperti kata TS. Di Indo, tiap loop pasti di kimpoi-in deh tuh. gak mikirin kondisi fisik dan batin dari indukannya.

Ke 2,
Dari sisi tempat breedingnya bener2 beda jauh gan. Klo di Luar sono, rata2 para breeder punya rumah atau tempat berkumpul dengan pekarangan yg luas bgt gan. Dan para anjing pun bisa berlarian dgn bebas, bersosialisasi dengan anjing lain bahkan dengan alam. Jadi mereka gak stres. Hal ini ane ketahui pas dapet foto lokasi breeder basenji di austria dari tante ane.
Beda bgt kan sama di Indo yang indukannya pada di kandangin mulu dari pagi sampe malem trus ketemu pagi lagi. Jadi wajar klo indukan stres dan bnyk anakan yg cacat.

Ane dulu pernah menggunakan istilah "buy" waktu ngobrol sama breeder australi. Dan dia ngocehin ane, mereka bilang mereka tidak menjual dan saya tidak perlu membeli. Mereka juga tidak mau menggunakan istilah2 dagang seperti buy, pay, sell, dll. Tapi mereka lebih memilih menggunakan istilah adopt. "Klo adopt, tapi kok bayar??" bisa di bilang, pengertian adopt di luar negeri sono adalah seperti semi hibah di Indo gan, jadi cuma buat uang susu gitu lah.
Dari cara mereka berbicara atau menyebutkan aja keliatan bgt mereka menghargai dan menyayangin peliharaannya. Dan anda bisa menilai kualitasnya.

Sekedar tips buat yg pada pengen puppy yg berkualitas baik, baik dari segi fisik maupun psikis nya
1. Usahakan jangan beli di petshop, tapi coba cari2 info lokasi breeder dan beli dari breeder langsung. knp?? krn klo udh nyampe petshop, harganya pasti udah tinggi bgt.
2. Carilah breeder yg kategorinya kurang lebih seperti breeder2 di luar negeri, krn mereka adalah pecinta/penghobi, jadi bisa di pastikan klo kondisi indukannya baik dari segi fisik maupun psikis nya.
3. pengalaman ane, klo susah buat nemuin breeder/kennel yg baik, jgn ragu untuk sekedar main ke dalam 1 komunitas dan tanya2 sama anggota di sono. Dari ngobrol2 bisa berubah jadi nge-lobby utk anakan. Misalnya, ada anggota komuniatas yg mo nge kimpoi-in anjingnya, kan kita bisa bilang "mba/mas nanti anakannya boleh saya adopt gak 1 ekor, ya nanti saya ganti deh utk uang susu nya"

Ya segitu aja share dari ane. Semoga bermanfaat ya. emoticon-Toast
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:22
gak tega kalo liat hewan di perlakuin kaya gitu emoticon-Frown
oh god...
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:24
Kejam, mari embargo breeder2 yang kejam emoticon-Marah
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:28
asu yg malang sekali suu
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:28
miris sekali bacanya....salut sama breeder yg masih punya hati...anjing juga makhluk hidup butuh kebebasan...
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:28
terus solusinya apa gan?.
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:30

sedih

Saya tdk suka anjing, tp Klo liat ky begini berasa manusia paling kejam... >emoticon-Smilie
0 0
0
Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)
31-07-2015 15:31
Terlepas ttg pro dan kontra yg ada, ane sgt mendukung trit ini. Mungkin benar banyak breeder di indo yg ga semena2 (ane ga paham). Cuma trit ini emang murni membuka mata kita bagaimana breeder kejam itu berjalan. Trit ini benar2 membuka wawasan org2 yg ga tau sama skali sblm membaca trit ini. Macem ane yg emang dasarnya muslim (tapi sgt suka binatang, apalagi puppy) dan baru ngerti bisnis puppy2 lucu ada yg bsa sampe segitunya. Smoga trit ini bsa dibaca banyak org lagi, biar makin banyak yg bertindak nyata...
Sekian pidato ane emoticon-Malu (S)
0 0
0
Halaman 49 dari 68
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia