Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1315
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55ba02135a51636e718b4567/jangan-memarahi-kasir-minimarket
Jangan Marahi Kasir Mini Market!! Mawan A. Nugroho, 24 Jul 2015 Di média sosial sedang ramai diperbincangkan tentang uang kembalian yang kurang saat kita membayar di kasir mini markét (misalnya Al
Lapor Hansip
30-07-2015 17:53

Jangan Memarahi Kasir Minimarket

Past Hot Thread
Jangan Marahi Kasir Mini Market!!

Mawan A. Nugroho, 24 Jul 2015


Quote:Di média sosial sedang ramai diperbincangkan tentang uang kembalian yang kurang saat kita membayar di kasir mini markét (misalnya Alfamart dan Indomaret). Ada yang menanyakan ke mana uang yang didonasikan itu disumbangkan. Ada pula yang mempermasalahkan prosédurnya. Pada tulisan ini saya tidak akan ikut beropini karena di luar sana sudah banyak yang bagus. Saya akan memandang dari sisi kasir, pegawai kecil yang umumnya adalah lulusan SMA/SMK dan dari kalangan ékonomi menengah ke bawah.

Setiap satu bulan sekali, pegawai Alfamart dan Indomaret lembur sampai pagi untuk melakukan pencocokan antara barang yang terjual dengan uang yang masuk. Meréka menamakan “Stock Opname”. Di supermarkét besar —misalnya Carrefour atau Hypermart— meréka menyebutnya “Inventory”. Tidak seperti di supermarkét Besar, di mini markét jika ternyata ada selisih, maka kekurangan ini ditanggung oléh seluruh karyawan toko, mulai dari Kepala Toko, Kasir, sampai Pramu. Bentuknya adalah pemotongan gaji. Pada toko-toko yang sering terjadi pencurian, pemotongan gaji ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah perbulan. Uniknya, Pemilik Toko yang ékonominya lebih baik dari pada karyawannya, justru tidak ikut menanggung kerugian ini.

Saya pernah menemui kejadian, seharusnya uang kembalian adalah Rp 300. Tapi karena kasir tidak mempunyai uang récéh Rp 200 dan Rp 100, maka dia memberikan Rp 500. Orang awam mungkin menduga, selisih Rp 200 itu ditanggung oléh toko. Padahal itu adalah uang pribadi kasir. Di akhir jam kerjanya, kasir harus menyetor uang sesuai yang tercatat di komputer. Bila kurang, kasir harus nombok.
Karena itulah, jika saya menemui kejadian seperti ini, saya cepat-cepat bilang, “Nggak usah Néng. Kembaliannya buat kamu saja.”
Memberikan tips seperti ini, sama seperti kita memberikan tips ke tangan pelayan pizza atau ke tangan room boy di hotél, yaitu untuk dirinya pribadi. Anggap saja ungkapan rasa terima kasih dari kita karena meréka sudah memberikan pelayanan yang baik, padahal mungkin saja di balik keramahannya ini si kasir sedang “nge-long” (istilah untuk kerja maraton: Kemarin masuk siang pulang jam 22:30 lalu hari ini masuk pagi sehingga hanya punya waktu sedikit untuk tidur).

Kembali ke pokok pembicaraan. Menurut saya, langkah yang paling bijak adalah mengubah sistem, yaitu yang harus dibayar oléh konsumén dibulatkan ke bawah mendekati kelipatan Rp 500-an terdekat, sehingga kekurangan ini ditanggung oléh Pemilik Toko. Jangan dilimpahkan ke kasir, apalagi membiarkan kasir sebagai bidak untuk dimarahi konsumén. Istilahnya, masyarakat vs pemilik toko, kasir di tengah-tengah yang babak belur. Sekali lagi, kasir biasanya adalah anak-anak yang baru lulus SMA/SMK dan dari ékonomi menengah ke bawah. Anggap saja meréka adalah anak-anak kita sendiri.

Yang terakhir, bila anda khawatir uang kembalian itu disumbangkan ke tempat yang salah, lebih baik saat kasir bertanya, “Uang kembaliannya mau disumbangkan?”
Jawab saja, “Jangan disumbangkan. Buat kamu saja.” Atau bawalah uang récéhan Rp 100 dan Rp 200-an dari rumah sehingga tidak perlu ada uang yang menjadi permén atau dipermasalahkan ke mana larinya.
Solusi lainnya? Bayarlah dengan Kartu Debet atau Kartu Krédit.

Mawan A. Nugroho.

Catatan:
Saya bukan kasir, tidak mempunyai saudara yang bekerja di mini markét, dan tidak menjadi pewaralaba mini markét.


Quote:Sumber: Blog of Mawan A. Nugroho.



Komeng dari Agan2
Diubah oleh niwreadv
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 41 dari 67
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:11
Quote:Original Posted By niwreadv
Jangan Marahi Kasir Mini Market!!




Pege One gan TS kalo berkenan. Berbagi pengalaman.

Kalo masalah memarahi kasir ane pernah sih. Tapi bukan karena soal uang kembalian yang kurang. Justru karena salah satu pecahan uang kembalian yang saya terima adalah "UANG PALSU".

Cerita gini, suatu malam ane belanja kecil di salah satu toko sembako dan salah satu mini market terkenal yang berbeda. Di toko sembako, ane belanja seperti biasa dan ga ada masalah. Ane dilayani dengan baik. Tapi berhubung ada belanjaan yang ga bisa ane dapat di toko sembako karena katanya sedang habis. Setelah dari toko sembako ane langsung ke mini market, dan ketika sampai di mini market ane titipin sebagian belanjaan ane yang dari toko sembako ke kasir mini market sebelum ane 'keliling'. Dan pegawai kasir menerimanya dengan baik dan ramah.
Saya : "Mba.. saya nitip ini dulu ya". Kasir : "Iya pak, gapapa ko, taruh aja di situ". Kurang lebih seperti itu percakapannya.

Setelah mencari-cari akhirnya dapat juga barang yang ane cari di mini market tsb. Anepun melakukan pembayaran seperti biasa tanpa menemukan masalah, walaupun agak lama menunggu antrian di barisan menuju kasir (Saat itu mini market cukup ramai). Setelah bayar dan menerima kembalian, ga lupa ane ambil juga belanjaan ane yang dari toko sembako yang ane titipkan ke kasir ketika baru sampai d mini market.

Setelah sampai rumah, seperti biasa ane baru cek semua uang kembalian. Pas lagi hitung uang kembalian, memang betul tidak ada yang kurang. Tapi satu-satunya lembar uang pecahan 20.000 lusuh yang ane dapat dari mini market 'fisiknya' agak aneh. Warna ada yang luntur seperti hasil prinan yang terkena air, warna tinta juga pudar, bahan material uang pun ga seperti uang kertas rupiah lainnya. Langsung ane buat kesimpulan kalau ini 100% uang palsu. Dan ane yakin kalau uang 20.000 itu asalnya dari mini market, karena itu satu-satunya uang pecahan 20.000 yang ada di dompet ane. Dan ane masih ingat betul kalau yang kasih kembalian dengan pecahan 20.000 itu kasir mini market, bukan dari toko sembako. Terlebih lagi ane punya kebiasaan, dalam penempatan uang di dompet. Setiap belanja apapun dimanapun yang memberikan uang kembalian beserta dengan kertas struk / bon, selalu ane jadi kan "Satu Paket" di dalam dompet. Supaya gampang kalau mau cek kembalian di rumah.

Saat itu juga ane langsung balik ke mini market. Sampe mini market ane protes, kenapa selembar uang kembalian yang ane terima adalah uang palsu. Tapi kasir bersikeras tidak mengakui kesalahannya, dan bilang kalau ga pernah kasih uang seperti itu. Ane pun ngotot, dari yang awalnya protes halus, akhirnya pake sedikit bentakan dan saat itu ane saking keselnya uang palsunya ga di akuin berasal dari mini market ane sampe "Sumpah segala". emoticon-Ngakak (S)

Dan akhirnya kasir tsb ngalah dan minta maaf, serta menukar uang palsu tsb dengan uang 20.000 lainnya yang asli.
Sebetulnya ane malu juga sih terpaksa marah-marah di muka umum. Yang mana saat itu mini market juga sedang cukup ramai. (banyak pengunjung lain yang nonton ane marahin kasir. emoticon-Ngakak (S))

Setelah sampai rumah ane agak sedikit bersalah juga. Karena baru sadar sepertinya panjaga kasir yang ane marahin itu bukan penjaga kasir yang ngasih kembalian uang palsu tersebut. Walaupun masih satu mesin kasir (Karna memang di situ cuma ada satu mesin kasir). Jadi ada kemungkinan ane sedikit salah sasaran. Karna mungkin penjaga kasirnya sempat gantian sama temannya. Saat itu ane juga udah agak nahan emosi sih.. jadi ga peduli siapa yang jaga kasir, mukanya sama apa engga. Yang penting saat itu niat ane mau protes ke satu-satunya kasir di mini market tsb.

Tapi belakangan lagi ane sih masa bodo, ga mikirin. Karna itu sih urusan antara karyawan. Yang mungkin awalnya karna kesalahan satu karyawan, tidak teliti dengan uang palsu yang masuk mesin kasir, sampai akhirnya uang palsu tersebut justru terpakai untuk uang kembalian. Yang akhirnya justru teman kerjanya yang kena marah pelanggan (Ane).




PELAJARAN : Biasain cek kembalian itu jangan di rumah, tapi ketika masih ada di TKP. Klau untuk pengecekan detailnya, baru boleh di rumah (Itu pun kalau banyak belanjaannya, kalau sedikit ya cek total sebelum sampai di rumah).
Diubah oleh Andstainz
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:12
laah elaaah recehan jdi panjang lbar gni....tu yg msalahin orang plit ja kyaknya hahaha piis vroh
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:13
lbh enk byr pake debit card.. g repot cri kembalian
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:14
ogut klo di tanya "mw di sumbangin ajah 200 rp nya?" ane jwb "iya"
tp kadang suka kepikiran kira2 di sumbang kmna ya??
bener apa kaga di sumbangin..
Tp di samping bener apa kaga.. ya sudahlah klo bener syukur klo kaga ya dosa, dosa situ dah...

Tp yg di atas bole juga usulnya klo ga mw di sumbang, bilang ajah ma kasirnya ga usah di sumbang, kasih kasirnya ajah itung2 sbg tips.
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:18
Sebenarnya disitulah yg menjadi dilema buat para pekerja di kasir ****maret, mereka memang mendedikasikan diri mereka demi untuk ****maret tempat mereka bekerja dengan jeli agar tidak ada kesalahan dalam struk pembelian, dan dianggap salah ketika mereka berkata "kembaliannya didonasikan ke panti asuhan ya pak" padahal apa salahnya toh tidak membebani kita karena kehilangan uang kembalian yang hanya 500 rupiah. Marilah jadi renungan untuk kita aganers.. Heheheh
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:18
kasian, padahal mereka kerja dgn baik, eh karena ga ada kembalian malah nombokin -,-
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:21
Quote:Original Posted By live_it
Yg bermasalah yg punya minimarketnya, karungin bareng2... emoticon-Ngakak (S)


setuju dah gan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:21
bener tuh kasian apalagi karena masalah recehan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:21

<< karyawan ritel Alfam***

"Uniknya, Pemilik Toko yang ékonominya lebih baik dari pada karyawannya, justru tidak ikut menanggung kerugian ini."

mohon maaf mau bantu meluruskan aja, klo perusahaan ini udah kasih batas kehilangan sekian persen dari penjualan, jadi anak toko ada tanggung jawab juga ke barangnya.

malah juga anak toko bisa dapat reward kalau barang hilang selalu dibawah batas kehilangan nya.

sebenarnya ada wacana untuk pembulatan kelipatan Rp.500, tapi karena bersaingnya harga dari suplier, maka tiap seratus pun jadi impact
tapi sudah menjadi kewajiban toko untuk selalu menyiapkan kembalian. jika tidak menyiapkan..berarti anak tokonya males...

begitu di ritel ini.. ritel lain ga tau gan...
sekian gan

emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:22
Quote:Original Posted By chuckys14
ANE MANTAN PRAMUGARI ALFAMARTGAN... EMANG BENER YG DIKATAKAN SAMA TS ... JADI GINI KARNA ANE COWO ANE DAPET BAGIAN SHIFT MALAM DAN ANE JADI KASIR ...WAKTU PEMBERIAN MODAL OLEH PEJABAT KADANG GA SELAMANYA LENGKAP...ANE PERNAH GA DAPET RECEHAN 200 SAMA 100 ...ALHASIL KLO ADA COSTUMER BELANJA KEMBALIANNYA ADA 300 TERPAKSA KLO GA MAU DISUMBANGIN ANE KASIH 500 ..DAN ANE NOMBOK ANE PERNAH NOMBOKIN SAMPE 50 000 BAYANGKAN GAN.... DAN KLO MASALAH DONASI ITU DONASI YAH BUAT DI DONASIIN KE PANTI ASUHAN ,DLL ...DAN KLO MASALAH LABEL HARGA GA SESUAI ITU KARNA GA UPDATE LABEL HARGA COY BUKAN DITIPU... KLO NGASIRIN KLO UANG KITA DAPAT 3 JUTA MISALKAN NAH PAS DIKOMPUTER GATAUNYA 3.050.000 ITU NAMANYA NGEPLUS DAN KITA HARUS BAYAR 50.000 JADI KASIR BUKAN UNTUNG YG ADA MALAH NOMBOK TERUS KLO GPERCAYA TANYA AJA SAMA YG KERJA DI ALFAMART



PRAMUNIAGA keless
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:22
solusi ane sih make debet gan
semenjak punya rekening, kalo belanja di super/minimarket pake debet
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:24

bantu jawab

Quote:Original Posted By Stickyoz
ogut klo di tanya "mw di sumbangin ajah 200 rp nya?" ane jwb "iya"
tp kadang suka kepikiran kira2 di sumbang kmna ya??
bener apa kaga di sumbangin..
Tp di samping bener apa kaga.. ya sudahlah klo bener syukur klo kaga ya dosa, dosa situ dah...

Tp yg di atas bole juga usulnya klo ga mw di sumbang, bilang ajah ma kasirnya ga usah di sumbang, kasih kasirnya ajah itung2 sbg tips.


kalau tercetak di struk tidak mungkin dapat diambil kasir nya gan...
jadi kalau mau donasi sumbangan...wajib tercetak di struknya...
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:25
kayaknya emang sengaja itu permainan dari pihak minimarket nya ya gan, ngapain coba harga nya pake buntut 200-300 langsung aja genepin 500-1000 kan.emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:25
abis ngeliat2 komen2 di tekwan, masih aja yang sempet modus ke kasir emoticon-Ngakak
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:26
Kalo cuma kurang 100-200 perak gk mslh disumbangin, kalo bener buat panti asuhan lumayan berbuat baik, kalo ditilep minimarket ya biar Tuhan yg mengadili, gitu aja ane mah.

Tapi tetep kalo kasir salah itung, kembalian kurang 1000-2000 jg mesti di tagih,,
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:27
Resiko pekerjaan kasir. dicaci, dimaki itu hal biasa

namanya juga pekerjaan. kalau Anda jujur biar angin berlaluemoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Selamat
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:27
ntahlah jg gan kadang ada aja opnum yg ada maunya
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:28
Wah baru tau ane gan emoticon-Matabelo
kasian juga ya
0 0
0
Jangan Memarahi Kasir Minimarket
31-07-2015 15:30
Klo ane ngeliat dl gan harganya trus buletin jadi 500 klo gak 1000, kembaliannya gampang
0 0
0
Halaman 41 dari 67
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia