News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2544
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55b84fc29a0951257b8b456a/mendikbud-sesalkan-mos-di-sman-2-tangerang
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang Laporan Jose Asmanu | Rabu, 29 Juli 2015 | 07:57 WIB Anies Baswedan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat sidak pelaksanaan MOS di SMAN 2 Tangerang Bante
Lapor Hansip
29-07-2015 11:00

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Past Hot Thread
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
Laporan Jose Asmanu | Rabu, 29 Juli 2015 | 07:57 WIB

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Anies Baswedan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat sidak pelaksanaan MOS di SMAN 2 Tangerang Banten, Rabu (29/7/2015) pagi. Foto: Jose suarasurabaya.net

suarasurabaya.net - Anies Baswedan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tidak dapat menahan amarahnya ketika melihat langsung pelaksanaan MOS di SMAN 2 Tangerang Banten, Rabu (29/7/2015) pagi.

Mendikbud mengumpulkan panitia dan meminta atribut yang tidak pantas di kepala siwa, dicopoti.

"Kita bekerja di negeri dengan aturan, bukan semau kita, yang menurut rasanya pantes, rasanya pas. Mana ketua panitianya? Sudah baca belum surat edaran menteri soal orientasi ini?" kata Mendikbud dengan nada tinggi.

Dirinya menambahkan, tidak boleh ada kegiatan mempermainkan selama MOS. "Jangankan memplonco. Cenderung pun tidak boleh," ujarnya.

Anies juga mempertanyakan, kenapa panitia tidak menggunakan atribut yang sama, yaitu pita di kepala. "Copot semua pitanya. Letakkan pita itu di bahu, sama seperti panitianya. Terhormat ketika Anda gunakan sebagai tanda, bukan untuk mempermalukan," kata Anies.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Tangerang juga terancam dipecat karena saat MOS berlangsung sampai Mendikbud melakukan sidak, belum hadir di sekolah. Ditengarai, karena kepala sekolah belum hadir, pelaksanaan MOS berjalan atas kehendak panitia, bukan aturan yang semestinya.(jos/iss/ipg)


Kasek yang Biarkan Perploncoan Saat MOS, Akan Dicopot

Laporan Jose Asmanu | Rabu, 29 Juli 2015 | 09:41 WIB

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
Siswa didik baru SMKN 4 Tangerang mengenakan atribut MOS, Rabu (29/7/2015) pagi, yang seharusnya tidak diperbolehkan.
Foto: Jose Asmanu suarasurabaya.net

suarasurabaya.net - Anies Baswedan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, pihaknya akan mengirimkan surat rekomendasi pencopotan bagi kepala sekolah (Kasek) se-Indonesia yang sekolahnya melaksanakan MOS, tidak sesuai dengan surat edaran menteri tentang larangan perploncoan.

"Kemendikbud akan mengirimkan surat rekomendasi pencopotan kepala sekolah tersebut ke Gubernur dan Walikota," kata Mendikbud saat meninjau secara langsung pelaksanaan MOS di SMKN 4 Tangerang, Rabu (29/7/2015).

Sebelumnya, Kepala SMAN 2 Tangerang terancam diberhentikan karena saat MOS berlangsung sampai Mendikbud melakukan sidak, belum hadir di sekolah. Ditengarai, karena kepala sekolah belum hadir, pelaksanaan MOS berjalan atas kehendak panitia, bukan aturan yang semestinya.

Mendikbud menemukan pelaksanaan MOS di SMAN 2 Tangerang dan SMKN 4 Tangerang, tidak sesuai dengan peraturan tentang larangan kegiatan mempermainkan selama MOS. "Jangankan memplonco. Cenderung pun tidak boleh," ujarnya.

Mendikbud juga meminta siswa didik baru harus berani menolak mengenakan atribut diluar seragam sekolah. Panitia tidak boleh menyuruh siswa didik baru, mengenakan atribut yang panitia sendiri tidak memakainya.(jos/iss/ipg)

Editor: Iping Supingah
-----------------

Temukan Perpeloncoan di SMK Tangerang, Mendikbud Geram
Dia menegaskan bahwa perpeloncoan harus dihentikan.


Rabu, 29 Juli 2015 | 14:59 WIB

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, sidak MOS di Tangerang. (Kemendikbud)

VIVA.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, menghentikan kegiatan masa orientasi siswa (MOS) yang dianggap tidak sesuai di SMKN 4 Tangerang, Banten, Rabu, 29 Juli 2015.

Anies Baswedan mendapati sejumlah pelanggaran Permendikbud Nomor 55 Tahun 2014 tentang Orientasi Peserta Didik Baru. Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa perpeloncoan harus dihentikan dan diganti dengan kegiatan yang positif dan mendidik.

"Pakaian aneh ini apa maksudnya, ini mengarah pada perpeloncoan," kata Anies.

Di SMKN 4 Tangerang, seluruh siswa baru memang diwajibkan menggunakan tas dari karung goni dan memakai topi dari bola plastik yang dibelah dua. Selain itu, mereka juga diharuskan memakai tali sepatu dari tali plastik dan kaos kaki warna warni serta papa nama dari kardus.

Selain itu, Anies Baswedan yang didampingi Wali Kota Tangerang, Arief Rahadiono Wismansyah, juga melakukan inspeksi mendadak di SMAN 2 Tangerang dan SMK Yappentek 1 Tangerang.

Dari dua sekolah itu, Mendikbud juga menemukan unsur perpeloncoan. Mulai dari atribut, tanda pengenal, pita, tali sepatu, hingga potongan rambut yang diharuskan botak bagi siswa laki-laki.

Anies dengan tegas menegur dan meminta pihak panitia, guru, serta kepala sekolah segera menghentikan orientasi siswa yang mengarah kepada perpeloncoan ini.

Disampaikan Mendikbud, kejadian seperti ini sebenarnya juga terjadi di banyak sekolah di Indonesia. Menurutnya, kebiasaan seperti ini harus dihilangkan karena tidak ada memiliki manfaat bagi peserta didik baru.

Sanksi pemecatan kembali disampaikan bagi kepala sekolah yang terbukti membiarkan pelaksanaan kegiatan perpeloncoan saat masa orientasi siswa.

"Masyarakat jangan berdiam diri. Bila melihat praktik seperti ini segara dilaporkan. Laporan dari masyarakat masih terbilang sedikit," katanya.

Rabu 29 Jul 2015, 09:05 WIB
Gembiranya Siswa Baru di Tangerang Saat Menteri Anies Minta Atribut Aneh Dicopot

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Tangerang - Mendikbud Anies Baswedan geram melihat siswa baru masih memakai atribut aneh. Tas dari karung goni, nametag dari karton, kaus kaki aneka warna, hingga tali sepatu dari tali rafia.

Anies pagi ini Rabu (29/7/2015) menemukan ratusan siswa baru di SMKN Tangerang masih memakai atribut aneh. Anies kemudian meminta siswa baru yang ada di masing-masing kelas keluar dan berkumpul di lapangan. Anies kemudian meminta mereka mencopot atribut tersebut.

"Horeeee," teriak siswa baru dengan tepuk tangan.

Anies kemudian menyampaikan, bila tujuan untuk mendisiplinkan siswa baru jelas salah. Karena para senior tidak memakai atribut aneh.

"Jika kalian dipermalukan atau direndahkan kalian harus berani melawan. Jumlah kalian lebih banyak dari siswa senior. Kalian harus berani menolak tindakan perpeloncoan," tegas Anies.

Tak lama Anies kemudian memanggil ketua panitia. Siswa bernama Hafiz itu kemudian meminta maaf. Dia menjelaskan, tak ada maksud melakukan perpeloncoan. Dia juga mengaku tak tahu kalau mengenakan atribut aneh itu tak dibolehkan.

Kemudian Anies mengajak seluruh panitia dan siswa baru untuk menyanyikan lagu Padamu Negeri. Anies meminta agar MOS yang mengedepankan perpeloncoan diakhiri.
(dra/dra)

Quote:Original Posted By rakyatlapar
MOS dimulai hari Sabtu tgl 25 Jul, Siswa harus sudah sampai Sekolah jam 5:30 pagi.
Siswa/i tidak boleh diantar - jemput oleh keluarga, harus naik angkot.
Bayangkan Subuh2 masih gelap apakah sudah ada angkot ?

Selesai MOS rata-rata Jam 15:30 sore. dengan waktu yang terbatas Siswa/i harus cari keperluan utk MOS besok. Pisang ukuran 5cm / Kardus sebanyak 3kg, kertas buku pelajaran sebanyak 3kg, bikin cerita dikertas polio sebanyak 4 lembar, bawa TTTS (Tempe+Tahu+Telor+susu merk tertentu), Biscuit merk tertentu, Juga bawa alat2 kebersihan misalnya sapu, dll. bawa payung harus yang panjang, serta bawa aneh2 lainnya.

"Bekel Makannya jika tidak habis sisanya diguyurkan ke kepala" ujar siswi lainnya Intan

Rata2 siswa/i tinggalnya jauh dari sekolah. harus naik angkot 2 hingga 4 kali ganti angkot.
Hari ketiga MOS siswa/i hampir semua berwajah lusuh dan lesu. karena capek dan kurang tidur.

"seperti membawa kardus seberat 3 Kg, 3 bungkus nutrisari, 65 gram merk biskuat, pisang dengan ukuran yang berbeda". "Hari Sabtu kita bawa pisang ukuran 5 Cm, Senin 10 Cm, Selasa 13 Cm dan hari ini 15 Cm," ujar salah satu siswa, Satrio. (sumber Detik.com)

Ini LINK berita nya :

http://nasional.harianterbit.com/nas...AN-2-Tangerang

Salah satu siswi Retno Nawangwulan menuturkan kelelahan yang dialami siswa saat masa MOPDB hingga membuat salah seorang temannya mengalami sakit. Siswa tersebut terpaksa dilarikan ke klinik dan mendapatkan perawatan. "Temen kami kambuh asmanya, dia punya penyakit asma dan kecapaian," imbuhnya.

Berbagai hukuman pun diterima oleh siswa. Seperti hukuman akibat terlambat, berisik di kelas, tidak memakai seragam lengkap. Hukuman yang mereka terima juga bervariasi.



MENTERI Anies Baswedan langsung MENGHENTIKAN dan MENEGOR PANITIA serta KEPSEK SMA 2 Kota TGR
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang



Quote:Original Posted By loebohong
MOS tdk edukatif dan kampungan serta memboroskan uang yg tdk perlu.


Quote:Original Posted By lebihbaikdijual
Foto-Foto MOPDB di SMAN 2 Kota TANGERANG, Kegiatannya distop Menteri Pendidikan

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang


Quote:Original Posted By g.littlebrother


Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang



Surat Edaran Mendikbud:

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

Quote:Original Posted By CiptoGareng
BACA DULU :
Surat edaran Mendikbud

Surat edaran ini merujuk pada Permendikbud Nomor 55 tahun 2014 tentang Masa Orientasi Peserta Didik Baru di Sekolah.

Permendikbud no. 55 tahun 2014

Jadi jelas yg melanggar sudah bisa ditindak secara hukum, baik sekolah maupun panitia......

Bila ada yg mengetahui tindak perploncoan langsung lapor ke
http://mopd.kemdikbud.go.id/



Alhamdulillah, setelah berpuluh tahun baru kali ini kemdikbud bisa tegas terhadap MOS.
Akhirnya ada juga menteri yang cukup waras dan tegas menghentikan praktik merendahkan harkat dan martabat manusia Indonesia. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By erlndstyo
ade ane si SMA 15 TGR juga sama ni .. ini mentri seharusnya dtng pas hari pertama MOS
ada yg tau no mer pa mentri ga gw laporin sekolah ade gw juga


Quote:Original Posted By willspasta
coba di cek laporan mos
udah ada banyak pengaduan.
siap2x panas dingin aja tu para kepsek yang masih ngijinin mos gajebo


Quote:Original Posted By musangki
wah di belakang ada yg bela
sudah jelas ada surat na dari kementrian,kok ngeyel masih sukur cmn dimarahi dan di stop emoticon-Big Grin
sudah ada wadah untuk melaporkan juga,jadi jangan jadi alasan kalau belum ada sosialisasi,dsb emoticon-Stick Out Tongue

lapor ke sini,kalo bisa ada foto na sih emoticon-Big Grin
http://mopd.kemdikbud.go.id


Quote:Original Posted By kvnchr
Izin ngasih opini gan, Masa Orientasi Sekolah seharusnya dikelola, dirancang, dan dijalankan oleh yayasan atau guru-guru dan pengurus OSIS atau panitia hanya fasilitator/membantu guru-guru/membantu peserta MOS yg kesulitan.

Tujuan MOS itu kan untuk:
1. Memperkenalkan lingkungan sekolah yang baru.
2. Memperkenalkan budaya sekolah yang baru.
3. Menghilangkan batas antara siswa baru yang masih kaku 1 sama lain.

Bukan untuk:
1. Balas dendam karena pernah diperlakukan begitu.
2. Ajang cari pacar. (Pacarinnya setelah MOS selesai aja gan, jangan waktu MOS berlangsung emoticon-Blue Guy Peace )
3. Menunjukan bahwa adik kelas harus takut pada kakak kelas.

Ayo gan wujudkan MOS berkualitas dan bermanfaat.
NB: yang saya bahas Masa Orientasi SEKOLAH, bukan kampus. Sekolah dan kampus udah berbeda jangan disamakan perlakuannya.


emoticon-Shakehand2

buat bahan perbandingan saja, ini MOS di luar negeri, biasanya disebut sebagai freshmen orientation atau new student orientation.
kegiatannya ya penyambutan murid baru, acara kenal-kenalan, acara hiburan atau seneng2 di hall, perkenalan guru, fasilitas sekolah, dsb.

freshmen orientation


Ane nggak ngira trit ane ini terpilih jadi HT, paling atas pula emoticon-Bingung
Yang bikin ane sempat tertegun, sudah ada lebih dari 2 ribu komen, 100 ribu views dan 4 ribu shares, gan! emoticon-Matabelo
Ternyata masih banyak kaskuser yang peduli dengan pendidikan di Indonesia. Ane terharu, gan emoticon-Mewek

Kalo ane bandingin dengan komentator berita di detik, komentar teman2 kaskuser lebih positif menilai sidak Mendikbud ini.
Sedangkan berita di detik, komentator pendukung MOS lebih mengemuka. Maklum, yang banyak komen adalah pelaku dan mantan pelaku perpeloncoan emoticon-Big Grin
komen di detik

UPDATE: Setelah Mendikbud, kali ini giliran Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mencegah perpeloncoan siswa baru di perguruan tinggi. TOP!

Cegah Perpeloncoan, Nasir Larang Mahasiswa Jadi Koordinator Ospek

Jakarta - Praktek perpeloncoan di tingkat pendidikan dasar dan menengah menuai perhatian serius Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Pada tingkat perguruan tinggi, praktek yang dikenal sebagai ospek itu juga menjadi kekhawatiran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Muhammad Nasir mengatakan praktek ospek di kampus berlangsung dari masa ke masa dengan penggunaan istilah yang beragam. Umumnya, praktek yang akhirnya jadi ajang perpeloncoan itu diadakan oleh mahasiswa senior/BEM di kampus.

"Periode ini saya libatkan dosen sebagai koordinator (ospek), tidak boleh lagi mahasiswa. Mahasiswa hanya panitia. Dulu ketuanya panitia, saya larang," ujar M Nasir usai penandatangan kerjasama di kantor KPU Jl Imam Bonjol, Jakpus, Kamis (30/762015).

Nasir menerangkan, ada kecenderungan 'balas dendam' dari mahasiswa senior kepada mahasiswa baru dalam Ospek, sehingga yang terjadi perpeloncoan. Padahal, sejatinya masa orientasi kampus itu lebih pada pengenalan kampus.

"Pertama yang dikenalkan bagaimana manajemen kampus, bagaimana perkuliahan di kampus, organisasi dan kegiatan kampus, sarana dan prasarana. Bukan masalah perpeloncoan dan sebagainya," ujarnya.

Secara konkret, sebagai upaya pencegahan, Menteri Nasir mengundang wakil rektor II seluruh perguruan tinggi se-Indonesia pada tanggal 2 Agustus untuk mensosialisasikan hal tersebut. Bahkan, sudah terbit Peraturan Dirjen Nomor 274 yang melarang perpeloncoan di masa orientasi mahasiswa baru.

"Jadi besok tanggal 2 Agustus, pembantu rektor II kami kumpulan dilakukan penyerahan, brainstorming, jangan sampai terjadi perpeloncoan. Ada peraturan Dirjen, maka apabila ada pelanggaran harus dikenakan sanksi," paparnya.

"Kalau sanksi akademik maka rektor yang mengambil tindakan, perlu ada pengawasan terhadap ospek," imbuhnya.

Namun, Nasir mengaku kesulitan mengontrol praktek ospek di lembaga pendidikan yang berada di kementerian atau lembaga. Seperti Pelayaran yang berada di bawah Kemenhub dan lainnya.

"Karena itu nanti Dirjen di semua kementerian dan lembaga akan kami undang supaya tidak terjadi perpeloncoan. Masa sampai ada yang meninggal, tidak benar itu," ucap Nasir.

Diubah oleh mat_indon
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 83 dari 129
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:02
Mampus tu kepala sekolah, mampus tuh guru guru di sekolah itu, mampus tuh osis osis sok senior di sekolah itu! emoticon-Cool
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:02
bangsad emangemoticon-Najis (S)
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:03
salut untuk pak anis, semoga ini secercah awal perubahan bangsa.
pendidikan mencerminkan masa depan bangsa emoticon-Big Grin
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:03
udah pecat aja yg membangkang
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:04
Quote:Original Posted By kendiwilly
Dont judge a book from its covers.
Kalo menurut gw anak sekarang pada terlalu soft. Cuma jalan sekolah jam 5 pagi aja udah teriak cape emoticon-Cape d... (S) . Tapi juga yg bikin mos (OSIS) harusnya tau batasanya.
1. Gak ada main fisik
2. Gak ada mendiskreditkan secara lisan.

Kalo 2 itu di penuhi mos udah cukup bagus kok. Btw gw juga mau mos dikit lagi peace.

Dan yg foto terakhir "masuknya bodo keluarnya idiot" gak relevan gak semua pelajar di Indonesia kaya gitu emoticon-I Love Indonesia


Terlalu soft? Ngga cuma anak SMA gan yang MOS nya masuk jam 5, murid baru SMP di daerah ane juga jam set-6 udah harus sampai. Bayangin anak baru lulus SD udah digituin dan ente bilang "terlalu soft" gitu? emoticon-Hammer2
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:06
kakak kelasnya yg ngasi perpeloncoan pun tolol..mending sekolah yg rajin..biar juara..ngasi prestasi yg bagus..memajukan bangsa..blom tentu juga nasib nya lbh bagus dr adek kelasnya nantik..

makanya sekolah aja yg rajin tong..jgn kebanyakan nonton bokep sama ngent*ot aja lo pade..
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:06
Harusnya pak anies lebih rajin lagi,
masih banyak yg lebih ngawur drpd SMA ini emoticon-Hammer
semoga semuanya bisa di tindak tegas, ga cuma satu sma ini
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:06
menurut ane games dan atribut begitu wajar aja di pake pas mos,ASAL ada nilai nya dalam memakai atribut-atribut itu dan permainan nya juga jangan cuman untuk membodohi tapi ada arti di balik games nya,buat atribut kan biasa nya kan menggunakan barang bekas jadi kalo ada yg bilang buang uang ya nggak lah wong tinggal ambil aja kan.Buat makanan kalo ga diabisin terus disiram ke kepala menurut ane itu emang keteraluan itu ga ada unsur nilai nya sama sekali,kan panitia yg nyuruh bawa bekal segitu banyak sedangkan perut setiap anak kan beda kapasitas nya.Selain itu juga kalo yg urusan naik angkot dsb menurut ane sih boleh-boleh aja itu kan ada tujuan biar kita ngerasain gimana hidup mandiri kan ga mungkin lo ke sekolah naik kendaraan pribadi terus ke sekolah.Sama buat bentakan dan marahan menurut ane gausah lah teralu keras lebih baik pake kata-kata nasehat yang tajem (semacem nyindir) karena itu lebih masuk ketimbang marah-marah teriak-teriak.Jadi menurut ane ga sepenuh nya mopd dengan atribut dan games-games itu salah yang salah adalah ketika semua itu ga dilandasi nilai-nilai sama dimasuki kekerasan emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:07
Yaelaah anak2 sekarang aja yg fisik dan mentalnya emg lemah emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Dulu mah gue wku sekolah lebih berat lagi MOS'nya malah bukan MOS tapi MUS (Masa Uring-uringan Sekolah) emoticon-Blue Guy Peace

Apalagi pas pramuka, yg namnya di depak sama ditampar mah udh biasaaa
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:07
Quote:Original Posted By zavalaa
Terlalu soft? Ngga cuma anak SMA gan yang MOS nya masuk jam 5, murid baru SMP di daerah ane juga jam set-6 udah harus sampai. Bayangin anak baru lulus SD udah digituin dan ente bilang "terlalu soft" gitu? emoticon-Hammer2


biarin aja gan..yg komen masi ababil..sekolah aja blom tamat udh sok bilang soft soft an..makan aja masi diauapin ortu udh sok pulak..

emoticon-Shakehand2
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:08
muantep pak menteriiii cocok2
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:08
parah sih itu kaya gw dulu
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:08
Ane tidak pernah jadi panitia ospek
Lebih sering jadi korban
Setuju deh sama Pak Menteri emoticon-Malu (S)
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:08
sudah saatnya pendidikan di indonesia diperbaruidan diperbaiki ke lebih baik, dimulai dari MOS dan semoga kurikulum, fasilitas, guru, dan pemerataan bisa lebih baik lagi emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:09
Di keluarin tuh akhirnya kepsek Hina emoticon-Big Grin
Pagi pagi di suruh naik angkot,makan juga ampe di guyur
Jijik
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:11
Quote:Original Posted By noeyes
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang

kalo kyk gini pembodohan jg ?
tidak terhormat ?


Iya gan jadi bodoh kalo dah pake gituan tp akhir bulan g d gaji emoticon-Ngakak
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:12
kalau menurut agan, yang salah sapa hayo?

Kepala sekolah apa kakak kelas(panitia)?

kalau ane sih, merasa OSISnya yang goblok.
soal merendahkan adek kelasnya.

jadi fairnya. kepala sekolah dicopot. osis bubar. panitia (kakak kelas) gk naik/gk usah lulus :v
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:14
mending stop aja MOS yg gk jelas, merusak mental dan buang2 duit buat barang yg nanti nya jadi sampah. emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:15
Syukur lah jaman sekarang udah mulai di tegak kan hukum melawan perploncoan di sekolah, kasian temen seangkatan ane yang udah jadi korban semasa sekolah dulu...
0 0
0
Mendikbud Sesalkan MOS di SMAN 2 Tangerang
30-07-2015 18:16
mantap pak menteri..

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0 0
0
Halaman 83 dari 129
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia