poppers12345Avatar border
TS
poppers12345
Reshuffle tak Jelas, Pelaku Pasar Galau, Rupiah Kian Terhempas
EKONOMI BISNIS

Reshuffle tak Jelas, Pelaku Pasar Galau, Rupiah Kian Terhempas

26 Juli 2015 - 13.50 WIB


JAKARTA (RIAUPOS.CO)- Nilai tukar rupiah terus melemah. Semakin terhempasnya mata uang Indonesia ini ditenggarai banyak faktor yang menderanya.Selain situsasi pasar global dunia dengan superdolar, faktor internal didalam negeri juga ikut menggerogoti rupiah.

Hal itu diakui Ekonom senior Bank Negara Indonesia (BNI) Ryan Kiryanto. Dikatakannya, dalam beberapa pekan terakhir, pelaku pasar memang tengah menunggu kebijakan nyata dari pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk menggenjot kinerja ekonomi.

"Sayangnya, yang muncul justru hiruk pikuk tak produktif yang membuat pelaku pasar galau," ujarnya kemarin (25/7).

Ryan menambahkan, rencana reshuffle atau perombakan kabinet yang timbul tenggelam dan ssemakin tak jelas. Padahal saat pertemuan dengan para ekonom akhir Juni lalu, Jokowi sudah berjanji merombak menteri di bidang ekonomi.

Namun faktanya, isu pergantian kabinet ini malah diredam presiden sendiri. Dan, Jumat lalu (24/7) Wakil Presiden JK menyiratkan reshuffle tidak bakal dilakukan usai libur Idul Fitri."Capek dengar (pertanyaan) itu. Nanti sehabis Lebaran Haji (Idul Adha)," katanya berseloroh.

Menurut Ryan, saat ini pasar dan pelaku usaha benar-benar butuh sentimen positif yang bisa menyuntikkan optimisme. Tim ekonomi di kabinet, menurut dia, kurang menunjukkan kinerja optimal. "Jadi, sekarang saatnya pemerintah menunjukkan bukti, jangan hanya janji," tuturnya.

Di tengah situasi ekonomi global yang kurang kondusif, lanjut Ryan, pemerintah harus lebih aktif berperan mendorong perekonomian. Namun, banyaknya pembangunan infrastruktur yang terhambat serta janji perbaikan layanan ekspor impor justru tampak belum bisa diatasi pemerintah dengan baik.

"Belum lagi rumor menteri yang tidak solid (dituding menghina Jokowi, Red), capek deh," ucapnya. (owi/c9/sof)



Sumber: JPNN
Editor: Yudi Waldi

sumber : http://www.riaupos.co/79562-berita-r...l#.VbUrFlUw_IU
0
2.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.