charlie.hebdoAvatar border
TS
charlie.hebdo
Gempa Guncang Bantul Saat Subuh


http://m.detik.com/news/berita/29748...tul-saat-subuh

Bantul - Gempa dengan getaran cukup kuat dirasakan warga Bantul, DIY. Gempa ini terjadi pas saat azan subuh berkumandang di masjid-masjid.

Tepatnya di Desa Panjang Rejo, Pundong, Bantul, DIY, warga merasa kaget dengan getaran yang dirasa cukup kuat dan agak lama tersebut. "Ono linduu, ono linduu (ada gempa, ada gempa),"teriak warga. Sejumlah warga membunyikan kentongan tanda ada gempa.

Berdasar info dari BMKG, gempa berkekuatan Mag:5.7 SR, pada pukul 04:44:39 WIB, Lok:8.49 LS,108.96 BT (111 km Tenggara CIAMIS-JABAR), Kedlmn:10 Km.

===========

Gempa yang Guncang Ciamis, Bantul dan Yogya Berkekuatan 5,7 SR

http://m.detik.com/news/berita/29748...kekuatan-57-sr

Yogyakarta - Gempa yang terjadi di Ciamis Jawa Barat juga dirasakan oleh warga Klaten Jawa Tengah. Saat itu bersamaan dengan suara azan subuh berkumandang.

Berdasar info dari BMKG, gempa berkekuatan 5.7 SR, terjadi pada pukul 04:44:39 WIB, dengan lokasi 8.49 LS, 108.96 BT pada posisi 111 km Tenggara Kabupaten Ciamis Jawa Barat, kedalaman 10 km.

"Terasa sekali, saat saya akan salat Subuh," kata Aris Munandar warga Tegalyoso, Klaten kepada detik.com, Sabtu (25/7/2015).

Menurutnya saat terjadi gempa, beberapa warga langsung terbangun dan berteriak 'gempa'. Beberapa orang pun ada yang langsung lari keluar rumah.

"Saat ini sudah kembali tenang, dan belum ada informasi kerusakan" katanya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan saat terjadi gempa, warga Yogyakarta dan Klaten yang berjarak sekitar 170-190 km barat daya Ciamis merasakan getaran tersebut. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut.

=========
Gempa 5,7 SR Juga Kejutkan Warga Jateng

http://regional.kompas.com/read/2015....Warga.Jateng.

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Warga di sejumlah wilayah Jawa Tengah bagian selatan dikejutkan dengan gempa bumi yang terjadi pada hari Sabtu (25/7/2015) pukul 04.44 WIB.

Salah seorang warga Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Cahya, mengatakan bahwa gempa tersebut terasa kuat.

"Saya sangat terkejut karena ember penampungan air di kamar mandi terlihat bergoyang dan badan juga terasa goyang. Saya baru sadar kalau itu gempa setelah diberitahu suami," katanya.

Salah seorang warga Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Cilacap, Maryam mengatakan bahwa gempa bumi itu terasa sangat kuat sehingga piring dan gelas di rak berbunyi.

"Saya kebetulan sedang di kamar mandi mau bersiap untuk shalat subuh. Tiba-tiba ada gempa, saya pun segera lari. Piring dan gelas yang ada di rak pun berbunyi akibat adanya guncangan gempa," kata dia melalui saluran telepon yang diterima Antara di Purwokerto.

Bahkan, kata dia, cucunya langsung melompat dari tempat tidur ketika gempa itu terjadi.

Informasi yang dihimpun, gempa tersebut juga dirasakan warga di Kebumen, Purworejo, Wonosobo, dan Yogyakarta.

Saat dihubungi dari Purwokerto, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan bahwa gempa bumi yang terjadi pada pukul 04.44 WIB tersebut berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR).

"Lokasi gempa berada di 8,49 derajat lintang selatan dan 108,96 derajat bujur timur atau 111 kilometer barat daya Ciamis, Jawa Barat, dengan kedalaman 10 kilometer," katanya.

Menurut dia, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

==========

Kedalaman 10 km emoticon-Takut (S)

Edit :tifak berpotensi menimbulkan tsunami
Diubah oleh charlie.hebdo 25-07-2015 00:39
0
2.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.