Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
937
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55a496a0d89b095c708b4583/pernah-khawatir-dan-memikirkannya-berulang-kali-hati2-gangguan-obesif-kompulsif
jangan lupa ini ya kk ratenya sekalian HT Ane Ketiga Gan, Thanks Buat yg Udah Rate n Recomm 16 Juli 2015 “Saya takut kalau suatu saat nanti saya akan melukai bayi saya. Saya tahu kalau sa
Lapor Hansip
14-07-2015 11:57

Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!

Past Hot Thread
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!

jangan lupa ini ya kk
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
ratenya sekalian


HT Ane Ketiga Gan, Thanks Buat yg Udah Rate n Recomm
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16 Juli 2015



Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!


“Saya takut kalau suatu saat nanti saya akan melukai bayi saya. Saya tahu kalau saya tidak mungkin melakukannya, tapi pikiran-pikiran jahat ini terus berulang-ulang di kepala saya. Saya bisa membayangkan diri saya kehilangan kontrol dan menusuknya dengan pisau, dan hal ini membuat saya selalu cemas. Satu-satunya hal yang bisa menenangkan saya adalah dengan berdoa dan berharap gambaran buruk itu akan menghilang. Tapi pikiran-pikiran itu terus-menerus datang sehingga setiap hari saya menghabiskan waktu berjam-jam berdoa supaya hal itu tidak terjadi. Saya telah menyingkirkan semua benda tajam yang ada di rumah. Saya kira saya pasti sudah gila karena memiliki pikiran-pikiran itu.” (Ny. D, ibu rumah tangga)



“Saya menghabiskan waktu saya seharian hanya untuk memeriksa kembali hal-hal yang saya kerjakan untuk memastikan semuanya seperti keinginan saya. Saya perlu waktu berjam-jam hanya untuk bersiap pergi ke kantor. Saya sering merasa perlu untuk memeriksa kembali apakah saya sudah mematikan kompor, mengunci jendela, mematikan semua peralatan listrik, dan menutup semua kran air. Tapi bila saya masih belum yakin, saya akan mengulanginya lagi dan lagi hingga saya sering terlambat sampai kantor. Di kantor saya juga selalu keteteran dengan pekerjaan karena saya selalu mengulang lagi setiap pekerjaan saya hingga saya yakin tidak ada kesalahan. Bila saya tidak melakukan hal-hal ini, saya akan sangat khawatir hingga jantung saya berdebar-debar dan keluar keringat dingin. Saya tahu ini konyol, tapi saya tidak bisa mengendalikannya.” (Tn. J, karyawan)


Apakah Gangguan Ini Sebenarnya?


Kenalan Dulu




Gangguan obsesif kompulsif terdiri atas 3 bagian utama, yaitu :


a. pikiran atau perasaaan yang berulang-ulang dan menimbulkan kecemasan (obsesi)

b. kecemasan yang dirasakan dan mengganggu kegiatan sehari-hari

c. rutinitas, ritual, atau hal-hal tertentu yang dilakukan untuk mengurangi kecemasan akibat obsesi


Keadaan lain yang mirip:
Keadaan Lain


Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!


Apa sih penyebabnya?

Penyebab pasti gangguan obsesif kompulsif sulit dipastikan, namun ada beberapa faktor yang diperkirakan mengambil peran dalam perkembangan gangguan ini. Faktor-faktor tersebut antara lain :

Genetik Dari penelitian terhadap saudara kembar dan keluarga, diperkirakan faktor genetik turut berperan dalam timbulnya gangguan ini.

Stresor Diperkirakan 1 dari 3 kasus disebabkan oleh stresor berat dalam kehidupan.

Perubahan besar dalam pola hidup sehari-hari. Misalnya tiba-tiba harus memikul tanggung jawab besar, kelahiran seorang anak, atau pekerjaan baru.

Perubahan fungsi biologi otak diperkirakan juga bisa menyebabkan timbulnya gangguan obsesif kompulsif. Saat ini sedang diselidiki area mana di otak tempat terjadinya kelainan yang mendasari gangguan ini.

Kepribadian, orang-orang dengan kecendrungan untuk selalu rapi, konservatif, metodis lebih besar kemungkinannya untuk menderita gangguan ini bila mereka menjadi terlalu ekstrim.

Cara berpikir Kita semua pasti mempunyai pikiran atau bayangan buruk di kepala kita, atau takut akan sesuatu. Kebanyakan dari kita dapat menghilangkannya dengan mudah dan melanjutkan pekerjaan tanpa kekhawatiran. Namun orang-orang dengan standar moral yang tinggi, mereka akan merasa lebih tertekan dengan pikiran-pikiran ini dan upaya mereka untuk merepresinya justru membuat pikiran-pikiran itu terus-menerus datang.



Kenapa sih pikiran-pikiran ini tidak mau hilang?


Why?


Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!


Dimana mencari pertolongan?


Dimana?


praktek



Banyak penderita gangguan obsesif kompulsif ringan yang membaik tanpa pengobatan. Namun tidak demikian dengan penderita dengan gangguan sedang dan berat, walau mungkin ada periode dimana gejala-gejala yang dialami sepertinya menghilang. Beberapa bahkan akan memburuk seiring berjalannya waktu, stress, atau depresi. Pada kasus yang demikian, pertolongan harus segera dicari. Saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan gangguan obsesif kompulsif, namun terapi yang sekarang ada bisa meredakan dan membantu penderita untuk menjalani hidupnya secara normal.

Yang perlu diingat adalah bahwa penderita gangguan obsesif kompulsif mungkin tidak menyadari bahwa dia mengalami gangguan. Bila anda menemukan seseorang yang anda kenal mengalami gangguan ini, cobalah untuk membicarakannya dengan yang bersangkutan, berikan artikel ini untuk dia baca. Bila perlu sarankan untuk mencari pengobatan.





Quote:Original Posted By ramacosplay
anjayy,,, ini itu sebuah penyakit emoticon-Berduka (S)

tiap kali matiin kompor ada 3 kali malahan lebih ane suka bulak2 balik nge cek nya aarrgggg... !! emoticon-Berduka (S)
abis ngitung uang ane suka ngitung lagi hampir lebih dari 3 kali juga aarrggggg... !!! emoticon-Berduka (S)
suka ada pikiran pikiran negatatif terhadap sesuatu,,, yang bisa di sebut itu GILA/KONYOL emoticon-Berduka (S)

gk nyadar kalo semua iini adalah penyakit emoticon-Frown
emang sih gan ane banyak pikiran banget, jadi terus kepikiran ampe2 jidat ane kiri kanan udah rontok ini rambut padahal di usia ane yang sekarang masih 24 harus nya masih lebatt.. jadi bawaan nya cemas berlebihan emoticon-Frown (maaf curhat dikit)



Quote:Original Posted By seagateak007
Ane pengidap OCD juga gan, udah lama banget malah. Ane mulai ngerasain dari umur 13 tahun, pas SMP lah. Dan bentuk dari OCD itu sendiri berubah-ubah gan, dalam arti trigger nya ya, mulai dari yang dulu SMP sampe sekarang ane umur udah 30 tahun. Total udah 17 tahun gan. Mungkin ada agan2 di sini yang menganggap enteng gangguan ini, tapi percayalah gan, buat yang menderita OCD, rasanya berat banget loh. Syukurlah buat TS nya udah buat thread ini. Banyak yang pengen ane share gan. Next kalo thread ini rame, ane bakal share banyak, biar para OCD-ers di kuar sana merasa punya temen seperjuangan. Oya, ane tau kalo nama gangguan ini adalah OCD baru tiga tahun lalu, dulu ane taunya penyakit was-was. Pas ane google, ternyata di agama ane (Islam) juga ada yang membahas hal ini, dan emang was-was namanya. Mungkin beda2 nama tapi sama maksudnya ya gan. Ini adalah salah satu bentuk Anxiety Disorder.



Quote:Original Posted By flytosky
wiiih! ane mengalami kasus ini gan sekitar 5 tahun silam.

sumpah waktu itu ane sering banget punya pemikiran - pemikiran buruk dan gejala gejala seperti :
- ada suara dikepala yang pengen mencelakai bini ane
- ngerasa berdosa sama istri ane soal masa lalu ane
- sering panik, tangan berkeringat dan jantung berdebar ga karuan

sampe akhirnya ane ga tahan, ane ceritain semua ke istri. istri mengerti kondisi ane dan sama istri ane disarankan cari psikiater. akhirnya ane cari psikiater dan ceritain semuanya. sama psikiater itu dikasi penenang, dan dia menyarankan bahkan memaksa ane untuk memeriksa lambung ane. pas ane cek ke dokter lambung dan dilakukan endoskopi, ternyata bener gan sumber OCD ane berasal dari maag / lambung ane. tanpa ane sadari, ane menderita sakit maag parah yang celakanya gejalanya ga seperti penderita maag biasa. begitu maag ane menyerang, mulai deh OCD ane muncul.

sama dokter dikasi obat dan dia menyarankan obat penenang dari psikiater itu diminum juga. Puji Tuhan sekarang maag ane udah sembuh dan ane ga menderita OCD lagi.



Quote:Original Posted By FarisAlfarisi
OCD itu dibagi 3 gangguan gan tp kayanya kurang setuju sama yang di pejwan.
1. OCD (Checking) : itu orang yang mengalami gangguan akan terus berulang kali ngecek (misalnya: ngecek pintu udah dikunci apa belum, mereka bakal ngecek terus itu kunci padahal udah dikunci sebelumnya)

2. OCD (Cleansing) : Orang yg mengalami gangguan ini akan selalu memakai sarung tangan atau ya mereka ngga bisa bersentuhan langsung dengan benda benda karna mereka menganggap itu kotor dan mereka selalu cuci tangan atau bersih bersih setiap saat (Cont. Artis Megan Fox)

3. OCD (Counting) : Orang yang mengalami gangguan ini akan menghitung ulang terus misalnya uang. Mereka takut uang itu kurang yang berlebihan.

Dan orang yang didiagnosis mengalami suatu gangguan itu ngga segampang kaya gitu, ada tahap dan proses orang sampai didiagnosis mengalami gangguan.

Sumber: DSM IV TR - PPDGJ - Pembelajaran selama ane kuliah.
CMIIW


Diubah oleh januar.deni
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 21 dari 48
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:12
Quote:Original Posted By januar.deni


Tingkatin pede
Banyakin santai
Serahin sm Tuhan

Betul bgt de gan :
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:12
Quote:Original Posted By sewabagus.com
Ane dr kerja pindah2 ampe 4x, tiap ngitung pake excel, segimana itu banyaknya angka (bahkan soal tugas kuliah statistik juga): pasti ane hitung ulang pake kalkulator, yg min.2x ngitungnya takut2 ada yg kelewat. Bkn gak percayaan, tapi udah kebiasaan kali ya. Apa itu termasuk obesif kompulsif juga ya...


Hilangin sebelum kebiasaan gan
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:13
Namanya berlebihan gan,,
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:14
Quote:Original Posted By cagakfilm
Namanya berlebihan gan,,


Iyaa gan
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:14
istri ane gitu gan, tingkat kecemasannya terlalu tinggi dalam segala hal. kadang sampe geregetan. emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:14
Quote:Original Posted By alfaizin9
Jujur yah ane males banget baca semua isi tret kaloooo isinya kayak gini, ,,,,,,,.apakah itu penyakit???????


Wah ini gangguan gan, lebih ke psikologi
Emg ente knp gan
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:15
Quote:Original Posted By BankJoe0354
Ahirnya ane baru tau ternyata itu penyakit toh....
Kalo ane :
Suka selalu memikirkan (rewind) kenangan/kejadian yang tidak mengenakan yang pernah terjadi dalam hidup ane
Terus suka ngitung berulang ulang sudut sudut lemari tv
Terus suka mengecek posisi sesuatu agar pas berulang ulang

Kira kira ane dah stadium berapa gan?
Ada hubungan nya ama rasa empati yang berlebihan gak ni?


Ini bisa sedang atau ringan gan,

Yg penting jgn sampe berat apalagi depresi

Banyakin pede, lebih cuek dan santa, n serahin semua sm Tuhan
N jgn terlalu perfeksionis
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:16
Quote:Original Posted By brandy007
intinya rasa cemas yg berlebihan ya...jadi bukan penyakit fisik tapi lebih ke psikologis...ane doain semoga cepat sembuh bagi yg mengalami penyakit tsb...

Bentul gaan

Aamiin
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:18
terima kasih gan udah bikin trit kaya gini.semoga bisa membantu yang mengidap penyakit ini
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:20
wah bahaya juga yah gan, wah makanya mending positive thinking aja deh emoticon-Big Grin
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:20
ane punya asam lambung gan atau Gerd emoticon-Malu (S)
ane emang gampang cemasan gan
takut mati lah,takut itu lah,
katanya sih gara gara hormon serotonin (kebahagiaan) yang terkikis gra-gara asam lambung
Diubah oleh kasetkuser
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:21
Quote:Original Posted By januar.deni


Wah ini gangguan gan, lebih ke psikologi
Emg ente knp gan


, , , ,emang ane malesssss emoticon-Ngakak ,,,biasalah penyakit anak muda
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:24
wah kayanya ane jg kena ni penyakit nih meskipun menurut ane masih ringan, kalo ke kampus ane suka ngecek lg barang2 yg ane bawa di tas di tengah perjalanan emoticon-Hammer2
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:24
ane banget gan, ngeliat cewek ane chat sama cowok, pikiran ane langsung bayangin hal hal negatif emoticon-Sorryemoticon-Turut Berduka
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:29
pernah ngalamin pas mau tidur ga bisa tidur sampe jam 3 pagi
karena banyak pikiran dan emang lagi ada masalah numpuk
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:30
Sama gan gw juga kayaknya menderita ocd gini, kalo gw yg parahnya kalo mau pergi pasti ngecek segala sesuatunya pasti berulang2, dan kalo naro suatu barang mesti harus bener2 simetris kanan kirinya, misal naro laptop diatas cooling fan harus pas banget di tengah cooling fan nya.
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:31
Sukurlah ada yang membuat trit ini,.
Ane sendiri di vonis menderita OCD dan ADHD,oleh psikiater setahun yg lalu,tapi walaupun begitu Ane mampu hidup norma ya walaupun di butuhkan usaha lebih untuk itu(Ane lulus kuliah dan sekarang punya bisnis).Buat para penderita tetep semangat ya!!
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:34
Quote:Original Posted By januar.deni

Gmn gan solusi dari dosen ente??


Ane kasih saran si mending ke Psikolog atau Psikiater didiagnosis bener nggaknya mengalami gangguan OCD gan.
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:41
Quote:Original Posted By Lyubovnitsa
Ane sih sadar ane punya OCD, sering nggak yakin udah ngelakuin sesuatu misalnya kunci pintu, ane bisa bolak-balik 3-4 kali cuma buat mastiin emang udah kekonci walopun kadang tetep blingsatan sendiri. Perasaan sering nggak enak banget karena cemasnya berlebay tapi sapa juga sih yg mau begitu

Tapi yg paling nyiksa karna ane selalu cuci tangan setelah pegang apapun bahkan abis cuci tangan ane bisa langsung cuci tangan lagi karena kepegang keran air emoticon-norose kemana2 bawa hand sanitizer sama tisu basah karena ane selalu ngerasa semua barang kotor, banyak kuman lah apa lah bahkan muka ane sendiri emoticon-Nohope alhasil kulit tangan ane pernah kering parah dan lecet sampe beberapa kali ke dokter kulit. Masa kudu ke psikolog sik emoticon-Berduka (S)


Ya kudu lah ke psikolog

Yg penting ente berusaha sendiri
dlu sambil banyakin brdoa

N iklain semua gan
0 0
0
Pernah Khawatir dan Memikirkannya Berulang Kali? Hati2 Gangguan Obesif Kompulsif!
16-07-2015 15:42
Sama gan. Ane juga merasa ada benih2 OCD nih.. Kecemasan yg berangsur2 sama kebanyakan mikir "worst case possibility" kalo lg ada masalah. Aduh mumet emoticon-Frown
0 0
0
Halaman 21 dari 48
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia