Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
568
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55a624c21ee5df5f7a8b4568/renungan-mudik-pergi-disyukurin-lewat-disumpahin-datang-dinyinyirin
:ilovekaskussAlhamdulillah HT 16 Juli 2015:ilovekaskuss :kisssSyukron Mimin Momod All Officer & Kaskuser:kisss :D:hammersSemoga trit Ts bisa mengademkan para pemudik dan nonmudik:hammers:D :ketupat :
Lapor Hansip
15-07-2015 16:15

Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

Past Hot Thread
emoticon-I Love Kaskus (S)Alhamdulillah HT 16 Juli 2015emoticon-I Love Kaskus (S)
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
emoticon-Kiss (S)Syukron Mimin Momod All Officer & Kaskuseremoticon-Kiss (S)
emoticon-Big Grinemoticon-Hammer (S)Semoga trit Ts bisa mengademkan para pemudik dan nonmudikemoticon-Hammer (S)emoticon-Big Grin
emoticon-Ketupat emoticon-Bedug emoticon-Ketupatemoticon-Ketupat emoticon-Bedug emoticon-Ketupat


Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
emoticon-Maaf AganAssalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuhemoticon-Maaf Aganwati
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost
emoticon-Purple Repost

Bismillah...

Quote:
Quote:
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

Sudah menjadi kebiasaan setiap akhir ramadan bagi penduduk Indonesia untuk melakukan mudik. Sebuah istilah yang berarti “pulang ke kampung” (Udik berarti desa/kampung). Mengapa seseorang harus “pulang”? Mengapa juga dilakukan pada saat akhir Ramadan? Apakah dalam agama Islam sendiri mengajarkan hal ini?

Ditinjau dari sudut agama, tidak ada satu pun dalil yang mewajibkan atau menganjurkan mudik ini. Berarti kebiasaan mudik adalah sesuatu yang kultural alias budaya. Mudik pun tidak mengenal suku. Anggota suku apapun di Indonesia hampir semuanya melakukan mudik. Bahkan mudik ini sudah menjadi lintas agama. Tidak hanya muslim saja yang melakukannya.
Quote:
Mengapa?
Quote:
Quote:
Karena kita semua ingin pulang..
Quote:
Pulang kepada rumah masih kecil. Pulang kepada senyuman rindu ayah bunda yang telah menua. Pulang kepada sahabat masa kanak-kanak. Kita sebenarnya ingin pulang kepada kenangan.
Quote:
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

Pertemuan dengan saudara dan handai taulan yang sudah lama tidak berjumpa, mungkin hanyalah sebuah kebahagiaan sampingan. Mungkin yang membuat kita menghabiskan biaya jutaan rupiah untuk bisa mudik, mengorbankan waktu untuk bermacet-macet ria, bahkan mempertaruhkan nyawa di jalan raya, mungkin hanya untuk sebuah kebahagiaan kecil bernama kenangan.


Quote:
Quote:
Kenangan dan Ketenangan Mungkin
Quote:
Meskipun di hari raya cenderung ramai bergembira ria, tidak dapat dipungkiri ada ketenangan tersendiri saat seseorang pulang ke rumah orang tuanya. Di rumah inilah ia dapat melepaskan segala predikatnya sebagai atasan, sebagai pegawai, sebagai buruh, atau sebagai apapun. Di rumah ini pulalah ia kembali menjadi seorang ‘anak’. Di rumah ini pulalah senyuman orang tuanya akan menenangkan hatinya.
Quote:
Quote:
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

Di sini, seseorang dapat melepas diri dari penatnya pekerjaan, dari target penjualan, dari kerasnya persaingan kehidupan. Mungkin inilah alasan awal seseorang harus pulang. Harus mudik. Ia hanya mencari kepingan-kepingan jiwanya yang masih tersimpan di balik kenangan masa kecilnya, setelah sepanjang tahun ia menghabiskan waktu untuk bekerja dan meneruskan kehidupan.

Mudik memang tidak mewakili ramahan. Tidak mewakili Islam. Tidak mewakili Indonesia. Ia hanya mewakili perasaan kita sebagai manusia. Bahwa kita membutuhkan waktu sejenak untuk melepas lelah dan penat. Butuh waktu sejenak untuk mengumpulkan kekuatan. Butuh waktu sejenak untuk sedikit menjadi manusia.

Quote:
Quote:
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

Karena orang-orang yang mudik ini kebanyakan bukan lah lagi manusia. Mereka telah berubah menjadi mesin. Secara sadar atau tidak, mau atau tidak mau, kita harus mengakui bahwa kebanyakan mereka yang mudik ini adalah pekerja-pekerja lapisan paling bawah. Para pembantu rumah tangga, para buruh pabrik, para TKW dan TKI.

Mereka-mereka yang ketika mudik meninggalkan kota besar, seperti memberi angin segar bagi kota itu. Sudah berapa banyak komentar yang kita baca tentang “Duh, enaknya kota gue gak maceeeet!”. Atau “Coba kalo Jakarta sepi kayak gini terus!”. Komentar-komentar yang dibuat oleh orang yang lupa bahwa kotanya sendiri tidak akan menjadi kota jika orang-orang yang mudik ini tidak pernah datang ke sana.

Quote:
Quote:
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

Dan jika makhluk-makhluk yang telah berubah menjadi “mesin” dan “alat” ini pulang ke desa mereka masing-masing, meninggalkan kota yang lengang, dan menimbulkan macet di beberapa tempat dalam perjalanan mereka, banyak pula orang yang mencibir, “duh, ngapain sih mudik? Bikin jalan macet aja!”. Atau “Kenapa sih kalian selalu ngerepoti terus? Hargai hak orang lain untuk pake jalan juga dong!”

Mereka yang mudik ini, yang mempertaruhkan nyawa di jalanan hanya agar sekedar bisa melihat wajah orang tuanya, harus menghadapi cemoohan dari segala arah. Dari kota tempat ia pergi, di tengah jalan dalam perjalanan, dan bahkan ketika sampai di kampungnya pun masih mendapat cemoohan. “Huh, jauh-jauh ke jakarta cuma jadi tukang sapu!”, “Halah, pulang kok nggak bawa apa-apa”. Pergi disyukurin, lewat disumpahin, datang dinyinyirin.


Quote:
Quote:
Semua Pemudik Hanya Ingin Pulang
Quote:
Itulah nasib para pemudik Indonesia di ramadhan yang mulia ini. Itulah riwayat para manusia-manusia jelata yang mengais kehidupan di tanah orang.
Quote:
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

Kita mungkin akan merasa iba, dan kemudian berubah menjadi seorang analis politik dan sosial yang menyalahkan negara kita yang tidak mampu memberikan lapangan pekerjaan yang baik. Atau upah yang layak. Atau juga membuat pembangunan merata sehingga para penduduk desa tidak perlu lagi ke kota.

Tetapi kita sebenarnya tidak bisa menolak, bahwa mudik bukanlah berarti karena kesenjangan sosial, atau budaya tahunan yang merepotkan. Atau sekedar keinginan untuk saling pamer di kampung masing-masing. Atau karena kurang meratanya pembangunan.

Mudik hanya terjadi karena seseorang ingin pulang. Akhir ramadan mungkin hanya sekedar timing saja, karena dengan begitu semua orang bisa pulang bersama-sama dan berkumpul kembali di saat yang sama. Entah apa status sosialnya, entah berapa banyak uang yang ia punya, entah apa pekerjaannya, entah apa sukunya, entah apa agamanya. Ia hanya ingin pulang. Itu saja.

Dan pulang, bukanlah sebuah kata yang sederhana.
mudik


Quote:
Quote:
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!

emoticon-Ketupat emoticon-Bedug emoticon-Ketupat
Tentu Mudik di Indonesia ini sudah menjadi sebuah Tradisi setiap Tahunnya, tapi tentu harus diingat kita harus ingat untuk berhati hati dalam mengemudiemoticon-Smilie
buat Agansista yang lagi mudik hati" di jalan semoga sampai tujuan berkumpul bersama sanak keluarga..aminnn..emoticon-Smilie
So Tetap berhati hati dalam perjalanan mudik Agansistaemoticon-Smilie
Taati peraturan, jaga kesehatan pada saat mengemudiemoticon-Smilie
Salam sama Keluarga diKampung Agansistaemoticon-Malu (S)


Tambahan & Pengalaman Kaskuser
Quote:Original Posted By capungBALI
Ane tinggal di Bali dan ane ga pernah mudik gan, maklum, kedua orang tua dari daerah yang sama. Tapi jujur, suasana Kota Denpasar (kota tempat kelahiran dan ane tinggal) sewaktu hari raya itu sepi, adem, dan tenteram bgt, beda sama hari biasa. Jadi kadang2 ya mikir ada bagusnya juga kalau para pendatang itu. . . ga pernah balik lagi, kayaknya asik juga
Quote:Original Posted By bungaan
dalam perjalanan mudik sebenarnya ada beberapa golongan :

1. yang benar benar mudik, yaitu yang lahir di daerah dan kerja di kota.
2. yang diajak mudik, yaitu mereka yang lahir di kota, dan diajak mudik oleh orang tuanya.
3. karena pekerjaan, yaitu para sopir , masinis, kondektur dsb.
4. yang berwisata, misalnya karena menganut agama lain, tidak merayakan lebaran, tapi dapet liburan, dari pada suntuk di rumah.
Quote:Original Posted By dsaugustino
Setuju sama agan. Mudik adalah momen kita kembali merajut kenangan yang sudah lama terpecah. Dengan mudik kita bisa bertemu dengan keluarga, teman masa kecil, guru ngaji, tetangga-tetangga. Intinya kalau menurut ane adalah saat mudik, kita melepas semua atribut "ciptaan" manusia (gelar, pangkat, pekerjaan, status sosial, dll.) dengan melebur menjadi satu. Sebagai manusia,,,. Abu gosok ya gan, belum iso soalnya.
Quote:Original Posted By wonglampung
Ini nih yg dcari", stuju suka bngt gua ma trit ente gan, kdang miris di internet skrg ini bnyk yg cemooh" org mudik, bkn mau mreka ko krja jauh dr kmpg hlaman tp it tntutan hidup, mreka krja rantau kn mmg krn ddaerahny ekonomi tak merata jd mau aplg plihanny slaen mrantau. Jangan Pernah Melihat Segala Sesuatu Dari Satu Sisi emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By 13460
demi mudik.... macet apapun dijalanin, ga py duid ampe ngutang

indahnya kampung halaman

emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By brezka
Ane udah 2 tahun ga puasa bareng keluarga gan, mana ane punya adek masih bayi, pas pulang udah mau 2 tahun gak kenal sama abangnya, tapi rasanya pas udah sampe rumah itu terharu, akhirnya bisa kumpul sama keluarga, kangen banget, ane dijogja kuliah gan, kampung ane di tanjungpinang kepulauan riau..
Mungkin orang yang memandang pemudik sebelah mata itu belum pernah merasakan kepisah jauh dari keluarga untuk waktu yang lama, tapi percayalah, seorang pemudik akan sangat menghargai waktu dengan keluarganya, karna dia tau waktunya bareng keluarga gak lama, dan saat udah ke rantauan bakal lama ketemu, entah masih bisa bertemu atau tidak..
Keren gan, ane bantu rate..
Quote:Original Posted By designbyson
"Di rumah ini pulalah ia kembali menjadi seorang ‘anak’. Di rumah ini pulalah senyuman orang tuanya akan menenangkan hatinya."

terasa gan..sampe kehati emoticon-Matabelo
emoticon-Cendol (S) emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By The.Loser
mudik juga sebagai pembuktian bahwa seseorang telah sukses di tanah rantau, biasanya yg model begini, mudik tujuanya buat pamerin harta benda dan kesuksesan dia..
Quote:Original Posted By HSDPAHolic
emang kalo pas mudik yg ada di pikiran ane cuma kampung, kampung dan kampung gan, gak peduli macetnya jalanan, panas matahari yg membakar kulit, dan berapa duit yg kita habiskan buat beli tiket, bensin atau oleh2 buat saudara2 di kampung
Quote:Original Posted By Lemmu
bener juga sih kata agan ts.
sekarang mari ber refleksi aja.
misalkan tuh tukang sapu yg lagi mudik di sumpahin jgn balik lagi deh ke kota gue...
emang yakin lo semua yg asli kota mau nyapu jalanan di kota lo???
Quote:Original Posted By benggolo
Wah ini pasti dr website boombastis ya gan?
Ini penulisnya namanya Norman Duarte Tolle gan, salah satu sesepuh di kaskus. Tulisannya memang ajaib gan.
Klo agan/aganwati suka sama tulisannya langsung aja baca novelnya di blognya gan
Kisahparapenggetarlangit.blogspot.com.
Di tulisan yg bahas mudik ini mirip sama gaya penulisan di novelnya. Heheheje

Klo berkeman taro di page one dong gan, biar kaskuser tau siapa penulis sebenarnya...

emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By Cucigosok
Mudik memang tidak mewakili ramahan. Tidak mewakili Islam. Tidak mewakili Indonesia. Ia hanya mewakili perasaan kita sebagai manusia. Bahwa kita membutuhkan waktu sejenak untuk melepas lelah dan penat. Butuh waktu sejenak untuk mengumpulkan kekuatan. Butuh waktu sejenak untuk sedikit menjadi manusia.


Ini kata-kata agan yang buat ane netesin air mata..ya memang mudik tidak mewakili apapun, kata "mudik" maknanya lebih dalam dan memiliki ruang tersendiri dalam tiap perasaan orang-orang yang memiliki kenangan
Quote:Original Posted By herumaru
Ts nya mudik ga?
Mudik juga bisa sedikitnya menggeliatkan perekonomian para pebisnis d sekitar jalur mudik.. ya semoga adanya budaya mudik lebih banyak positifnya drpada negatifnya
Quote:Original Posted By Pitil
manusia emang mulutnya suka nyinyir padahal ga diapa-apain
kesel gue
Quote:Original Posted By hanif48
Ane terharu gan bacanya emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

Padahal ane cuma anak seoarang perantau. Dan mudik ngikut emak bapak emoticon-Malu (S)

Keren kata-katanya gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By gr0h
sebenernya kalo diliat beberapa sudut pandang, serba salah gan

soalnya, kayak di daerah tempat ttinggal ane, pengendara motornya gila2, srobot sana sini, salip, lawan arah, gapake helm
tapi ketika lebaran, mereka hilang. kalaupun ada, jarang banget.

dan juga rasanyas sesak kalau yg dateng ke kota besar bertambah, tanahnya ga melebar, tapi yg isi makin banyak

dari sisi pendapatan, memang bagus, karena banyak pekerja yg bekerja dikota ybs dan mengembangkan kota tsb

kesimpulan : serba salah emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kandayun666
mudik.. istilah ini mungkin hanya terjadi di negara multi kultural seperti kita gan. kebiasaan kembali pulang ke daerah asal. menjaga silaturahmi, menjaga solidaritas dan juga keakraban keluarga. selama mudik itu positif dan ga menyebabkan kecelakaan sebaiknya dijaga selalu budaya asli bangsa kita ini.
Quote:Original Posted By anti.dangdut
Ga semua pemudik kalangan bawah gan.bahkan kakak ane anggota dewan,sodara2 ane punya posisi mereka mudik jg.mudik adalah rutinitas yg setiap tahun kadang dijalanin,demi merefresh pikiran dari beban setahun.
Ane benci sama org2 yg menghina pemudik,bahkan ane seneng kl mereka buat macet jalanan didaerah ane.jadi,kl mau mencibir pemudik ya posisiin diri kita diposisi mereka.
Ane emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By simo86
Ribet gan klo gk ada pendatang...ada simbiosis mutualisme jg...y seenggak nya saling membutuhkan lah...emang sh jlnn jdi sepi..tpi resiko djln jdi lbh tinggi...Rata2 pd gaspool smw bw kendaraan nya...mentang2 jlnn kosong..jdi kya sirkuit dadakan...Jgn lma2 y pulkam nya...klo ksni bwa yg punya skill ja...terutama yg gadis kembang nya y...hahahahaha...
Quote:Original Posted By rendyconan
ane juga pengen jalan-jalan ke rumah nenek
biasanya ramadan ke sana tapi sekarang ane lagi sibuk banyak tugas dan susah cari tiket jadi aja kaga pulang emoticon-DP
Quote:Original Posted By illuminatindo
Sekolah, pengennya pulang cepet..
Kerja, pengennya pulang cepet..
Ngerantau, pengennya pulang cepet..
Hidup? Kenapa gak ada yg mau pulang cepet yaaa gan?

MUDIK KE ASAL KITA..
Quote:Original Posted By wansyach
Dunia ini bukan punya individu, setiap manusia bebas mau kemanapun dia suka. Tidak ada yg berhak melarang², kalau larangan diberlakukan kami juga mampu menutup akses bagi yg lain untuk bertandang ke pulau kami.

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By gale81
Sayang ane tahun ini ga bs mudik, emang bener kt ts kita bela2in mudik selain ktemu org tua kita langsung juga kita ingin melihat dan merasakan kenangan waktu kecil kita, kadang kita bisa merasakan bayangan kecil kita disetiap sudut2 rumah sedang tertawa menangis berlari tidur dan sebagainya yg membuat kita bisa sejenak lupa akan kerasnya bertahan hidup saat ini
Quote:Original Posted By tglkiamathoax
mudik.........
hanya di negara ini yang heboh luar biasa.
demi mudik rela. ngutang sana sini.
semoga yang mudik tidak kembali lagi. hanya memunculkan efek yang buruk terus.

tanamkan di otak bangun daerah sendiri dengan keahlian yang bisa diberikan kepada daerah asalnya.


Quote:Original Posted By rakawidhi
betul gan,ane yg beda agama aja menghormati orang yg mudik,ga usa la dikaitin k yg lain kyk indo kurang memeratakan lap kerja dll
Quote:Original Posted By ucha78
Pengeeen rasanya rebahan di kamar ane waktu masih kecil, sekedar meregang otot karena rutinitas yang gerogoti kehidupan ane... Tapi apa daya... kadang masalah pulang ke rumah jadi perdebatan yang ujung2nya ribut ama bini.... emoticon-Sorry

Bini ane orang "pribumi" gan, ga bgitu suka suasana di rumah emak ane... Jadi... ya.. gitu deh gan... emoticon-Mewek

jarang banget ane pulang ke rumah emak, pengen deh rasain masakan emak..

Quote:Original Posted By irawanfebriy
terharu ane bacanya. sekarang orang-orang kota kayaknya udah mulai apatis gak memikirkan orang. yang mudik disumpahin gak balik lagi biar gak macet padahal kalo gak ada orang2 yg mudik emang kotanya bisa apa?emoticon-Turut Berduka


emoticon-Ketupatemoticon-Bedug emoticon-Ketupat

Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
emoticon-I Love Kaskus (S)Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HTemoticon-I Love Kaskus (S)
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
Recomend HT
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
Diubah oleh unitedd
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 29
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:11
Quote:Original Posted By mcs1972
Betul gan, jakarta gak ada guna tanpa orang" dari desa..


bener sih gan, tapi orang" desa juga ga bakal bisa sukses kalo di desa" doang emoticon-Stick Out Tongue

0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:14
Fenomena mudik hanya ada di Indonesia
Maling pun semakin gencar malingnya buat mudik emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:16
Semoga yang mudik tahun ini diberikan keselamatan sampe tujuan dan bs berkumpul dengan keluarganya.. Aamiin
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:19
Mudik emg udh jadi tradisi lebaran, gan. Ini gue udh 17 tahun jakarta - semarang. Dari yg naik kereta ekonomi, pesawat, dan 7 tahun terakhir gue naik mobil, semuanya punya cerita sendiri.
Ada yg naik kereta ekonomi, nyampah sembarangan, ngerokok dll. Naik pesawat masih mending.
Yg nyebelin emg naik mobil sih. Udh tau macet masih maksa ambil jalan paling kiri. Ntar kalo ada yg parkir/penyempitan jalan, ambil kanan. Biasanya mobil2 baru yg kyk gt. Saran gue sih kalo mudik mah, ya dinikmatin aja. Siapin stamina sebelum melakukan perjalanan. Kalo macet ya baris ngantre tertib, jgn ambil kiri jalan.
Buat pemotor, kalo misalnya ga kebagian tiket tahun ini, yaudah hati2 naik motornya. Tahun dpn kalo bisa beli tiket kereta buat mudik. Krn sebenernya motor itu bukan buat jarak jauh.
Selamat mudik, gan&sis!
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:23
pengen mudik
tapi toko gw ga bisa ditutupemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:25
Kapan lg sih gan kumpul bareng sodara2, momennya cmn disaat lebaran ini ajah disaat irang2 mudik
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:29
karena rindu tau jalan kemana harus pulang emoticon-Big Grin
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:29
kayaya tujuan utama pasti ke orangtua semua gann
kalau gak ada paling tinggal di rumah kenangan terus jalan jalan aja di desa yg pernah di tempat dulu
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:29
Kalo ada orang mudik biasanya macet gan, ane demen liatin macet maklum di desa biasanya lengang tiba2 macet jadi rasanya rame gitu emoticon-Big Grin
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:40
keren kata2nya..
ane dulu sering mudik, tp sekarang engga, ane lebih milih kerja di kota kelahiran aja, tentrem.
ane gak pernah tuh ceng2in yg mudik, malah ane suka seneng liat yg mudik, inget dulu juga ane sering gitu..
buat yang mudik, hati2 dijalan ya..
selamat idul fitri..
emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:40
nyimak emoticon-Cool ane anak kampung jadi ga pernah mudik gan..kena dampak nya iya emoticon-Hammer2
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:40
ane gak mudik ganemoticon-Cool
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:44
bad culture


kok bangga

emoticon-Hammer2
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:44
Saya sebagai orang yang juga ikut mudik selama 8 kali... Hal yng paling di nantikan setiap tahun itu mudik...
Di waktu kita pertama kita pesen tiket, menuju bandara, tiba di bandara tujuan... Menuju ke rumah dan sampai tiba dirumah, terasa seperti kita pulang dari perang jihad...
Nggak ada satu pun yang bisa mengungkapkan perasaan iklash para pemudik ini...
Begitu takbir mulai ramai di Kumandangkan di mesjid dekat rumah... Di situlah puncak syukur dan nikmatnya...
Hidup para perantau!!! Dan lestarikan budaya Mudik!!!!! Presiden aja mudik, ANG Presiden disuruh nggak balik juga... emoticon-Ngakak

emoticon-Ngacir2

#SayaSukaMudik
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:45
Saya sebagai orang yang juga ikut mudik selama 8 kali... Hal yng paling di nantikan setiap tahun itu mudik...
Di waktu kita pertama kita pesen tiket, menuju bandara, tiba di bandara tujuan... Menuju ke rumah dan sampai tiba dirumah, terasa seperti kita pulang dari perang jihad...
Nggak ada satu pun yang bisa mengungkapkan perasaan iklash para pemudik ini...
Begitu takbir mulai ramai di Kumandangkan di mesjid dekat rumah... Di situlah puncak syukur dan nikmatnya...
Hidup para perantau!!! Dan lestarikan budaya Mudik!!!!! Presiden aja mudik, ANG Presiden disuruh nggak balik juga... emoticon-Ngakak

emoticon-Ngacir2

#SayaSukaMudik
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:50
Quote:Original Posted By Tachibanax


bener sih gan, tapi orang" desa juga ga bakal bisa sukses kalo di desa" doang emoticon-Stick Out Tongue



kalo ini mah salah gan
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:52
Quote:Original Posted By katsurashredder
Fenomena mudik hanya ada di Indonesia
Maling pun semakin gencar malingnya buat mudik emoticon-Ngakak (S)


enggak cuma di indo kok gan
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:52
Setuju nih ane sama trit ente Gan..
Mudik, utamanya adalah 'kembali'. karena kita harus memanfaatkan momen pulang sebaik mungkin. Tahun ini, apa yg kita lihat dan rasakan di kampung halaman kita, pasti beda sama yg 5 tahun lalu, dan 10 tahun lalu dan seterusnya. semua bergerak, semua berubah, keinginan untuk mengenang masa lalu jadi sedikit 'ironi' kalo mengikuti perkembangan jaman. Makanya tahun ini nikmati deh kampung halaman ente yang sekarang karena mudik 10 tahun lagi bakal ada yang 'beda' dari yang sekarang.

pribadi ane gak pernah mudik, lahir Jakarta, keluarga besar Bekasi. Et dah emoticon-Ngakak (S)
akhir tahun ini Insya Allah ane nikah sama orang jawa, jadi tahun depan mungkin ane bakal mudik untuk pertama kalinya dalam sejarah emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:52
Dengan adanya mudik

bakal ketauan, berapa banyak sebenarnya warga Jakarta di DKI emoticon-Big Grin
0 0
0
Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin!
16-07-2015 15:55
malang sidoarjo... yg penting dpet thr.. bisa mudik kg sdh ckp..
0 0
0
Halaman 16 dari 29
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia