Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
961
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/559fcce8902cfe3e238b456c/faktor-mengapa-sahur-on-the-road-dilarang
WELCOME TO MY THREAD Wahhh ganyangka gan thread ane jadi HT 12 Juli 2015:matabelo HT #1 ane nihh gan. Makasih buat Mimin ,Momod,dan agan-agan semua yang udah mampir di thread ane ,terharu ane gan
Lapor Hansip
10-07-2015 20:47

Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang

Past Hot Thread
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang


WELCOME TO MY THREAD

Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang


Wahhh ganyangka gan thread ane jadi HT 12 Juli 2015emoticon-Matabelo HT #1 ane nihh gan. Makasih buat Mimin ,Momod,dan agan-agan semua yang udah mampir di thread ane ,terharu ane ganemoticon-Ngakak (S)


Cek HT


PERHATIAN!!!
Apabila agan menyukai thread ane ini bagi yang udah iso bisa timpuk emoticon-Blue Guy Cendol (L) tapi bagi yang gak suka sama thread ane mohon ane jangan diemoticon-Blue Guy Bata (L)
Bagi yang belom iso bisa di rate 5 aja yaaa gann emoticon-Request


Cek No Repost Gan


Selamat pagi/siang/sore/malam gan&sist ,kali ini ane mau membahas mengenai suatu kegiatan yang identik dengan bulan Ramadhan ini ya karena kita masih berada di bulan yang suci iniemoticon-Big Grin
Ya,di bulan Ramadhan ini pasti agan dan sista sekalian mengadakan Buka Bersama (BUKBER) bersama keluarga,rekan,kerabat kerja,teman SMA,SMP,SD,TKemoticon-Hammer (S) ,Buka Bersama memang identik dengan suasana Ramadhan,tapi kali ini ane mau membahas suatu kegiatan lagi yang identik dengan bulan puasa ini dan pasti agan semua tau..
YAP! Sahur On The Road atau biasa disebutnya SOTR

Sahur On The Road adalah ya sahur yang dilakukan di jalan!
Seperti apa Sahur On The Road di lakukan?
Sekelompok orang/organisasi berkeliling jalanan untuk membagikan makanan sahur kepada orang-orang fakir miskin atau pekerja malam (bukan bencis atau pelacur yaaemoticon-Betty (S))

Tapi dewasa ini SOTR menurut TS sendiri menyimpang dari tujuan aslinya,banyak menimbulkan kontra yang membuat kegiatan ini dilarang diadakan karena banyak sisi negatif yang diakibatkan dari kegiatan ini,kali ini ane akan merangkum bebrapa faktor mengapa SOTR ini menimbulkan banyak kontra


Quote:1.Ugal-Ugalan Di Jalanan

Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang

Salah satu hal yang dilakukan pada saat SOTR yaa pastinya adalah Konvoi. Ya Konvoi ini dilakukan dengan kendaraan bermotor dari titik kumpul (Meet Point) ke tempat tujuan.

Sebenarnya kalau konvoi beriringan dengan tertib tidak menjadi masalah dan tidak melanggar aturan yang ada,tetapi terkadang ada beberapa pemuda yang mengikuti kegiatan konvoi ini dengan Ugal-Ugalan di jalan,apa karena sepi jalanan atau apaUgal-ugalan ini selain merugikan diri sendiri juga bisa merugikan orang lain apabila terjadi kecelakaan.Niatnya untuk berbagi malah jadi celaka emoticon-Ngakak (S)

Saat konvoi ini juga yang membuat saya sendiri heran yaitu biasa para ababil (anak SMP.SMA,pemuda tongkronganemoticon-Betty (S)) yang melakukan SOTR ini membawa mobil ,saya sendiri sering melihat mereka mengeluarkan kepala di jendela bahkan duduk di jendela mobil,ini sangat mengabaikan keselamatan brayemoticon-army


Quote:2.Tawuran

Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang


Yang kedua yaitu Tawuran (Ini niat nya bagus kok tapi dinodai sama hal yang macam giniemoticon-Berduka (S))
Biasanya saat kegiatan SOTR berlangsung itu konvoi ,sering sekali saat di jalan bertemu dengan kelompok lain dan terjadi tawuran.Ini biasa terjadi pada anak-anak SMP maupun SMA yang sedang SOTR tidak jarang juga para pemuda juga terlibat tawuran ini.

Ini kan sebenernya niatnya berbagi kenapa mesti harus tawuran?emoticon-Cape d... (S) ,ane mencoba survey di social media Alasan Apa Mereka Mengikuti Sahur On The Road.Dari situ banyak sekali terdapat jawaban seperti nyari pacar baru(malah ngecengin ceweemoticon-Bingung (S)),ada yang bersilaturahmi dengan alumni teman dan lain lain,ada yang cuma ikut-ikutan,ada yang pengen cuma mau tambah pengalaman. Dari beberapa jawaban cuma 1 jawaban yang menjawab ingin berbagi gan bayanginemoticon-Berduka (S),miris sebenrnya jadi buat apa mereka melakukan Sahur On The Road


Quote:3.Coret-Coret

Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang

Yang ketiga kali ini adalah aksi coret-coret.
sebenarnya apa tujuan para pelaku SOTR ini mencoret fasilitas publik pada saat SOTR? apa ingin menunjukan bahwa mereka pernah SOTR atau Pernah lewat jalan itu?emoticon-Ngakak (S) ini udah melenceng banget dari inti SOTR itu sendiri. Merusak fasilitas publik sendiri merupakan suatu pelanggaran dan ada sanksi nya. Di beberapa daerah di Indonesia melarang diadakannya SOTR karena kegiatan core-coret ini.



Berikut Berita Larangan Tentang SOTR

Quote:Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengkaji kegiatan sahur On The Road (SOTR) yang sering dilakukan selama Ramadan. Ahok khawatir kegiatan SOTR digunakan muda-mudi Ibu Kota untuk berkumpul melakukan tindakan negatif dan membuang sampah sembarang.

"STOR itu konsep dan tujuannya bagus, bantu orang kurang mampu. Tapi kalau cuma ngumpul-ngumpul keliling konvoi, buang sampah sembarangan, itu tidak sesuailah. Buat apa puasa kalau buang sampah sembarangan. Ajarannya kebersihan sebagian dari iman," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2015).

Menurutya, kegiatan SOTR dapat digunakan muda-mudi untuk memberikan contoh tauladan dengan berbagi makanan kepada mereka yang membutuhkan. Namun, terkait apakah akan melarang SOTR atau tidak selama Ramadan, Ahok menyerahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah. "Gak tau, biar Pak Sekda saja yang atur," ujarnya.

Secara pribadi Ahok tak suka ada kegiatan SOTR yang mengganggu. Sesuai arahan dari kepolisian yang akan menindak tegas bila kegiatan SOTR menimbulkan ketidaknyamanan.

"Makanya di sini juga polisi sama Sekda sudah sampaikan ke beberapa kiai, paparan, kalau anak-anak melakukan hal berbahaya harus dilarang. Intinya kita tidak mau ada satu contoh teladan yang salah," kata Ahok.
FZN



Quote:Liputan6.com, Jakarta - Walikota Bogor Bima Arya menegaskan, selama bulan suci Ramadan 1436 Hijriah tempat hiburan malam di Bogor, Jawa Barat dipastikan tutup. Selain itu Pemkot Bogor juga melarang adanya sahur on the road. Sebab, sahur on the road dinilai lebih banyak membawa keburukan daripada kebaikan.

"Tempat hiburan malam tutup. Di Bogor juga melarang sahur on the road. Aktivitas vandalisme itu kalau sahur on the road, kan sekarang diisi geber motor, coret tembok jadi dipastikan enggak boleh di Bogor. Lebih banyak mudaratnya kalau sekarang," kata Bima Arya saat ditemui Liputan6.com di Jakarta, Senin 15 Juni 2015 malam.

Bima mengaku sudah jauh hari mensosialisasikan dan mengimbau pelarangan sahur on the road. Pemkot juga bekerjasama dengan pihak sekolah untuk menghukum siswa-siswi yang kedapatan nekat sahur on the road.

"Sudah koordinasi sama polisi, Satpol PP dan kepala sekolah juga. Dan sosialisasi sudah mulai sejak kemarin. Selebaran dan spanduk larangan sudah disebar," ucap dia.

"Sanksi mengganggu ketertiban umum itu di Perda ada. Derajatnya enggak besar tapi memang hukumannya. Artinya kalau bisa dijalankan itu jadi efek jera," timpalnya lagi.

Untuk teknisnya, lanjut Bima, akan ada satuan khusus yang melakukan patroli menegakan larangan sahur on the road. "Tiap malam nanti ada polisi dan Satpol PP satuan khusus untuk melarang sahur on the road," tandas Bima



UPDATE!!!

Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan "sahur on the road" masih dimanfaatkan untuk ajang tawuran oleh sebagian orang. Dari razia yang dilakukan Polsek Metro Setiabudi beserta jajarannya pada Minggu (12/7/2015) dini hari, petugas menemukan senjata tajam.

Kapolsek Setiabudi Komisaris Tri Yulianto mengatakan, kegiatan SOTR masih rentan untuk terjadinya tawuran. Sehingga operasi semalam bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan tersebut.

"Ternyata kami temukan satu bilah pedang samurai (katana) yang kami sita dari peserta SOTR," kata Tri.

Kegiatan SOTR yang berujung tawuran, kata dia, dapat meresahkan serta mengancam keselamatan warga. Karena itu, kepolisian berupaya menjaring hal-hal yang dapat memicu terjadinya tawuran.

Tri mengatakan, operasi gabungan tadi pagi diikuti oleh 180 personel dari kepolisian, Satpol PP, dan kecamatan. Operasi tersebut dimulai pada Sabtu (11/7/2015) pukul 23.00 WIB hingga sekitar Minggu pukul 04.00 WIB.

Petugas dibagi tiga untuk melakukan patroli dan operasi cipta kondisi di Jalan Minangkabau, Jalan Sultan Agung samping Landmark dan Jalan HR Rasuna Said, Kuningan.

Selain katana, polisi juga mengamankan 184 batang tiang bendera yang terbuat dari bambu berikut benderanya, 11 botol minuman beralkohol, tujuh unit sepeda motor tanpa surat, dan satu botol cat pilox. "Benda-benda tersebut disita karena dapat menimbulkan tawuran," kata Tri.

SUMBER:
Kompas



Mari jadikan kegiatan SOTR ini lebih bermanfaat dengan tidak melakukan hal-hal yang negatif.Pasti hanya segelintir orang yang melakukannya dengan hal-hal negatif,diantara kalian masih ada yang melakukan kegiatan ini sebagaimana mestinya.Toh tujuan dan niat kita melakukan kegiatan ini untuk berbagi bersama dan mencari pahala di bulan yang suci iniemoticon-Kiss (S)
Bukan hanya SOTR saja lahan kita untuk berbagi,masih banyak kegiatan lainnya yang bermanfaat seperti Ifthar membagikan Tajil sebelum berbuka puasa untuk orang-orang yang terjebak kemacetan.Atau juga bisa Buka Bersama dengan anak-anak yatim ,panti asuhan yang dilakukan di masjid maupun pondok pesantren itu juga bisa.
Perbanyaklah pahala di bulan puasa ini bray jangan perbanyak dosa emoticon-Cool

Diubah oleh breath08
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 36 dari 49
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 21:46
Jadi tawurannya pake nasi buat sahur gitu? emoticon-Ngakak
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 21:53
Trus knp malam tahun baru org2 pada di biarin konvoy?
Kan jg suka pada bikin ricuh tuh..
Emang ahoknya aja yg sentimen sm muslim..
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 21:54
selain sotr kan ada hal yang baik bis dilakukan , misal berbagi santapan sahur ke tetangga atau orang deket rumah yang kurang mampu ... 1723570
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:03
yg tawuran mah bukan SOTR tuh gan
merusak citra SOTR itu sendiri emoticon-Mad (S)
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:03
ujung-ujungnya malah nggak jadi puasa emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:07
SAUR ON THE ROAD, NORAK ! FIX !!
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:10
Quote:Original Posted By fajaringgiet
udah beda makna ketika alay2 itu masuk ke dalam kehidupan

sampai sotr aja jadi berubah padahal; dlu waktu ane masih sekolah sotr itu silaturahmi antar sekolah baksos malem2 pengajian mlm2 amp penutupan solat subuh bersama

sekarang liat sotr miris banget gak ada beda nya sama gerombolan binatang ternak yg lepas dari kandang nya
mereka udah ngerubah makna sotr yg ada,,bahkan bener2 ada yg cuma muter2 doang gak baksos,,ngerubung di tengah jalan geber2 kenalpot coret2 tembok,teriak2 kaya tarzan,,

sotr berubah image nya hilang ke istimewaannya gara2 calon sampah masyarakat yg sok2an ikut sotr

hu um, ktika alayer berkreasi......
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:11
kalo gw tau nya SOTY gan emoticon-Ngakak alias band amrik Story of the Year.

kalo keburukan yg didapat memang lebih baek dilarang dah.
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:23
sahur on the road,ane belum mengerti secara dalem ttg masalh ntu... tapi ane udah ada felling,untuk SOTR tadi pasti dan pasti lebih banyak negatifnya dibanding positif,contohnya:kita membagi,tapi setelah ada cewe/cowo gnteng/cntik pasti mata berpaling dan dosa deh . emoticon-Takut

yapokoknya lebih baik ngasih santunan aja ke anak yatim gan lebih varokah tuh dan jelas bahwa allah akan merindhoi kita,soalnya ada hadist rasul yang bersabda : "belum sempurna iman seseorang sebelum mencintai anak orang lain seperti anak nya sendiri"emoticon-Malu
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:25
Jika kita bijak, sesama muslim bs saling mengingatkan, trmaasuk "alayer". Definisi Sahur sperti apa.
Klo ane nglihat langsung, insya Alloh ane tegur gan dan nasehati.
mereka jd seperti itu krn mungkin pemahaman mereka salah, dan gak ada yg mengingatkan jd diterus2kan kesalahannya.
Mereka salah, bkn berarti mereka salah sepenuhnya tp krn orang yg baik mendiamkan dan g peduli dan g mengingatkan mereka.
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:28
SOTR...ahh itu mah gegayaan aja biar kaya orang2, cuman sedikit yg bener2 mengerti esensi SOTR itu sendiri.
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:36
SOTR apaan gan ? Sord of the ring ? emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:36
SAUR ON THE ROAD.... DUSUN
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:37
Nyaman sahur dirumah ah.. Dijalan dingiiinnnn... Hhhaaa
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:38
niat baik tp d gabungin sm yg rusak mental. ga bkal bner
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:40
Kebanyakan SOTR skrg cuma ikut2an aja yg taunya cuma kumpul2, jalan2 malem, saur bareng dan dengan bangganya dgn tujuan berbagi. Tanpa tau etika berkendara dan memperhatikan aba2 dari leader. Sehingga mengabaikan ketertiban di jalan.

Tujuan baik, klo etika qta tidak baik dan mengganggu ketertiban serta mengganggu pengguna jalan yg lain, apakah itu baik??
Mending tidur aja dah yg pules dirumah sampe dibangunin saur.

Gara2 oknum ini nih yg mencoreng2 kegiatan yg dari dulu berjalan lancar dan skrg jadi dilarang.
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:41
semua itu tergantung komunitasnyj
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:42
Quote:Original Posted By qvp
Trus knp malam tahun baru org2 pada di biarin konvoy?
Kan jg suka pada bikin ricuh tuh..
Emang ahoknya aja yg sentimen sm muslim..
ga usah sara lah gan. kpn damai nya neh. mau perang antar krajaan? emoticon-Ngakak
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:43
Ane mw sedikit share SOTR ane. [Kejadian tiap taun ]
Ane warga Semarang asli dari kecil udh dari taun 90 ane jadi warga Semarang.
Biasa nya SOTR ane ngumpul jm 11malem [23.00].
Ga muter" sih gan, tapi ane isi dengan maen akustikan [2 gitar sma 1 cajon],-
Biasanya kita sebut Ngjam bareng [Cah, Saur bareng NGJAM yoh].
Yang pasti ga treak2 lah ya, karna kita semua sadar kita di wilayah jatingaleh [Gombel lama].
Kita isi pke lagu2 slow aja, lagu2 lawas biasanya.
Kadang ada yg muter bapak" nanyain, "Mo sampai sahur mas?" - "Njih pak, disini saja nanti smpai sahur".
Kita sadar diri aja buat masing" pribadi, SOTR ada yg lebih berguna kog,
Kita juga pernah liat ada yg bagi" sahur pada tukang becak, ojek, ato org pinggiran. emoticon-Smilie

Salam dari kami,- emoticon-Blue Guy Peace
-On'f Band [Mugi, Andrey, Gilang, Budhi(ane)]
0 0
0
Faktor Mengapa Sahur On The Road Dilarang
12-07-2015 22:43
dulu sebelum ada bocah2 tengil ikut2an..SOTR emang asyik gan...
benar2 beramal...tp sekarang malah dibuat pamer sama adu kekuatan....
0 0
0
Halaman 36 dari 49
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia