• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [#StopMOSBullying] Mendikbud harus stop bullying dan kekerasan dalam MOS

jimmy.k4
TS
jimmy.k4
[#StopMOSBullying] Mendikbud harus stop bullying dan kekerasan dalam MOS


Spoiler for HT #1:




Quote:


Dari yang saya dengar dari jaman abang dari saudara kandung bapak saya, yang namanya masa orientasi siswa di sekolah itu selalu menjadi sesuatu yang menakutkan untuk siswa baru

Ciri ciri MOS di indonesia :

  • lebih mengedepabkan “siksaan” fisik daripada tujuan orientasi sekolah itu sendiri.
  • sebagai ajang balas dendam senior ke junior.
  • Kegiatan yang dilakukan selama MOS nggak ada hubungannya dengan pendidikan yang kita ambil dan gak ada manfaatnya ketika kita hidup bermasyarakat.


Buat apa mereka melakukan aksi tersebut (mempermalukan
, membentak, memarah2i, menyuruh dengan alasan yang tidak logis)? untuk solidaritas? untuk mengenal senior lebih dekat? untuk mengenal sekolah menengah / cividitas lebih dekat?
Ane pernah merasakan yang namanya MOS pertama kali di SMP dan ane sampai sekarang masih tidak respek dengan kelakuan mereka yang seperti itu.

Ibarat menekan kami selama tiga hari, dan mereka bilang nanti juga biasa. Kakak kelas macam apa itu? emoticon-Gilajustru karena mereka sudah tertanam konsep dan mereka menanamkan paham itu juga.kepada adik kelasnya bahwa menindas, dan orientasi MOS yang jadi ajang balas dendam oleh senior ke junior dianggap wajar. Ibaratnya, mereka merintih ketika ditindas, tapi menindas ketika berkuasa. dan buat apa juga mencari pembenaran diatas kesalahan?
KAPAN MAJUNYA NIH NEGARA KALAU SESAMA MANUSIA SAJA SALING MENINDAS. MASA NEGARA YANG KATANYA KAFIR BISA LEBIH BERMORAL DAN BERADAB DARI PADA NEGARA YANG KATANYA RAMAH DAN BERAGAMA??!!!

Stop lah membuat masa orientasi itu seperti 3 hari atau 1 minggu penuh penderitaan, stress kepada calon siswa baru. Kita di sini tuh untuk belajar, mengenal lingkungan sekolah baru, bukan untuk diberikan tugas konyol dan dibentak-bentak.

Seandainya kamu mau berontak, coba deh kamu bales ganti bentak seniormu yang sok itu. Ane waktu masih SMP dan pertama kali mengikuti MOS ane memberontak perintah konyol disuruh joget didepan umum sambil berteriak "aku ganteng" oleh senior, yang terakhir dihukum juga. Persetan dengan Pasal 1 senior selalu benar dan Pasal 2, jika senior salah kembali ke pasal 1. Lo pikir semua kelakuan yang lo yang mengintimidasi udah bener dan patut dicontoh? Ngaca jink!! emoticon-Smilie

Sekolah yang masih membolehkan aktifitas MOS seperti itu terutama untuk anak SMP dan SMA benar-benar primitif. Apalagi kalau sampai tidak mengikuti MOS sering kali di intimidasi untuk jadi bahan lelucon dari seniornya. Dan saya sangat berharap ada respon dari mendikbud untuk mengatasi persoalan tradisi yang primitif ini yang sudah mengakar kuat dari jaman jahiliyah. Dan ane berharap para senior2 tidak seenaknya memperlakukan junior seperti budak yang di suruh suruh, dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang mengalami penyiksaan. Semua dimulai dari senior sendiri, apakah dia ingin berpikir dewasa untuk mengubah tradisi ini atau tidak, dan diperlukan juga senior yang berpikiran dewasa untuk mengubah hal tersebut. Karena menurut ane, senior yang masih berpegang teguh pada tradisi bodoh tersebut masih kekanak kanakan yang hobi mengerjai orang yang lebih muda darinya.
Perubahan itu butuh waktu. Walau tidak gampang, tapi tidak mungkin mustahil.

Mengutip kata kata prabowo subianto emoticon-Malu
Kalau bukan sekarang, kapan lagi?
Kalau bukan kita, siapa lagi? emoticon-Angkat Beer

Semoga senior senior baik di sekolah menengah dan universitas bisa memperlakukan siswa/mahsiswa baru mereka dengan cara yang lebih manusiawi, dan lebih mengutamakan akal sehat dari pada balas dendam kepada junior junior mereka. Jadikanlah pengalaman yang tidak mengenakan tersebut sebagai pembelajaran bahwa tidak enak diperlakukan seperti itu emoticon-Smilie


Dan yang terakhir
Spoiler for :


mampir juga ke thread ane yang ini gan emoticon-Angkat Beer
dasar dasar hukum bagi pelaku pelecehan/penyiksaan mos



recomended HT


Spoiler for "sabdah kemendikbud":

Quote:


Quote:

Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:

Quote:




Diubah oleh jimmy.k4 11-07-2015 02:37
0
101K
1K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.