others
Batal
link has been copied
4434
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51591d32601243317100000e/free-sedikit-tentang-penciptaan
Bismillahir rohmanir rohim Sebelumnya saya bingung akan saya taruh kemana thread ini, apa mau saya taruh di FS atau di DC. Setelah lama menimbang nimbang maka saya putuskan untuk saya taruh di DC. Petimbangan saya adalah kalau saya taruh di DC tentu saya akan mendapat masukan-masukan yang berharga yang berupa kritikan-kritikan, sehingga ini akan sangat bermanfaat bagi saya untuk penyempurnaan lebi
Lapor Hansip
01-04-2013 12:37

[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan

Bismillahir rohmanir rohim

Sebelumnya saya bingung akan saya taruh kemana thread ini, apa mau saya taruh di FS atau di DC. Setelah lama menimbang nimbang maka saya putuskan untuk saya taruh di DC. Petimbangan saya adalah kalau saya taruh di DC tentu saya akan mendapat masukan-masukan yang berharga yang berupa kritikan-kritikan, sehingga ini akan sangat bermanfaat bagi saya untuk penyempurnaan lebih lanjut. Oke saya mulai,

Apa Penciptaan itu?

Penciptaan adalah suatu pandangan theologis (Theological View). Kenapa? Karena Penciptaan itu tersimpulkan dari makna tersurat dari wahyu Tuhan yang ada dalam teks-teks Kitab Suci , dalam ayat-ayat-Nya (Al-Qur’an, yang ada pada kita). Banyak ayat-ayat-Nya yang menunjukkan Penciptaan, diantaranya

QS 10 ayat 3, lafalnya, “ inna robbakumul lohul ladzi kholaqos- samawati wal ardho…”, yang artinya, “ Sesungguhnya robb (tuan, tuhan) kalian adalah Alloh (swt) yang (telah) menciptakan langit-langit dan bumi…”

QS 7 ayat 54, lafalnya, “ …ala lahul kholqu wal amr …”, yang artinya, “ …ingatlah bagi (hak) Dia (Alloh swt) penciptaan dan urusan…”

QS 25 ayat 2, lafalnya, “…wa kholaqo kulla syai-in faqoddarhu taqdiro…”, yang artinya, “ …dan (Dia, Alloh swt) menciptakan segala sesuatu lalu menetapkan takdir (nya)…”

Jadi jelas bahwa Penciptaan adalah suatu pandangan theologis. Suatu pandangan theologis bukan berarti tidak bersentuhan dengan kenyataan, ya tentu akan bersentuhan dengan kenyataan, karena dalam pandangan ini menganggap Tuhan sebagai sesuatu yang nyata adanya, dibuktikan dengan adanya wahyu Tuhan itu sendiri. Oleh karena sebagai suatu pandangan theologis maka pengingkaran terhadap Penciptaan dengan sendirinya menunjukkan ketidak- berimanan.

Penciptaan adalah konsepsi dari manusia (Human’s Conception). Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak manusia yang memikirkan dan mengkonsep tentang Penciptaan. Karena manusia itu bermacam-macam ya konsepsinya tentang Penciptaan juga bermacam-macam. Ada Penciptaan menurut seorang Muslim, Kristen , Yahudi, Hindu, dll. Dan tentu saja Konsep Penciptaan menurut seorang Muslim akan berbeda dengan seorang Kristen dan lainnya. Konsepsi Penciptaan menurut seorang Muslim itu terinspirasi oleh Kitab Sucinya (Al-Qur’an), dan ini bisa tepat dan bisa tidak tepat tergantung kepada ketepatan penafsiran atas Kitab Sucinya (Al-Qur’an), dan oleh sebab ini boleh jadi konsep Penciptaan seorang Muslim berbeda dengan Muslim lainnya. Tapi bisa juga konsepsi seseorang tentang Penciptaan adalah murni dari pemikiran orang itu sendiri.

Penciptaan sebagai teori sains (Science Theory). Nah ini perlu dirumuskan, tapi nampaknya belum ada yang merumuskannya karena hampir semua penganut Penciptaan merasa cukup dengan konsepsinya masing-masing tanpa atau belum sempat merumuskan hal ini. Penciptaan sebagai teori sains membutuhkan asumsi-asumsi dasar, pendefinisian, methode-methode, dll. Misalnya asumsi dasarnya diantaranya adalah adanya Sang Pencipta (Tuhan), karena nggak mungkin Penciptaan tanpa adanya Sang Pencipta. Definisi Penciptaan, misalnya, Penciptaan adalah suatu proses pengadaan dari suatu yang tidak ada (atau belum bisa disebut ada itu) menjadi ada, misalnya manusia diciptakan dari pertemuan sperma dan sel telur (yang belum bisa diisebut sebagai manusia) lalu berproses di dalam rahim…dst…menjadi manusia . Dan ini memerlukan perumusan yang sungguh-sungguh, tapi biarlah nanti orang belakangan yang merumuskan ya bagi yang berminat. Dan suatu teori dibuat untuk menjelaskan suatu fakta yang diamati.

Selanjutnya saya akan fokus pada Penciptaan menurut konsepsi saya sebagai seorang Muslim.

1. Keniscayaan Penciptaan
2. Bagaimana Penciptaan Itu
3. Apa Yang Diciptakan?
4. Awal Penciptaan
5. Penciptaan (7 lapis) Langit dan Bumi
6. Definisi Penciptaan
7. Penciptaan Manusia
8.Penciptaan Makhluk Hidup Lain
9. Keragaman Makhluk Hidup Berdasarkan Penciptaan
Diubah oleh kusmardiyanto
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
-1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 121 dari 229
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
06-07-2015 21:58
Quote:Original Posted By PecanduLara
masih betah lo jadi BKI kus...
emoticon-Big Grin


apa tuh BKI?......sebagai muslim wajarkan mengungkapkan keislamannya terkait dengan penciptaan....dan mempertahankannya....

0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
06-07-2015 22:24
Quote:Original Posted By kusmardiyanto
apa tuh BKI?......sebagai muslim wajarkan mengungkapkan keislamannya terkait dengan penciptaan....dan mempertahankannya....


Barisan,
Korban,
Ilusi.

btw kus, gue penasaran lo dulu sekolah pernah dapet pelajaran IPA gak sih?
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
07-07-2015 12:29
Quote:Original Posted By PecanduLara
btw kus, gue penasaran lo dulu sekolah pernah dapet pelajaran IPA gak sih?

Mungkin semua pertanyaan sains dia jawab dengan 'kehendak Tuhan', 'diatur Tuhan', 'Tuhan yang melakukan'...

Soalnya dia kan [FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
Diubah oleh shinhikarugenji
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
07-07-2015 18:18
Gimana mau iman sama quran? Wong quran sendiri ada banyak versi. Yg skg di imani org nu quran usmaniah (yg di bukukan sahabat usman dkk) ada 30 jus. Kalo setau aku, temen aku yg syiah mengimani quran yg di bukukan fatimah dan ali - ada 40 jus. Yg mana yg bener hah?
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
07-07-2015 18:35
Quote:Original Posted By kusmardiyanto

kalau manusia pertama (Adam as) diciptakan dari tanah liat dari lumpur hitam yang busuk baunya, maka Jin yang pertama (yakni Iblis ) diciptakan dari api.


mana buktinya? emoticon-Embarrassment
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
07-07-2015 18:53
Hasil penciptaan terbaru apaan nih?
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
07-07-2015 18:59
Quote:Original Posted By blezzfucker


mana buktinya? emoticon-Embarrassment


Buktinya ada di quran

emoticon-Najis emoticon-Ngakak
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
07-07-2015 19:01
Quote:Original Posted By blezzfucker


mana buktinya? emoticon-Embarrassment


Buktinya ada di quran

emoticon-Najis emoticon-Ngakak
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
17-07-2015 18:33
Dimanakah keberadaan Sang Pencipta a.k.a. Tuhan itu?.........berada di paling atas (al-a'la), di atas seluruh makhluk-Nya....di atas Arsy....
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Makavelli
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
17-07-2015 18:43
Quote:Original Posted By njingsatbitot


Arsy itu letaknya dimana sat? Coba jabarin koordinat dan lokasi tepatnya emoticon-cystg


Arsy itu mahkluk/ciptaan-Nya yang palinhg besar yang berada di paling atas...di atas langit ke tujuh...di atas surga...di atas surga ada Arsy

langit dunia atau langit pertama dihiasi dengan bintang-bintang, jadi selama masih ada bintang baerarti itu adalah wilayah langit pertama...di atas langit pertama ada langit kedua....dst...sampai langit ke tujuh

Diubah oleh kusmardiyanto
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Makavelli
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
17-07-2015 19:15
Quote:Original Posted By njingsatbitot


Kayak gimana bentuknya?


wallohu a'lam, Alloh swt yang tahu......memang saya siapa kok ditanya bentuk Arsy?....Alloh swt dan Utusan-Nya ngasih gambaran secara global saja

0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Makavelli
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
17-07-2015 19:30
Kesimpulannya:
Kuskus gak tahu apa-apa.
Sekian.
emoticon-Malu
0 0
0
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
17-07-2015 19:42
Quote:Original Posted By njingsatbitot


Kan lu sendiri yg semangat mendeskripsikan Arsy itu kayak gimana? sok iye banget emoticon-Ngakak

Ujung2 nya jawabanya emoticon-Betty

Code:
wallohu a'lam, Alloh swt yang tahu


karena semua informasi itu bukan dari saya sendiri tapi informasi dari Alloh swt sendiri di dalam Al-Qur'an dan Utusan-Nya di dalam as-sunnah ( yang tercatat di dalan hadits )...dan informasi bersifat global, nggak detail mis. nggak dikasih tahu bentuknya kayak apa ...dan ada di dalam as-sunnah tentang gambaran besarnya Arsy....langit yang tujuh lapis itu jika dibandingkan dengan al-kursyi bagaikan 7 keping dirham yang diletakkan di atas perisai....adapun al-kursyi jika dibandingkan dengan Arsy bagaikan sebuah gelang yang dilemparkan di atas padng pasir yang amat luas...dan Alloh swt, Sang Pencipta, dibandingkan itu semuanya jauh lebih besar tak terhingga....

0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Makavelli
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
17-07-2015 20:02
Quote:Original Posted By njingsatbitot

detail dari mahluk gaib gak ketauan juntrungannya... emoticon-Hoax


berarti lu nggak beriman, nggak percaya kepada Alloh swt dan Utusan-Nya....maaf saya berlebas diri

0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Makavelli
[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan
17-07-2015 20:11
Quote:Original Posted By njingsatbitot


[FREE] Sedikit Tentang Penciptaan


tapi justru imanlah yang nanti akan menentukan seseorang itu bahagia, sukses, dll di akherat nanti....

0 0
0
Halaman 121 dari 229
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia