Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
699
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5594f3e3dc06bd95178b4568/dhuaarr-mengenal-petasan-mercon-amp-jenis-jenisnya
:maafaganAssalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh:maafaganwati Selamat Datang Di Thread Unitedd Mudah"han Tidak Repost :repost2 Ada sebuah kegiatan khas yang dilakukan Masyarakat Indonesia k
Lapor Hansip
02-07-2015 15:18

DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!

Past Hot Thread
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
emoticon-Maaf AganAssalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuhemoticon-Maaf Aganwati
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost
emoticon-Purple Repost

Quote:
Quote:
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!

Ada sebuah kegiatan khas yang dilakukan Masyarakat Indonesia ketika bulan puasa tiba, salah satunya adalah maraknya penjual petasan di pinggir jalan. Meskipun keberadaannya dilarang oleh kepolisian karena membahayakan, tetap saja pedagang ini masih berkeliaran dan menjajakan petasan yang begitu digemari anak-anak.

Sudah banyak kasus mengenai penyalahgunaan petasan yang berujug pada luka-luka bahkan korban jiwa, namun nampaknya, petasan tetap dirindukan masyarakat karena menambah semaraknya Bulan Ramadan ini. Meskipun cara memainkan petasan cenderung sama.
Quote:
Quote:
Asal Usul Mercon
petasan
Petasan (juga dikenal sebagai mercon) adalah peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas, biasanya bersumbu, digunakan untuk memeriahkan berbagai peristiwa, seperti perayaan tahun baru, perkimpoian, dan sebagainya. Benda ini berdaya ledak rendah atau low explosive. Bubuk yang digunakan sebagai isi petasan merupakan bahan peledak kimia yang membuatnya dapat meledak pada kondisi tertentu.

Quote:
Sejarah Petasan
mercon
Sejarah petasan bermula dari Cina. Sekitar abad ke-9, seorang juru masak secara tak sengaja mencampurtiga bahan bubuk hitam (black powder) yakni garam peter atau kalium nitrat, belerang (sulfur), dan arang dari kayu (charcoal) yang berasal dari dapurnya. Ternyata campuran ketiga bahan itu mudah terbakar.

Jika ketiga bahan tersebut dimasukan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya yang lalu dibakar dan akan meletus dan mengeluarkan suara ledakan keras yang dipercaya mengusir roh jahat. Dalam perkembangannya, petasan jenis ini dipercaya dipakai juga dalam perayaan pernikahan, kemenangan perang, peristiwa gerhana bulan, dan upacara-upacara keagamaan.

Baru pada saat dinasti Song (960-1279 M) didirikan pabrik petasan yang kemudian menjadi dasar dari pembuatan kembang api karena lebih menitik-beratkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di angkasa hingga akhirnya dibedakan. Tradisi petasan lalu menyebar ke seluruh pelosok dunia.


Quote:
Quote:
Macam - Macam Petasan/Mercon
Quote:
1. Petasan Cabe Rawit
dorrr
Kecil-kecil meriah, mungkin itu julukan yang tepat bagi petasan yang satu ini. Panjangnya hanya sebesar korek api, namun bunyinya ketika meledak cukup membuat telinga menjadi pekak. Petasan ini memiliki harga yang relatif murah dank arena itulah petasan ini menjadi petasan yang paling sering kita jumpai.

Quote:
2. Petasan Kentut
dorrr
Bagi anda yang menggemari film ninja pasti familiar dengan petasan yang satu ini karena sesungguhnya, petasan ini adalah bom asap yang biasa digunakan di film-film. Jika petasan lain dinyalakan untuk membuat percikan api dan suara yang menggelegar, petasan yang satu ini justru hanya mengeluarkan asap dan bau belerang yang tidak sedap. Karena bau inilah, bom asap ini lebih dikenal dengan sebutan petasan kentut.

Quote:
3. Petasan Teko
dorrr
Bentuknya bulat besar dengan diameter kurang lebih 8 centimeter. Sumbunya sengaja dibuat panjang agar yang menyalakan memiliki waktu yang cukup untuk bersembunyi dan melindungi diri. Mengapa harus bersembunyi? Karena petasan ini memiliki daya ledak yang cukup besar! Sempat muncul di berbagai pemberitaan mengenai luka yang diakibatkan karena petasan yang satu ini. Karena itulah, sebaiknya anak-anak didampingi oleh orang dewasa saat menyalakan petasan ini.

Quote:
4. Petasan Banting
dorrr
Bisa dibilang, jenis petasan yang satu ini relatif aman karena cara bermainnya tanpa perlu disulut api dan hanya mengeluarkan suara "ctarr". Harganya pun terjangkau dan cara bermainnya cukup dengan membanting sekuat tenaga petasan tersebut ke tanah atau aspal sampai ia mengeluarkan bunyi. Petasan banting ini memiliki struktur yang sangat sederhana, bahkan beberapa orang bisa membuatnya sendiri. Jika terdiri dari banyak bahan peledak, petasan ini bisa jadi berbahaya.

Quote:
5. Petasan Disko
dorrr
Inilah petasan yang cocok buat kamu-kamu yang berjiwa ajep-ajep. Cukup sulut sumbu petasan ini, dan akan muncul cahaya kelap-kelip bak lampu diskotik (hari gini masih ada yang ke diskotik ga sih?). Petasan ini juga tidak menimbulkan suara, tapi kamu jangan kuatir dong. Kamu kan tetep bisa memutar lagu-lagu ajep-ajep andalan kamu untuk mengiringi aksi petasan ini. Volumenya yang pol ya, biar tetep bisa ganggu tetangga.

Quote:
6. Petasan Pukul/Gepuk
dorrr
Kalo diane disebutnya mrecon gepuk
cara memainkannya pun mudah, hanya perlu dipukul dengan batu maka akan bunyi, Cetokk, ahhaha
suaranya biasa aja si, tidak cetar.
Ni petasan cocok buat yg newbie, atau yang masih takut buat mbunyiin petasan yg lebih tinggi levelnya.

Quote:
7. Petasan Jangwe
dorrr
Yak. Sejenis petasan roket, tapi kalo jangwe itu versi tradisionalnya kali ya. Biasanya berwujud lintingan kertas dan ada pegangannya gitu, bisa dari lidi-lidian atau kayu tipis. Petasan jangwe ini menimbulkan bunyi yang lumayan bikin kaget, tapi juga cukup kece karena nggak cuma bunyi doang tapi muncul pula ledakan berwarna-warni. Lumayan semarak lah. Sodaraan ama si petasan jangwe ini adalah petasan air mancur yang memancarkan percik api kalau sumbunya dinyalain.

Quote:
8. Petasan Batu
dorrr
Petasan ini kayaknya emang diciptain buat ngisengin orang. Wujudnya kayak batu gitu, terus biasanya dinyalain sambil digelindingin ke tanah dan tiba-tiba meledak gitu. Bikin kaget banget deh pokoknya. Petasan ini adalah salah satu dari duo petasan iseng-iseng yang memancing paling banyak sumpah-serapah. Nah, yang satu lagi adalah petasan banting. Cara ngebunyiinnya ya dengan dibanting.

Quote:
9. Petasan Bledosan/Mercon Bumbung
dorrr
Sering juga disebut petasan bambu karena emang terbuat dari bambu
Petasan ini emang gak bisa ditemuin di toko-toko lagi karena biasanya bikin sendiri gitu deh.Dibuat dari bambu petung yang konon lebih besar dan tebal. Nah, dalemnya bambu ini diisi karbit dan air. Kadang-kadang juga bisa menggunakan minyak tanah. Terus, cara membunyikannya ya dengan disulut api dari kejauhan. Jangan lupa sambil siap-siap tutup kuping juga soalnya bunyinya emang nyaring banget

Quote:
10. Petasan Gangsing
dorrr
petasan yg didesain buat muter doang tapi seru gan kebanyakan sih ane sama temen2 dibuat main sepakbola jg

Bonusss
Quote:
[NOSTALGIA] Petasan Dari Busi
dorrr
Petasan murah meriah buat menyambut bulan puasa.


Quote:
Hukuman
hukum
Petasan dan sebangsanya memang barang gelap, artinya benda larangan. Sejak zaman Belanda sudah ada aturannya dalam Lembaran Negara (LN) tahun 1940 Nomor 41 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Bunga Api 1939, di mana di antara lain adanya ancaman pidana kurungan tiga bulan dan denda Rp 7.500 apabila melanggar ketentuan "membuat, menjual, menyimpan, mengangkut bunga api dan petasan yang tidak sesuai standar pembuatan".

Mungkin karena peraturan tersebut sudah kuno dan terlalu ”antik”, maka pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam peraturan,
sudah menyiapkan jerat hukum berupa UU Darurat nomor 12 Tahun 1951 bagi para pelanggarnya.
"Ancaman hukumannya sampai dengan seumur hidup apabila proses atau mekanismenya sesuai dengan Undang-Undang tersebut,"

Petasan yang dilarang beredar telah diatur dalam Perkap nomor 2 tahun 2008. Yakni, petasan yang mengandung bahan peledak, memiliki potensi seperti bom low explosive, dan beberapa jenis petasan lainnya (lihat grafis).


Quote:
kalo tips/trik ane si, jangan bermain petasan bilamana ada aparat berkeliaranemoticon-Hammer (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Peacejustkiddingemoticon-kisssing
BAHAYA

ane suka kebijakan pelarangan mercon ini karena dalam prakteknya cukup tegas terhadap para pelaku baik produsen maupun konsumen. Dalam banyak kebijakan, pemerintah seringkali hanya tegas di sisi konsumen saja namun masih ramah terhadap produsennya.




Tambahan KaskuserQuote:Original Posted By sedikeok
kalo ini termasuk petasan apa?
YG G KUAT JANGAN BUKA!!


emoticon-Ketupatemoticon-Bedug emoticon-Ketupat

DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
emoticon-I Love Kaskus (S)Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HTemoticon-I Love Kaskus (S)
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
Recomend HT
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
Diubah oleh unitedd
profile-picture
heeres memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 22 dari 36
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:27
maenan ane dulu tuh haha
petasan kentut sama petasan disko emoticon-Stick Out Tongue

0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:28
Serasa nostalgia ke masa lalu emoticon-Ngakak
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:29
Ane paling takut sama petasan cabe rawit emoticon-Hammer2
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:29
mercon cabe cabean gaada ya gan?😂emoticon-Ngakak
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:34
Duarrrrrrrrrrrrrrrrrrrr Bikin kaget aja gan.. emoticon-Hammer
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:35
petasan dr busi dlu sering buat wktu kecil peluru nya pentolan korek atau petasan gepuk...nostalgia bnget emoticon-Ngakak
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:36
sekarang sudah sepi petasan gan, sejak isu terorisme menjangkit masyarakat
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:39
Haha elpiji ijo ijo itu gan, petasan generasi terbaru, lebih gebyarrr
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:42
ane maenya, pake nitrogen gan, dioplos 5 liter plutonium ama 5 liter uranium.. Trus ane ledakin, biar greget..
emoticon-Cool
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:43
Petasan tarik ga ada gan.. Petasan yg ujung2nya pake tali.. Tinggal ditarik talinya br mletus gan..
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:45
yang wow itu petasan teko gan, banyak orang sampai kehilangan tangan bahkan kehilangan nyawa karena bermain petasan teko emoticon-Takut
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:46
mercon pukul klo kampung ane nmanya mercon pangkong
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:46
jadi inget ane waktu kecil gan... perang petasan ampe di marahin nyokap
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:48
dopost req del emoticon-Hammer2
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:53
Petasan disko gan paling asoy
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:53
Di kampung gue mainan petasan pake karbit
Kek meriam gitu keren emoticon-Cool
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:58

WARNING!

tragedi Randudongkal paling TOP deh buat pembelajaran!
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 22:58
Lpg 3kg dulu juga ngetrend bos.....jadi mercon
0 0
0
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!
04-07-2015 23:00
udah tau illegal, masih aja dijual!
pas lagi bulan puasa sekarang, entah kenapa malam - malam (bahkan subuh), banyak banget bocah di deket rumah gw yang main petasan.
berisik banget, pengen gw doain kena tangannya biar tau rasa...
0 0
0
Halaman 22 dari 36
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia