nawanzidane
TS
nawanzidane
KELEMAHAN MOTOR MATIC YANG WAJIB DIKETAHUI

1.Cenderung boros

Tidak ada yang menyangkal, motor matic memang cenderung boros dibanding dengan motor manual. Walaupun sudah menggunakan teknologi injection, satu motor manual dan satu motor matic dengan cc yang sama, akan menghasilkan keiritan bahan bakar yang berbeda.

Memang hal tersebut tetap tergantung dari pemakaian. Jika sering menggeber/membetot gas di motor matic, jelas itu sangat berpengaruh.

2.Diameter roda kecil
Diameter roda pada motor matic memang kecil. Hal tersebut berimbas pada kenyamanan di jalan. Motor akan sangat sensitif dengan permukaan jalan yang tidak rata, khususnya jika melewati polisi tidur yang cukup tinggi.

Jalan berlubang, bergelombang, dan bebatuan adalah musuh besar motor matic. Jika lingkungan rumah Anda bukan termasuk medan ideal matic, sebaiknya Anda tetap menggunakan motor manual.

3.Harus rajin ke bengkel
Karena digerakkan dengan CVT (continuously variable transmission) maka Anda wajib rajin-rajin melakukan pengecekan di bengkel, karena sekali saja lengah, maka CVT akan lebih mudah terasa berat. Kenyamanan berkendara jelas akan terganggu.

4.Biaya perawatan cenderung lebih mahal
Sudah dibahas sebelumnya, jika terjadi kerusakan yang berawal pada kelalaian Anda untuk melakukan pengecekan rutin di bengkel, maka petaka bagi Anda.

Mengapa?

Biaya perawatan matic cenderung lebih mahal ketimbang motor manual. Maka dari itu, Anda pun harus siap dengan segala kemungkinan. Selain perawatannya yang cukup ribet, biaya pun menjadi beban bagi Anda.

5.Rawan untuk beban berat
Ini mutlak. Sebab bagaimana pun matic yang hadir di a pasar Indonesia menggunakan monoshock, atau satu shockbreaker saja. Yang mana kekuatannya tak akan setangguh dengan motor manual yang menggunakan dualshock.

Dari segi kekuatan akan sangat berpengaruh. Jika Anda ingin membeli motor matic untuk bertempur dengan beban berat, sebaiknya jangan.

0
11K
99
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.