News
Batal
KATEGORI
link has been copied
185
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55812fd11ee5df63478b4567/waduh-jokowi-marah-marah-di-tanjung-priok-ini-kronologinya
Presiden Joko Widodo marah besar ketika sidak ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 17 Juni 2015. Jokowi marah lantaran menemukan tak ada perubahan sejak pertama kali dia datang ke pelabuhan itu, beberapa bulan lalu. Kemarahan itu dimulai ketika semua yang mendampinginya pada saat sidak, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, Direktur Utama PT Pelindo II, Rich
Lapor Hansip
17-06-2015 15:29

(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya

Presiden Joko Widodo marah besar ketika sidak ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 17 Juni 2015. Jokowi marah lantaran menemukan tak ada perubahan sejak pertama kali dia datang ke pelabuhan itu, beberapa bulan lalu.

Kemarahan itu dimulai ketika semua yang mendampinginya pada saat sidak, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Jorge Lino, dan seorang pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan tak memberikan jawaban yang dia inginkan.

Pada saat berada di ruang pantauan terpadu, Indroyono memaparkan mengenai waktu tunggu dan bongkar muat barang atau dwelling time kepada Jokowi. Ternyata dwelling time itu masih sangat lama. Sehingga Jokowi menanyakan apa yang membuat dwelling timenya sangat lama.

"Jadi yang menyebabkan paling lama itu instansinya apa?" tanya Jokowi.

Namun, Indroyono memberikan jawaban yang tak diharapkan. Di mana, dia justru menyalahkan pengusaha yang kerap tidak memiliki izin ketika mereka membawa barang yang berbahaya.

Kemudian, Jokowi kembali bertanya instansi apa yang pengurusan izinnya paling lama. "Pasti ada yang paling lama, enggak percaya saya, instansi mana itu yang paling lama, itu yang saya kejar. Coba cek," kata Jokowi.

Tapi, jawaban kembali tak didapatkan oleh Jokowi. Salah seorang pejabat bea cukai justru menjelaskan bahwa ada kapal yang meminta izin bongkar pada tanggal 13 Mei, tetapi dia harus izin terlebih dahulu pada tanggal 25 Mei, sehingga antara barang turun dan izin memakan waktu 12 hari.

"Itu yang kasus, yang rutin biasa barang-barang umum pasti ada yang paling lama urus di sebelah mana. Dibuka saja," kata Jokowi kembali bertanya.

Jokowi sudah menanyakan hal yang sama sebanyak delapan kali, namun jawaban tak kunjung dia dapatkan. Hal inilah yang membuat dia marah besar dan tiba-tiba mengajak kementerian/lembaga terkait itu untuk rapat mendadak di kantor Pelindo II.

Dalam rapat itu, Jokowi marah besar kepada mereka. Jokowi menekankan bahwa dia ingin pelayanan secepat-cepatnya dan tak ingin ada lagi waktu tunggu kapal yang terlalu lama.

"Urusan kita adalah urusan melayani, kita sebagai institusi pemerintah baik di kementerian dan lembaga, saya hanya ingin kita bisa mendekati dwelling time negara-negara tetangga kita," kata Jokowi kepada mereka.

Menurutnya, saat ini, Indonesia sudah sangat lama melakukan praktek dwelling time yang sangat lama. Ada yang tiga hari, 20 hari, bahkan 25 hari.

"Itu yang harus diselesaikan, entah urusan dengan karantina, perdagangan, saya enggak mau tau. Saya ingin mendekati negara-negara tetangga," ujar dia.

Sebab, kata dia, negara mengalami kerugian besar atau senilai Rp780 triliun akibat waktu tunggu yang terlalu lama.

Ancaman Pemecatan

Mantan Gubernur DKI itu mulai marah ketika pada saat peninjauan selalu dilaporkan hal-hal yang baik. Padahal, masih banyak masalah yang harus dilaporkan sehingga dapat diselesaikan.

"Saya jangan diceritain yang baik-baik. Saya tadi tanya tiga kali hal yang tidak baik, siapa paling lambat, instansi mana yang paling lambat. Kita harus perbaiki, bukan buat apa-apa," lanjutnya.

Dalam rapat itu, Jokowi protes ketika dia bertanya hal apa yang masih kurang, namun tidak ada yang menjawab. Inilah yang membuat Jokowi marah besar. Meski tidak dengan nada tinggi, namun Jokowi mengancam akan mencopot semua pejabat yang berkaitan dengan pelabuhan.

"Kita harus terbuka, saya tanya enggak ada jawabannya, ya saya cari sendiri jawabannya dengan cara saya. Kalau sulit bisa saja dirjennya saya copot, pelaku di lapangan saya copot, bisa juga menterinya yang saya copot," tegasnya.

Jokowi ingin agar setiap permasalahan segera dilaporkan ke dia. Sehingga dia bisa memberikan fasilitas yang diperlukan untuk memperbaiki kekurangan itu.

"Artinya kalau ada sesuatu sampaikan, pak kalau saya ada seperti ini, tetapi saya butuh ini. Itu yang saya butuhkan, hari ini sebenarnya," kata dia.

Atas temuan ini, Jokowi memberikan waktu lagi kepada mereka untuk memperbaiki dwelling time. "Nanti semuanya akan saya cek di lapangan dengan cara saya sendiri," kata dia.

Pada saat dia penjadi Presiden terpilih dan belum dilantik, Jokowi berkunjung ke Tanjung Priok. Di sana, dia menargetkan pada tahun 2018 kapasitas Pelabuhan Kalibaru atau yang disebut The New Tanjung Priok dapat naik dua kali lipat dari kapasitas saat ini.

Mantan Walikota Kota Solo itu menjelaskan salah satu hal yang membebani biaya logistik dan menghambat kelancaran distribusi barang adalah waktu tunggu dan bongkar muat barang atau dwelling time.

Saat ini, di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Kalibaru dwelling timenya sekitar 5,2 hari. Nantinya, diharapkan dwelling time dapat dipersingkat menjadi 4 hari.

Jokowi menuturkan dengan pembangunan pelabuhan baru ini diharapkan beban logistik dapat ditekan sehingga harga barang-barang, terutama di wilayah Indonesia Timur, menjadi lebih murah dan sama dengan harga barang di Pulau Jawa.

"Kalau bongkar muat kapal cepat kan biaya kapalnya lebih murah. Tentu harga-harga barang juga jadi lebih murah," kata Jokowi ketika itu.

Namun, pada kunjungannya kali ini, tak ada perubahan sedikitpun dengan masalah dwelling time.

http://nasional.news.viva.co.id/news...edium=facebook

Pak dhe marah emoticon-Takut emoticon-Takut
Diubah oleh bonta87
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 10
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:40
Quote:Original Posted By kolamaya


Nah itu ada menko kemaritiman...
Kalo ga bisa ngatur, ya ngapain jadi menko


oh masih ada menkonya yah... ya udah pecat sekalian... emoticon-Ngacir
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:41
Presiden kok kampunganemoticon-Cape d...
Semua ada SOP kerjanya

Tinggal dicek tuh udah sesuai SOP kerja ato belum

Presiden kok dongokemoticon-DP
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:46
Quote:Original Posted By ical.dagu
Mampus loe di pecat, lo kira ini jamannya kebo yang doyan tidur emoticon-Cool


pecat aja yg gak becus ngurusin pelabuhan... ini bukan cerita lama model gini di pelabuhan...
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:48
Anjink smua itu pak !!!! Tukang peres

Pecat aja pak.. bangke di piara bikin emosi ngurus bongkar muat barang di tg priok

emoticon-Marah


Buat loe yg belom pernah ngerasain ngurus izin bongkar di pelabuhan priok , gak usah byk bacot
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:49
"Urusan kita adalah urusan melayani, kita sebagai institusi pemerintah baik di kementerian dan lembaga, saya hanya ingin kita bisa mendekati dwelling time negara- negara tetangga kita," kata Jokowi kepada mereka.


sudah jelas kan? melayani

emoticon-Ngakak
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:54
Quote:Original Posted By cuman.numpang
pertanyaan goblok.
tiap instansi proses perlu waktu yang beda.
punya masalah yang beda.
dan untuk tiap jenis barang yang beda, juga beda waktu urusnya di tiap instansi emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By ....

"Artinya kalau ada sesuatu sampaikan, pak kalau saya ada seperti ini, tetapi saya butuh ini. Itu yang saya butuhkan, hari ini sebenarnya," kata dia.
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:55
kalau yang nggak becus yang ngurus pecat aja,
tapi kalau yang diurus juga nggak becus gimana? suruh balik kanan aja?
yakin itu pengusaha/importir/exportir documentnya lengkap?
yakin itu manifest sesuai dengan barang?
kalau pns/pegawai dipecat, kalau pengusaha gimana?
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 17:57
Ada media kan, ya pantes lah, action..cut emoticon-Malu (S)
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:00
saya ulang "coba cek"

emoticon-Cool
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:00
jokowi ketularan ahok yah jd suka marah2? emoticon-Big Grin
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:02
Pelabuhan tanjung priuk lamban kali itu,,perlu di bekukan juga itu emoticon-Mad
Diubah oleh whaderick
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:06
Quote:Original Posted By mibnkilab


jangan, gak kesian apa ?
panasbung sudah begini :

(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya

apa mau dibuang kelaut gitu ?


Buset surem bener masa depannya yang di foto
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:15
Tanya aja pelaku bisnis nya langsung pasti ketahuan dimana masalah nya
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:16
8 kali tanya, 8x ga dapet jawaban yg diharapkan, ini ga ngerti apa ga nangkep? Yg goblok siapa?

Contohnya ini :

Quote:Namun, Indroyono memberikan jawaban yang tak diharapkan. Di mana, dia justru menyalahkan pengusaha yang kerap tidak memiliki izin ketika mereka membawa barang yang berbahaya.


Kalau bawa barang bahaya ga ada izinnya main asal lolos aja?
Kasian tuh menteri, copas cara majikannya main salahin orang lain malah kena omel emoticon-Big Grin


Quote:Saat ini, di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Kalibaru dwelling timenya sekitar 5,2 hari. Nantinya, diharapkan dwelling time dapat dipersingkat menjadi 4 hari.

Jokowi menuturkan dengan pembangunan pelabuhan baru ini diharapkan beban logistik dapat ditekan sehingga harga barang-barang, terutama di wilayah Indonesia Timur, menjadi lebih murah dan sama dengan harga barang di Pulau Jawa.


Bakal ada klaim prestasi lagi nih, New Tanjung Priok lagi berjalan tahap pembangunannya, ntar kalau selesai dwelling time jadi 4 hari, klaim prestasi dia lagi nih bisa jadi cepet, padahal yah birokrasinya ga berubah cuma karna pelabuhan makin besar, kapal yg merapat juga makin banyak emoticon-Big Grin

Quote:Jokowi menuturkan dengan pembangunan pelabuhan baru ini diharapkan beban logistik dapat ditekan sehingga harga barang-barang, terutama di wilayah Indonesia Timur, menjadi lebih murah dan sama dengan harga barang di Pulau Jawa.

"Kalau bongkar muat kapal cepat kan biaya kapalnya lebih murah. Tentu harga-harga barang juga jadi lebih murah," kata Jokowi ketika itu.


Lagi2 goblok kuadarat, ga ada hubungan waktu dwelling time lebih murah, harga barang bakal jadi lebih murah!
Namanya orang cari keuntungan yah bisa sebesar2nya, mau dwelling time kurang 1 hari, apa yakin pengusaha mau turunin harga jual barangnya? Khan masalahnya juga bukan di dwelling time tapi regulasi dan birokrasi juga pengaruh, goblok nih wiwi!!!

Trus apa hubungannya dengan harga barang di Indonesia Timur? Waktu debat udah dibilang salah goblok kata2 itu lagi dipake!
Ga mungkin harga barang di Indonesia Timur itu bakalan sama dgn di pulau jawa, karna yg jadi masalah bukan di pelabuhan kalau kayak di papua, tapi juga infrastruktur dari pelabuhan yg blon dibangun dan harus pake pesawat!
Juga selama barang itu dari Jawa didistribusikan tetep ga bakalan sama, kecuali bangun pabrik di sana dan pake tenaga kerja lokal di sana, baru deh murah!!!

Wiwi goblok sok bicara ekonomi biar keliatan intelek, pake marah2 tapi goblok yah tetep goblok!!!

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:27
semoga ada perbaikan di pelabuhan tanjung priok emoticon-Malu
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:30
Quote:Original Posted By rsryomantap2
8 kali tanya, 8x ga dapet jawaban yg diharapkan, ini ga ngerti apa ga nangkep? Yg goblok siapa?

Contohnya ini :



Kalau bawa barang bahaya ga ada izinnya main asal lolos aja?
Kasian tuh menteri, copas cara majikannya main salahin orang lain malah kena omel emoticon-Big Grin




Bakal ada klaim prestasi lagi nih, New Tanjung Priok lagi berjalan tahap pembangunannya, ntar kalau selesai dwelling time jadi 4 hari, klaim prestasi dia lagi nih bisa jadi cepet, padahal yah birokrasinya ga berubah cuma karna pelabuhan makin besar, kapal yg merapat juga makin banyak emoticon-Big Grin



Lagi2 goblok kuadarat, ga ada hubungan waktu dwelling time lebih murah, harga barang bakal jadi lebih murah!
Namanya orang cari keuntungan yah bisa sebesar2nya, mau dwelling time kurang 1 hari, apa yakin pengusaha mau turunin harga jual barangnya? Khan masalahnya juga bukan di dwelling time tapi regulasi dan birokrasi juga pengaruh, goblok nih wiwi!!!

Trus apa hubungannya dengan harga barang di Indonesia Timur? Waktu debat udah dibilang salah goblok kata2 itu lagi dipake!
Ga mungkin harga barang di Indonesia Timur itu bakalan sama dgn di pulau jawa, karna yg jadi masalah bukan di pelabuhan kalau kayak di papua, tapi juga infrastruktur dari pelabuhan yg blon dibangun dan harus pake pesawat!
Juga selama barang itu dari Jawa didistribusikan tetep ga bakalan sama, kecuali bangun pabrik di sana dan pake tenaga kerja lokal di sana, baru deh murah!!!

Wiwi goblok sok bicara ekonomi biar keliatan intelek, pake marah2 tapi goblok yah tetep goblok!!!

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


PERLUASAN PELABUHAN ITU PRESTASI JJJJOOOKOWWWUUUIII!!

DASAR ANTEK FPI PKS WAHABI PRABOWO!!

emoticon-Marah emoticon-Marah
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:32
Quote:Original Posted By mibnkilab


jangan, gak kesian apa ?
panasbung sudah begini :

(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya

apa mau dibuang kelaut gitu ?


yg tidur klo goyang dikit nyebur itu emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:35
itu yg rugi pemerintah
yg bea cukai untung gede soal ulur waktu.mau cepet duit dulu
pd gk percaya?
brg kw dtg dr mana coba mikir
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:36
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

jongoswi ngapal istilah dweling time dari tim pembisik.. berapa hari ya kira kira.. Nyambungnya kemana mana..

Dweliing time dwelling time.. Nantinya harga murah!! Hari senin harga naiiiik!!

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
0 0
0
(Waduh) Jokowi Marah-marah di Tanjung Priok, Ini Kronologinya
17-06-2015 18:37
Quote:Original Posted By david leonard
kalau yang nggak becus yang ngurus pecat aja,
tapi kalau yang diurus juga nggak becus gimana? suruh balik kanan aja?
yakin itu pengusaha/importir/exportir documentnya lengkap?
yakin itu manifest sesuai dengan barang?
kalau pns/pegawai dipecat, kalau pengusaha gimana?


karena jokowi dulu pengusaha, maka pengusaha tak pernah salah 100%. pengusaha juga ada oknum yg suka main potong kompas, ga mau ikut aturan.

the client is always right :thumbsup:
Diubah oleh wiry
0 0
0
Halaman 5 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia