Ketika kamu menginjakkan kaki di dunia kerja, lingkunganmu isinya nggak cuma rekan-rekan kerjamu aja. Semua orang yang terkait sama perusahaanmu itu penting dan kamu perlu jaga relasimu dengan mereka. Salah satu yang paling penting juga adalah bosmu. Tidak semua orang memiliki bos yang baik, pengertian dan super sabar seperti di film-film. Buat kamu yang merasa susah 'PDKT' dengan bosmu, mungkin bisa lakukan 11 cara ini supaya hubunganmu menjadi baik.
Quote:
1. Biasakan Dirimu Bekerja dengan Giat dan Rajin
Quote:
Bekerja secara giat dan rajin menunjukan etos kerjamu yang kuat. Kamu bisa menunjukan value-mu dibandingkan dengan karyawan lainnya. Alhasil, bosmu akan memberikan perhatian yang besar atas semangat kerjamu itu.
Quote:
2. Jangan Suka Menunda Pekerjaan
Quote:
Biasakan untuk tidak menunda pekerjaan yang seharusnya di kerjakan sekarang. Janganlah kamu menundanya karena ini bisa menjadi nilai plus di mata atasan kamu.
Quote:
3. Tunjukan Sisi Ceriamu, Sapa Atasan Kamu dengan Penuh Semangat
Quote:
Jika ruanganmu dan atasan berbeda, tak ada salahnya jika mampir sebentar ke ruangannya untuk sekadar menyapa atau ngajak ngopi bareng.Tak perlu terlibat dalam percakapan panjang, tapi hal ini sudah cukup menunjukan bahwa kamu menghargai keberadaan atasanmu.
Quote:
4. Berikan Pujian kepada Atasanmu
Quote:
Bosmu juga manusia dan mereka perlu tahu bahwa mereka sudah bekerja keras dan memberikan kontribusi dalam memajukan perusahaan. Pujian yang sepenuh hati bisa membuat mereka senang dan membesarkan hatinya."Bukan pujian yang lebay juga"
Quote:
5. Hindari Sikap Sok Tahu
Quote:
Ketika atasanmu melakukan sesuatu yang membingungkan, jangan berusaha mengintepretasikan sendiri. Tapi, tanyakan langsung apa maksud pernyataannya. Ini untuk menghindari kesalah-pahaman. Jangan langsung mendebatnya atau bahkan terlalu sok tau.
Quote:
6. Jangan Bawa Masalah Pribadi ke Kantor
Quote:
Membawa masalah pribadi ke kantor hanya akan membuatmu terlihat tidak profesional dan bekerja asal-asalan.
Quote:
7. Patuhi Ucapan Atasanmu
Quote:
Jangan pernah membantah ucapan atasanmu karena ini akan berpengaruh pada masa depan pekerjaanmu nanti. Jika kamu menurut, itu menunjukan kepada atasanmu bahwa kamu orangnya mudah diatur dan bisa diajak kerjasama dengan baik."Terlalu jd penurut jg gak bagus.Seandainyapun ada bantahan bisa kamu kasih argumentasi yang pas & bisa di mengerti oleh atasan kita"
Quote:
8. Tunjukan Inisiatifmu
Quote:
Jadilah pribadi yang aktif dalam memberikan pendapat dan masukan. Tapi ingat, yang kamu tunjukan disini adalah sikap membantu, jangan sok tau!
Quote:
9. Selalu Antusias dalam Segala Hal
Quote:
Jangan acuh dengan kondisi sekitarmu di kantor. Meskipun ada hal yang se-simple apapun, tetaplah tunjukan kalau kamu perhatian dengan hal tersebut. Setiap atasan suka dengan karyawan yang sering antusias dan terlibat dalam hal-hal tersebut dibandingkan mereka yang selalu acuh dan tidak ada keaktifan sama sekali.
Quote:
10. Terbukalah dengan Masukan atau Kritikan dari Atasanmu
Quote:
Jangan mudah terprovokasi dengan kritikan atau masukan yang pedas dari bosmu. Tunjukan bahwa kamu menerima masukan dan mau berubah untuk menjadi yang lebih baik lagi.
Quote:
11. Jadilah Contoh yang Positif untuk Rekan-rekan Kerjamu
Quote:
Tunjukan bahwa ucapan, perilaku dan tindakan kamu bisa menjadi contoh positif dari orang-orang di lingkungan kerja. Tidak perlu muluk-muluk, mulailah dengan hal yang simple, berdoalah sebelum bekerja.
Silakan kamu coba dan lihat hasilnya sendiri. Kamu bakal tersenyum ketika sadar hubungan kerja dengan bosmu membaik..Aamiin