saliwoAvatar border
TS
saliwo
Kupas tuntas cara ane mendapatkan penghasilan dari dropship
Assalamu'alaikum wr.wb
Sudah lama sekali ane ga bikin thread di kaskus tercinta ini, karena sibuk urusan pkerjaan. Dan sekarang ane mw berbagi cara ane bisnis dropship lewat internet tanpa modal alias 0. Tanpa bekerja keras semua sia-sia belaka, cuma bikin ngiler aja emoticon-Big Grin. Sebelum masuk ke pembahasan, yang harus agan punya agan harus punya niat, dan mau bekerja keras. Dan ada syarat lainnya yang menurud ane adalah wajib jika tdk ya agak sulit untuk menjadi dropshiper.
1. Punya hp untuk transaksi
2. Internet untuk pengecekan, ongkir dll
3. ATM minimal BRI atau apa lah, BCA lebih baik
Langsung aja ya gan, beberapa cara ane sebagai berikut:
1. Pemilihan produk yang akan di dropship
2. Pemilihan suplier yang terpercaya dan termurah
3. Pembuatan facebook khusus jualan produk yang mau dipasarin. (perkiraan 1bulan)
4. Pembuatan fanpage untuk pemasaran. (2bulan)
5. Cara promosi yang benar (Menurud ane)
6. Cara order di supliar
7. Pembuatan website (2 hari)
8. Strategi pemasarannya.
9. Cara menghadapi kustomer

1. Pemilihan Produk
Kalau ane memilih produk yang banyak disukai, yaitu produk ce gan. seperti baju, tas, sepatu, sandal dll. Banyak gan.
2. Pemilihan suplier
Untuk memilih suplier yang murah itulah pilihan kita. Ane sendiri milih di tokopedia karena di sana sistemnya jelas dan tidak bakal tertipu karena pihak tokopedia sebagai piranti ke 3. Terus bagaimana cara memilih suplier yang bagus dan recommended di tokopedia. Silakan simak gan.
1. Login ke tokopedi (Kalau belum pnya daftar gan)
2. Misal ya gan, ane mw pilih baju wanita.
-Klik kategori


- klik pakaian wanita, untuk menampilkan baju wanita



- Klik dress, maka akan terlihat dress wanita, bermacam-macam variasi

- Maka akan terlihat pakaian2 ce gan, di bawah, klik urutan-pilih penjualan, untuk menampilkan penjualan paling banyak

Maka akan tampil penjualan paling laris, dengan ini kita dapat memilih produk yang paling laris dan paling murah beserta recommended. Pilih yang paling atas sendiri, misal ane klik sebelah kiri atas. Lalu klik itemnya.

Di atas sudah terlihat penjualan sampai 535, lalu apakah bisa dijadikan buat dropship kita? untuk itu silakan lihat testimoni atau review dari yang sudah membeli dan bintang yang sudah dikasih sama pembeli.

Di atas terlihat penjual mendapat bintang 3, kalau menurud ane bintang 3 adalah review yang kurang bagus, untuk itu kita cari suplier lainnya.
Kembali ke tdi, pada waktu pencarian produk dress.

Ane contohkan lagi klik pada "diana maxi+atasan brukat+phasmina" maka akan tampil seperti dibawah

Maka terlihat item yang sudah terjual 224, penjualan yang cukup lumayan laris. Sekarang kita lihat apakah recommended atau tidak, silakan sihat reviewnya dibawah:


dari review kita lihat, produk yang dijual lumayan bagus, karena memiliki bintang 4, kalau saya sndri saya cari bintang minimal 4,2 soalnya kita sekarang dropship pilihlah dri suplier yang paling bagus.
Maka agan bisa mencarinya seperti contoh yang udh ane jelasin sebelumnya.

Carilah suplier dari tokopedia yang online setiap hari gan, jadi setiap ada apa2 kita bisa langsung ngehubungi suplier nya, lihat di aktivitasnya.
Caranya lihat, klik aja item yang sudah tadi ane contohin, lihat disebelah kanan-apakah online hari ini, atau kemaren atau minggu lalu, carilah suplier yang online terus ditokopedia. Tp kebanykan online terus gan, klu dicari dari penjualan paling laris.

Jangan lupa baca juga ketentuan2 dari suplier, baca dengan cermat gan, apakah nomor resi akan dikirim hari itu juga, atau tentang kebijakan return barang, kita harus pinter2 gan.

Setelah kita sudah menentukan produk, suplier, maka sekarang ini kita akan membuat facebook yang targetted dengan target wanita.
Langsung aja ya gan, ke pembuatan facebook. Kenapa sih ko pake facebook? agan tau sendiri, di negara kita paling demen maenan facebook, makanya ane pake facebook buat pemasarannya.

Membuat akun fb targeted:
1. Buat akun baru >> jangan pake akun pribadi ya gan, khusus untuk jualan aja
2. Silakan buat aja sesuai dengan nama produk yang mau dijual misal, "dress wanita cantik" "dress wanita mewah" dsb
3. Sekarang ini waktunya mencari temen yang tertarget, loh tertarget gmn gan mksdnya? tertarget untuk sasaran pasar kita gan, jadi kita memilih temen yang sesuai dengan pasar kita. Kita langsung aja ya gan. Sasaran yang akan kita contohkan adalah sasaran untuk produk ce, dress wanita, untuk itu cari fanpage yang menjual dress wanita atau baju wanita dsb, saya contohkan fanpage "Muslimah Fashion":


pada fanpage di atas terlihat 372k yang ngelike, untuk menjadi sasaran kita emoticon-Big Grin mencari temen facebook yang potensial. Untuk mencarinya silakan lihat status/promo, lalu kita cari aja yang mau order yang intinya minat dengan produknya.

kita add satu2, warning jangan terlalu cepat add karena akan dikira kita sebagai boot oleh facebook, kita cari aman aja untuk ini, add lah orang max 100 orang/ hari. Add lah orang maximal 100 orang, setelah 1 minggu bersihkan pertemanan yang belum dikonfirm.

Menghapus permintaan pertemanan
Setelah agan add banyak orang mungkin banyak yang belm konfirm pertemanan, untuk mewaspadai banned dari fb, maka kita harus membatalkan pertemanan. Karena kalau ga salah maksimal permintaan pertemanan yang belum disetujui maksimal 50 orang, setelah lebih maka kita akan kena peringatan dari fb. Langsung aja ya gan, caranya sperti di bawah:
1. Login ke fb
2. Lalu klik pada permintaan pertemanan

3. Pilih lihat semua

4. Klik permintaan terkirim

5. Maka akan tampil, permintaan yang masih pending. Sorot mouse diatas permintaan pertemanan, lalu batalkan permintaan.


batalkan semua permintaan yang sudah terkirim, lalu agan add orang baru lagi, lakukan langkah diatas sampai agan mempunyai 500 teman, di sini penulis/ane dlu praktek sudah mempunyai teman 300an, dan alhmdllh udh ada yang order dari temen 300an. Karena memang sudah mempunyai target yaitu target yang sering berbelanja online seperti ce, dan minat dengan produk yang akan kita tawarkan.

Pembuatan Fanpage Targeted
Untuk membuat fanpage targeted kita sma halnya seperti membuat facebook baru gan, jadi kita sama persis seperti pembuatan facebook baru. Fanpage yang kita buat tidak kalah loh gan dengan fanpage yang iklan langsung dari facebook dengan menargetkan gender, umur, tempat tinggal dll. Karena kita memilih sendiri siapa aja yang harus ngelike di fanpage kita.
Setelah ngeadd sampai 5rb orang, atau kalau agan merasa kelmaan ya 1rb orang aja ga apa2. Setelah agan mempunyai teman 1rb orang maka untuk menjadi fanpage kita harus migrasikan facebook menjadi fanpage, mantap kan gan, jadi kita ga perlu biaya untuk pembuatan fanpage dan tidak perlu iklanin ke facebook yang repot2 pakai cc/kartu kredit, karena dengan migrasi aja kita dapat membuat fanpage sendiri. Lalu bagaimana cara migrasinya? simak trus ya gan.
1. Login ke facebook
2. kunjungi >>https://www.facebook.com/pages/create.php?migrate

maka akan terlihat tampilan diatas, karena agan menggunakan facebook baru maka ga usah khawatir karena ga ada data yang penting kan emoticon-Big Grin
3. Lalu pilih kategori jenis fanpagenya

Kalau agan ingin mengganti nama fanpage, agan harus ganti nama akun facebook agan terlebih dahulu, kalu tidak ga bisa gan, ganti nama akun facebook udh bisa kan gan? emoticon-Big Grin ane anggap udh bisa gan, jadi ga ane jelasin di sini.
4. Langkah terakhir, masukin password agan. Jadi lah fanpage baru. Mungkin pas pertama yang ngelike keliatan dikit tetapi agan lihat besoknya lagi bakal sama seperti jjumlah temen agan.


======Lanjut gan emoticon-Big Grin==========
Sebenarnya kmren ane mw ngelanjutin tapi ko tampilan kaskus dh beda jadi puyeng gan, ga biasa hehe.. Terus blm jadi ane lanjutin.
Next ya gan..
Cara Promosi yang benar >>> Menurud ane
Sukses ga nya dalam marketing, sangat berperan penting bagaimana cara menjual suatu produk, jadi ga asal promosi gan. Paling ga ada sedikit bedalah sma lapak sebelah emoticon-Big Grin. Perbedaan itulah yang mungkin bisa menjadi ketertarikan customer untuk membeli produk yang akan kita jual. Berpromosilah yang sehat dan tidak asal prmosi/nyepam ke sana kemari. Buatlah lapak sendiri klu misal di facebook buat group lapak sendiri. Kebanyakan teori ya gan emoticon-Big Grin. Misal mau promosi sapalah customer walaupun dengan sapaan sepele "Selamat pagi, selamat siang, Lagi ngapain dll, apa kabar" karena itu sangat penting untuk hubungan customer/calon customer sama kita. Buatlah keterangan sedetail mungkin barang yang akan kita jual. Dan ajaklah customer untuk ngelike/bagikan produk yang akan kita jual. Misal seperti contoh dibawah:

Selamat pagi sist, Gimana kabar pagi ini? Sehat kan..
Sambil santai, yuk lihat produk kami
Sepatu Kets
bahan kulit sintetis laser
sol docmart
ukuran dan warna tersedia
mocca pink 36 37 38 39 40
harga: Rp. 110.500
======Order========
sms: 0808080808
fanpage: dress murah
website: www.dressmurahmeriah.com
Like dan bagikan ya sist
Terimakasih


begitulah contoh promosi, promosi sperti diatas sudah ane terapkan untuk setiap promosi, dengan hasil ya sangat bgus.. Jadi pertama kita sapa calon customer terlebih dahulu, terus ajaklah calon customer untuk membeli, dan kasih detail sms, fanpage dll untuk order..
jangan sekali2 men tag customer ya, karena menurud ane ga etis/sopan. Kalau misal disuruh ngetag ya ga ap2.

Ada waktu tertentu untuk promosi gan, jgn keseringan promosi, ntr bosan liatnya, waktu prmosi jam 10-11 siang (Saat ibu2 sedang santai) jam 1-2 siang(saat sante juga, klu orng kntor lagi bru aja istrhat psti buka fb dlu emoticon-Big Grin), terus sore sktr jam 3-4 an gan.

Oh iya gan, sebelum promosi buatlah aturan term n conditon di facebook, jadi jelas gan. Berapa jam buka nya, klu ane sperti orang kerja jadi kyak formal gtu emoticon-Big Grin, buka jam 08.00-16.00 (hari senin-jumat) 08.00-12.00(hari sabtu) hari minggu dan libur nasional toko kami tutup.
Misal sperti itu. Walaupun ada yang sms jam 5 sore, ga bakal ane balas gan, karena ane profesional gan, jualannya..
Sma nomor resinya kapan mau dikasih dijelasin juga, klu ane sih 2x24 jam, soalnya dropship kadang agak lama. Tp ga mslah ko sma custmer, yang pnting dijelasin dlu.

sbnrnya ane mw ketik bnyk gan tp ane lagi cape, jadi bsok diterusin lagi yah, klu ada wktu dan umur panjang.. Insya Allah..

maaf kalau kata2nya kurang jelas.. bsok ane bnerin lagi emoticon-Smilie

bersambung
Diubah oleh saliwo 21-08-2015 07:08
0
35.6K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & Research
icon
6.2KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.