others
Batal
link has been copied
5981
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004696226/cleananda-bertanya-evolusionis-menjawab---part-2
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/2081756 yang sudah melebihi batas reply. \t\t\t\t\t\t\t\t\t \t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Lapor Hansip
14-07-2010 12:33

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/2081756 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 283 dari 306
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
02-11-2014 22:38
Quote:Original Posted By JustProp
masih banyak yah yg OOT bahas soal agama.
sains tidak ditujukan mendisaprove agama. namun sebuah kesimpulan yg didasarkan pada bukti dan fakta.

sejauh ini semua bukti dan fakta conform soal evolusi. bagaimana kemudian ini diaplikasikan ke kehidupan sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai umat manusia.

mau bilang teori sampah silahkan saja. tapi itu tidak merefute teori evolusi.
mau tidak percaya meski ribuan bukti2 diajukan juga silahkan saja. tapi sekali lagi tetap tidak merefute teori evolusi.

agama itu dogma tak mungkin sejalan dengan sains yang perlu bukti .
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
01-03-2015 12:44
astaghfirullah thread sesatemoticon-Belo
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
03-04-2015 11:50
Quote:Original Posted By paus.richard
astaghfirullah thread sesatemoticon-Belo


mau ngaku makhluk awloh kek tetap ajah cara reproduksi eluh kayak monyet .... dan gak lebih
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
16-05-2015 21:27
apakah ada buaya di Pulau Jawa? kenapa bisa ada/tidak ada?
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
16-05-2015 21:48
Quote:Original Posted By sturmgewehr
apakah ada buaya di Pulau Jawa? kenapa bisa ada/tidak ada?


saatnya bercanda......bisa ada karena memang hidupnya disitu....bisa nggak ada karena telah punuh

0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
16-05-2015 21:52
Quote:Original Posted By bhre.wijaya


saatnya bercanda......bisa ada karena memang hidupnya disitu....bisa nggak ada karena telah punuh



kalo ada, di daerah mana?
ini pertanyaan gw serius. mungkin kurang pas tanya di sini tp ga ada thread lain yg lbh cocok.
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
16-05-2015 22:35
Quote:Original Posted By sturmgewehr


kalo ada, di daerah mana?
ini pertanyaan gw serius. mungkin kurang pas tanya di sini tp ga ada thread lain yg lbh cocok.


maaf saat ini saya nggak bisa serius.......ada tuh di bonbin......kalau di alam jawa sih kayaknya sudah punah

0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
16-05-2015 22:41
Nanya, apa perbedaan mendasar antara jenis Neanderthal dengan Cro Magnon?
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
26-05-2015 14:02
Quote:Original Posted By bhre.wijaya


maaf saat ini saya nggak bisa serius.......ada tuh di bonbin......kalau di alam jawa sih kayaknya sudah punah



cari2 berita akhirnya nemu
Quote:BUAYA CITARUM RUSAK PULUHAN HEKTARE TANAMAN JAGUNG
KARAWANG, (PRLM).- Puluhan hektare tanaman jagung di Dusun Sukajaya, Desa Warung Bambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang rusak akibat serangan buaya dari Sungai Citarum. Para petani di desa tersebut meyakini serangan tersebut oleh buaya karena mereka sering menemukan telur buaya yang disimpan di sela-sela tanaman jagung.

"Kami yakin ini karen buaya, karena jarak areal tanaman jagung dengan Sungai Citarum hanya sekitar sepuluh meter saja. Serangan biasanya dilakukan di malam hari, karena keesokan harinya warga sering menemukan telur buaya yang disimpan di sela-sela tanaman jagung," ucap Nandang (49), salah seorang petani jagung, Minggu (13/3).
http://www.ahmadheryawan.com/lintas-...tanaman-jagung


Quote:Buaya di Sungai Citanduy resahkan warga
Sindonews.com - Warga Dusun Pananjung RT12/23, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar menangkap seekor buaya liar dari aliran Sungai Citanduy. Buaya liar yang dinilai meresahkan warga itu dalam beberapa hari terakhir terlihat nampak ke permukaan dan membuat warga ketakutan.

Warga menjeratnya mengunakan tambang dan kawat. Dari dua ekor buaya yang terlihat, satu di antaranya berhasil ditangkap warga.

source: http://daerah.sindonews.com/read/679...rga-1349963220


Quote:Waspada Buaya Raksasa Intai Warga di Sungai Sinanggul Jepara
TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Warga sekitar sungai Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, hendaknya waspada.

Pasalnya, sungai itu diyakini masih menjadi sarang buaya berukuran raksasa meski warga sebelumnya berhasil menangkap seekor buaya.

Demikian diungkapkan Kasi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Johan Setiawan menanggapi ditemukannya buaya di sungai Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Jepara, Selasa (5/11/2013).

Menurutnya, habitat buaya berada di muara air sungai tawar. "Jadi diperkirakan masih ada buaya lainnya yang berada di sungai tersebut," kata Johan.
http://www.tribunnews.com/regional/2...nanggul-jepara


yang terbaru

Quote:Heboh! Hari Jumat, Buaya Putih Nongol di Sungai Porong
Warga heboh. Seekor buaya putih terlihat di Sungai Porong yang melintasi Dusun Awar-Awar, Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung.

Sejumlah warga mengaku melihat buaya berjemur di pinggir sungai. ’’Saya melihatnya Jumat (22/5) pukul 14.00 saat mencari rumput. Panjangnya sekitar 1 meter,’’ kata Herno, salah seorang warga, Senin (25/5).

Menurut Herno, buaya yang dilihatnya itu berkulit putih, seperti bercampur dengan lumpur. Herno tentu kaget dengan kejadian tersebut. Dia berlari memberi tahu warga lainnya. Bersama dua warga lain, dia kembali mendatangi sungai.

Sayangnya, buaya itu tidak tampak lagi. Setelah diusut, ternyata bukan Herno saja yang melihat kejadian tersebut. Beberapa warga lain juga melihatnya.

Agus Kuncoro, salah seorang warga Dusun Awar-Awar, juga mengaku melihatnya. Ciri-cirinya persis dengan yang dilihat Herno. Dia sempat memotret buaya tersebut dari jauh. ’’Saya melihat saat memanen kemangi. Namun, buaya itu hanya sekitar satu menit,’’ katanya.

Berbeda lagi yang diungkapkan Sutomo. Menurut dia, buaya di sungai itu tidak hanya satu ekor. Jumlahnya lebih dari tiga. Seingatnya, dia pernah menjumpai satu buaya berukuran besar dan satu buaya kecil. ”Yang kecil berukuran sama dengan sadel motor,’’ ujar Sutomo.
http://www.jpnn.com/read/2015/05/26/...-Sungai-Porong
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
26-05-2015 15:28
Quote:Original Posted By bhre.wijaya


saatnya bercanda......bisa ada karena memang hidupnya disitu....bisa nggak ada karena telah punuh



Quote:Original Posted By sturmgewehr


kalo ada, di daerah mana?
ini pertanyaan gw serius. mungkin kurang pas tanya di sini tp ga ada thread lain yg lbh cocok.


Quote:Original Posted By bhre.wijaya


maaf saat ini saya nggak bisa serius.......ada tuh di bonbin......kalau di alam jawa sih kayaknya sudah punah




Kemarin diberitakan di Sidoarjo
banyak buaya berjemur dipinggir sungai

http://www.kaskus.co.id/thread/5563e...ngai-sidoarjo/
katanya tunggu lapindo nya diganti rugi
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh frozzfrozz
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
30-05-2015 15:17
Jadi evolusionis yang di maksud trit ini apa? Teori yang seperti apa? Kenapa teori tersebut pantas anda pertahankan?

Maap ane cuma manusia yg ga ngerti apa apa emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
30-05-2015 15:57
Sains memberikan penjelasan secara detil, sementara teks kuno membiarkan imajinasi pembacanya menerawang dan memberikan penafsiran sesukanya asal sesuai dengan sains. Inilah wishful thinking atau cocologi. Bila anda mencoba membawa klaim religius ke dalam sains, maka siaplah untuk mendapatkan kritik sebagaimana klaim ilmiah hadapi setiap saat. Bila anda mencoba mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius anda, anda tampaknya lebih mempercayai sains daripada klaim religius dan berarti anda secara tidak sadar mengakui kalau sains lebih superior. Sains tidak memerlukan dukungan agama, sebaliknya tampak kalau agama berusaha mendapatkan dukungan sains. Mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius juga menunjukkan kalau anda tidak beriman karena masih membutuhkan penjelasan ilmiah atas sesuatu yang seharusnya anda percayai begitu saja.
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
30-05-2015 19:21
Quote:Original Posted By ANAS05071996
Jadi evolusionis yang di maksud trit ini apa? Teori yang seperti apa? Kenapa teori tersebut pantas anda pertahankan?

Maap ane cuma manusia yg ga ngerti apa apa emoticon-Ngakak


evolusionist di trit ini maksud nya org yg lebih memilih teori evolusi sebagai penjelasan fakta kalau mahkluk hidup selalu mengalami perubahan. Teori seperti sintesa moderen.
teori pantas di pertahankan? Justru kalo menurut ente teori tersebut salah, sains dengan besar hati mempersilahkan anda untuk membuat teori lain yg lebih bisa menjelaskan suatu fakta.. tapi kenyataannya seiring berkembangnya pengetahuan, teori evolusi sendiri srmakin lebih kuat, tapi juga bukan berati ga boleh dibantahkan. Silahkan membantah teori asal dengan metode ilmiah yg benar.
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
01-06-2015 07:48
baru nyampe page 100... page 50 ke atas kurang bisa ngikutin ....
Pertanyaan:
1. Apakah variasi genetik = mutasi=sifat baru?
2. Apakah perbedaan ukuran payudara wanita termasuk variasi genetika?
3. Apakah perubahan lingkungan (yang tidak ekstrim) pasti atau selalu memicu terjadinya variasi / sifat baru / mutasi pada generasi kesekian ?
4. Kalau pernyataan di atas benarkah maka benarkah asumsi saya kalau manusia itu berasal dari sekumpulan nenek moyang atau anchestor dari 1 daerah tertentu saja, sebab kalau dia ada di daerah lain akan menghasilan sifat baru/percabangan yang berbeda?kenyataanya (fakta sains) bagaimana?
5. Pertama kalinya muncul/terjadinya sifat baru itu pada nenek moyang/anchestor atau benih yang dibawa anchestor?
6. Apakah maksud dari sifat baru/mutasi /variasi itu terjadi secara acak ?
7. Apakah setiap sifat baru/mutasi /variasi genetik yang menguntungkan itu sifatnya pasti atau selalu adaptif (menyesuaikan atau menjawab tantangan lingkungan) seperti terjadi pada suku di tibet?
8. Apakah perbedaan jenis kelamin laki/perempuan terjadi karena proses evolusi?
9. Kalau ya, dapatkah teori evolusi menjelaskan kompatibilitas (bener ga y) antara penis dan vagina?
10. Apakah evolusi makro itu perubahan bentuk yang signifikan dari akumulasi terjadinya akumulasi perubahan DNA dan faktor lainnya?
11. Apakah teori evolusi dapat menjelaskan kondisi2 (syarat-syarat) yang harus dipenuhi untuk menyebabkan terjadinya evolusi makro di masa yang mendatang ?

Analisa:
12. Menurut saya kalau teori evolusi “berniat” konsisten maka pada kasus beruang grizly > beruang kutub dan suku han > tibet , teori evolusi seharusnya membuka atau lebih tepatnya menghadirkan kemungkinan adanya variasi lain yang tidak adaptif kemudian tidak survive ketimbang hanya menghadirkan variasi menguntungkan dan adaptif yang menimbulkan persepsi bahwa probabilitas munculnya variasi “pintar” sangat tinggi dibanding variasi netral atau negatif. Kalau ini berlaku di semua atau minimal sebagian besar variasi genetik yang pernah ada dalam teori evolusi maka dapat disimpulkan (kembali kepada ranah sains yang ditunjukkan dengan tingginya nilai probabilitas) proses evolusi itu directed atau memiliki “purpose”.kalo omongan2 evolusionis di sini saya anggap sebagai kurang hati2 mengekspresikan/menyampaikan pemahamannya terhadap evolusi seperti “mengembangkan kemampuan/variasi”, “tujuan untuk survive” dsb. CMIIW
13. Menambah penjelasan di atas melihat kekompleks-an tubuh manusia saja beserta rumitnya sistem-sistem yang berjalan pada tubuh manusia, menunjukkan bahwa betapa manusia itu produk dari jutaan bahkan mungkin miliaran variasi/mutasi “pintar” yang lebih “pintar” lagi saling berintegrasi satu sama lain dalam rangkaian proses evolusinya. Dengan kata lain nilai probabilitas munculnya varietas/mutasi “pintar” bisa dibilang tinggi (CMIIW )dan Itu untuk satu ujung percabangan saja, dimana di ujung percabangan lainnya seperti yang telah saya baca banyak ditemukan organ2 vital yang “dibutuhkan” oleh hewan tersebut dalam untuk “menjaga” kelangsungan spesiesnya. Sebagai analogi saya gambarkan (CMIIW) proses evolusi sebagai thomas edison (penemu bola lampu), maka edison harus melakukan misalkan 4000 percobaan untuk menghasilkan bola lampu yang nyala/berfungsi, kalau saya boleh hitung persentasenya (CMIIW) apabila ada 4000 edison (variasi genetik/proses evolusi) yang mencoba membuat sebuah bola lampu, maka peluang munculnya edison yang berhasil adalah (1:4000)x 100% = 0,02500% untuk satu arah evolusi saja, sedangkan untuk membuat lampu yang lebih kompleks maka kompetitornya/percobaannya otomatis meningkat. Dengan kata lain melihat eksistensi mahkluk hidup yang ada saat ini, untuk tetap berevolusi dan survive dengan peluang yang sangat kecil maka diperlukan triliunan bahkan mungkin lebih (juta triliun kali ya) kompetitor atau produk gagal yang sayangnya tidak banyak yang menjadi fosil (CMIIW). Dengan demikian, sekali lagi saya sampaikan menurut saya sebagai orang awam apabila proses evolusi adalah proses alami yang tidak directed atau zero god intervensi maka dalam membahas satu titik saja di pohon evolusi, seharusnya menghadirkan kemungkinan adanya eksistensi kompetitor2 tersebut sehingga probabilitasnya tetap kecil yang menurut saya dengan alasan efisiensi pembahasan itu tidak dilakukan.CMIIW
14. Analogi lainnya, katakanlah suatu titik percabangan dalam evolusi itu adalah suatu puzzle gambar besar dengan 100 partisi/pecahan yang telah tersusun sempurna dan kita membuka dua kemungkinan atas tersusunnya puzzle gambar tersebut dimana : aa)kemungkinan pertama disusun oleh seratus orang anak 10 tahun misalnya yang “iseng” /mainin secara bergantian/ tidak bertujuan menyusun puzzle acak menjadi suatu gambar yang bermakna . atau b) puzzle yang acak tersebut disusun oleh seratus orang anak secara bertahap dan terorganisir dengan bimbingan 1 orang dewasa yang bertujuan menyusun puzzle tersebut menjadi 1 gambar yang utuh. Dari du a kemungkinan tersebut, menurut aku option b probabilitasnya lebih tinggi dibanding option a +>> PA < PB. sedangkan untuk ukuran manusia yang saat ini ada di salah satu ujung percabangan evolusi dapat dikatakan sebagai satu gambar besar dengan jutaaan partisi CMIIW
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
01-06-2015 08:54
Quote:Original Posted By Gay.Enthusiast
Sains memberikan penjelasan secara detil, sementara teks kuno membiarkan imajinasi pembacanya menerawang dan memberikan penafsiran sesukanya asal sesuai dengan sains. Inilah wishful thinking atau cocologi. Bila anda mencoba membawa klaim religius ke dalam sains, maka siaplah untuk mendapatkan kritik sebagaimana klaim ilmiah hadapi setiap saat. Bila anda mencoba mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius anda, anda tampaknya lebih mempercayai sains daripada klaim religius dan berarti anda secara tidak sadar mengakui kalau sains lebih superior. Sains tidak memerlukan dukungan agama, sebaliknya tampak kalau agama berusaha mendapatkan dukungan sains. Mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius juga menunjukkan kalau anda tidak beriman karena masih membutuhkan penjelasan ilmiah atas sesuatu yang seharusnya anda percayai begitu saja.


Timbulnya agama emg begitu kok krn kurang wawasan sains dan desakan jawaban dr umat atas asal usul kehidupan maka tercipta mitos2 dlm agama dan agar dibilang ikut jamn mrk main cocokmology. Drpd cocokmologi mending lgs percya sains.
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
01-06-2015 12:02
Quote:Original Posted By astat99
1. Apakah variasi genetik = mutasi=sifat baru?

Variasi baru muncul dari mutasi.
Variasi ini mungkin langsung terekspresi, mungkin juga tidak.

Quote:Original Posted By astat99
2. Apakah perbedaan ukuran payudara wanita termasuk variasi genetika?

Bisa jadi.

Quote:Original Posted By astat99
3. Apakah perubahan lingkungan (yang tidak ekstrim) pasti atau selalu memicu terjadinya variasi / sifat baru / mutasi pada generasi kesekian ?

Tidak.
Variasi akan terjadi, entah lingkungan berubah atau tidak.
Perubahan lingkungan lebih menentukan seleksinya, sifat mana yang lebih cocok dan terwariskan.

Quote:Original Posted By astat99
4. Kalau pernyataan di atas benarkah maka benarkah asumsi saya kalau manusia itu berasal dari sekumpulan nenek moyang atau anchestor dari 1 daerah tertentu saja, sebab kalau dia ada di daerah lain akan menghasilan sifat baru/percabangan yang berbeda?kenyataanya (fakta sains) bagaimana?

Tergantung penafsirannya 1 daerah itu gimana.
Misal moyang manusia sekarang berasal dari afrika, tapi mereka menjalani gelombang migrasi yang berbeda, dan isolasi yang mereka alami di daerah baru melahirkan berbagai ras yang dikenal sekarang.

Quote:Original Posted By astat99
5. Pertama kalinya muncul/terjadinya sifat baru itu pada nenek moyang/anchestor atau benih yang dibawa anchestor?

Mutasi dalam evolusi adalah mutasi gametik,

Quote:Original Posted By astat99
6. Apakah maksud dari sifat baru/mutasi /variasi itu terjadi secara acak ?

Karena kita tidak tahu pasti kapan mutasi akan terjadi atau apa jenis mutasi yang terjadi.

Quote:Original Posted By astat99
7. Apakah setiap sifat baru/mutasi /variasi genetik yang menguntungkan itu sifatnya pasti atau selalu adaptif (menyesuaikan atau menjawab tantangan lingkungan) seperti terjadi pada suku di tibet?

Tidak.
Mutasi bisa menguntungkan, merugikan, atau netral.
Kebanyakan mutasi merugikan itu tak terwariskan, tapi ada juga yang terwariskan (misal buta warna, obesitas atau lainnya).

Quote:Original Posted By astat99
8. Apakah perbedaan jenis kelamin laki/perempuan terjadi karena proses evolusi?

Ya, karena ada saat dimana makhluk hidup belum mengenal seks, juga ada saat dimana pertukaran sifat genetis belum mengenal perbedaan seks/kelamin.

Quote:Original Posted By astat99
9. Kalau ya, dapatkah teori evolusi menjelaskan kompatibilitas (bener ga y) antara penis dan vagina?

Keduanya berkembang bersamaan, karena kalau gak cocok, gak akan ada generasi berikut yang mewarisi hal tersebut.

Quote:Original Posted By astat99
10. Apakah evolusi makro itu perubahan bentuk yang signifikan dari akumulasi terjadinya akumulasi perubahan DNA dan faktor lainnya?

Evolusi makro adalah akumulasi evolusi mikro dalam populasi dalam banyak generasi, sehingga cukup untuk mengklasifikasikan mereka sebagai minimal spesies yang berbeda.

Quote:Original Posted By astat99
11. Apakah teori evolusi dapat menjelaskan kondisi2 (syarat-syarat) yang harus dipenuhi untuk menyebabkan terjadinya evolusi makro di masa yang mendatang ?

Selama mampu survive dan mampu mewariskan sifatnya ke generasi berikut, maka populasi spesies baru bisa dikatakan hasil evolusi makro.

Quote:Original Posted By astat99
12. Menurut saya kalau teori evolusi “berniat” konsisten maka pada kasus beruang grizly > beruang kutub dan suku han > tibet , teori evolusi seharusnya membuka atau lebih tepatnya menghadirkan kemungkinan adanya variasi lain yang tidak adaptif kemudian tidak survive ketimbang hanya menghadirkan variasi menguntungkan dan adaptif yang menimbulkan persepsi bahwa probabilitas munculnya variasi “pintar” sangat tinggi

Variasi yang tidak adaptif? Bukannya banyak?
Kalau bicara individu, beapa kemungkinan varian individu yang tidak adaptif itu bertahan hidup cukup lama, lalu menjadi fosil dan ditemukan di zaman sekarang. terlebih, bagaimana mengetahui itu varian yang tak efektif, sedang perbedaan mereka dengan yang lain mungkin minim?

Sedang spesies yang adaptif di satu waktu mungkin sekali tidak adaptif saat habitat berubah. Macam beruang muka pendek yang kuat, namun lamban, sehingga saat terjadi perubahan iklim dan mangsanya berkurang, mereka tak mampu bertahan dan punah, digantikan beruang cokelat yang bermigrasi dari habitat lain.

Quote:Original Posted By astat99
13. Menambah penjelasan di atas melihat kekompleks-an tubuh manusia saja beserta rumitnya sistem-sistem yang berjalan pada tubuh manusia, menunjukkan bahwa betapa manusia itu produk dari jutaan bahkan mungkin miliaran variasi/mutasi “pintar” yang lebih “pintar” lagi saling berintegrasi satu sama lain dalam rangkaian proses evolusinya. Dengan kata lain nilai probabilitas munculnya varietas/mutasi “pintar” bisa dibilang tinggi (CMIIW )dan Itu untuk satu ujung percabangan saja, dimana di ujung percabangan lainnya seperti yang telah saya baca banyak ditemukan organ2 vital yang “dibutuhkan” oleh hewan tersebut dalam untuk “menjaga” kelangsungan spesiesnya.

Jangan lupa, manusia itu produk evolusi makhluk hidup selama milyaran tahun, dengan entah berapa banyak generasi, dan entah berapa banyak yang gagal survive. Dari sekian spesies dalam genus Homo saja, cuma 1 sub-spesies yang mampu survive. Probabilitas tinggi? Mungkin, jika mengabaikan betapa banyak yang gagal survive.

Dan kita bicara proses yang simultan, bukan proses linear.

Quote:Original Posted By astat99
14. Analogi lainnya, katakanlah suatu titik percabangan dalam evolusi itu adalah suatu puzzle gambar besar dengan 100 partisi/pecahan yang telah tersusun sempurna dan kita membuka dua kemungkinan atas tersusunnya puzzle gambar tersebut dimana : aa)kemungkinan pertama disusun oleh seratus orang anak 10 tahun misalnya yang “iseng” /mainin secara bergantian/ tidak bertujuan menyusun puzzle acak menjadi suatu gambar yang bermakna . atau b) puzzle yang acak tersebut disusun oleh seratus orang anak secara bertahap dan terorganisir dengan bimbingan 1 orang dewasa yang bertujuan menyusun puzzle tersebut menjadi 1 gambar yang utuh. Dari du a kemungkinan tersebut, menurut aku option b probabilitasnya lebih tinggi dibanding option a +>> PA < PB. sedangkan untuk ukuran manusia yang saat ini ada di salah satu ujung percabangan evolusi dapat dikatakan sebagai satu gambar besar dengan jutaaan partisi CMIIW

Sayangnya proses evolusi tidak seperti menyusun puzzle secara acak.
Ini bukan proses linear yang harus menghasilkan 1 produk pasti.
Ini proses yang bisa saja menghasilkan beragam jenis kemungkinan makhluk hidup (makanya dibilang evolusi itu bercabang, bukan linear).

Evolusi terjadi bukan untuk menghasilkan satu makhluk cerdas (yang diklaim sempurna).
Evolusi terjadi demi usaha untuk survive.
Apapun produknya, selama mampu survive dan mewariskan sifat, it's okay.
1 0
1
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
02-06-2015 11:31
1. beda mutasi dan variasi itu apa?
2. kalo ada manusia yg punya jari 6 pada salah satu kaki atau tangannya itu termasuk mutasi atau variasi?
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
03-06-2015 01:08
Quote:Original Posted By astat99
baru nyampe page 100... page 50 ke atas kurang bisa ngikutin ....
Pertanyaan:
1. Apakah variasi genetik = mutasi=sifat baru?
2. Apakah perbedaan ukuran payudara wanita termasuk variasi genetika?
3. Apakah perubahan lingkungan (yang tidak ekstrim) pasti atau selalu memicu terjadinya variasi / sifat baru / mutasi pada generasi kesekian ?
4. Kalau pernyataan di atas benarkah maka benarkah asumsi saya kalau manusia itu berasal dari sekumpulan nenek moyang atau anchestor dari 1 daerah tertentu saja, sebab kalau dia ada di daerah lain akan menghasilan sifat baru/percabangan yang berbeda?kenyataanya (fakta sains) bagaimana?
5. Pertama kalinya muncul/terjadinya sifat baru itu pada nenek moyang/anchestor atau benih yang dibawa anchestor?
6. Apakah maksud dari sifat baru/mutasi /variasi itu terjadi secara acak ?
7. Apakah setiap sifat baru/mutasi /variasi genetik yang menguntungkan itu sifatnya pasti atau selalu adaptif (menyesuaikan atau menjawab tantangan lingkungan) seperti terjadi pada suku di tibet?
8. Apakah perbedaan jenis kelamin laki/perempuan terjadi karena proses evolusi?
9. Kalau ya, dapatkah teori evolusi menjelaskan kompatibilitas (bener ga y) antara penis dan vagina?
10. Apakah evolusi makro itu perubahan bentuk yang signifikan dari akumulasi terjadinya akumulasi perubahan DNA dan faktor lainnya?
11. Apakah teori evolusi dapat menjelaskan kondisi2 (syarat-syarat) yang harus dipenuhi untuk menyebabkan terjadinya evolusi makro di masa yang mendatang ?

Analisa:
12. Menurut saya kalau teori evolusi “berniat” konsisten maka pada kasus beruang grizly > beruang kutub dan suku han > tibet , teori evolusi seharusnya membuka atau lebih tepatnya menghadirkan kemungkinan adanya variasi lain yang tidak adaptif kemudian tidak survive ketimbang hanya menghadirkan variasi menguntungkan dan adaptif yang menimbulkan persepsi bahwa probabilitas munculnya variasi “pintar” sangat tinggi dibanding variasi netral atau negatif. Kalau ini berlaku di semua atau minimal sebagian besar variasi genetik yang pernah ada dalam teori evolusi maka dapat disimpulkan (kembali kepada ranah sains yang ditunjukkan dengan tingginya nilai probabilitas) proses evolusi itu directed atau memiliki “purpose”.kalo omongan2 evolusionis di sini saya anggap sebagai kurang hati2 mengekspresikan/menyampaikan pemahamannya terhadap evolusi seperti “mengembangkan kemampuan/variasi”, “tujuan untuk survive” dsb. CMIIW
13. Menambah penjelasan di atas melihat kekompleks-an tubuh manusia saja beserta rumitnya sistem-sistem yang berjalan pada tubuh manusia, menunjukkan bahwa betapa manusia itu produk dari jutaan bahkan mungkin miliaran variasi/mutasi “pintar” yang lebih “pintar” lagi saling berintegrasi satu sama lain dalam rangkaian proses evolusinya. Dengan kata lain nilai probabilitas munculnya varietas/mutasi “pintar” bisa dibilang tinggi (CMIIW )dan Itu untuk satu ujung percabangan saja, dimana di ujung percabangan lainnya seperti yang telah saya baca banyak ditemukan organ2 vital yang “dibutuhkan” oleh hewan tersebut dalam untuk “menjaga” kelangsungan spesiesnya. Sebagai analogi saya gambarkan (CMIIW) proses evolusi sebagai thomas edison (penemu bola lampu), maka edison harus melakukan misalkan 4000 percobaan untuk menghasilkan bola lampu yang nyala/berfungsi, kalau saya boleh hitung persentasenya (CMIIW) apabila ada 4000 edison (variasi genetik/proses evolusi) yang mencoba membuat sebuah bola lampu, maka peluang munculnya edison yang berhasil adalah (1:4000)x 100% = 0,02500% untuk satu arah evolusi saja, sedangkan untuk membuat lampu yang lebih kompleks maka kompetitornya/percobaannya otomatis meningkat. Dengan kata lain melihat eksistensi mahkluk hidup yang ada saat ini, untuk tetap berevolusi dan survive dengan peluang yang sangat kecil maka diperlukan triliunan bahkan mungkin lebih (juta triliun kali ya) kompetitor atau produk gagal yang sayangnya tidak banyak yang menjadi fosil (CMIIW). Dengan demikian, sekali lagi saya sampaikan menurut saya sebagai orang awam apabila proses evolusi adalah proses alami yang tidak directed atau zero god intervensi maka dalam membahas satu titik saja di pohon evolusi, seharusnya menghadirkan kemungkinan adanya eksistensi kompetitor2 tersebut sehingga probabilitasnya tetap kecil yang menurut saya dengan alasan efisiensi pembahasan itu tidak dilakukan.CMIIW
14. Analogi lainnya, katakanlah suatu titik percabangan dalam evolusi itu adalah suatu puzzle gambar besar dengan 100 partisi/pecahan yang telah tersusun sempurna dan kita membuka dua kemungkinan atas tersusunnya puzzle gambar tersebut dimana : aa)kemungkinan pertama disusun oleh seratus orang anak 10 tahun misalnya yang “iseng” /mainin secara bergantian/ tidak bertujuan menyusun puzzle acak menjadi suatu gambar yang bermakna . atau b) puzzle yang acak tersebut disusun oleh seratus orang anak secara bertahap dan terorganisir dengan bimbingan 1 orang dewasa yang bertujuan menyusun puzzle tersebut menjadi 1 gambar yang utuh. Dari du a kemungkinan tersebut, menurut aku option b probabilitasnya lebih tinggi dibanding option a +>> PA < PB. sedangkan untuk ukuran manusia yang saat ini ada di salah satu ujung percabangan evolusi dapat dikatakan sebagai satu gambar besar dengan jutaaan partisi CMIIW


Mutasi pintar? Mutasi yang berefek positif bagi survival rate dari spesies yang bermutasi?

Maksudnya itu?
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
03-06-2015 10:15
Quote:Original Posted By sturmgewehr
1. beda mutasi dan variasi itu apa?
2. kalo ada manusia yg punya jari 6 pada salah satu kaki atau tangannya itu termasuk mutasi atau variasi?


jawaban dari saya sebagai pendukung penciptaan

1. Mutasi adalah perubahan genotipe pada suatu gen tertentu yang membawa sifat tertentu yang baru yang nampak pada fenotipe-nya karena faktor lingkungan (mis. radiasi) dan itu sangat jarang terjadi karena sebagian besar mustasi adalah merusak. Adapun variasi, munculnya beragam sifat yang baru karena faktor-faktor reproduktif yang sebelumnya sifat baru itu sudah ada di dalam induknya tapi ketika itu bersifat resesif (tidak dominan) tidak nampak pada fenotipe-nya, dan variasi bisa terjadi karena mutasi
2. Bisa jadi itu karena mutasi gen sehingga menimbulkan variasi baru (jari kaki 6) atau bisa juga karena sifat itu (jari kaki 6) sudah ada di dalam gen-gen tetapi selalu dalam keadaan resesif tapi pada keadaan tertentu, karena faktor reproduktif, sifat itu muncul ke permukaan sehingga menjadi dominan dan nampak pada fenotipe-nya dan itu sangat jarang

atau kalau kita menolak adanya mutasi, bisa di jelaskan dengan, bahwa sifat baru itu yang sudah ada dalam gen-gen induk yang ada sebelumnya yang selalu bersifat resesif (tidak dominan) karena faktor reproduktif ditambah dengan faktor lingkungan sifat baru tapi muncul menjadi dominan sehingga nampak dalam fenotipe-nya
0 0
0
[CLEAN]Anda Bertanya Evolusionis Menjawab - Part 2
03-06-2015 10:26
Quote:Original Posted By sturmgewehr
1. beda mutasi dan variasi itu apa?
2. kalo ada manusia yg punya jari 6 pada salah satu kaki atau tangannya itu termasuk mutasi atau variasi?

Mutasi itu perubahan pada genetika makhluk hidup.
Variasi sifat baru lahir dari mutasi.

Soal polidaktili (juga lawannya oligodatili) lebih sering disebut kelainan. Penyebabnya umumnya adalah mutasi pada gen yang mengatur ekspresi untuk gen lain. Perkara agan mau menyebutnya variasi atau bukan, bergantung penafsiran agan saja.
Diubah oleh shinhikarugenji
1 0
1
Halaman 283 dari 306
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia