others
Batal
link has been copied
6921
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015730788/free-benarkah-adam-manusia-pertama
Sebelumnya aku begitu percaya pada Kitab Suci. Sangat percaya dan hanya bersumber pada Kitab Suci. Tetapi begitu banyak tekanan, deraan dan debat menghempas. Selama ini aku mampu mengatasinya berdasarkan pedoman Kitab Suci. Terlalu banyak hal yang didebat dari Kitab Suci. Terutama karena Kitab Suci tidak terlalu detail mengulas semua yang terekam di sana. Salah satu masalah penting yang paling ban
Lapor Hansip
29-07-2012 21:03

[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?

Quote:Sebelumnya aku begitu percaya pada Kitab Suci. Sangat percaya dan hanya bersumber pada Kitab Suci. Tetapi begitu banyak tekanan, deraan dan debat menghempas. Selama ini aku mampu mengatasinya berdasarkan pedoman Kitab Suci. Terlalu banyak hal yang didebat dari Kitab Suci. Terutama karena Kitab Suci tidak terlalu detail mengulas semua yang terekam di sana.

Salah satu masalah penting yang paling banyak didebat adalah tentang Ketuhanan Yesus Kristus dalam Trinitas (Tri Tunggal Maha Kudus). Tetapi ini dapat dengan mudah dijawab dari Kitab Suci. Tetapi rupanya serangan telah masuk ke kitab Genesis (Kejadian). Debat berlanjut ke “Apakah Adam adalah Manusia Pertama?” Jika ya, “Dari manakah bangsa-bangsa lahir di bumi jika awalnya hanya ada Adam dan Hawa? Apakah anak-anak Adam saling menikahi?” Jawaban yang tidak mudah! Terutama karena di Kitab Suci dilarang menikah sesama saudara sekandung! Penasaran? Baca terus ya?


Perdebatan ini begitu menghantui. Syukurlah tidak pernah menggoyahkan imanku. Tetapi bagaimana pun kasus ini membuat aku terus menyelidiki Kitab Suci dan berkelana di alam intelektual mencari jawabannya. Dari dulu aku tetap menyakini bahwa Adam adalah manusia pertama. Tetapi aku sempat tersesat hingga akhirnya saat ini aku kembali ke keyakinanku kepada Kitab Suci.

Quote:Evolusi Manusia


  • Tidak ditemukannya “Missing Link” dari perubahan (evolusi) kera ke manusia secara langsung. Aku menganggap fosil evolusi kera adalah benar-benar fosil kera, bukan manusia! Jikalau kera itu berevolusi menjadi manusia, mengapa sampai saat ini masih ada hewan yang bernama kera? Bukankah seharusnya mereka telah berevolusi?

  • Jika pun manusia berevolusi, mengapa sekarang sudah 4000 tahun lebih manusia tidak berevolusi lagi? Bentuk kita manusia dengan bentuk manusia lampau tetap berbentuk seperti manusia sekarang ini. Penemuan fosil manusia yang telah berusia ribuan tahun telah membuktikan bentuk manusia dahulu sama seperti bentuk manusia sekarang.

  • Lagi pula di Kitab Kejadian disebutkan bahwa kita diciptakan secitra dengan Wujud Allah. Dan seperti itulah wujud Yesus Kristus 2000 tahun yang lalu. Yesus Kristus adalah Firman Allah yang menjadi Manusia. Wujudnya seperti manusia saat ini. Aku kira seharusnya 2000 tahun sudah mampu mengubah bentuk manusia masa kini jika benar evolusi itu ada.


Trus siapakah manusia pertama sebenarnya?

Quote:Kompromi?

Setelah mapan dengan jawabanku di atas, medio 2003an aku menemukan sebuah buku berjudul “Siapakah Manusia Pertama?” Terus terang kira-kira judulnya seperti itu. Aku lupa pastinya, kayaknya ada sub-judulnya. Waktu itu aku tidak membelinya dan hanya membacanya sampai tuntas di Toko Buku Gramedia. Maklum, lagi bokek.

Buku ini mengubah paradigmaku yang telah mapan. Begitu komprehensif paparan dalam buku ini mengenai Adam. Dan sangat kompromis terhadap teori Darwin. Terutama karena buku ini banyak sekali mengutip ayat-ayat Kitab Suci yang mendukungnya. Berikut intisari dari buku tersebut:

1. Tuhan menciptakan segala sesuatu selama 6 hari. Tetapi ini adalah Hari Tuhan, bukan harinya manusia yang satu hari satu malam, yang 24 jam sehari itu. 1 Hari Tuhan bisa beribu-ribu tahun manusia. Masuk akal juga. Seperti kalau kita membandingkan langkah manusia dengan semut. Untuk mencapai jarak 1 km manusia hanya butuh (katakanlah) 1 jam. Tetapi bagaimana dengan semut? Wah, bisa berhari-hari. Jadi, dengan segala Kebesaran Tuhan, 1 Hari Tuhan bisa beribu-ribu (atau bahkan berjuta-juta) tahun manusia di bumi.

2. Satu hari dalam proses penciptaan ini bisa berlangsung lama dalam hitungan bumi. Dan ini memberi celah adanya evolusi. Penciptaan hewan pada hari ke-lima mungkin juga telah menciptakan kera. Dan karena proses hari kelima ke hari keenam itu bisa amat-sangat lama, maka mungkin kera telah mulai berevolusi ke arah bentuk manusia. Dan pada hari keenam Allah menciptakan manusia. Mungkin pengikut Darwin sepaham dengan teori ini dan menjadikannya materi untuk mendebat “missing link.”

3. Buku ini juga menjelaskan bahwa rentang waktu antara penciptaan alam semesta dengan penciptaan manusia pertama bisa berlangsung berjuta-juta tahun karena penulisnya mendukung teori Darwin dan mendukung bedanya 1 Hari Tuhan dengan 1 hari manusia.

4. Dalam buku ini disebutkan bahwa Adam adalah “Manusia Roh yang Pertama.” Karena pengarang buku ini setuju dengan teori Darwin dan menganggap manusia telah ada melalui evolusi. Tetapi manusia pertama itu adalah manusia biasa seperti hewan. Dia tidak memiliki roh dan hanya memiliki insting untuk hidup. Nah, menurutnya, Allah itu menghembuskan Roh Kehidupan pada Adam. Tetapi buku ini memang percaya bahwa Adam diciptakan langsung oleh Allah dari tanah, bukan dari hasil evolusi. Jadi Adam tidak dilahirkan dari manusia-hewan ini. Demikian pula dengan Hawa yang juga diciptakan Allah dari tulang rusuk Adam.

5. Perkembangan bangsa-bangsa di dunia ini adalah hasil perkimpoian manusia keturunan Adam yang juga ber-Roh dengan manusia-hewan (tidak ber-Roh). Tetapi anak-anak keturunan Adam ini menuruni Roh sehingga mereka menjadi manusia Roh. Dalam buku itu dianalogikan begini: jika kita menyalakan api di sebuah lilin, analogikan bahwa api tersebut adalah roh. Kita ingin menyalakan lilin yang kedua. Kita menyalakan lilin kedua dari lilin pertama tadi. Apakah api di lilin pertama menjadi berkurang apinya? Tentu tidak. Demikianlah dengan roh. Keturunan manusia-roh berikutnya juga memiliki roh.

6. Dari buku ini dapat disimpulkan bahwa keturunan Adam tidak menikah dengan saudara kandung sedarah. Lagi pula pada Kitab Kejadian 6:2 disebutkan ada 2 golongan, yaitu anak-anak Allah dan anak-anak perempuan manusia. Nah, penulis berasumsi bahwa “Anak-anak Allah” adalah anak-anak keturunan Adam, sedangkan “anak-anak manusia” adalah manusia hasil evolusi. Di ayat 6:4 juga disebutkan bahwa pada masa itu ada “manusia-manusia raksasa” dan penulis buku berasumsi ini adalah manusia-hewan (tidak ber-Roh). Perkimpoian Anak-anak Allah dengan anak-anak manusia menghasilkan orang-orang yang gagah perkasa.

7. Manusia-hewan (tidak ber-Roh) telah dipunahkan oleh Allah karena Tuhan melihat bahwa kejahatan manusia sangat besar dan kecenderungan hatinya berbuat jahat. Buku ini juga menuliskan bahwa manusia-hewan telah dipunahkan oleh Allah sehingga yang tersisa di masa kini adalah hanya benar-benar manusia-roh. Pemunahan ini terutama saat banjir besar pada masa Nabi Nuh.
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
-1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 285 dari 362
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 10:14
Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Semua teori dibangun berdasarkan fakta.
Kalau sekedar dugaan, itu hipotesis.


Kalau manusia berasal dari tanah, kenapa sampai sekarang masih ada tanah? emoticon-Malu
*kelewat bosan untuk jelasin soal [evolusi gak linear]... emoticon-Cape d... (S)


coba dibaca lagi pengertian tentang teori dan fakta yah gan...

apakah ane bilang manusia diciptakan dari tanah...?? untuk lebih jelasnya silahkan baca Kitab agan.. disitu tertulis jelas.. begitu juga dalam Kitab ane... emoticon-Smilie
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 10:22
Quote:Original Posted By mr.kencleng

coba dibaca lagi pengertian tentang teori dan fakta yah gan...

Ini dibalikin ke agan aja.
kalau agan memang baca, agan gak akan celoteh soal 'sekedar teori'. emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By mr.kencleng
apakah ane bilang manusia diciptakan dari tanah...?? untuk lebih jelasnya silahkan baca Kitab agan.. disitu tertulis jelas.. begitu juga dalam Kitab ane... emoticon-Smilie

Emagn agan tahu kitab apa yang dimaksud?
Agan kira kitabnya bicara soal penciptaan manusia?
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 10:30
Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Ini dibalikin ke agan aja.
kalau agan memang baca, agan gak akan celoteh soal 'sekedar teori'. emoticon-Smilie


Emagn agan tahu kitab apa yang dimaksud?
Agan kira kitabnya bicara soal penciptaan manusia?


perdalam lagi nak Iman mu.. tentunya berikut Kitab mu.. semua tertuliskan jelas didalamnya emoticon-Smilie
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 10:33
Quote:Original Posted By mr.kencleng


perdalam lagi nak Iman mu.. tentunya berikut Kitab mu.. semua tertuliskan jelas didalamnya emoticon-Smilie

Iman?
Kitabnya suruh jangan percaya, melainkan pahami.
Sekali lagi, lu kira kitabnya yang mana, coba? emoticon-Smilie
Lu tahu? Atau lu cuma asbun? emoticon-Smilie
Diubah oleh shinhikarugenji
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 10:46
Quote:Original Posted By mr.kencleng


perdalam lagi nak Iman mu.. tentunya berikut Kitab mu.. semua tertuliskan jelas didalamnya emoticon-Smilie


di kitab ane, manusia tercipta dari lumpur yg busuk bau nya.

kalo pas lagi theis mode ( hari minggu biasanya emoticon-Malu (S) )
ya saya percaya ama kitab 100 % donk, manusia dari LUMPUR.
ngapain malu gan ngakuin manusia dari LUMPUR yg busuk bau nya?
beda cerita kalo hari senin - sabtu
emoticon-Big Grin
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 14:16
Yg pertama di jagad raya ini Allah SWT dan yg kedua Iblis.
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 14:31
Quote:Original Posted By putraros
Yg pertama di jagad raya ini Allah SWT dan yg kedua Iblis.


tahu dari mana yang kedua Iblis???.....bahkan makhluk/ciptaan yang pertama adalah Arsy lalu al-qolam...

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 17:28
Quote:Original Posted By kusmardiyanto


tahu dari mana yang kedua Iblis???.....bahkan makhluk/ciptaan yang pertama adalah Arsy lalu al-qolam...



tahu dari mana yang pertama adalah Arsy lalu al-qolam...???

(pake ayat Quran yah cakKus, bukan dongeng desas-desus).
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 18:01
Quote:Original Posted By javafutura


tahu dari mana yang pertama adalah Arsy lalu al-qolam...???

(pake ayat Quran yah cakKus, bukan dongeng desas-desus).


itu informasi dari as-sunnah (yakni sabda Muhammad saw)....dan Muhammad saw tidaklah berkata kecuali wahyu yang diwahyukan dari Alloh swt (QS 53 ayat 3-4)


0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 18:11
Quote:Original Posted By kusmardiyanto


itu informasi dari as-sunnah (yakni sabda Muhammad saw)....dan Muhammad saw tidaklah berkata kecuali wahyu yang diwahyukan dari Alloh swt (QS 53 ayat 3-4)




Cucokmologi maneh cakKus. Miskonsepsi ayat lg. Mbok yo dibaca mulai ayat 1-18 biar paham satu konteks bhw yg dibahas dsitu adalah Quran. Ayat Quran yg diucapin oleh nabi Muhammad tidak lain hanyalah wahyu.

Kalo ucapan personal beliau dlm kapasitas manusia ya kaga bisa dong disebut wahyu. Buktinya beliau ditegur Allah dlm surah Abasa, jg di surah Tahrim.
Diubah oleh javafutura
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 18:12
Quote:Original Posted By febii.nugrahaa


di kitab ane, manusia tercipta dari lumpur yg busuk bau nya.

kalo pas lagi theis mode ( hari minggu biasanya emoticon-Malu (S) )
ya saya percaya ama kitab 100 % donk, manusia dari LUMPUR.
ngapain malu gan ngakuin manusia dari LUMPUR yg busuk bau nya?
beda cerita kalo hari senin - sabtu
emoticon-Big Grin

yang lengkap dong jangan lu potong-potong.....manusia pertama (Adam as) diciptakan dari tanah liat dari lumpur hitam yang busuk baunya.....jadi nggak semua manusia diciptakan dari tanah liat dari lumpur hitam yang busuk baunya, hanya manusia pertama...adapun keturunan manusia pertama (Adam as) yakni seluruh manusia kecuali Isa as, diciptakan dari air mani....dan itu yang bilang Tuhan (Alloh swt) lho masa nggak percaya....kalau nggak percaya ya itu sama artinya nggak percaya sama Tuhan (Alloh swt) kan...kan Tuhan (Alloh swt) yang paling tahu tentang hal ini karena Dia swt yang menciptakan itu semua

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
29-05-2015 18:28
Quote:Original Posted By javafutura


Cucokmologi maneh cakKus. Miskonsepsi ayat lg. Mbok yo dibaca mulai ayat 1-18 biar paham satu konteks bhw yg dibahas dsitu adalah Quran. Ayat Quran yg diucapin oleh nabi Muhammad tidak lain hanyalah wahyu.

Kalo ucapan personal beliau dlm kapasitas manusia ya kaga bisa dong disebut wahyu. Buktinya beliau ditegur Allah dlm surah Abasa, jg di surah Tahrim.


oo itu kamu sebut cocokologi ????.....wah mau gimana lagi

wa ma yanthiqu itu bersifat general (umum) jadi meliputi ucapan Nabi saw yang merupakan wahyu dari Alloh swt terlebih dalam perkara yang bersifat ghoib (dalam hal ini berita dari masa lalu)...dan al-qur'an termasuk salah satunya karena al-qur'an termasuk yang keluar dari lisan Nabi saw, diucapkan Nabi saw.....

ayat yang mana yang menunjukkan yang didmaksud adalah al-qur'an (dari ayat 1-18)????....saya nggak menemukan



0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 09:11
Quote:Original Posted By 2orpheus90


Nope, ane ato agan yg hanya memahami kulit luar sains?
Bahasa agan njelimet, ntah memang vicky ato brusaha kliatan tinggi, ane cm mw tny satu apa yg mbuat agan berpikir sudut pandang ilmiah itu gk netral?


Jelas ngga netrallah gan. Yg seharusnya membahas kebenaran obyek yg diselidiki, melenceng menjadi kepercayaan akan keunggulan pikiran yg memberikan tdk hanya manfaat (tp jg mudharat) ilmu itu sendiri...pdhl produk yg dihasilkan pikiran selalu berubah2.
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 09:46
Quote:Original Posted By librariez


Jelas ngga netrallah gan. Yg seharusnya membahas kebenaran obyek yg diselidiki, melenceng menjadi kepercayaan akan keunggulan pikiran yg memberikan tdk hanya manfaat (tp jg mudharat) ilmu itu sendiri...pdhl produk yg dihasilkan pikiran selalu berubah2.


Produk yg dihasilkan pikiran? Hmmm... Kira2 dmn ya kt menemukan produk hasil pkiran yg multitafsir bisa dicocokkan ssuai dgn sudut pandang sang penafsir? emoticon-Smilie
Sains membhas kebenaran bukanlah buah pikiran, tp hasil yg ad bisa dipertanggung jawabkan dgn bukti.. Memang byk variabel yg bsa menjadi perancu tp prinsip dsarnya ttp sama.
Jd pengertian agan ttg sains saja sudah salah total
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 12:04

hati-hati!

Quote:Original Posted By putraros
Yg pertama di jagad raya ini Allah SWT dan yg kedua Iblis.


Kalo yg pertama di jagad raya ini adalah Allah SWT, lalu siapa yang menciptakan jagad raya ini??
Setahu gw Tuhan (Allah SWT) itu tidak berawal dan tidak berakhir seperti ciptaan-ciptaan-Nya di dunia ini.
Diubah oleh jok3r00
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 13:13
Quote:Original Posted By jok3r00


Kalo yg pertama di jagad raya ini adalah Allah SWT, lalu siapa yang menciptakan jagad raya ini??
Setahu gw Tuhan (Allah SWT) itu tidak berawal dan tidak berakhir seperti ciptaan-ciptaan-Nya di dunia ini.


bukan begitu....yang pertama-tama ada itu adalah Alloh swt (A l-Awwalu), dan Dia swt azali, nggak pernah tidak ada...saat itu tidak ada ruang dan waktu dan jagat raya belum ada..lalu pertama-tama Alloh swt menciptakan Arsy-Nya...lalu menciptakan Al-Qolam...baru kemudian menciptakan jagat raya

Diubah oleh kusmardiyanto
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 13:18
Cak Kus banggeetttt dah...
tafsir tingkat dewa

emoticon-shakehand
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 15:56
Sains memberikan penjelasan secara detil, sementara teks kuno membiarkan imajinasi pembacanya menerawang dan memberikan penafsiran sesukanya asal sesuai dengan sains. Inilah wishful thinking atau cocologi. Bila anda mencoba membawa klaim religius ke dalam sains, maka siaplah untuk mendapatkan kritik sebagaimana klaim ilmiah hadapi setiap saat. Bila anda mencoba mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius anda, anda tampaknya lebih mempercayai sains daripada klaim religius dan berarti anda secara tidak sadar mengakui kalau sains lebih superior. Sains tidak memerlukan dukungan agama, sebaliknya tampak kalau agama berusaha mendapatkan dukungan sains. Mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius juga menunjukkan kalau anda tidak beriman karena masih membutuhkan penjelasan ilmiah atas sesuatu yang seharusnya anda percayai begitu saja.
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 17:40
Quote:Original Posted By kusmardiyanto


bukan begitu....yang pertama-tama ada itu adalah Alloh swt (A l-Awwalu), dan Dia swt azali, nggak pernah tidak ada...saat itu tidak ada ruang dan waktu dan jagat raya belum ada..lalu pertama-tama Alloh swt menciptakan Arsy-Nya...lalu menciptakan Al-Qolam...baru kemudian menciptakan jagat raya



kus. katanya belom ada "ruang dan waktu"
kok pakai kata "pertama, lalu, kemudian" ?

hmm hmm...
Diubah oleh febii.nugrahaa
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
30-05-2015 17:57
Quote:Original Posted By febii.nugrahaa


kus. katanya belom ada "ruang dan waktu"
kok pakai kata "pertama, lalu, kemudian" ?

hmm hmm...


ya pada saat ada ciptaan yang pertama, Arsy, pada saat itu pula ada ruang dan waktu, yakni ruang dan waktu bagi Arsy...

0 0
0
Halaman 285 dari 362
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Stories from the Heart
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia