Tib0Avatar border
TS
Tib0
[Ahok Ngotot] Konsultan: Desain Terminal Rawamangun Lurus, Akibat Gedung Jadi Belok
Konsultan PT Indo Sakti Pancadipo Paragraha dituding jadi biang keladi sulitnya bus besar masuk terminal Rawamangun. Namun mereka punya penjelasan tersendiri. Desain awal yang dibuat sudah sesuai kaidah sebuah terminal yang baik, tapi karena masih ada gedung Sudin Jaktim, desain itu jadi berubah.

PT Indo Sakti Pancadipo Paragraha terletak di Pondok Betung Raya, Tangerang, Kamis (28/5/2015). Karena bos perusahaan tersebut sedang menemui Dishub DKI, wawancara dilakukan pada salah seorang karyawan bernama Putra yang tahu soal desain tersebut. Putra menyebut dirinya sebagai draftman, orang yang menerima memo untuk membuat gambar jalur, ukuran dan berbagai hal soal terminal tersebut.

"Desain awalnya memang lurus, karena terhalang gedung sudin jadinya dibelokin. Kalau dibelokin itu kalau menurut saya juga nggak bisa dari arsiteknya pun kalau belum clear area itu nggak bisa," terang Putra kepada detikcom.

Ide untuk membelokkan bus akhirnya muncul karena gedung Sudin tak kunjung dibongkar. Kontraktor yang melakukannya. Sementara pihak konsultan desain sejak awal membuat gambar gedung Sudin jadi area parkir.

"Harusnya jalur itu kan dua jalur area kedatangan bus, semuanya lurus. Itu belum selesai (pembangunannya)," terangnya.

Sejak awal, konsultan mengaku sudah membuat desain yang 'lapang' untuk keluar masuk bus. Namun sekali lagi, akibat gedung yang tak kunjung dibongkar, maka desain belok harus dibuat dengan konsekuensi bus yang masuk harus lebih ekstra hati-hati karena sempit.

"Ada bangunan sudin, kalau kita paksaan dengan desain rencana, maka tabrak bangunan sudin, itu permasalahannya kenapa nggak mau dibongkar kita nggak tahu," terangnya.

Pihak Sudin menyebut, gedung tersebut memang sudah diajukan untuk dibongkar sejak tahun 2014. Namun karena proses birokrasi, sampai saat ini gedung tersebut masih berdiri. Ada proses lelang dan upaya penghilangan aset yang masih belum selesai.

Akibat gedung itu, desain yang seharusnya lurus kini jadi berbelok-belok. Akibatnya, bus-bus besar yang ingin masuk terminal harus melewati lajur yang sempit, bahkan sampai ada yang mentok ke tembok.


http://news.detik.com/read/2015/05/2...-belok?9911012



alamaak, sudahkah ahoknya nuntut sudin jakarta timur sebelum nuntut konsultan desainnya emoticon-Big Grin
0
8.2K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.