Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rebleedingAvatar border
TS
rebleeding
[Jempol] Inflasi Indonesia Masih Tertinggi di ASEAN
TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan inflasi yang masih tinggi saat ini adalah dampak lanjutan dari kenaikan harga bahan bakar minyak pada Maret 2015. Inflasi pada kuartal I mencapai 6,39 persen dan meningkat jadi 6,79 persen pada April 2015."Meski terkendali, inflasi Indonesia masih paling tinggi di antara negara-negara Asia Tenggara," kata Agus di Jakarta, Rabu, 27 Mei 2015.

Negara lain, inflasinya di bawah 5 persen. Filipina inflasinya 2,29 persen; Malaysia 0,9 persen, Singapura deflasi 0,3 persen, dan Thailand deflasi 1 persen.Agus optimistis sasaran inflasi pada tahun ini sebesar 4 plus minus 1 persen dapat tercapai. Caranya, dengan koordinasi pemerintah dan Bank Indonesia.  Dalam pidatonya di Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Agus mengapresiasi langkah pemerintah mereformasi kebijakan subsidi BBM. “Itu akan dapat mengurangi lonjakan inflasi yang sering terjadi klau ada penyesuaian harga BBM saat fiskal tertekan,” kata Agus. 

Ruang fiskal yang terbentuk dari berkurangnya subsidi BBM, kata Agus, dapat digunakan untuk membangun infrastruktur yang dapat menambah daya saing. Selain itu tekanan inflasi juga dapat dikurangi. Dengan begitu tarif dapat dikendalikan, pendistribusian bahan pokok dapat dipersingkat, dan bantuan rakyat miskin dapat diberikan.

Selain itu, guna mengendalikan inflasi Kelompok Kerja Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah juga aktif melaksanakan 4K. 4K adalah hasil kesepakatan Rakornas TPID tahun lalu, yakni Ketersediaan barang dan jasa; Keterjangkauan harga; Kelancaran distribusi; Komunikasi efektif untuk kelola persepsi masyarakat terhadap harga-harga.

http://m.tempo.co/read/news/2015/05/27/092669865/meski-terkendali-inflasi-indonesia-masih-tertinggi-di-asean

Wah mantap prestasi nih, berkat BLUSUKAN emoticon-Big Grin
Wow ada TPID,jd ingat masa lalu emoticon-Malu (S)
0
989
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.5KThread46.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.