• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • ★★ Busang dan Bre-X, Skandal Penipuan Terbesar dalam Dunia Pertambangan RI ★★

GeopreneurAvatar border
TS
Geopreneur
★★ Busang dan Bre-X, Skandal Penipuan Terbesar dalam Dunia Pertambangan RI ★★
-=₪☼ Busang dan Bre-X, Skandal Penipuan Terbesar dalam Dunia Pertambangan RI ☼₪=-



Quote:


Bre-X adalah perusahaan pertambangan, seperti halnya Freeport dan Newmont, berasal dari Kanada, yang beroperasi di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Usianya masih terhitung muda saat itu, yaitu didirikan pada 1989 oleh David Walsh, sebagai anak perusahaan Bresea Resources Ltd. Pada 1993, Walsh dan geologistnya John Felderhof blusukan (kayak presiden kita, Gan emoticon-Big Grin) di pedalaman Kalimantan, Sungai Busang untuk melakukan eksplorasi mineral dengan target emas. Dan mereka berhasil menemukan target depositnya. emoticon-Cool
Spoiler for Lokasi Busang:


Singkat kata, lalu Bre-X mendapatkan ijin Pemerintah RI untuk mengeksplorasi area tersebut dan pada 1994 mereka sudah sampai di tahap drilling atau pengeboran untuk menindaklanjuti temuan-temuan geologi yang menarik di permukaan emoticon-Nohope. Namun hasilnya mengecewakan, yaitu core hasil pengeboran tidak menunjukkan kadar emas yang tinggi. Tentunya, proyek ini terancam di-terminateoleh perusahaan. emoticon-Takut (S)

Adalah Michael de Guzman, Manajer Proyek tersebut yang merupakan warga Filipina, yang mengakalinya dengan salting, atau menaburkan bubuk emas ke dalam sampel core. Konon, emas tersebut awalnya berasal dari cincin pernikahannya emoticon-Pasangan Smiley. Namun, dalam 2.5 tahun berikutnya, praktik salting ini bersumber dari emas hasil ayakan penduduk lokal yang dibeli senilai total $61.000. Cerdasnya, dia mengukur dengan cermat kadar emasnya, berikut rasionya terhadap batuan secara geological logic, yaitu sekitar 1-3 gram/ton sehingga tidak menimbulkan kecurigaan yang berlebihan. Tujuannya adalah agar proyek tetap berjalan.
emoticon-cystg

Spoiler for Para Miners berfoto di hutan dgn optimisme akan deposit emas yang besar:


Spoiler for Area proyek Bre-X:

Quote:


Seperti halnya perusahaan eksplorasi lainnya, mereka melaporkan ”discovery” ini kepada umum, termasuk kalangan industri, ahli, dan pemerintah. Pastinya, harga saham perusahaan di bursa beranjak naik, dari awalnya di 1994 senilai sekian sen dollar, pada sepanjang 1996 meniti dari $180 (April) dan $286.50 (Mei). Posisi sumberdaya (resource) Busang saat itu 47juta ounces emas (1460 ton emas emoticon-Genit ). Dan saat itu Lehman Brothers Inc menyatakan mereka merekomendasikan pemain bursa untuk membeli saham perusahaan yang melakukan “the gold discovery of the century” ini emoticon-present . Di saat harga sahamnya melambung ini, mereka bertiga menjual sebagian kecil kepemilikan sahamnya, senilai $100 juta. emoticon-siul

Di sisi lain, para raksasa pertambangan lain, seperti Barrick Gold (perusahaan tambang emas terbesar di dunia, hingga sekarang), Placer Dome, Freeport McMoran, dll pun berlomba untuk menguasainya atau setidaknya memperoleh sebagian dari deposit Busang tersebut. Beberapa calon investor dan badan auditor yang mengirimkan geologistnya ke Busang untuk due diligent tersebut menemukan keanehan bahwa emasnya berbentuk free dan rounded. Namun, de Guzman sudah menyiapkan jawabannya yaitu teori “volcanic pool” atau “kolam volkanik”, yang terdengar "masuk akal" secara geological logic saat itu.
emoticon-cystg
Spoiler for Core (inti batuan) hasil dari pengeboran:


Di saat Bre-X mengakselerasi eksplorasi untuk menaikkan angka sumberdayanya, yang waktu itu diklaim 60 juta ounces (1800 ton emoticon-Genit) emas pada akhir 1996, mereka sempat berkonflik dengan Pemerintah RI hingga akhirnya dicabutnya izin eksplorasi Bre-X. Serunya, hal ini ditengarai sebagai intrik Pemerintah dan Barrick Gold memperoleh "kue" bagian. Singkat cerita, kemelut itu melibatkan Presiden Suhartodan putranya Sigit Harjojudanto serta tak ketinggalan putrinya, Mbak Tutut (yang digandeng Barrick), Presiden AS George Bush, Kuntoro Mangkusubroto (waktu itu Dirjen Pertambangan), Placer Dome (juga dirangkul Bob Hasan), dan terakhir Freeport (yang dirangkul Bob Hasan waktu itu) emoticon-rose.

Dan pemenangnya adalah
...........jeng jeng.......................

justru Bob Hasan dan Freeport yang masuk gelanggang belakangan! (Jadi ingat Bakrie akuisisi KPC, yang datang belakangan yang menang antrian emoticon-Big Grin). Dan perusahaan Mbak Tutut pun kebagian proyek pembangunan infrastrukturnya. Pimpinan Bre-X Minerals, David G. Walsh mengungkapkan, bahwa pihaknya telah membuat kesepakatan dengan Bob Hasan selaku wakil Indonesia dan Freeport-McMoran Cooper and Gold membentuk Busang Indonesia Gold JV. Komposisi sahamnya 45% dikuasai Bre-X, Bob Hasan melalui dua perusahaan (PT Askatindo Karya Mineral dan PT Amsya Lyna) memiliki 30%, Freeport-McMoran mendapat 15% dan pemerintah hanya kebagian 10%. Semua senang dan dapat bagian, Gan emoticon-Big Grin

OK, lanjut Bre-X mengebor untuk memperbesar portofolio resource mereka. Pada 19 Februari 1997, mereka mengklaim sumberdaya emas mereka 200juta ounces (6000 ton emas emoticon-Genit, hampir 3x lipat Grassberg Freeport)! On the other hand, Freeport pun mulai berperan disini karena share mereka. Dimulai dengan pada awal 1997 mereka memverifikasi cadangan (heran juga sih, kenapa ga due diligent dulu di awal) yaitu melakukan twinholes (lubang-lubang bor kembar) di titik Bre-X mengebor sebelumnya (hanya berjarak 1.5 meter dari lubang asli) utk menguji kebenaran kadar emas hasil pengeboran yg dilakukan Bre-X sebelumnya. Batu core pengeboran tersebut dikirim ke laboratorium, dan eng...........ing...........eng emoticon-Amazed terkuaklah faktanya, bahwa kadar emasnya jauh di bawah klaim Bre-X sebelumnya.

Ini adalah awal terjun bebasnya harga saham Bre-X di bursa! Di sini, de Guzman merasa panik (bukan merasa sedih emoticon-Big Grin). Pada 19 Maret 1997, dalam perjalanannya menemui pihak Freeport utk menjelaskan ketidakwajaran ini, dengan menggunakan helikopter, secara misterius dia jatuh dari ketinggian 260 meter. Pilotnya pada waktu itu tidak dapat berbuat apa2 menyaksikan pintu belakang tiba2 terbuka dan kursinya sudah kosong. Mayatnya baru ditemukan tim SAR 4 hari kemudian dalam keadaan wajah rusak parah dan membusuk di tengah belantara. Adanya surat-surat pesan kematian kepada istri dan temannya membuat investigasi kepolisian mengatakan itu adalah bunuh diri. Ada yang merasa janggal, Gan? emoticon-Amazed

Spoiler for Grafik harga saham Bre-X di Bursa Kanada:


Namun, dalam sebuah wawancara dengan Strait Times Singapura pada 2005, istri de Guzman menyatakan bahwa de Guzman masih hidupkarena masih menelepon 6 minggu setelah peristiwa itu. Lalu, pada 14 Februari 2005, ada transfer uang ke rekening istri de Guzman dan sebuah fax terkirim dari Brazil di hari ulang tahun geologist senior tersebut. NAH LOH! emoticon-Belo Pada 6 Mei 1997, harga saham Bre-X pun tinggal $0.06 alias 6 sen. Saham yang waktu itu diperebutkan oleh para pensiunan di Kanada dengan pengharapan kucuran pendapatan rutin itu kini tidak berbekas. Limat tahun kemudian, Bre-X mengajukan status bankrut ke Pemerintah Kanada. Perusahaan yg sempat mempunyai nilai pasar saham $6.1milyar ini hanya mempunyai $5juta saja. Pada 2007, para investor menggugat Bre-X ke pengadilan setempat namun gagal memperoleh ganti rugi karena memang Bre-X sdh kantong kempes emoticon-norose emoticon-Hammer.

Spoiler for IGO, istri de Guzman:





Peristiwa ‘kematian’ (pake tanda kutip, Gan emoticon-Big Grin) de Guzman seolah menjadi klimaks skandal Busang. Skandal penipuan di dunia pertambangan yang terbesar yang pernah ada di Indonesia, maupun di dunia. Bursa efek Kanada pun mendapat sorotan dan menjadi bahan tertawaan di antara pelaku bisnis di dunia. Praktek korup dan nepotisme Pemerintah RI waktu itu (baca: Rezim Soeharto) pun tak luput menjadi bahan tertawaan di dunia emoticon-Malu. Pun memalukannya bahwa perusahaan2 raksasa kapitalis asing - dengan backup langsung dari Presidennya - dapat dengan mudah mendekati ring satu Istana guna memuluskan jalan melahap sumber daya alam di negara berkembang (baca: Indonesia emoticon-norose.

Pelajaran berharga juga untuk para geologist dan miner, untuk men-setup suatu standar dalam pengoperasian pertambangan, sejak dari fasa eksplorasi dan juga standar dalam pelaporan hasil kegiatan tsb. emoticon-army


-----------------

Sumber (blog pribadi) emoticon-Malu: http://gayuh.putranto.net/2015/05/08...am-sejarah-ri/

Spoiler for Cendol:


No repost : http://www.kaskus.co.id/search?q=busang

Referensi: Tempo, Wikipedia, Sebungkah Emas di Kaki Pelangi (Bondan Winarno), Google image, Herald, dll.


Yuk diskusi, Gan emoticon-thumbsupBagaimana menurut Agan2 Kaskuser ttg skandal ini? Apa skandal ini masih kalah dgn skandal lain (masih di dunia pertambangan Indonesia ya)?
:emoticon-I Love Indonesia (S)



------------------------------------- komentar Kaskuser ---------------------------------------


Quote:

Quote:
Diubah oleh Geopreneur 23-05-2015 02:09
0
65.1K
256
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.