Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
561
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/554c6a66c0cb1756428b456c/museum-nasibmu-kini
Bissmillahirrahmanirrahim Assalamualaikum Warrahmatullahiwabarakatuh. Tak seperti pusat perbelanjaan, pengunjung museum justru tidak begitu ramai. Sebenarnya museum bisa menjadi pijakan kebudayaan In
Lapor Hansip
08-05-2015 14:48

Museum, Nasibmu Kini...

Past Hot Thread
Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Bissmillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warrahmatullahiwabarakatuh. Tak seperti pusat perbelanjaan, pengunjung museum justru tidak begitu ramai. Sebenarnya museum bisa menjadi pijakan kebudayaan Indonesia dari waktu ke waktu. Namun, lebih banyak orang, terutama muda-mudi yang lebih senang menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan dibanding museum yang sarat akan nilai sejarah dan budaya.

Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Alhamdulillah, Terimakasih Mimin, Momod dan Kaskuser thread ane HT
Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Quote:
Fungsi Museum
Quote:Museum, Nasibmu Kini...
images courtesy of medan.panduanwisata.id
Quote:

Museum merupakan sarana untuk mengembangkan budaya dan peradaban manusia. Dengan kata lain, museum tidak hanya bergerak di sektor budaya, melainkan dapat bergerak di sektor ekonomi, politik, sosial, dll. Di samping itu, museum merupakan wahana yang memiliki peranan strategis terhadap penguatan identitas masyarakat termasuk masyarakat sekitarnya. Para ahli kebudayaan meletakkan museum sebagai bagian dari pranata sosial dan sebagai wahana untuk memberikan gambaran dan mendidik perkembangan alam dan budaya manusia kepada komunitas dan publik.

Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Quote:
Fakta Yang Ada di Masyarakat
Quote:
Museum, Nasibmu Kini...
images courtesy of tourismkabupatenmalang.com

Quote:
Fakta yang ada di masyarakat, banyak anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa ini beranggapan bahwa ”nggak gaul” kalau mainnya ke museum. Bagi mereka, museum identik dengan sejarah, benda-benda lama, kuno, dan ketinggalan zaman. Serta pemahaman mereka akan pentingnya sejarah pun dirasa masih sangat kurang. Para orang tua pun juga mengalami kesulitan ketika anak-anak mereka harus dibujuk terlebih dahulu untuk datang berkunjung ke museum, belum lagi kalau anak-anak mereka sudah merengek-rengek minta pulang karena bosan. Dan ujung-ujungnya mereka akan tetap memilih taman rekreasi yang jauh lebih ramai dan banyak permainan.

Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Quote:
Tarif Yang Murah
Quote:
Museum, Nasibmu Kini...
images courtesy of tribunnews.com
Quote:
Beberapa museum juga memiliki tarif masuk yang murah berkisar Rp 5.000,00. Ada pula yang hanya Rp 750,00. Lebih murah dibandingkan bila kita menggunakan toilet umum harus membayar Rp 1.000,00. Dengan harga yang bisa dibilang sangat murah itu masih saja museum sepi pengunjung. Padahal, pendirian museum sebenarnya juga diharapkan dapat pula mendukung program penyelamatan warisan budaya, di mana pemerintah serta masyarakat turut berperan serta untuk menghimpun benda-benda budaya yang sudah mulai menjadi langka dan museum dapat digunakan sebagai tempat berlindung atau suaka benda-benda tersebut.

Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Quote:
Peran Museum
Quote:
Museum, Nasibmu Kini...
images courtesy of chic-id.com
Quote:
Sesungguhnya, benda-benda bersejarah memiliki peran yang sangat penting. Dari itulah arkeolog dapat mengkaji kebudayaan yang ada pada masa lampau dan kita yang ada pada masa sekarang dapat mengerti dan memahami perkembangan budaya apa saja yang sudah terjadi selama beberapa kurun waktu tersebut. Dalam hal ini seharusnya museum dapat berperan aktif sebagai tempat untuk memamerkan barang tersebut dan mempublikasikannya pada masyarakat luas dengan memberikan informasi-informasi penting dari benda itu agar mereka pun sedikit banyak bisa mengetahui apa sebenarnya makna dari suatu benda yang dipamerkan di museum. Setidaknya mereka akan sadar bahwa barang-barang ini tidak akan bisa lagi terulang kesejarahannya dan nilai benda ini sangat penting bagi perjalanan bangsa di mana dapat menjadi bukti nyata dari kebudayaan masa lampau serta perkembangannya hingga masa kini.

Quote:
Kesimpulan, Solusi dan Pesan TS
Museum, Nasibmu Kini...
Apabila museum yang ada di Indonesia ini bisa dikelola lebih maksimal lagi, misal dari segi bangunan atau penataannya dibuat lebih modern sehingga masyarakat dapat lebih tertarik untuk mengunjungi museum yang selama ini identik dengan kekunoan. permuseuman di Indonesia masih perlu banyak pembenahan, baik dari segi perencanaan maupun pelaksanaannya. Menurut saya, dengan membuat program kerja jangka pendek tiap 3 bulan dengan menetapkan tema-tema tertentu yang menonjolkan koleksi yang ada dalam museum, sehingga pengunjung tertarik untuk selalu datang ke museum karena temanya yang selalu berubah. Diperlukan juga suatu kerja sama antara bidang keilmuan satu dengan yang lainnya agar dapat tercapai tujuan museum itu sendiri yaitu memberikan informasi kepada masyarakat agar mereka mengerti dan paham dengan apa yang telah mereka dapatkan di dalam museum. Dan nantinya informasi yang ada dapat sampai pada masyarakat tanpa harus ada perasaan terpaksa dan bosan ketika masyarakat berkunjung ke museum. Bila pengelolaan museum bisa dilakukan lebih baik lagi, saya yakin Museum layak untuk dijadikan tema Visit Indonesia pada tahun berikutnya. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:
Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Sedikit Video Tentang Museum


Museum, Nasibmu Kini...

Quote:
Museum, Nasibmu Kini...
Quote:
Bukti No Repost
check this

Museum, Nasibmu Kini...
Polling

Poll ini sudah ditutup - 759 Suara

Apakah Agan pernah Berkunjung ke Museum? 
93.54%
Pernah
6.46%
Tidak Pernah
Diubah oleh fadlifuad
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 19 dari 30
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:17
Baru aja ane ke museum linggarjati gan, dan kebanyakan temen2 ane malah foto2, kalo foto bendanya sih gpp gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:17
ane terakhir ke museum ke Museum Bank Indonesia, liat2 uang emoticon-Hammer2

ane kalo ke museum lebih tertarik sama yg bernuansa geologi, keuangan sama transportasi sih emoticon-Big Grin
Diubah oleh always35
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:17
gak pernah jalan jalan ke museum gan emoticon-Hammer2
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:19
terakhir ke museum wktu sd doang emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:22
skrg klo mau lihat benda2 sejarah tinggal googling aja.. mungkin itu yang menggantikan perasaan museum
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:24
Nah emg bner nih klo museum bukan lg jd tempat pilihan wisata liburan, paling2 klo ad sekolah bkin kegiatan wisata baru deh tujuannya kadang museum...
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:26
alhamdullilah gan ane udah pernah ke musium gan tapi dulu pas waktu smp ...
sekarang mah gak pernah ke mana" gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:26
Alhamdulillah ane masih suka ke museum kadang sama temen-temen alumni sma.. Sekarang sih lebih ke pihak pengelolanya sendiri untuk membenahi fasilitas atau buat perubahan sama museumnya.. Suka miris lihat museum gak terawat, entah karena pengelolanya atau malah pengunjungnya yang gak punya tanggung jawab.. emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:27
setting museumny rata" kurang menarik gan. Coba deh bandingkan dengan museum luar negeri jauh banget bedanya. mungkin itu yang membuat museum kita kehilangan daya tariknya, kalah sama tempat bermain waterboom, gamezone dll...

Klo dilihat dari luar aj kurang menarik, syp jg yg mw kesana. rata" juga desain bagian dalam apa adanya emoticon-Hammer (S) , gk ada sesuatu yg bikin wah n pingin balik lagi ke museum. sekedar benda" yg dimasukin ke kotak kaca trus dikasih label nama ama sedikit info sejarahnya, udah itu doank...emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:27
mari... pergi ke musium
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:29
Terakhir ke monas 2007, monas termasuk museum g sih?
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:30
saya klo kekota2 besar di indonesia hampir smua kota pasti k museum nya gan... terakhir kmaren ke museum angkut di malang
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:30
Kalau pengelolaan nya bagus museum juga bisa ramai kok, contohnya aja museum angkut di batu Malang Jawa Timur
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:30
ane jadi pengen ke museum lagi nih emoticon-Frown
semenjak ane engga sekolah ane jadi engga pernah ke museum
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:33
mungkin pengelola museumnya lebih kreatif sedikit dgn menambahkan fasilitas yg disukai anak2 hingga remaja agar mau mengunjungi museumemoticon-Big Grin
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:33
pengen sih, tp museum tentang sejarah perjuangan gituemoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:34
anak2 jaman skrg kalo disuruh milih mau ke mall ato museum ud pst mayoritas milih ke mall
ane sndr jg demen ke mall, tp sbnrnya byk bgt yg bs kita tau dgn ngunjungin museum
trakhir ane ke museum itu pas study tour jaman SMP kalo ga salah, ane keliling museum2 yg ada di jakarta, ane lupa ke museum mana aja, yg ane inget ttp dong "meriam si jagur" emoticon-Big Grin
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:37
geliat promosi dari pemerintah ane rasa kurang sekali..
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:38
kalau musium konsepnya dibuat seperti museum angkut gmna gan? emoticon-Malu (S)
0 0
0
Museum, Nasibmu Kini...
09-05-2015 08:38
Padahal museum itu keren juga loh gan,tapi kembali ke pribadi masing masing sih
0 0
0
Halaman 19 dari 30
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia