- Beranda
- The Lounge
Mengenal Teknik Vokal dalam Bernyanyi
...
TS
albertlaia
Mengenal Teknik Vokal dalam Bernyanyi
Quote:
WLECOME TO MY SECOND THREAD
Spoiler for Cek Repost:
Quote:
HT gan . Thanks buat Momod, admin dan teman-teman kaskuser semuanya yang telah membiarkan trit saya menjadi HT. Terima kasih banyak agan - agan semuanya
Spoiler for HT:
Quote:
Makasih banyak juga buat cendol dan abu gosoknya gan
Spoiler for :
PEMBUKAAN
Spoiler for :
Agan - agan pernah mendengar lagu, bukan? Yap, Pasti semua orang disini pernah mendengarkan lagu. Baik itu musik luar negeri maupun Made in Indonesia. Mungkin sedikit banyak pertanyaan yang menghampiri agan sekalian mengapa para penyanyi bisa memiliki suara yang bagus? Tentunya mereka bukan hanya sekedar hobi menyanyi, mereka juga melakukan pelatihan intensif dalam dunia tarik suara. Namun bagaimana dengan kita? Maka dari itu Thread ini dibuat untuk memberikan panduan dalam menyanyi dan bukan hanya sekedar menyanyi.
1. Unsur - Unsur Teknik Vokal
Spoiler for a:
Artikulasi
Artikulasi merupakan jelas tidaknya sebuah kata diucapkan dalam sebuah nyanyian, dan terbagi atas dua jenis huruf yang membangun artikulasi yaitu huruf vokal - Huruf yang dapat diucapkan tanpa bantuan huruf konsonan, dan huruf konsonan yang membutuhkan huruf hidup.
Spoiler for b:
Pernafasan
Pernapasan udara yang digunakan untuk menyanyi harus lebih banyak jika dibandingkan dengan persediaan untuk bernapas sehari – hari. Oleh karena itu, usaha mengisi paru – paru diusahakan untuk tidak dapat cepat – cepat dihabiskan. Harus dihemat penggunaannya.
* Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
* Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
* Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
* Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
* Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
* Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
Spoiler for c:
Intonasi
Intonasi adalah ketepatan suatu nada yang dapat dijangkau seseorang. Cara mendapatkan intonasi yang tepat biasanya diiringi dengan alat musik melodis seperti Piano dan Gitar.
2. Jenis - Jenis Register
Quote:
- Vocal Fry adalah Register terendah yang dapat pernah dicapai manusia. Rendahnya suara yang dihasilkan diregister ini membuatnya hanya berguna saat menyanyi dalam kelompok vokal (Choir). Dimulai dari nada D1 Dengan Frekuensi 36.4 Hz Sehingga suara jenis ini lebih mendekati karakter suara bass pada sebuah organ. Vocal Fry jika digunakan terlalu sering akan mengakibatkan gangguan suara. Register ini juga memiliki karakter suara yang bergemeretak atau berderak yang tidak dimiliki oleh semua warna suara.
- Chest Voice atau Modal Register adalah suara ketika kita berbicara dan menyanyi. Chest Voice adalah suara yang paling baik dalam menyanyikan sebuah lagu. Chest Voice terpisah dengan Falsetto, dimana Chest Voice hanya berkisar dari C2-C5 hingga O.5 - 1 Nada diatasnya. Namun ada beberapa orang penyanyi yang bahkan mencapai 4 nada diatas range Chest Voice. Mereka adalah para penyanyi rock dan berjenis suara tenor seperti halnya Judika yang mampu menghasilkan suara dalam Modal Register dengan teknik Belts/Mixed (Head Voice) hingga ke A5.
- Register falsetto (Bb4 - Bb5) terletak diatas register modal voice dengan nada-nada terendahnya berada pada bagian atas register modal (Bb4 - D5). Suara falsetto memiliki karakter yang khas dan menyerupai flute yang disertai dengan beberapa overtone. Dalam Paduan suara luar negeri mereka yang menggunakan Register Falsetto disebut Countertenor. Mereka yang rata - rata memiliki range vokal mencapai 1.1 Oktaf biasanya mampu menggunakan Register ini. Menyanyi dengan cara falsetto dapat mengurangi ketakutan akan nada tinggi, sensasi bebas yang dirasakan dalam menyanyi falsetto dapat mendorong penyanyi tersebut untuk mencoba hal yang sama dengan suara modalnya.
- Whistle Register merupakan register fonasial tertinggi, mencakup wilayah frekuensi dari bagian atas wilayah falsetto wanita. Register ini bermula dari wilayah atas soprano, nada C6 (104 Hz) hingga mencapai nada C7 (2093 Hz) atau D7 (2349 Hz). Pada anak kecil, register ini dapat mencapai nada G7 tinggi (3136 Hz). Orang yang mampu mencapai Register ini disebut juga Superfalsetto. Bunyi register ini menyerupai peluit, memiliki sebuah bentuk gelombang sinusoidal sederhana tanpa overtone yang menonjol. Dan Kabarnya tidak semua orang mampu mencapai Whistle Register, Tapi ane sebagai penulis mampu kok
3. Jenis - Jenis Suara
Quote:
Untuk Pria
Contra Bass adalah suara yang lebih rendah dari bass dengan range vokal C2 - C#4 misalnya : Trindel Wong Elek
Bass adalah suara rendah pria dengan range vokal E2 - F4 misalnya : Ikhsan "Idol"
Baritone adalah suara sedang pria dengan range vokal G#2 - A4 misalnya Chakra Khan, Pasha "Ungu"
Tenor (Contraalto) adalah suara tinggi pria dengan range vokal C3 - C#5 misalnya Judika, Once, Afgan dan Ipank
Bass adalah suara rendah pria dengan range vokal E2 - F4 misalnya : Ikhsan "Idol"
Baritone adalah suara sedang pria dengan range vokal G#2 - A4 misalnya Chakra Khan, Pasha "Ungu"
Tenor (Contraalto) adalah suara tinggi pria dengan range vokal C3 - C#5 misalnya Judika, Once, Afgan dan Ipank
Quote:
Untuk Wanita
Alto adalah suara rendah wanita dengan range vokal E3 - F5 misalnya Nike Ardilla, Krisdayanti, dan Rosa
Mezzosopran adalah suara sedang wanita dengan range vokal G#3 - A5 misalnya Agnes Monika dan Rita Butar - butar
Sopran adalah suara tinggi wanita dengan range vokal C4 - C#6 misalnya Soimah dan Gita Gutawa
Mezzosopran adalah suara sedang wanita dengan range vokal G#3 - A5 misalnya Agnes Monika dan Rita Butar - butar
Sopran adalah suara tinggi wanita dengan range vokal C4 - C#6 misalnya Soimah dan Gita Gutawa
Quote:
Perbedaan vokalis dan penyanyi :
Vokalis : Seseorang yang mempunyai kontrol terhadap vokalnya, dan mengunakannya sebagai instrumen. Dinilai dari teknik vokal dan konsistensi.
Penyanyi : Seseorang yang mengunakan vokalnya untuk menyampaikan pesan lagu yang dinyanyikan. Dinilai dari musikalitas, kreativitas, dan musicianship.
Vokalis : Seseorang yang mempunyai kontrol terhadap vokalnya, dan mengunakannya sebagai instrumen. Dinilai dari teknik vokal dan konsistensi.
Penyanyi : Seseorang yang mengunakan vokalnya untuk menyampaikan pesan lagu yang dinyanyikan. Dinilai dari musikalitas, kreativitas, dan musicianship.
4. Tips Untuk mengetahui range Vokal anda
Quote:
Cobalah untuk Menyanyikan lagu - lagu berikut :
Quote:
Untuk Wanita :
1.Lagu : Menghitung Hari (KD), Snow On Sahara (Anggun)
2.Lagu : Aku baik-baik saja (Ratu), Tirai (Dewi Gita), Terlena (Ike Nurjanah)
3.Lagu: 1 bait pertama lagu Burung Camar (Vina Panduwinata), 1 bait pertama Aku Baik-Baik Saja (Ratu)
4.Lagu: Cinta (Vina Panduwinata), Burung Camar (Vina Panduwinata)
5.Lagu: Hero (Mariah Carey), I will Always Love You (Whitney Houston), The Power Of Love (Celine Dion), My Heart Will Go On (Celine Dion)
1.Lagu : Menghitung Hari (KD), Snow On Sahara (Anggun)
2.Lagu : Aku baik-baik saja (Ratu), Tirai (Dewi Gita), Terlena (Ike Nurjanah)
3.Lagu: 1 bait pertama lagu Burung Camar (Vina Panduwinata), 1 bait pertama Aku Baik-Baik Saja (Ratu)
4.Lagu: Cinta (Vina Panduwinata), Burung Camar (Vina Panduwinata)
5.Lagu: Hero (Mariah Carey), I will Always Love You (Whitney Houston), The Power Of Love (Celine Dion), My Heart Will Go On (Celine Dion)
Spoiler for Kunci:
Jika anda bisa menirukan 100 % dengan tepat pada nada dasar aslinya, tanpa menggunakan falsetto, tercekik, atau terlalu rendah pada poin-poin di atas tadi, maka anda adalah:
1.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Sopran
2.Lagu pada poin 2 anda adalah seorang Mezzo Sopran
3.Lagu pada poin 3 anda adalah seorang Alto
4.Jika anda bisa melakukan pada poin 4 di atas, maka suara anda memiliki range Vokal atau wilayah suara yang panjang. Anda bisa menjadi penyanyi Alto, Mezzo Sopran, atau pun Sopran
5.Jika anda bisa melakukan pada poin 5, maka anda memiliki ring suara yang sangat jauh (panjang), dari paling rendah hingga paling tinggi. Dan suara anda tergolong langka di dunia. Bisa mencapai 5-7 oktaf jika diukur menggunakan sebuah piano. Dan bisa menjadi seorang penyanyi hebat
1.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Sopran
2.Lagu pada poin 2 anda adalah seorang Mezzo Sopran
3.Lagu pada poin 3 anda adalah seorang Alto
4.Jika anda bisa melakukan pada poin 4 di atas, maka suara anda memiliki range Vokal atau wilayah suara yang panjang. Anda bisa menjadi penyanyi Alto, Mezzo Sopran, atau pun Sopran
5.Jika anda bisa melakukan pada poin 5, maka anda memiliki ring suara yang sangat jauh (panjang), dari paling rendah hingga paling tinggi. Dan suara anda tergolong langka di dunia. Bisa mencapai 5-7 oktaf jika diukur menggunakan sebuah piano. Dan bisa menjadi seorang penyanyi hebat
Quote:
Untuk Pria :
1.Lagu: Sewu Kutho (Didi K), Menunggu (Ridho Rhoma), Kangen (Dewa 19), Musisi (God Bless), Dea Lova (Once), English Man In New York (Sting), Chareless Whisper (George Michael)
2.Lagu: Bukan Cinta Biasa (Afgan), Terima Kasih Cinta (Afgan), Can’t Help Falling In Love (Julio Iglesias)
3.Lagu : 1 bait pertama Lagu My Way (Frank Sinatra), 2 baris pertama Biar Bulan Bicara (Broery Marantika)
4.Lagu : You Raise Me Up (Josh Groban), Biar Bulan Bicara (Broery Marantika), Hati Yang Terluka (Broery Marantika)
5.Lagu : Wild World (Mr. Big), Final Count Down (Europe), She’s Gone (Steel Heart), November Rain (GNR), Forever In One (Helloween)
1.Lagu: Sewu Kutho (Didi K), Menunggu (Ridho Rhoma), Kangen (Dewa 19), Musisi (God Bless), Dea Lova (Once), English Man In New York (Sting), Chareless Whisper (George Michael)
2.Lagu: Bukan Cinta Biasa (Afgan), Terima Kasih Cinta (Afgan), Can’t Help Falling In Love (Julio Iglesias)
3.Lagu : 1 bait pertama Lagu My Way (Frank Sinatra), 2 baris pertama Biar Bulan Bicara (Broery Marantika)
4.Lagu : You Raise Me Up (Josh Groban), Biar Bulan Bicara (Broery Marantika), Hati Yang Terluka (Broery Marantika)
5.Lagu : Wild World (Mr. Big), Final Count Down (Europe), She’s Gone (Steel Heart), November Rain (GNR), Forever In One (Helloween)
Spoiler for Kunci:
Jika anda bisa menirukan 100 % dengan tepat pada nada dasar aslinya, tanpa menggunakan falsetto, tercekik, atau terlalu rendah pada poin-poin di atas tadi, maka anda adalah:
1.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Tenor
2.Lagu pada poin 2 anda adalah seorang Bariton
3.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Bass
4.Jika anda bisa melakukan pada poin 4, maka suara anda memiliki ring suara atau wilayah suara yang panjang. Anda bisa menjadi penyanyi Bass, Bariton, bahkan Tenor
5.Jika anda bisa melakukan pada poin 5, maka anda memiliki ring (wilayah) suara yang sangat jauh (panjang) dari paling rendah hingga paling tinggi. Dan suara anda tergolong langka di dunia. Bisa mencapai 4-6 oktaf jika diukur mengguanakan piano. Dan bisa menjadi seorang penyanyi berpotensi tinggi.
1.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Tenor
2.Lagu pada poin 2 anda adalah seorang Bariton
3.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Bass
4.Jika anda bisa melakukan pada poin 4, maka suara anda memiliki ring suara atau wilayah suara yang panjang. Anda bisa menjadi penyanyi Bass, Bariton, bahkan Tenor
5.Jika anda bisa melakukan pada poin 5, maka anda memiliki ring (wilayah) suara yang sangat jauh (panjang) dari paling rendah hingga paling tinggi. Dan suara anda tergolong langka di dunia. Bisa mencapai 4-6 oktaf jika diukur mengguanakan piano. Dan bisa menjadi seorang penyanyi berpotensi tinggi.
5. Manusia - Manusia yang memiliki suara tertinggi :
Quote:
Untuk Wanita
Nama Lengkap: Georgia Brown aka Rossana Monti
TTL: 29 Juni 1980
Domisili: Brazil
Nada TERTINGGI: G10
Nada Terendah: G2
Range Vokal: 8 oktaf!
Spoiler for Georgia Brown:
Nama Lengkap: Georgia Brown aka Rossana Monti
TTL: 29 Juni 1980
Domisili: Brazil
Nada TERTINGGI: G10
Nada Terendah: G2
Range Vokal: 8 oktaf!
Quote:
Untuk Pria
Nama Lengkap: ADAM LOPEZ COSTA
TTL: 26 Agustus 1972
Domisili: Brisbane, Australia
Nada TERTINGGI: Eb8 *walaupun yang tersertifikasi di Guinness World Record adalah C#8 (satu nada lebih rendah)
Nada Terendah: Eb2
Range Vokal: 6 oktaf!
Spoiler for Adam Lopez:
Nama Lengkap: ADAM LOPEZ COSTA
TTL: 26 Agustus 1972
Domisili: Brisbane, Australia
Nada TERTINGGI: Eb8 *walaupun yang tersertifikasi di Guinness World Record adalah C#8 (satu nada lebih rendah)
Nada Terendah: Eb2
Range Vokal: 6 oktaf!
6. Teknik melatih Vokal Suara
Quote:
Bernafas merupakan irama yang sangat alamiah dalam kehidupan manusia. Pernafasana yang teratur juga akan menciptakan suatu irama yang menentramkan. Dalam bernyanyi, pernafasan tidak hanya memegang peranan dalam menciptakan suara tetapi juga suasana yang dikehendaki suatu nyanyian. Ada bermacam-macam cara pernafasan dalam bernyanyi :
1. Pernafasan Dada
pernafasan dada ialah pernafasan dimana rongga dadalah yang berkembang (membusung) pada waktu tarik nafas. Pada saat itu bahu dan bagian leher juga dalam keadaan tegang. Sementara alat-alat suara terletak di tenggorokan dan alat pernafasan seperti Trachea, Bronce dan paru-paru terdapat dalam rongga dada. Maka ketegangan dalam rongga dada, bahu dan leher puna akan menimbulkan kesatuan pada alat-alat tersebut. Akibatnya suara yang dikeluarkan akan tegang dan kaku. Pernafasan dada ini merupakan pernafasan yang salah, kalau ini terjadi terus menerus mengakibatkan paru-paru tidak baik.
2. Pernafasan Perut
Pernafasan perut adalah pernafasan yang mana perutlah yang berkembang. Cara ini tidak sanggup memberikan pelontaran suara. Lebih-lebih pada suara tingi dan besar, oleh karena itu hal inipun kurang efektif.
3. Pernafasan Diafragma
Pernafasan diafragma adalah pernafasan dimana bagian sekat rongga badan mengembang pada waktu tarik nafas. Tempatnya diantara rongga dada dan rongga perut. Pernafasan yang benar adalah tergantung pada kerjanya diafragma pada organ tubuh secara baik dan teratur. Diafragma adalah jalinan otot-otot yang kuat dan cembung. Fungsinya adalah sebagai otot-otot penggerak pernafasan atau membantu paru-paru dalam menyedot dan menghembuskan nafas. Maka usahakanlah agar selalu bisa digunakan secara efektif (Pranajaya, 1979: 42).
Beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk pernafasan diafragma :
1. Latihan dimulai dengan mengeluarkan nafas secara biasa tanpa ketegangan dan jangan sampai udara yang dikeluarkan habis, karena hal ini akan mengakibatkan ketegangan. Tunggulah sebentar sampai perut mengerut dan sisi badan dalam keadaan kurus. Usahakan pengeluaran nafas ini melalui mulut, kemudian dengan mulut tertutup ambillah nafas melalui hidung tetapi jangan sampai penuh, karena hal ini akan mengakibatkan tidak tenang dalam bernyanyi. Lama latihan sesuai dengan kondisi mana yang enak bagi badan sendiri.
b. Latihan untuk memperkuat diafragma yaitu dengan cara berbaring dan letakkan buku yang berat diatas perut, kemudian ambillah nafas. Usahakan desakkan nafas berhasil mendorong perut yang telah dibebabni buku keatas dan kebawah. Latihan diatas dapat juga dilakukan dengan berdiri, letakkan kedua tangan di pinggang sambil menekan perut. Waktu mengambil nafas usahakanlah desakkan diafragma dapat mengatasi tekanan kedua tangan tadi. Tahanlah nafas sebentar lalu keluarkan secara teratur dan pelan melalui mulut.
c. Latihan agar diafragma dapat bergerak cepat dan kuat, yang paling sederhana adalah dengan menggunakan gerakan yang agak keras yaitu tertawa terbahak-bahak, sehingga perut merasa terguncanag-guncang. Tetapi janagn melakukan ini secara berlebihan. Latihan ini dapat juga mengusir kesedihan, ketakutan dan segala ketegangan.
d. Latihan ini dimaksudkan untuk menghindari kebocoran nafas dan sekaligus untuk dapat menghemat nafas. Caranya dengan menyanyikan huruf “A” pada nada yang paling enak didepan sebuah lilin yang menyala. Disini dapat dilihat keberhasilan dalam melaksanakan latihan-latihan sebelumnya. Kalau dapat mengeluarkan udara yang benar dan enak, maka udara yang keluar akan menjadi suara tanpa mematikan nyala api lilin.
Kalau dalam bernyayi sudah dipelajari teknik bernafas dan sikap badan yang baik, selanjutnya kita pelajari teknik menggunakan resonansi. Adapun fungsi resonansi itu sendiri adalah menambah keindahan suara, sehingga menjadi bunyi yang gemilang. Resonansi adalah suatu gejala pemantulan kembali bunyi yang dikeluarkan oleh pita suara, jadi merupakan suatu gema yang timbul karena adanya ruangan yang memiliki dinding yang keras sehingga sanggup memantulkan suara. Tanpa adanya rongga resonansi, suara manusia tidak akan bisa keras karena pita suara sangat pendek dan hanya mampu mengeluarkan bunyi yang lemah sekali. Dalam tubuh manusia terdapat banyak rongga resonan, tetapi yang paling berperan dan erat hubungannya dengan menyanyi adalah rongga resonan yang berada di atas pita suara.
Rongga resonan dapat dibagi menjadi dua :
a. rongga resonan yang bentuknya tidak dapat diubah, yang terdiri dari
1. Rongga dahi
2. Rongga tulang baji
3. Rongga tulang saringan
4. Rongga rahang atas dan bawah
b. rongga resonansi yang bentuknya dapat diubah misalnya:
1. Rongga tenggorokan yang letaknya dibawah anak tekak.
2. Rongga mulut
3. Rongga hidung
Dari kedua rongga diatas yang paling penting fungsinya adalah rongga resonan yang bentuknya dapat diubah, karena dengan rongga inilah dapat diketahui perbedaan warna suara dan huruf hidup yang diucapkan (Pusat Musik Liturgi, 1984: 31). Resonansi dapat dikembangkan dengan latihan bersenandung cara bersenandung bibir dirapatkan, gigi jangan dirapatkan kemudian rongga mulut dan tenggorokan diperluas. Dengan mengucapkan huruf “M” kemudian kepembentukkan huruf hidup, dengan membuka mulut (menurunkan rahang bawah). Oleh sebab itu suara dari huruf hidup itu akan beresonansi juga.
Untuk belajar musik paling tepat adalah sanggup membaca melodi dalam notasi angka maupun notasi balok. Melodi adalah rangkaian dari beberapa nada atau sejumlah nada yang berbunyi atau dibunyikan secara beruntun (M. Soeharto, 1986: 2). Disini yang menjadi perhatian adalah ketinggian bunyi atau “Pitch” dari masing-masing nadanya.
Intonasi adalah pembidikan nada yang tepat atau menyanyikan nada dengan tepat. Seseorang yang sedang bernyanyi sering Sumbang atau sering Fals padahal memiliki materi suara yang baik dan kadang bunyi tidak sesuai dengan yang diinginkan, lama kelamaan tinggi nada menjadi turun dan pada waktu menyanyikan nada tinggi tidak tahan beberapa ketuk . . .. . Ada bebersapa sebab mengapa penyanyi kurang tepat dalam menyanyikan sebuah lagu/nada
1. Pernafasan Dada
pernafasan dada ialah pernafasan dimana rongga dadalah yang berkembang (membusung) pada waktu tarik nafas. Pada saat itu bahu dan bagian leher juga dalam keadaan tegang. Sementara alat-alat suara terletak di tenggorokan dan alat pernafasan seperti Trachea, Bronce dan paru-paru terdapat dalam rongga dada. Maka ketegangan dalam rongga dada, bahu dan leher puna akan menimbulkan kesatuan pada alat-alat tersebut. Akibatnya suara yang dikeluarkan akan tegang dan kaku. Pernafasan dada ini merupakan pernafasan yang salah, kalau ini terjadi terus menerus mengakibatkan paru-paru tidak baik.
2. Pernafasan Perut
Pernafasan perut adalah pernafasan yang mana perutlah yang berkembang. Cara ini tidak sanggup memberikan pelontaran suara. Lebih-lebih pada suara tingi dan besar, oleh karena itu hal inipun kurang efektif.
3. Pernafasan Diafragma
Pernafasan diafragma adalah pernafasan dimana bagian sekat rongga badan mengembang pada waktu tarik nafas. Tempatnya diantara rongga dada dan rongga perut. Pernafasan yang benar adalah tergantung pada kerjanya diafragma pada organ tubuh secara baik dan teratur. Diafragma adalah jalinan otot-otot yang kuat dan cembung. Fungsinya adalah sebagai otot-otot penggerak pernafasan atau membantu paru-paru dalam menyedot dan menghembuskan nafas. Maka usahakanlah agar selalu bisa digunakan secara efektif (Pranajaya, 1979: 42).
Beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk pernafasan diafragma :
1. Latihan dimulai dengan mengeluarkan nafas secara biasa tanpa ketegangan dan jangan sampai udara yang dikeluarkan habis, karena hal ini akan mengakibatkan ketegangan. Tunggulah sebentar sampai perut mengerut dan sisi badan dalam keadaan kurus. Usahakan pengeluaran nafas ini melalui mulut, kemudian dengan mulut tertutup ambillah nafas melalui hidung tetapi jangan sampai penuh, karena hal ini akan mengakibatkan tidak tenang dalam bernyanyi. Lama latihan sesuai dengan kondisi mana yang enak bagi badan sendiri.
b. Latihan untuk memperkuat diafragma yaitu dengan cara berbaring dan letakkan buku yang berat diatas perut, kemudian ambillah nafas. Usahakan desakkan nafas berhasil mendorong perut yang telah dibebabni buku keatas dan kebawah. Latihan diatas dapat juga dilakukan dengan berdiri, letakkan kedua tangan di pinggang sambil menekan perut. Waktu mengambil nafas usahakanlah desakkan diafragma dapat mengatasi tekanan kedua tangan tadi. Tahanlah nafas sebentar lalu keluarkan secara teratur dan pelan melalui mulut.
c. Latihan agar diafragma dapat bergerak cepat dan kuat, yang paling sederhana adalah dengan menggunakan gerakan yang agak keras yaitu tertawa terbahak-bahak, sehingga perut merasa terguncanag-guncang. Tetapi janagn melakukan ini secara berlebihan. Latihan ini dapat juga mengusir kesedihan, ketakutan dan segala ketegangan.
d. Latihan ini dimaksudkan untuk menghindari kebocoran nafas dan sekaligus untuk dapat menghemat nafas. Caranya dengan menyanyikan huruf “A” pada nada yang paling enak didepan sebuah lilin yang menyala. Disini dapat dilihat keberhasilan dalam melaksanakan latihan-latihan sebelumnya. Kalau dapat mengeluarkan udara yang benar dan enak, maka udara yang keluar akan menjadi suara tanpa mematikan nyala api lilin.
Kalau dalam bernyayi sudah dipelajari teknik bernafas dan sikap badan yang baik, selanjutnya kita pelajari teknik menggunakan resonansi. Adapun fungsi resonansi itu sendiri adalah menambah keindahan suara, sehingga menjadi bunyi yang gemilang. Resonansi adalah suatu gejala pemantulan kembali bunyi yang dikeluarkan oleh pita suara, jadi merupakan suatu gema yang timbul karena adanya ruangan yang memiliki dinding yang keras sehingga sanggup memantulkan suara. Tanpa adanya rongga resonansi, suara manusia tidak akan bisa keras karena pita suara sangat pendek dan hanya mampu mengeluarkan bunyi yang lemah sekali. Dalam tubuh manusia terdapat banyak rongga resonan, tetapi yang paling berperan dan erat hubungannya dengan menyanyi adalah rongga resonan yang berada di atas pita suara.
Rongga resonan dapat dibagi menjadi dua :
a. rongga resonan yang bentuknya tidak dapat diubah, yang terdiri dari
1. Rongga dahi
2. Rongga tulang baji
3. Rongga tulang saringan
4. Rongga rahang atas dan bawah
b. rongga resonansi yang bentuknya dapat diubah misalnya:
1. Rongga tenggorokan yang letaknya dibawah anak tekak.
2. Rongga mulut
3. Rongga hidung
Dari kedua rongga diatas yang paling penting fungsinya adalah rongga resonan yang bentuknya dapat diubah, karena dengan rongga inilah dapat diketahui perbedaan warna suara dan huruf hidup yang diucapkan (Pusat Musik Liturgi, 1984: 31). Resonansi dapat dikembangkan dengan latihan bersenandung cara bersenandung bibir dirapatkan, gigi jangan dirapatkan kemudian rongga mulut dan tenggorokan diperluas. Dengan mengucapkan huruf “M” kemudian kepembentukkan huruf hidup, dengan membuka mulut (menurunkan rahang bawah). Oleh sebab itu suara dari huruf hidup itu akan beresonansi juga.
Untuk belajar musik paling tepat adalah sanggup membaca melodi dalam notasi angka maupun notasi balok. Melodi adalah rangkaian dari beberapa nada atau sejumlah nada yang berbunyi atau dibunyikan secara beruntun (M. Soeharto, 1986: 2). Disini yang menjadi perhatian adalah ketinggian bunyi atau “Pitch” dari masing-masing nadanya.
Intonasi adalah pembidikan nada yang tepat atau menyanyikan nada dengan tepat. Seseorang yang sedang bernyanyi sering Sumbang atau sering Fals padahal memiliki materi suara yang baik dan kadang bunyi tidak sesuai dengan yang diinginkan, lama kelamaan tinggi nada menjadi turun dan pada waktu menyanyikan nada tinggi tidak tahan beberapa ketuk . . .. . Ada bebersapa sebab mengapa penyanyi kurang tepat dalam menyanyikan sebuah lagu/nada
UPDATE 1
Quote:
Adam Lopez
Spoiler for :
Georgia Brown
Spoiler for :
PENUTUP
Quote:
Akhir kata, Inilah beberapa hal yang TS ingin sampaikan kepada agan - agan sekalian untuk menambah wawasan bermusik. Jika TS memiliki kesalahan dalam bertutur kata , TS meminta maaf kepada agan semuanya
Spoiler for Sumur:
Spoiler for Jangan Dibuka:
Ane Jangan Di Bata ya Gan Sesepuh Kasih cendol kek gan atau gak kasih rate 5 Tapi ane pasti bersyukur banget kalau di Rekomendasikan HT
Diubah oleh albertlaia 07-05-2015 02:47
0
109.9K
Kutip
637
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.6KThread•88.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya