Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
10001
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5192f68c582acf237e00000f/komunitas-kosakus---komunitas-senapan-dan-pistol-angin-kaskus---part-1
Thread ini dibuat sebagai wadah silaturahmi dan ajang sharing antar para penghuni KOSAKUS - (Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus) Untuk Group FBnya dapat diakses di: http://www.facebook.com/groups/412372502119021/ (Grup Diskusi) https://www.facebook.com/groups/1773399146213016/ (Grup Jual-Beli) SENAPAN ANGIN Senapan angin adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan pro
Lapor Hansip
15-05-2013 09:44

[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus

Thread ini dibuat sebagai wadah silaturahmi dan ajang sharing antar para penghuni KOSAKUS - (Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus)

Untuk Group FBnya dapat diakses di:
http://www.facebook.com/groups/412372502119021/ (Grup Diskusi)
https://www.facebook.com/groups/1773399146213016/ (Grup Jual-Beli)

SENAPAN ANGIN
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
Senapan angin adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan


Sejarah
Senapan angin dikembangkan pada saat Amerika Serikat sedang mengalami perang kemerdekaan melawan Inggris. Dikembangkan juga lebih lanjut pada saat perang sipil di Amerika bergejolak. Pada saat itu senapan angin dapat membunuh seekor anak sapi/lembu dalam jarak tembak 10 meter dibagian kepala. Mengenai jarak tembak, bergantung pada jenis senapan angin. Untuk yang bertipe pegas memiliki jarak tembak efektif 30 hingga 40 meter (tergantung bahan dan kualitas pegas), untuk tipe pompa jarak tembak efektifnya adalah 40 meter(tergantung kekuatan memompa) dan tipe gas memiliki jarak tembak efektif 60 meter.

Namun penggunaan senapan ini di posisikan untuk senapan target maupun buru dengan ukuran smallgame, penggunaan di luar itu dianggap suatu kegiatan yang diluar ketentuan.


Senapan angin di Indonesia
Di Indonesia, salah satu merek yang terkenal akan presisi dan daya tembak mendekati senapan angin eropa adalah Sharp Innova, sedangkan yang cukup mudah ditemui di pasaran serta metode produksinya mudah adalah Cannon. Sharp Innova sebenarnya merupakan merek senapan angin yang diproduksi di Amerika dan Jepang sekitar dua dasawarsa yang lalu dan merupakan senapan angin yang cukup dapat diperhitungkan kualitasnya (menurut review para penggunanya). Kini merek Innova tersebut diproduksi di bawah lisensi (butuh informasi tambahan) oleh banyak produsen lokal di Indonesia . Sharp Innova buatan Indonesia juga mengeluarkan varian lain seperti Sharp Tiger, Sharp Phoenik dan lain-lain.

di Indonesia sendiri sudah memiliki sejarah yang panjang. Di Indonesia, dengan kaliber 4,5 mm tidak memerlukan izin. Sedangkan untuk kaliber 5,5 mm keatas memerlukan izin.

Jenis senapan angin:

Senapan tipe per/pegas
pics

Senapan angin yang memakai per untuk memompa udara untuk mendorong proyektil. Untuk yang bertipe per, senapan angin dibagi dalam:
tipe under lever,
side lever, dan
patah laras.

Pembagian tipe tersebut berdasarkan cara per di tekan sehingga senapan dalam keadaan terkokang untuk siap tembak.


Senapan angin yang memakai gas dalam tabung yang termampatkan
Gas sudah dipompa terlebih dahulu sebelum senjata akan digunakan.

1. CO2
pics

Menggunakan tabung Gas CO2 kecil yang mana proyekstil atau pelet di dorong menggunakan tekanan yang Gas CO2 dari dalam tabung, tekanan yang dihasilkan tidak terlalu besar, biasanya di pergunakan pada pistol atau senapan angin dengan jarak tembak pendek +/- 10m.Pellets yg digunakan biasanya tipe diabolo.

2. PCP
pics

Menggunakan udara tekan biasa disebut PCP (Pre Charge Peneumatic) memiliki tekanan yang besar antara 2.000 - 3.000 psi, dapat melontarkan proyektil atau pellet sampai kecepatan > 1.000 fps biasa digunakan pada small or medium hunting. bisa menggunakan tipe pellets semua jenis termasuk tipe pile driver yg membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1500psi untuk menghasilkan daya lontar peluru yg optimum.

3. Gejluk
pics

Di Indonesia senapan angin PCP dengan pompa yang terintegrasi lebih dikenal dengan istilah senapan angin gejluk. Umumnya pengguna harus melakukan pompa 100-500 kali untuk menembakan pellet sebanyak 10 kali, tergantung dengan kekuatan per pemukul. Per pemukul pada senapan gejluk bervariasi mulai dari 5 kekuatan, semakin keras per pemukul semakin besar angin yang dikeluarkan. Yang sebanding dengan kekuatan melontarkan pellet dan borosnya angin.


Senapan tipe pompa
pics

Senapan angin yang memakai pompa (pump action) untuk memampatkan udara lalu dilepas untuk melontarkan proyektil. Sedangkan untuk tipe pompa ada dua tipe cara pelepasan angin, yaitu :
Knock open valve dan
Dumping system

pada sistem Knock Open Valve digunakan pemukul/hammer seperti senjata api biasa pada bagian dalam dan untuk yang eksternal digunakan pelatuk yang mirip dengn pistol colt.Untuk Dumping system menggunakan klep yg dapat terbuka penuh pada saat trigger /pelatuk terpicu.Contoh senapan angin yg menggunakan Knock open valve yaitu Benyamin Sheridan,Titan,Falcon,Kalong,Kuda (dua terakhir lokal)dan untuk Dumping system yaitu Sharp Dragon,Innova,Ace,Shapto(lokal) Biasanya pada industri senapan angin dibeberapa negara menyamakan peraturannya mirip dengan senjata api. dan untuk mencegah senapan angin yang diproduksi secara rumahan/home industri di selewengkan pemerintah beberapa negara membatasi panjang laras terpendek yaitu minimal 45 cm/18" dari ruang proyektil untuk senjata api dan 12" untuk senapan angin.


Kaliber senapan angin
Senapan angin juga merupakan tipe senapan dengan beberapa kaliber. selain kaliber yang disebutkan di atas senapan angin juga dikembangkan kaliber yang lebih besar lagi.


Jenis jenis kaliber senapan angin :
.177" (4.5 mm) - kaliber paling umum, digunakan juga di lomba menembak Olimpiade ISFF, peluru ini mempunyai lintasan yang paling datar sehingga menjadikannya paling akurat.Tidak memerlukan izin untuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.
.20" (5.0 mm) - banyak digunakan di Eropa dan senapan merek Sheridan (USA).Mempunyai lintasan yang rata mirip .177 tapi mengirim lebih banyak tenaga.
.22" (5.5 mm & 5.6 mm) - kaliber paling umum untuk berburu, karena mempunyai energi yang cukup besar.Harus menggunakan izin utnuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.
.25" (6.35 mm) - kaliber umum yang paling besar, mempunyai tenaga paling besar pada saat tumbukan tetapi lintasannya sangatlah melengkung (parabola) sehingga hanya digunakan pada senapan dengan tenaga yang besar.


Proyektil
pics


Proyektil senapan angin memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari bentuk kepala proyektil. Adapun jenis-jenis yang beredar sekarang adalah

kepala lancip (sharp point)
Biasanya proyektil jenis ini digunakan untuk menmbus sasaran yang relatif keras seperti tulang

kepala bulat (dome point)
Proyektil jenis ini digunakan secara umum untuk kegitan berburu, kelebihan proyektil jenis ini memiliki akurasi yangbaik dan hasil perkenaan yang mematikan

kepala rata (flat point)
Umumnya digunakan untuk perlombaan dimana sasaran yang ditembak adalah kertas.

Flat point
menghasilkan lubang tembakan yang rata sehingga memudahkan dalam penilaian kepala ganda.

Kepala berlubang (hollow point)
Menimbulkan efek luka bukaan yang lebih besar dari diameter pelet

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Senapan_angin
Diubah oleh acepilot2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwiguna11 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 381 dari 502
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 15:09
Quote:Original Posted By forbidenone
pagi semua....numpang join kosakus ya newbie mau nyoba main sengin..baru dateng kmrn mainan baru hehe lokalan benjamin franklin produksi surabaya....numpang mejeng sekalian gan [KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1


selamet gan .. itu mirip canon 727 special ya model nya

0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 15:11
Quote:Original Posted By bajrapati


Kalau ace deluxe visir belakangnya plastik..ringkih, jelek lagi.. seharusnya kalau visir truglo itu minimal kaya visir bekang canon 737..


iya, g sesuai sama visir depan menurut ane yg keliatannya keren. visir belakang kalo yg dari logam sampe berapa y harganya??
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 15:17
Salam knal agan" smua, mohon petunjuk nih, maklum pemula, br mau bergelut di bidang ini, klo senapan pcp untuk 33 meter yg bagus dan terjangkau apa yah gan, mohon pencerahannya
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 15:37
Gan , ane ngucapin terimakasih banget buat kebaikan ente.gan biar ane tanggung ongkirnya gan , Pm in No rekeningnya yah

Terimakasih
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 15:38
Quote:Original Posted By johnnyspringer


Saya ukur breech seal HW80/77 saya ukurannya mirip: OD = 1.15 cm; ID = 0.7 cm; T = 0.45 cm
Coba cari breech seal HW80/77 aja di Istana Pasar Baru...

Saya punya breech seal bekas, salah satu sisi agak terkikis bekas dilem, kalo mau dibuat coba dulu, PM in alamatnya nanti saya kirim, Gratis... emoticon-Blue Guy Peace


Gan , ane ngucapin terimakasih banget buat kebaikan ente.gan biar ane tanggung ongkirnya gan , Pm in No rekeningnya yah

Terimakasih

gan barangnya udah sampai , terimakasih banyak gan
Diubah oleh jermain
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 17:16
Quote:Original Posted By sepdah


iya, g sesuai sama visir depan menurut ane yg keliatannya keren. visir belakang kalo yg dari logam sampe berapa y harganya??


Ga tau juga,,,belum pernah beli..hee

@ om shcino85... met bergabung.. monggo sharingnya..
Diubah oleh bajrapati
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 18:19
Quote:Original Posted By sepdah


iya, g sesuai sama visir depan menurut ane yg keliatannya keren. visir belakang kalo yg dari logam sampe berapa y harganya??


Visir belakang besi SHARP 15rb an, kalo saya suka yg model peep sight (lubang), karena sasaran saya diam.
Kalo sasarannya bergerak, menurut saya lbh enak model V.
Diubah oleh johnnyspringer
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 18:35
Quote:Original Posted By johnnyspringer


Visir belakang besi SHARP 15rb an, kalo saya suka yg model peep sight (lubang), karena sasaran saya diam.
Kalo sasarannya bergerak, menurut saya lbh enak model V.


makasih infonya, itu kaya yang ada dibu****pak y bung johnny??sasaran bergerak itu maksudnya gimana y??bukannya biasanya yang dibidik itu mesti diam y??
Diubah oleh sepdah
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 18:45
Quote:Original Posted By bajrapati


Ane bukan master om..cuma nubi hina jelata yang baru belajar megang sengin... tes grouping di jarak 10m ga masalah..tp kalau hasilnya jelek baru masalah...heee
Jangan lupa share hasil tesnya...

@om forbidone.. selamat udah nyampe senginnya... ditunggu hasil reviewnya...

Canon 737 ane pun udah nyampe kmren.. tp belum sempat tes, dapat tugas keluar daerah..hufff..
iya gan hehe baru sehari nih megang nyoba nembakin mimis alakadarnya jarak -+5-10meter,dengan kondisi tanpa scope+skill pemula blm bs review detail wkwk emoticon-Ngakak (S) kalo secara umum sih oke finishing lumayan rapih lah untuk sekelas "lokal" cuma ya pompa agak berat 3x udh gakuat lg emoticon-Hammer (S) hahaha..beda sm innova/canon yg lebih dr 5x..

Quote:Original Posted By xxxjedixxx


selamet gan .. itu mirip canon 727 special ya model nya

iya gan makasih..kata sesepuh disini ane baca2 emg mirip gan hehe tp pompa nya agak berat emgemoticon-Hammer (S)

Diubah oleh forbidenone
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 19:10
Quote:Original Posted By sepdah


makasih infonya, itu kaya yang ada dibu****pak y bung johnny??sasaran bergerak itu maksudnya gimana y??bukannya biasanya yang dibidik itu mesti diam y??


Maksudnya sasaran yg hidup, alias visir V lebih cocok buat berburu, karena pandangannya lebih luas. kalo yg O lebih cocok buat tembak target sehingga kita bisa konsentrasi dg 1 titik sasaran. Iya saya ada lapak di situ... ;-)
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 22:22
Maaf gan numpang tanya didaerah jaksel toko sengin dmn ya? Trus bs ngsi angin pcp soalnya ane g pny pompa gx ato amscubemoticon-Big Grin
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
05-05-2015 22:42
met malam para master dimari, tadi udah berhasil nyoba senapan baru ane
Bedil

Grouping

Ini pendapat dari Nubie y master:
1. untuk mompa baru nyampe 5x itu aja udah berat banget buat nubie yang baru pertama pegang sengin.
2. visir depan buat nubie terasa mengkilap, kalo depan target ada cahaya.
3. untuk Grouping jarak + - 7M, pompa 4x, senapan ditahan sama kursi+bantal, posisi nembak jongkok, grouping dengan 5x shot, dilakukan malam, mimis g tau merek apa karena bawaan dari seller.hasilnya seperti gambar, untuk lubang paling bawah shot ke 5 ada kendala triger pas ditarik mimis g langsung meluncur, tapi harus dicoba berulang2, jadi agak g sengaja keluarnya. hasli grouping jika shot yang kelima diitung +- 2cm, jika g dimasukin +-1cm. ini termasuk bagus apa g untuk ukuran senapan baru??
4. ada yang mengganggu dari performa ni senapan, kenapa pas triger ditarik g langsung keluar mimisnya, untuk shot kelima paling parah sampai kaget pas tiba2 meletus. kaya gini ini emg problem biasa buat senapan baru atau memang senapan saya yang NG.
Mohon Masukan dari master sekalian apakah senapan ini performanya OK, atau harus dikirim ulang keseller terkait triger yang g langsung meletus
Diubah oleh sepdah
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
06-05-2015 15:20
Quote:Original Posted By sepdah
met malam para master dimari, tadi udah berhasil nyoba senapan baru ane
Bedil

Grouping

Ini pendapat dari Nubie y master:
1. untuk mompa baru nyampe 5x itu aja udah berat banget buat nubie yang baru pertama pegang sengin.
2. visir depan buat nubie terasa mengkilap, kalo depan target ada cahaya.
3. untuk Grouping jarak + - 7M, pompa 4x, senapan ditahan sama kursi+bantal, posisi nembak jongkok, grouping dengan 5x shot, dilakukan malam, mimis g tau merek apa karena bawaan dari seller.hasilnya seperti gambar, untuk lubang paling bawah shot ke 5 ada kendala triger pas ditarik mimis g langsung meluncur, tapi harus dicoba berulang2, jadi agak g sengaja keluarnya. hasli grouping jika shot yang kelima diitung +- 2cm, jika g dimasukin +-1cm. ini termasuk bagus apa g untuk ukuran senapan baru??
4. ada yang mengganggu dari performa ni senapan, kenapa pas triger ditarik g langsung keluar mimisnya, untuk shot kelima paling parah sampai kaget pas tiba2 meletus. kaya gini ini emg problem biasa buat senapan baru atau memang senapan saya yang NG.
Mohon Masukan dari master sekalian apakah senapan ini performanya OK, atau harus dikirim ulang keseller terkait triger yang g langsung meletus


Ane cuma komen sebagiab aja... kalau triger udah ditarik tp angin belum keluar itu menurut ane tidak normal om..kemungkinan jarak antara lobang di plat L n as pentilnya agak jauh.. mudah2n bisa normal dalam waktu dekat..
Kalau untuk tes grouping jarak kurang dari 10m..usahakan pompaanya sedikit dulu..misal 2x...nnt lanjut 3x.. penting untuk diingat waktu tes grouping adalah membidik titik yang sama di tiap tembakan tanpa harus terpengaruh pada poi nya..
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
06-05-2015 15:41
Quote:Original Posted By bajrapati


Ane cuma komen sebagiab aja... kalau triger udah ditarik tp angin belum keluar itu menurut ane tidak normal om..kemungkinan jarak antara lobang di plat L n as pentilnya agak jauh.. mudah2n bisa normal dalam waktu dekat..
Kalau untuk tes grouping jarak kurang dari 10m..usahakan pompaanya sedikit dulu..misal 2x...nnt lanjut 3x.. penting untuk diingat waktu tes grouping adalah membidik titik yang sama di tiap tembakan tanpa harus terpengaruh pada poi nya..


Ok lah, makasih untuk infonya. kalo ntar malam sempet dicoba lagi buat grouping. kalo masalah triger bisa dibenerin ndiri g y??
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
06-05-2015 16:20
Quote:Original Posted By SynsGui
pesen gitu juga bisa kok. jd langsung yang upgread. tp y harganya lumayan, cba aja ke akun FB alit sport/malik



kebanyakan yang d jual memang KW om. scope ori paling murah setau saya ya Hawke sport HD. sekarang kisaran 1.5
itupun made in china tp scope Ori, entah itu assembled in china atau gimana saya gak gitu paham. yang pasti d scopenya ada tulisan made in china

alit kaliber alit sport atau yg mana om ? link fb nya kl boleh. kl tiger short bisa diganti tabung pomping stlt g ya? emoticon-Shakehand2
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
06-05-2015 20:13
Quote:Original Posted By sepdah


Ok lah, makasih untuk infonya. kalo ntar malam sempet dicoba lagi buat grouping. kalo masalah triger bisa dibenerin ndiri g y??


Sama kaya SHARP INNOVA II saya waktu masih baru,,, dibongkar aja triggernya, terus bersihkan gemuk2 dari komponen trigger, biasanya gemuknya terlalu kental, sehingga komponen2 nya terhambat gerakkannya sehingga tdk sinkron dg gerakan pentil. Ganti gemuknya dg pelumas yg agak cair. Sementara hati2 yah bro...

Untuk test akurasi, gunakan mimis import yg ORI ;-) percaya deh... beda hasilnya...
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
06-05-2015 22:35
Quote:Original Posted By johnnyspringer


Sama kaya SHARP INNOVA II saya waktu masih baru,,, dibongkar aja triggernya, terus bersihkan gemuk2 dari komponen trigger, biasanya gemuknya terlalu kental, sehingga komponen2 nya terhambat gerakkannya sehingga tdk sinkron dg gerakan pentil. Ganti gemuknya dg pelumas yg agak cair. Sementara hati2 yah bro...

Untuk test akurasi, gunakan mimis import yg ORI ;-) percaya deh... beda hasilnya...


iya, udah coba dibongkar td, bersihin, trus pasang lg. dicoba buat shot langsung meluncur tu mimis, smg g terkendala lg. penginna pake mimis yg bagus, tapi blm sempet nyari, jd sementara pake mimis bawaan.
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
07-05-2015 06:43
Quote:Original Posted By sepdah


iya, udah coba dibongkar td, bersihin, trus pasang lg. dicoba buat shot langsung meluncur tu mimis, smg g terkendala lg. penginna pake mimis yg bagus, tapi blm sempet nyari, jd sementara pake mimis bawaan.


Kalo pake mimis bawaan jangan dibuat ngukur akurasi... pake aja buat plinkingan.... itung2 pemanasan buat senapannya....
Standardnya RWS Superdome biasanya cukup akur dengan kebanyakan senapan... ;-)
Diubah oleh johnnyspringer
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
07-05-2015 10:10
Quote:Original Posted By johnnyspringer


Kalo pake mimis bawaan jangan dibuat ngukur akurasi... pake aja buat plinkingan.... itung2 pemanasan buat senapannya....
Standardnya RWS Superdome biasanya cukup akur dengan kebanyakan senapan... ;-)


iya, soalnya biar tau aja akurasi senapannya gimana, trus minta pendapat master disini akurasinya bagus pa ga, jadinya mimis bawaan yg buat tes akurasi. kalo mimis yg bagus blm tau beli dimana kalo di Palembang,.
0 0
0
[KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus - Part 1
07-05-2015 10:19
Quote:Original Posted By sepdah
iya, soalnya biar tau aja akurasi senapannya gimana, trus minta pendapat master disini akurasinya bagus pa ga, jadinya mimis bawaan yg buat tes akurasi. kalo mimis yg bagus blm tau beli dimana kalo di Palembang,.

Gini bro, kalo mimisnya jelek, tapi groupingnya bagus, berarti anda beruntung, senapannya bagus.
Tapi kalo groupingnya jelek, kita tdk bisa ambil kesimpulan apakah senapannya yg jelek atau karena mimisnya... harus dicoba dulu pake mimis yg bagus...
0 0
0
Halaman 381 dari 502
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia