News
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55483ca2c1cb174f7d8b4570/jokowi-akan-lanjutkan-proyek-mobil-esemka
Presiden Joko Widodo alias Jokowi berencana proyek mobil Esemka yang kini terhenti di tengah jalan. Jokowi juga berjanji akan segera mewujudkan program mobil kebanggan nasional tersebut terwujud. Hal itu terungkap di sela-sela kunjungan Jokowi ke Klaten, Jawa Tengah, Senin (4/5) yang menyempatkan diri mampir ke Bengkel Kiat Motor milik Sukiyat di Jalan Raya Solo-Yogyakarta. Di tempat ini, Jokowi b
Lapor Hansip
05-05-2015 10:44

Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka

Quote:
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka



Presiden Joko Widodo alias Jokowi berencana proyek mobil Esemka yang kini terhenti di tengah jalan. Jokowi juga berjanji akan segera mewujudkan program mobil kebanggan nasional tersebut terwujud.

Hal itu terungkap di sela-sela kunjungan Jokowi ke Klaten, Jawa Tengah, Senin (4/5) yang menyempatkan diri mampir ke Bengkel Kiat Motor milik Sukiyat di Jalan Raya Solo-Yogyakarta. Di tempat ini, Jokowi bertemu Sukiyat, pencetus mobil Esemka sekitar 15 menit.

Kepada wartawan, Sukiyat membenarkan kunjungan Presiden Jokowi ke bengkelnya tersebut. "Memang benar sebelum melanjutkan kunjungan ke Yogyakarta, Pak Jokowi sempat mampir ke bengkel saya sekitar 15 menit," ujar Sukiyat.

Kunjungan mantan Wali Kota Solo itu, kata Sukiyat, untuk membicarakan kelanjutan proyek mobil Esemka. "Kita membicarakan kelanjutan mobil Esemka. Pak Jokowi berjanji akan segera mewujudkan proyek mobil Esemka," ujarnya.

Untuk menindaklanjuti proyek mobil Esemka, Sukiyat mengaku diundang Presiden Jokowi ke Istana untuk membicarakan hal tersebut lebih mendalam.


"Presiden meminta saya datang ke Istana untuk membahas kelanjutan program mobil Esemka yang akan dijadikan mobil nasional," ujar Sukiyat.

Menanggapi undangan tersebut, Sukiyat mengaku bangga dan sangat senang. Dia yakin ke depan Mobil Esemka mempunyai prospek cukup baik. Sebab, mobil bikinan siswa SMK tersebut akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Kunjungan Jokowi ke Bengkel Kiat Motor dilakukan usai menyerahakan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), serta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kecamatan Pedan, Klaten, Jawa Tengah, Senin (4/5) siang. Usai mengunjungi Bengkel Kiat Motor, Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Proton Malaysia

Selaku pemrakarsa mobil Esemka, Sukiyat, yang ikut melambungkan nama Jokowi hingga menjadi presiden tidak mempermasalahkan upaya wantan Wali Kota Solo itu menggandeng pabrik mobil Proton Malaysia untuk membangkitkan mobil nasional. "Bagi saya tidak masalah, kita berharap setidaknya di masa datang akan ada transfer tehnologi," kata Sukiyat awal Februari silam.

Pemilik Bengkel Kiat Motor ini menyadari, mengapa PT Adiperkasa Cita Lestari (ACL) yang digandeng pemerintah membuat kesepakatan dengan Proton Malaysia, bukan dirinya atau Esemka. "Lha kalau saya kan nggak punya modal besar, kalau Pak Hendro (mantan Kepala BIN Hendropriyono) kan modalnya besar," ujcap Sukiyat.

Bagi Sukiyat, yang penting adalah keseriusan pemerintah membangun industri otomotif di Tanah Air. Jangan hanya banyak ngomong seperti saat pertama kali mobil Esemka diproduksi pertama kali bersama anak-anak SMK di Solo dan Klaten diperkenalkan oleh Jokowi dulu. Pejabat berlomba-lomba bicara dan mendatangi dirinya, tapi setelah itu tidak ada tindaklanjutnya.

Menurut Sukiyat, kalau pemerintah belum bisa membuat 'jalan raya' untuk industri otomotif ini, bisa membuat 'jalan setapak' dulu hingga pada akhirnya bisa membangun jalan raya. "Biar saja kerja sama dengan Proton ini menjadi jalan setapak bagi industri otomotif di Indonesia," ungkapnya.

Jokowi sendiri sudah menanggapi berita miring tentang kehadirannya pada penandatanganan kerja sama produsen mobil Proton dengan PT ACL. Jokowi mengaku hadir karena diundang Mahathir Mohammad, mantan PM Malaysia dan PM Najib Razak.

"Jadi (hadir dalam penandatanganan-red) karena diundang Dr Mahathir dan PM Najib Razak. Ya, saya datang . Jadi, masih awal-awal sekali (kerja sama mobnas-red)," kata Jokowi di sela kunjungannya ke Filipina, Senin (9/2) silam.


SUMBER



MANTAB!.... JOKOWI AKAN MELANJUTKAN ESEMKA emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 5 dari 9
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:36
Quote:Original Posted By johnserdang


Kalau memang begitu niatnya, sebetulnya gak perlu lg belajar sama proton, dr jaman dahulu kita sdh punya kemampuan bikin mesin sampai mobilnya jadi. Dan yg membuat jg bukan anak smk tapi memang sdh ahli. Orang malaysia saja sampai heran kenapa indo mau kerja sama pembangunan mibnas sama proton, krn mereka tahunya indo sdh punya kemampuan itu, cm karena dipandang bs menyelamatkan proton maka mereka oke-oke saja.

Yg kurang itu dukungan pemerintah biar produksinya bs ekonomis dan bs penetrasi pasar. Walaupun pasti dihadang dg wto, tp kalau belajar dr industri mobil cina, bahkan jepang, ya mau gak mau harus proteksi dulu. Kalau tdk pasti habis dihajar jepang.



iya ane tau kalo kita udah bisa bikin sendiri semua komponennya sampe jadi, tapi mana hasilnya? Mana yang udah jadi dan pake brand kita sendiri dan bukannya brand2 luar negeri? Emang salah pemerintahnya yang gak initiative buka perusahaan sendiri yang nampung orang2 ahli ini. nah kebetulan yang udah muncul ke permukaan ya esemka. kalo mau lanjut dengan esemka ya silakan. kalo mau yang lebih bonafit ya monggo dimulai dari awal, gandeng investor lokal aja.

Memang proton kualitasnya jauh rendah dari mobil jepang atau bahkan cina. Tapi pemerintah Malaysia melindungi dan bangga sama produk dalam negeri. pengguna mobnas dikenai pajak rendah, cuma RM30 setahun. pengguna mobil import pajaknya berlipat2 dari itu. terus rakyat malaysia juga gak cerewet kayak rakyat Indo yang banyak ngeluhnya. Mereka bangga2 aja pake mobnas nya. di malaysia itu keluarga dikategorikan hidup di bawah garis kemiskinan aja mobilnya dua. karena cicilannya murah. mau beli yg second juga cuma seharga motor baru.

Di Indonesia, harus ada kerjasama antara pemerintah, investor dan rakyat. pemerintah harus memfasilitasi, rakyat harus terima. gak cengeng dan ngeluh mulu
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:39
Quote:Original Posted By hydrocodone
Dilanjutkan juga percuma klo peminatnya minim kayak proton juga jarang lihat di jalan.....

Kecuali taxi dan kendaraan operasional pemerintah semuadi paksa beli esemka baru bisa jalan.....


setuju gan
soalnya orang indo itu gengsian
coba diawali dulu dari mobil pejabatnya pake mobil ini, sama rombakin mobil mobil angkutan umum pake mobil dalam negrinya
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:44
Ane bakalan bangga kalo kata "Akan" Jokowi sudah menjadi "Telah".


0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:52
Mantau aja gan
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:53
Quote:Original Posted By peron19



iya ane tau kalo kita udah bisa bikin sendiri semua komponennya sampe jadi, tapi mana hasilnya? Mana yang udah jadi dan pake brand kita sendiri dan bukannya brand2 luar negeri? Emang salah pemerintahnya yang gak initiative buka perusahaan sendiri yang nampung orang2 ahli ini. nah kebetulan yang udah muncul ke permukaan ya esemka. kalo mau lanjut dengan esemka ya silakan. kalo mau yang lebih bonafit ya monggo dimulai dari awal, gandeng investor lokal aja.

Memang proton kualitasnya jauh rendah dari mobil jepang atau bahkan cina. Tapi pemerintah Malaysia melindungi dan bangga sama produk dalam negeri. pengguna mobnas dikenai pajak rendah, cuma RM30 setahun. pengguna mobil import pajaknya berlipat2 dari itu. terus rakyat malaysia juga gak cerewet kayak rakyat Indo yang banyak ngeluhnya. Mereka bangga2 aja pake mobnas nya. di malaysia itu keluarga dikategorikan hidup di bawah garis kemiskinan aja mobilnya dua. karena cicilannya murah. mau beli yg second juga cuma seharga motor baru.

Di Indonesia, harus ada kerjasama antara pemerintah, investor dan rakyat. pemerintah harus memfasilitasi, rakyat harus terima. gak cengeng dan ngeluh mulu


Gitu ya gan. Pantas proton bisa survive
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:56
Wait and see aja, percuma ngomong sekarang klo kenyataannya mblegedes...
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:56
Quote:Original Posted By darikiki
Ane bakalan bangga kalo kata "Akan" Jokowi sudah menjadi "Telah".




emoticon-Shakehand2
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:57
Quote:Original Posted By nandul
Wait and see aja, percuma ngomong sekarang klo kenyataannya mblegedes...


emoticon-Shakehand2
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 08:59
susah dipercaya omongan orang 1 ini

mending mantau aja,siapa tau jadi thread zombie

emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 09:14
Quote:Original Posted By peron19



iya ane tau kalo kita udah bisa bikin sendiri semua komponennya sampe jadi, tapi mana hasilnya? Mana yang udah jadi dan pake brand kita sendiri dan bukannya brand2 luar negeri? Emang salah pemerintahnya yang gak initiative buka perusahaan sendiri yang nampung orang2 ahli ini. nah kebetulan yang udah muncul ke permukaan ya esemka. kalo mau lanjut dengan esemka ya silakan. kalo mau yang lebih bonafit ya monggo dimulai dari awal, gandeng investor lokal aja.

Memang proton kualitasnya jauh rendah dari mobil jepang atau bahkan cina. Tapi pemerintah Malaysia melindungi dan bangga sama produk dalam negeri. pengguna mobnas dikenai pajak rendah, cuma RM30 setahun. pengguna mobil import pajaknya berlipat2 dari itu. terus rakyat malaysia juga gak cerewet kayak rakyat Indo yang banyak ngeluhnya. Mereka bangga2 aja pake mobnas nya. di malaysia itu keluarga dikategorikan hidup di bawah garis kemiskinan aja mobilnya dua. karena cicilannya murah. mau beli yg second juga cuma seharga motor baru.

Di Indonesia, harus ada kerjasama antara pemerintah, investor dan rakyat. pemerintah harus memfasilitasi, rakyat harus terima. gak cengeng dan ngeluh mulu


Setuju Gan
Proton sampai sejarang juga masih disuntik modal pemerintah supaya tetap survive. Dimalaysia pakai peoton krn harganya murah, apalagi secondnya makanya mobil proton masih tetap banyak beredar.

Benang hijaunya...kebijakan dan perlindungan pemerintah. makanya harus bumn, biar duit negara dan proteksinya yg nerasakan jg negara. Lah kalau ACL? Bumn bukan swasta iya, masak mau diproteksi pulak? Ya gak usah, walaupun pakai embel-embel mobnas. Apalagi gak ngaku khan kalau mobnas
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 09:22
Tapi melihat dari kalimatnya sepertinya ini jadi prioritas jokowi nomor 279.... emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 09:39
maaannntap,,,,,,,,,,,,,,,nah gtu donk
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 09:45
ESEMKA rasa PROTOL





emoticon-Traveller
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 09:49
positip tingking sj.. mudah2an direalisasikan... maju terus pakde...emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 09:50
Quote:Original Posted By mynameisdanz27
Tapi melihat dari kalimatnya sepertinya ini jadi prioritas jokowi nomor 279.... emoticon-Cape d... (S)


Yg bikinkan swasta, si Hendro dan Proton itu. Sementara saham Esemka sdh diembat Hendro. Pemerintah kasih ijin ajah via menristek.

Ya tanyain Hendro gimana progress selanjutnya.

Lagipula ini cuman mobnas, bukan proyek infrastruktur.
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 10:02
yakin kebanggaan Indonesia ? tana orang indonesianya deh, bangga ngak nih ?? modalnya aja ngak kuat.emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 10:06
naikin popularitas lagi ni ceritanya? emoticon-Big Grin
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 10:39
Quote:Original Posted By gracesurjadi
yakin kebanggaan Indonesia ? tana orang indonesianya deh, bangga ngak nih ?? modalnya aja ngak kuat.emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


lah klo mobnas nya proton berbaju esemka,ya apanya yg dibanggain,mending menurut ane tuh mobil listrik aja yg di kembangin,mumpung blom bgtu massive orang luaran produksi.gak bgtu kalah kita start nya.punya orang pinter kok sllu di buangin gegra satu dua orang yg cuma ngurusin perut segolonganyaemoticon-Nohope
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 10:57
Janji lagi emoticon-Ngakak
0 0
0
Jokowi Akan Lanjutkan Proyek Mobil Esemka
06-05-2015 11:14
Quote:Original Posted By adiknyaKipli82


lah klo mobnas nya proton berbaju esemka,ya apanya yg dibanggain,mending menurut ane tuh mobil listrik aja yg di kembangin,mumpung blom bgtu massive orang luaran produksi.gak bgtu kalah kita start nya.punya orang pinter kok sllu di buangin gegra satu dua orang yg cuma ngurusin perut segolonganyaemoticon-Nohope


Bukan blom begitu massive gan, tapi diluar negeri proyek mobil listrik ini masih banyak kendala, dari infrastrukturnya, dll. Jadi mereka udah tau dan gak begitu minat, mampu sih mampu, tapi mereka lebih tertarik sama Hybrid, campuran listrik sama bbm biasa.

Lha kita mo bikin mobil listrik sementara orang luar aja males... Mo nge-charge dimana? Numpang di restoran? Mo pasang terminal chargernya dijalan? Diembat orang yang ada. Belom sekali isi dayanya bisa berapa jam seharian? lha kalo mogok?

Hehehe. Kadang kita ini terlalu menilai tinggi kemampuan dan arogan, bukannya menciptakan dari yg sederhana dan bermanfaat buat orang dulu contoh: cangkul kek, gayung, ember... rata2 masih Made in China.



Diubah oleh jonny esmod
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia