• Beranda
  • ...
  • Domestik
  • Ajakan : Menjelajah ke Taman Nasional Kep. Togean, Sulawesi Tengah

Kamikazekun
TS
Kamikazekun
Ajakan : Menjelajah ke Taman Nasional Kep. Togean, Sulawesi Tengah

Bayangin sob.. Menikmati sunset sambil berperahu di kanal air asin yang sangat sempit dengan hamparan bakau raksasa dikiri dan kanannya dan sedikit rintik hujan selayaknya pemandangan hutan hujan tropis? Atau jalan-jalan menyusuri hamparan pasir putih dengan laut yang super bening dan mendapati karang-karang sejauh mata melihat? Atau snorkeling di danau dan bermain-main bersama ubur-ubur yang ngga nyengat sama sekali?

Quote:


Quote:

Rencana perjalanan gue yang udah masuk dalam list tahun ini Sebelum ke Balidi Oktober nanti.
Taman Nasional Kepulauan Togean!

Gue udah mengantongi tiket pesawat Jakarta - Palu PP dengan harga Rp1.938.200,- ditanggal 23-31 Mei 2015. Dan akan mulai overland 8 jam Palu menuju Ampana, lanjut naik ferry 4 jam Ampana menuju Pulau Togean ditanggal 24 Mei 2015. Perjalanannya cukup panjang, bukan?



Merupakan bagian dari Segitiga Koral (Coral Triangle), yaitu wilayah segitiga perairan laut tropis yang membentang meliputi Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua Nugini, serta Australia dan memiliki 500 lebih spesies terumbu karang dan merupakan salah satu pusat kekayaan bawah laut di dunia. Togean mempunyai seluruh jenis terumbu karang yang ada di dunia. Karang Cincin (Atol), Karang Tepi (Fringing Reef), Karang Tompoh (Patch Reef) dan Karang Penghalang (Barrier Reef).



Kemana aja sih gue setelah tiba disini? Oke, gue beri tempat-tempat hotspot-nya :

PANTAI KARINA

Spoiler for :

Pantai sepanjang 200 meter ini punya air laut yang cenderung jernih sampe bisa ngeliat pasir putih dan biota-biota kecil dibawahnya. Snorkeling lebih jauh lagi, ntar ketemu sama gugusan karang seluas mata memandang dengan beragam jenis ikan seperti Clown Fish, Frog fish, beragam Angel Fish dan Butterfly Fish dan kadang-kadang, anakan Baracuda akan nampak dengan mudahnya. Dibagian belakang pantai ini, kita bisa leyeh-leyeh dibawah pohon-pohon rindang.


HOTEL CALIFORNIA REEF

Spoiler for :


Surganya para snorkelers! Laut dangkal, ikan-ikan koral dan hamparan karang. Itu rumah-rumah ditengah laut adalah tempat nginepnya nelayan.


DANAU UBUR-UBUR

Spoiler for :


Gak cuma Kakaban yang punya sob! Adalah Lagoon Spotted Jellyfish, Ubur-ubur yang udah berevolusi karena kondisi habitat mereka yang terisolasi di dalam danau yang tidak memiliki ancaman dari pemangsanya, sehingga ubur-ubur ini tidak memerlukan sengatan untuk melindungi diri. Disini kita bisa menikmati keindahan danau hijau yang teduh dan bebas berenang bersama ubur-ubur ini tanpa harus takut terkena sengatannya.


JEMBATAN BAKAU

Spoiler for :


Gak cuma lautnya, hutannya kita jelajah juga sob! Jembatan kayu ini menjadi salah satu tujuan favorit di Togean. Disini kita jalan-jalan santai menyusuri jembatan kayu sepanjang 600 meter sambil berfoto-foto menikmati pemandangan hutan bakau berumur puluhan tahun.


DESA KATUPAT

Spoiler for :


Sebuah desa dengan tingkat keramahan yang sangat tinggi. Disini kita akan menghabiskan seharian untuk trekking mengelilingi desa, menyusuri hutan-hutan kecil untuk menghirup udara segar dan berakhir dengan catching the sunset di dermaga kecil yang terletak di depan desa sambil menikmati segarnya kelapa muda Katupat. Pada malam hari, kita bakal melakukan night trekking untuk melihat salah satu hewan langka asli Togean, yaitu Kepiting Kenari.


PULAU PAPAN

Spoiler for :


Pulau unik yang terletak di ujung Pulau Malenge ini dihuni oleh Suku Bajo. Pulau ini dihubungkan oleh jembatan kayu sepanjang hampir 1 km. Nah, kita bisa jalan-jalan menyusuri jembatan sambil menikmati pemandangan koral di bagian kiri dan kanan jembatan dengan air laut yang jernih.


5 Hari, 4 Malam

Untuk menjelajah semuanya, dibutuhkan waktu 5 hari 4 malam dengan 2 hari kita pakai untuk perjalanan Palu - Ampana PP. Tempat ini emang bener-bener jauh sob! Masih jarang juga orang kesana karena akses yang kurang memadai dan belum terlalu banyak didengar. Biar gak bingung ngeteng sampe sana, gue ambil paketan tour lokal aja. Ini detail paket wisata 5 hari 4 malam Pulau Togean :

1 Pax : Rp3.500.000,-
2 Pax : Rp3.250.000,-
3 Pax : Rp3.000.000,-
4 Pax : Rp2.500.000,-
> 5 Pax : Rp2.250.000,-


Sudah Termasuk :
Tour ke Karina Beach, Jellyfish Lake, Mangrove Bridge dan spot-spot lainnya. Minibus Palu - Ampana PP, Tiket Ferry Ampana - Wakai PP, Standard Room, Makan 3x Sehari dan Free flow kopi dan teh kapan pun.

Spoiler for Itinerary:


Mahal, kan? Ini Indonesia timur, bung! emoticon-Big GrinGue aja udah mem-budget-kan sekitar Rp6.000.000,- ALL IN dari Jakarta sampai balik lagi ke Jakarta. Untuk akomodasi di kota Palu, kebetulan gue punya rumah disana. Jadi lebih hemat lagi.. emoticon-Big Grin Pesertanya? Baru gue dan temen gue yang ada di Palu. Hubungi gue kalo mau ikutan yaa.. Gue sendiri udah siap berangkat ke Palu..

Spoiler for Tiket PP:

emoticon-I Love Indonesia
I'm coming, Togean!

Spoiler for Deket2 Rumah Gue Ada Apa Aja Sih?:


Diubah oleh Kamikazekun 12-05-2015 11:06
0
5.7K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
Domestik
icon
10.2KThread3.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.