News
Batal
KATEGORI
link has been copied
67
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553fc569582b2e21568b4567/breaking-news-bali-nine-cs-telah-dieksekusi-mati-di-nusakambangan
Kejaksaan Agung (Kejagung) telah mengeksekusi terpidana mati kasus narkotika. Mereka dieksekusi di lapangan tembak Limus Buntu, Nusakambangan. "00.18 WIB, eksekusi," ujar sumber detikcom, Rabu (30/4/2015). Usai dieksekusi 9 terpidana mati itu dieksekusi selanjutnya mereka dimandikan dulu. Lalu petugas akan mengeluarkan peluru yang bersarang di jantung atau kepala terpidana kemudian dilan
Lapor Hansip
29-04-2015 00:37

[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan

Quote:
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan



Kejaksaan Agung (Kejagung) telah mengeksekusi terpidana mati kasus narkotika. Mereka dieksekusi di lapangan tembak Limus Buntu, Nusakambangan.

"00.18 WIB, eksekusi," ujar sumber detikcom, Rabu (30/4/2015).

Usai dieksekusi 9 terpidana mati itu dieksekusi selanjutnya mereka dimandikan dulu. Lalu petugas akan mengeluarkan peluru yang bersarang di jantung atau kepala terpidana kemudian dilanjutkan dengan doa.

Kemudian para terpidana dibawa ke lokasi persemayaman melalui jalur darat sesuai dengan permintaan mereka. Lalu jenazah para terpidana akan dimakamkan di lokasi yang sesuai dengan keinginan mereka.

Kesembilan terpidana yang telah dieksekusi yaitu ‎WN Filipina Mary Jane, WN Australia Andrew Chan, WN Australia Myuran Sukumaran, WN Nigeria Martin Anderson, WN Raheem Agbaje, WN Brazil Rodrigo Gularte, WN Nigeria Sylvester Obiekwe Nwolise, WN Nigeria Okwudili Oyatanze, dan WN Indonesia Zainal Abidin.


SUMBER




Quote:
Delapan Terpidana Mati Dieksekusi, Mary Jane Ditunda


[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan



Eksekusi mati terhadap sembilan terpidana mati dikabarkan sudah dilaksanakan pada Rabu (29/4/2015) dini hari. Namun, salah satu terpidana mati, yakni, Mary Jane Veloso asal Filipina ditunda sehingga eksekusi hanya dilakukan kepada delapan napi.

Informasi yang dihimpun Metro TV, penundaan ini lantaran pemerintah Filipina telah mengajukan permohonan langsung ke Indonesia. Hal ini terkait dengan penyerahan diri Maria Kristina Sergio yang merekrut Mary Jane kepada kepolisian Filipina.

Pemerintah Indonesia menghormati proses hukum yang dijalankan di Filipina. Pasalnya, Mary Jane akan dimintai testimoni terhadap Maria Kristina Sergio di persidangan.

Sampai sore tadi, eksekusi mati sudah disiapkan untuk sembilan terpidana mati. Namun karena Mary Jane ditunda, alhasil eksekusi hanya dilakukan kepada delapan narapidana.

Delapan napi lainnya, dieksekusi oleh satu regu tembak yang berisi 13 orang eksekutor. Eksekusi dimulai pada 00.00 WIB dan belum diketahui kapan selesai.


SUMBER




Quote:
Pukul 00.35 WIB Delapan Terpidana Mati Dieksekusi Regu Tembak


[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan



Dor..dor..dor..

Suara tembakan membelah malam sunyi di Nusakambangan. Delapan tim regu tembak telah memantik pelatuk mereka tepat ke jantung delapan terpidana mati pada Rabu (29/4), sekitar pukul 00.35 WIB di Lapangan Tembak Limus Buntu di Nusakambangan. Sumber CNN Indonesia di Nusakambangan melaporkan personel Brimob Polres Purwokerto telah usai merampungkan tugasnya.

“Sudah, jam 00.35,” ujar sumber CNN Indonesia yang berada di lokasi.

Lapangan tembak bekas area Limus Buntu, Nusakambangan, Jawa Tengah adalah sebuah lapangan berbentuk segi empat, dengan dinding bata tua yang tingginya hanya berkisar satu meter.

Lokasinya tepat di pinggir satu-satunya jalan raya di Nusakambangan. Di seberang lapangan, laut luas yang membelah pulau dengan daratan Jawa tampak membentang.

Delapan terpidana dieksekusi dalam waktu yang bersamaan. Mereka yang dieksekusi yakni empat warga Nigeria, Jamiu Owolabi Abashin yang lebih dikenal sebagai Raheem Agbage Salami, Okwudili Oyatanze, Martin Anderson, dan Silvester Obiekwe Nwolise.

Ada pula Rodrigo Gularte dari Brasil, dan Zainal Abidin dari Indonesia. Selanjutnya, duo Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Eksekusi Mary Jane Veloso ditunda dimenit-menit akhir oleh Jaksa Agung M. Prasetyo. Dia tetap di LP Besi, tidak dibawa ke Lapangan Tembak Limus Buntu.

Merujuk Pasal 1 Undang-Undang Nomor 2/PNPS/1964 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pidana Mati yang Dijatuhkan Oleh Pengadilan di Lingkungan Peradilan Umum dan Militer, pelaksanaan pidana mati, yang dijatuhkan oleh pengadilan di lingkungan peradilan umum atau peradilan militer, dilakukan dengan ditembak sampai mati.

Sebagaimana diatur dalam ketentuan, para terpidana dihadirkan ke tengah lapangan tembak pada waktu yang telah ditentukan. Dengan mengenakan baju berwarna putih, mereka disiapkan menghadapi regu penembak yang ditentukan.

Terpidana boleh meminta untuk ditempatkan dalam kondisi duduk atau berdiri. Begitupun dengan tutup kepala, yang bisa mereka minta untuk dikenakan atau tidak.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Nur Ali menyebutkan regu tembak terdiri dari 14 orang untuk satu tim. Setiap terpidana, bakal ditembak oleh satu tim. Satu tim terdiri dari seorang Bintara, 12 orang Tamtama, di bawah pimpinan seorang Perwira.

Permintaan Terakhir

Kejaksaan Agung, sebagai jaksa eksekutor pelaksanaan eksekusi mati, sebelumnya telah membeberkan permintaan para terpidana mati itu. Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Tony Spontana, hanya terpidana asal Brasil Rodrigo Gularte dan terpidana asal Nigeria Sylvester Obiekwe Nwolise dan Okwudili Oyatanze yang belum menyampaikan permintaannya.

"Kalau sampai besok tidak ada segera dibuatkan makam di Nusakambangan," kata Tony di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (27/4).

Sementara itu, Raheem Agbaje Salami, terpidana yang juga berasal dari Nigeria, meminta untuk dimakamkan di Madiun. Namun permintaan untuk mendonorkan organ tubuh tidak bisa dipenuhi. "Berdasarkan pertimbangan Kementerian Kesehatan tidak mungkin dipenuhi. Karena donor itu tidak bisa lama, harus langsung diterima," kata Tony.

Sementara itu, terpidana asal Nigeria lainnya, Martin Anderson, memilih untuk dimakamkan di Bekasi. Semula Martin diketahui sebagai warga negara Ghana. Namun setelah dikonfirmasi ke perwakilan negaranya, dia dipastikan berkewarganegaraan Nigeria.

Terpidana asal Indonesia, Zainal Abidin, berdasarkan persetujuan keluarganya, akan dimakamkan di Nusakambangan. Awalnya keluarga tidak menyetujui Zainal dimakamkan di pulau eksekusi itu, namun menurut Tony, akhirnya mereka berubah pikiran.

Dua terpidana mati lainnya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran asal Australia, meminta untuk dikembalikan ke negaranya masing-masing. Namun di akhir sebelum eksekusi, Andrew menyebut meminta dimakamkan di Jakarta Barat.

Pesan Terakhir

Terpidana mati asal Palembang, Indonesia, Zainal Abidin, memberikan pesan terakhir kepada kedua anaknya, Tiara dan Roy. Sayang, pesan terakhir itu belum bisa disampaikan langsung oleh Zainal kepada kedua buah hatinya.

Adik Zainal, Iwan Setiawan, kepada CNN Indonesia usai mengunjungi kakaknya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Besi, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, mengatakan, Zainal belum dapat menghubungi anaknya hingga saat ini. "Tadi sudah telepon anaknya (Roy) tapi tidak diangkat, kemungkinan masih sekolah," katanya, Selasa (28/4) di Dermaga Wijayapura, Cilacap.

Kendati demikian, lanjut Iwan, sipir berjanji akan memberikan kesempatan untuk menghubungi kembali melalui telepon genggam milik sipir. "Nanti ada kesempatan untuk menghubungi anaknya dan juga diberi kesempatan untuk menelepon keluarganya karena tidak dapat datang ke sini dan juga keluarganya jauh-jauh," ujarnya.

Iwan mengaku sang kakak menitipkan dua pesan terakhir kepadanya untuk disampaikan kepada kedua anaknya. "Pesan Pak Zainal, rajin sholat dan sekolah yang rajin," tutur Iwan.

Sedang Raheem Agbaje Salami melalui kuasa hukumnya, Utomo Karim, menyatakan pihak keluarga sudah pasti tak dapat mendampingi kliennya di jam-jam hingga menit-menit terakhir menjelang eksekusi. Keluarga Abashin terganjal masalah visa dan ekonomi sehingga hanya bisa berkomunikasi menggunakan jalur telepon. Dia pun hendak berikhlas, berkata kepada keluarganya agar tidak memaksakan diri datang ke Indonesia.


SUMBER



MANTAB emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Diubah oleh mr.josh.tampan
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 2 dari 4
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:13
Quote:Original Posted By rezaquariuz
tetep aja terlalu lama, secara dia banyak ulah walau udah dinusakambangan


mau gimana lagi, eksekusi bali nine juga waktu itu molor gara2 masih ngajuin PK. aturan hukumnya udah begitu sih, ya hormatin aja proses hukumnya
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:14
heheeh .. itu yang dieksekusi sekarang ditangkapnya malah 10 tahun lalu ... emoticon-Big Grin

so sabar aja untuk Freddy emoticon-Big Grin ... biarkan dia mengecat rambutnya terus emoticon-Big Grin
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:15
Quote:Original Posted By kodokteotekdung
baguslah..... biar kurir2 yg lain mikir beribu2 kali klo mau nyeludupin narkoba di indonesia.... klo udah liat diut banyak langsung matanya ijo sih.


mikir minta naik fee yg ada gan emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:28
Quote:Original Posted By R4itouYagami


Ditunda atau dibatalkan?


Kalau dibatalkan, benar2 puji Tuhan


Ditunda.. Masih lom ada konfirmasi lagi..
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:35
Quote:Original Posted By rezaquariuz


tetep aja terlalu lama, secara dia banyak ulah walau udah dinusakambangan


Gmn lg itu hak dia untuk ngajuk pk dan gugatan2 kan .apalg dia bikin kasus lg.makin ketunda lg.karna dia bakal diperiksa polkis lg bwt ungkap jaringan nya.cuma itu yg bsa dilakuin bwt nunda2...kecuali ada uu yg harusin langsung eksekusi setelah vonis mati dibacakan .tpi bakal ribut keknya
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:38
RIP emoticon-norose

Peringatan bagi para pelaku kejahatan narkoba yg lain stay out of Indonesia emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:39
teman2nya chan sama sukumaran pasti bersyukur ga ketemu pemerintahan jokowi
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:42
Yeeee akhirnya RIP.. emoticon-Big Grin


Btw kok pada semangat tgh malam bwt threadnya mpe banyak
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:44
Quote:Original Posted By TrueBluez


Gmn lg itu hak dia untuk ngajuk pk dan gugatan2 kan .apalg dia bikin kasus lg.makin ketunda lg.karna dia bakal diperiksa polkis lg bwt ungkap jaringan nya.cuma itu yg bsa dilakuin bwt nunda2...kecuali ada uu yg harusin langsung eksekusi setelah vonis mati dibacakan .tpi bakal ribut keknya


ini bedanya sama koruptor yakkk.. mereka akan selalu terima aja brp lama dibui.. daripada makin lama
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:49
hhahaahah iya, terutama Corby ...
kyknya beruntung banget jaman sby

kalosaja sby ikut pilpress ...bisa bisa para bandar pengedar milih sby semua emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Flamigo
teman2nya chan sama sukumaran pasti bersyukur ga ketemu pemerintahan jokowi


0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:54
philiphin megang data kecurangan pemilu kayanya... BIP strong badan inteligen pinoy
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:57
nah gitu donk baru OK emoticon-2 Jempol
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 01:58
Quote:Original Posted By rezaquariuz


tetep aja terlalu lama, secara dia banyak ulah walau udah dinusakambangan


dia banyak ulah kan karena bantuan orang dalem juga gan.. gak mungkin lah dia banyak ulah single fighter..

nah itu "orang dalem" yang bantuin doi kok gak diproses juga? bisa jatuhnya selevel kurir tuh kalo bantu peredaran narkoba dari dalam lapas..

hukuman mati juga harusnya emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 02:08
Tegakan hukum ....emoticon-I Love Indonesia (S)
Panasbung lg cari aliansi Australia+prancis+brasil buat caci maki Jkw.....eh bung....coba deh ajak PM Abbot ama presiden prancis ikut demo 20 mei......ataw ajuin proposal, lumayan dapet tambahan menuemoticon-Kiss (S)
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 02:14
Orang indonesia ketika ngomong hukum kepada orang lain..

HORMATI HUKUM.. LAKSANAKAN HUKUMAN MATI.. TIDAK ADA PK DAN GRASI UNTUK KASUS NARKOBA..

tapi ketika anggota keluarga atau diri sendiri terkena kasus narkoba..

HUKUM TIDAK ADIL.. KAMI HANYA KORBAN.. PENOLAKAN PK ADALAH PELANGGARAN HAM..


Dimana-mana keadilan didunia ini subyektif tergantung di sisi mana anda berada emoticon-Malu (S)
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 02:38
menurut ane, blom pantas indonesia melaksanakan hukuman mati, selama :

x) smua pelaku jenis extraordinary crime (koruptor, teroris dan narkoba) belum diperlakukan sama hukumannya..
sampai saat ini, hukuman mati hanya untuk kejahatan narkoba dan teroris, dan itupun bersifat kepentingan sesaat..

x) aparat penegak hukum (polisi, jaksa, hakim dan lapas) masih dominan kotor..
masih blum bisa menjamin bersih jalannya penegakan hukum

0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 02:43
next para koruptor...
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 02:55
Quote:Original Posted By satpambergadang
Ane blm yakin 100% klo bener manusia" yg ts sebutin bahwa sudah benar" dieksekusi mati. emoticon-Matabelo


nah sama gan, apa kaya amerika yg ngaku2 osama udah mati tanpa pernah di tunjukin jasadnya. blgnya dibuang kelaut ya kalo ga salah itu
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 06:35
mary jane ditunda..
pasti ini ada keterlibatan peter parker
0 0
0
[BREAKING NEWS] Bali Nine cs Telah Dieksekusi Mati di Nusakambangan
29-04-2015 06:51
yg dari perancis kok ga didor juga sih emoticon-Bingung
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia