Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1338
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553a7c63902cfead258b4567/mari-mengenal-fenomena-black-hole
Mari Mengenal Fenomena Black Hole Assalamualaikum Wr. Wb Sebelumnya terima kasih kepada mimin, momod, dan para kaskuser yang udah menjadikan Thread kedua gue menjadi hot thread :shakehand2 Akh
Lapor Hansip
25-04-2015 00:24

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Past Hot Thread
Mari Mengenal Fenomena Black Hole


Quote:
Assalamualaikum Wr. Wb


Cek Repsol, Mohon maaf jika ada kesamaan


Quote:
Sebelumnya terima kasih kepada mimin, momod, dan para kaskuser yang udah menjadikan Thread kedua gue menjadi hot thread emoticon-Shakehand2
Hot Thread


Quote:
Black Hole


Quote:
Akhirnya gue bisa menyelesaikan thread kedua gue. Disini gue mau menjelaskan tentang fenomena Lubang Hitam atau Black hole. Gue bikin thread ini karena banyak yang penasaran dengan fenomena ini di film Interstellar. Bagi yang pernah main game Dota 2, pasti kenal dengan Enigma. Hero yang satu ini begitu terkenal dengan ultimate Black Holenya. Black hole yang dapat menyedot segalanya seperti vacum cleaner.
Ultimate Enigma

Mungkin agan juga penasaran dengan si penghisap benda langit ini. Tanpa menunggu lama, langsung saja kita menuju TeKaPe. emoticon-Ngacir2

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:
1. Penjelasan Dimensi Ruang dan Waktu


Sebelum mengenal lebih jauh tentang black hole, gue mau menjelaskan sedikit tentang kelengkungan ruang dan waktu. Ruang dan waktu merupakan dimensi yang selama ini kita jalani/lalui. Ruang merupakan panjang, lebar dan tinggi. Sedangkan waktu adalah masa selama melewati ruang.
Contohnya, saat agan pergi dari rumah ke kampus. Dimensi ruang adalah perjalanan agan dari rumah ke kampus. Sedangkan dimensi waktu adalah berapa lama waktu yang agan tempuh selama perjalanan. Itulah pengertian dimensi ruang dan waktu.

Sekarang akan dibahas mengenai kelengkungan ruang dan waktu. Kelengkungan timbul dari massa benda angkasa. Contohnya, saat agan meletakkan bola bowling diatas spring bed yang datar. Anggap bowling tersebut sebagai objek angkasa. Maka akan terbentuk kelengkungan di spring bed.
Gambar Ingusterasi

Kelengkungan ini merupakan kelengkungan ruang. Sedangkan kelengkungan waktu terjadi karena perbedaan waktu antara bagian yang melengkung dan bagian yang datar.
Contohnya dua orang kembar, anggap si A dan si B. Si A akan melakukan perjalanan keluar angkasa, sedangkan si B tetap di Bumi. Saat si A pulang ke bumi, si A masih tetap muda sedangkan Si B sudah tua.
Gambar Ingusterasi

Fenomena ini disebut Dilatasi Waktu. Teori ini merupakan gagasan dari Mbah Einstein. (Kalo agan ingin awet muda, jalan2lah ke luar angkasa).

Karena kelengkungan ini pula bumi dapat mengintari matahari. Nah, anggap bowling tersebut sebagai matahari. Sekarang agan lemparkan kelereng yang dianggap sebagai bumi, maka kelereng tersebut akan mengintari bola bowling sampai akhirnya berhenti menyentuh bowling. Kelereng tersebut mengintari bowling karena terpengaruh massa dari bowling.
Gambar Ingusterasi

Pertanyaan, mengapa kelerang tersebut berhenti sedangkan bumi gak pernah berhenti ? emoticon-Bingung
Jawabannya karena kelereng terpengaruh gravitasi bumi (sebab agan melakukan percobaan ini di bumi). Tapi karena di luar angkasa tak ada gravitasi, maka bumi hanya terpengaruh massa matahari. Itulah mengapa bumi tetap mengorbit matahari. Hal tersebut juga berlaku saat bulan mengorbit bumi.

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:
2. Penjelasan Mengenai Black Hole


Black hole adalah benda langit yang memiliki ukuran yang kecil, tapi memiliki massa yang besar. Ini ibarat sebutir pasir yang memiliki massa seperti gunung. Dengan massa yang besar itu, maka kelengkungan ruang dan waktu yang terbentuk semakin dalam.
Kelengkungan ruang dan waktu pada black hole

Inilah mengapa saat benda yang telah terpengaruh gravitasi black hole tak bisa lepas lagi. Ibarat agan jatuh ke dalam jurang yang dalam.

Black hole tercipta dari bintang supermassive, yaitu bintang yang memiliki massa ratusan kali dari massa matahari. Saat bintang supermassive ini telah mati, maka terbentuklah black hole. Matahari bukan bintang supermassive, jadi tidak ada kemungkinan matahari menjadi black hole. Ini gambar yang menunjukkan bintang yang lebih besar dari matahari.
Penampakan

VY Canis Majoris (bintang terbesar yang pernah dijumpai) merupakan bintang supermassive yang kemungkinan menjadi black hole ketika bintang itu mati.

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:
3. Proses Terbentuknya Black Hole


Pada bintang supermassive, umurnya lebih pendek karena lebih cepat menghabiskan bahan bakarnya. Pada bintang, ada terdapat tekanan hidrostatik, yaitu tekanan ke luar sebagai pelepasan energi dan tekanan ke dalam akibat gravitasinya sendiri. Saat bahan bakar pada bintang telah habis, maka pelepasan energi juga terhenti. Akibatnya tekanan ke arah luar berkurang. Ini mengakibatkan seluruh materi bintang tersedot ke pusat gravitasinya. Ketika semua materi telah terkumpul ke pusat bintang, maka pusat tersebut akan mendapatkan tekanan. Saat tekanan telah melebihi beban, maka bintang tersebut akan meledak. Ini ibarat agan menekan balon yang berisi udara sampai akhirnya meledak. Fenomena ledakan inilah yang disebut Super Nova.
Super Nova

Super nova hanya terjadi pada bintang yang memiliki massa yang besar, sehingga dapat menghancurkan dirinya sendiri.
Akibat dari ledakan bintang ini, akan terbentuk sebuah pusat gravitasi yang amat besar yang disebut Lubang Hitam atau Black Hole.
Black Hole

Black hole yang memiliki gravitasi yang super besar disebut Supermassive Black Hole (jadi ingat lagunya Muse).

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:
4. Fenomena Yang Muncul Akibat Black Hole


Ada fenomena lain yang muncul akibat black hole yaitu fenomena Worm Hole. Ini terjadi akibat dua kelengkungan ruang-waktu pada black hole saling bertemu dan membentuk sebuah gerbang. Konon katanya, worm hole bisa membawa agan ke dimensi lain. Tapi belum ada yang bisa menjelaskan secara detail tentang fenomena worm hole ini.
Gambar Ingusterasi


Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:
5. Pertanyan dan Jawaban


Mengapa dikatakan lubang hitam ?
Jawaban


Berapa banyak black hole di alam semesta ?
Jawaban


Apakah bumi aman dari black hole ?
Jawaban


Apa yang terjadi saat dua black hole saling bertabrakan ?
Jawaban


Update pertanyaan dari kaskuser !!

Apakah black hole abadi ?
Jawaban


Apakah black hole dapat dibuat ?
Jawaban


Berapa jauhkah 1 tahun cahaya ?
Jawaban


Berapa kecepatan maksimal yang pernah diciptakan di bumi ?
Jawaban


Apakah telah ada pesawat yang terbang dengan kecepatan cahaya ?
Jawaban


Bagaimana suatu bintang bisa mati ?
Jawaban


Video bumi hancur oleh black hole

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:
Tambahan dari Kaskuser


Quote:Original Posted By prayitnoers.bie
Anjir mantep nih thread.
Tp ane pny pertanyaan, jika jam (benda mati) di letakkaj pada suatu benda yg memiliki gravitasi besar (blackhole) maka jam akan lebih melambat.
Itu logis karena benda mati, nah kl manusia? Manusia kan makhluk hidup, ada waktu dimana organ akan melemah/berkurang kemampuannya.
Ibaratkan jam tadi adalah jantung, jam berhenti ga masalah tapi kalo jantung? Mati dong, atau dengan kata lain manusia yg ada d ruang angkasa tidak akan berubah fisik karena udah mati?
Jadi gmn nih? Ane sendiri blm trllu percaya benar atau tidaknya.
Hehe sorry kl pertanyaannya aneh.

Kl berkenan pejwan ya gan biar bnyak yg berpendapat.he


Quote:Original Posted By koerniawan16
Kalau ilustrasi mudah tentang black hole. Lihat kloset gan. Siram air ke kloset maka air akan berputar dan menuju ke lubang kloset. Begitu kira-kira cara black hole menarik benda-benda di dekatnya.

Dan untuk kenapa warnanya hitam. Coba lihat lubang selokan yang biasanya ada di trotoar. Walaupun diluar sedang terang benderang tetapi ketika kita lihat lubang selokan, lubang itu tetap terlihat gelap. Jadi walaupun bisa ada banyak cahaya yang masuk ke lubang tetapi hanya ada sedikit cahaya yang keluar dari lubang. Dalam kasus black hole tidak ada sedikitpun cahaya yang keluar. CMIIW emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By pitoydragunov
black hole sudah dikabarkan dalam kitab suci umat islam gan, Al-Qur'an di surat At-Takwir ayat 15-16.

“Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.” emoticon-Cool


Quote:Original Posted By bandicool86
nice thread gan, ane paling suka yang beginian gan,serint2 post kayak gini yah hehe ane pejwan deh wkwk

sorry gan belum iso jd blm bisa kasi emoticon-Cendol (S) hehehe

oh yah ga, ane mau tanya nih. ane paling suka ini nih gan aplagi kalo di hubungi dengan religius hehe.

menurut saya ada hubungannya gan antara kehidupan akhirat dengan luar angkasa.
jadi gini gan. kan ada teory dilatasi waktu kan?, kita akan lebih muda jika lama berada di angkasa. artinya apa?, ibarat gini secara umum aja yah gak pake rumus2 heheh. dimisalkan gini 1 tahun di bumi itu ibarat 1 bulan di angkasa atau 1 minggu di angkasa. mungkin bisa di umpamakann seperti itu. kalo bukti tuh kan udah ada teory dilatasi dan udah ada yang buktiin jg astronot pada muda2 jg hehe

nah kalo kita hubungkan dengan keagamaan (akhirat) secara islam. bahwa di ahirat nanti katanya si 1 hari di akhirat = 1000 tahun di bumi. jadi menurut saya pribadi akhirat itu berada di luar angkasa gan. namun jaraknya sangat jauh jauh jauh pangkat tak terhingga gan emoticon-Ngakak . mungkin sudah masuk ke dimensi yang lain seperti yang agan ceritakan di atas. itu pandagan saya gan hehehe

Kemudian ada yang kedua ada hubungan black hole atau sejenisnya dengan kiamat besar (hari akkhir). apa hubungannya. nah gini gan, saat ini jumlah black hole kan ada banyak di luar angkasa. suatu saat siapa yang tahu ada black hole yang muncul dekat sekali dengan bumi sehingga bisa mempengaruhi bumi dan akhirnya bumi masuk kedalam black hole tersebut.

ada komeng kaskuser di atas yang agan masukkan ke pejwan, jika bumi masuk dalam black hole bisa terjadi tsunami atau badai besar hingga bumi hancur.

bisa saja bumi ini tertelan black hole suatu saat, sehingga bumi akan hancur dan itulah hari akhir (kiamat) heheheh itu pendapat saya saja gan wkwk emoticon-Ngakak



Quote:Original Posted By ijalsc
Pejwan biar cool... ini versi lengkap yang saatini di temukan manusia
dari yang paling kecil sampai yang paling besar
cekidot...




Quote:
Sekian dulu thread gue. Terima kasih bagi agan yang telah meluangkan waktunya untuk membaca thread ane. emoticon-Shakehand2Jika berkenan, kasih ane emoticon-Rate 5 Star . Ane juga gak nolak kalo ditraktir pake emoticon-Blue Guy Cendol (L) yang masih segar. Jangan kasih ane emoticon-Blue Guy Bata (L) karena ane gak makan yang begituan.


Quote:
Terima kasih kepada agan-agan yang telah memberikan gue beberapa mangkuk cendol dengan tambahan abu gosok
Cendol dan abu gosok


Quote:
Kalau inpoh dari ane berguna, mohon rekomendasikan thread ane jadi Hot Thread


Quote:
Isi kulkas gue baru satu
Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
Diubah oleh superdoyok11
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 69
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:36
nice gan. baru tauu detail black hole ternyata gituu emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:37
berarti yang masuk black hole bisa hancur lebur dong gan, sedangkan kecepatan di dlm black hole itu sendiri super fast
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:37
wah,udah dari dulu ane suka baca artikel tentang black hole dan luar angkasa.oya,katanya ada lawannya blackhole gan.namanya white hole.dan bukannya menghisap benda,white hole malah mengeluarkan benda2 yang entah dari mana asalnya emoticon-Matabelo
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:37
Quote:Original Posted By congek14.dp

ho'oh itu kan kata pakdhe einstein emoticon-Embarrassment

ehh abang dode
besok kopdar di Jambi milk jam 2 siang ye bang emoticon-Embarrassment


Diubah oleh jibronk
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:37
amazingg... emoticon-Matabelo
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:38
Tau dr enigma aja kakak hahhaa
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:39
Black hole itu ultinya enigma dota gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:39
keren sih tapi ngeri emoticon-Hammer2
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:40
keren nih pantesan ane baru ngeh di film interstellar makanya bisa ada tsunami setinggi itu di olanet miller karena tarikan gravitasi gargantua (blackhole) yah. keren nih film
ane bntu rate gan
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:41
Ane kira kita bakal ke dunia paralel setelah terhisap lubang hitam emoticon-Matabelo
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:41
keren bahas black hole emoticon-Matabelo
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:41
niceee info gan...
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:42
Nice info gan emoticon-Toast
Pertama black hole ane kirain semacam segitiga bermuda emoticon-Hammer2
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:42
Quote:Original Posted By ExoAcox
Blackhole itu warnanya transparan gan, karena gak ada cahaya yg bisa melewatinya emoticon-Peace


blackhole warnanya item gan, kalo transparan mah campuran semua warna

0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:44
Ternyata masih teori jg ya gan. emoticon-Big Grin
Walaupun penjelasannya terdengar pintar dan masuk akal emoticon-Hammer2
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:44
Dan gara2 ane nonton Interstellar juga baru ngerti kalo Blackhole itu bentuknya bulet kyk bola, gk kyk bayangan ane selama ini yg berbentuk datar ada lobangnyaemoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:44
aku coba pahami ruang dan waktu emoticon-Thinking
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:47
emoticon-Takut

Untung masih 7800 tahun lagi gan ya dengan black hole
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:47
Nice info gan, thanks penjelasannya emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Mari Mengenal Fenomena Black Hole
25-04-2015 11:48
dikasih pengetahuan sebesar itu kita ini amat kecil, tapi yg paling besar sombongnya di hadapan Tuhan emoticon-Takut
0 0
0
Halaman 8 dari 69
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia