tiar0093Avatar border
TS
tiar0093
[Buseeet dah] Indonesia Terima Pinjaman Rp647 Triliun dari China
JAKARTA - China berencana memberikan pinjaman sebesar USD50 miliar kepada Indonesia. Banyak proyek infrastruktur yang bakal digarap dari dana super besar tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno membenarkan adanya pinjaman utang dari China tersebut.

“USD10 miliar dari pinjaman itu nantinya bakal diberikan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menggarap proyek listrik 35.000 MW,” ucapnya di Gedung DPR, Jakarta

Lebih lanjut, utang tersebut rencananya akan dialihkan untuk membangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Rini mengakui, bahwa proyek kereta cepat itu sudah memasuki tahan finalisasi studi kelayakan.

"Sekarang ini kereta cepat itu mereka sedang studi kelayakan yang untuk menentukan,"ujar rini.

Dana pinjaman sebesar USD 50 miliar itu nantinya berasal dari Bank CBD dan ICBC. diakuinya bahwa perbankan BUMN sendiri tidak mampu membiayai berbagai macam proyek infrastruktur.

"Karena perbankan BUMN limitnya sudah sangat terbatas," ungkapnya.

Dalam proyek kereta cepat ini tidak hanya China yang terlibat. Jepang melalui lembaga donor Japan International Cooperation Agency (JICA), sebetulnya baru merampungkan fase pertama studi kelayakan megaproyek tersebut.

Ia memastikan, bahwa kesempatan Jepang dan China untuk menggarap kereta cepat ini masih kesempatan yang sama atau 50:50.

Dalam proyek kereta cepat ini, dikatakannya, pemerintah menunjuk BUMN Wijaya Karya untuk konsorsium dari Indonesia. Pihaknya menegaskan, tidak memberikan proyek ini tidak diberikan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) lantaran perusahaan itu sedang fokus menggarap jalur kereta trans Sumatera.

Pihaknya juga tidak menampik sengaja membagi-bagi kue proyek kepada BUMN agar lebih fokus. "Kita melihat saat sekarang ini ada pembagian," terangnya.

SUMBER

Kira2 Panastak dapat kuenya gak gan?? emoticon-Malu (S)
0
21.7K
434
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.