gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang






Dalam perekonomian modern, uang, baik kertas maupun logam, kartal maupun giral, fisik maupun maya, telah menjadi hal yang sangat vital. Ia adalah "darah" bagi perekonomian, alat yang mampu membuat perekonomian sebuah bangsa bertumbuh (jika jumlahnya tepat). Uang yang kita pakai sekarang disebut uang fiat (uang yang nilai nominalnya lebih besar daripada nilai intrinsiknya). Nilai uang itu terus-menerus menurun dari waktu ke waktu, dalam ilmu ekonomi penurunan itu disebut inflasi. Meski mendapatkan uang di Indonesia (apalagi di kota besar) cukup sulit, masyarakat Indonesia masih memperlakukan uang dengan kurang baik. Ini sangat miris karena uang Indonesia diakui sebagai salah satu uang dengan desain terbaik di dunia meskipun nilainya merupakan salah satu yang terendah pula di dunia. Perlakuan kurang baik apa sajakah itu?

1. Menggambar




Entah karena tidak ada kerjaan lain atau kehabisan kertas untuk menggambar, beberapa orang menggunakan media uang kertas untuk berekspresi. Mereka menggambar dan mereka tokoh pahlawan nasional di uang kertas itu menjadi tokoh lain. Meskipun dapat menunjukkan kreativitas bangsa Indonesia, namun tindakan ini kurang bijaksana karena uang adalah dokumen negara (karena ada simbol negara yaitu Garuda Pancasila) yang seharusnya diperlakukan sebagaimana fungsinya.
(N.B. = Gambar bukan milik ane. Ane hanya mengambil gambar lewat Google.)

2. Mencorat-coret

Terkadang ane heran mengapa orang Indonesia menjadikan uang kertas (terutama pecahan kecil di bawah Rp20.000) sebagai media untuk menulis. Apakah mereka kekurangan kertas atau buku? Saya yakin tidak. Tulisan yang paling sering ditemukan adalah nomor handphone.

3. Dijadikan alat politik saat kampanye



Di Indonesia, pada saat musim kampanye, bagi-bagi uang untuk meraih simpati dan suara konstituen (pemilih) jamak terjadi di berbagai daerah. Bahkan saat pilpres 2014 kemarin, uang berstempel salah satu calon presiden sempat beredar.

4. Menyunting

Orang Indonesia terkenal kreatif. Uang Indonesia dapat disunting, entah diganti gambarnya dengan gambar figur publik atau orang biasa atau dilebih-lebihkan nilainya.

5. Disimpan dengan kurang baik

Orang Indonesia cenderung menyimpan uangnya dengan kurang baik. Uang dilipat-lipat, diremas, dikumpulkan di laci meja atau bawah tempat tidur, dan sebagainya. Maka, sangat sering kita jumpai uang yang berada dalam kondisi lusuh, robek, diberi isolasi, dan sebagainya.

6. Distaples
Mulustrasi segera menyusul
Orang Indonesia punya kecenderungan menstaples uang yang bernominal sama dengan alasan kemudahan. Namun, tindakan ini dapat membuat uang menjadi cacat dan tidak bisa dimasukkan ke mesin ATM nontunai.

7. Mengganti kembalian dengan permen



Kalau kita berbelanja di minimarket, seringkali kembalian berupa uang logam diganti menjadi permen. Ini menunjukkan jika bangsa kita masih kurang begitu menghargai uang logam.

Dalam memperlakukan uang dengan baik, kita bisa meniru Thailand dan Jepang.

Di Thailand, semua uang baht baik kertas maupun logam bergambar Raja Bhumibol Adulyadej(Raja Thailand dari tahun 1946 hingga 2016). Uang ini tidak boleh diinjak. Bila dilakukan, seseorang bisa dikenakan hukuman penjara hingga 15 tahun.

Di Jepang, setiap toko harus menyiapkan uang dari semua pecahan mulai dari pecahan terkecil hingga pecahan terbesar dengan jumlah yang mencukupi. Uang receh pun harus disiapkan dengan baik, baik tersedia dalam jumlah cukup maupun berada dalam kondisi bagus. Tidak ada yang namanya kembalian berupa permen atau uang lusuh di Jepang. Jika tidak mampu menyediakan pecahan kecil maupun menolak pecahan besar, seseorang akan dianggap kurang serius dalam berbisnis.


Demikian thread ane kali ini. Semoga dengan adanya thread ini, kesadaran kita semua untuk lebih menghargai uang rupiah yang kita miliki dan memperlakukannya dengan baik meningkat. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III

Apresiasi Kaskuser














Diubah oleh gilbertagung 01-05-2018 04:35
0
112.9K
938
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.