- Beranda
- The Lounge
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]
...
TS
unitedd
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]
Alhamdulillah HT 22 April 2015
Thanks Mimin Momod All Officer&Kaskuser
Semoga Thread Ts Bisa Mengobati Rasa Kangen Rindu Pada Pecinta Motor 2-Tak
Thanks Mimin Momod All Officer&Kaskuser
Semoga Thread Ts Bisa Mengobati Rasa Kangen Rindu Pada Pecinta Motor 2-Tak
BismillahHirrohmanNirrohim
Assalamualaikum Warohmatullahi Waberokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost
Assalamualaikum Warohmatullahi Waberokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost
Quote:
Quote:
Penemu Motor Bakar Dua Langkah (2Tak)
Quote:
Entiene Lenoir yang lahir pada tahun 1822 dan meninggal dunia pada tahun 1900 adalah seorang berkebangsaan Perancis yang pertama kali menemukan motor bakar 2tak.
Quote:
Quote:
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?
Quote:
Pada dekade 80-an, motor 2-tak mulai terkenal di Indonesia. Salah satu tonggaknya adalah kehadiran RX King milik Yamaha yang sampai saat ini masih memiliki pengguna setia. Sejak saat itu hingga 90-an, motor 2-tak mencapai masa keemasan.
Selain RX King yang hadir tahun 80-an, kita juga mengenal Yamaha F1ZR series yang mengalami masa keemasan di tahun 90-an. Salah satu faktor yang membuatnya langsung diterima konsumen Indonesia adalah desain yang benar-benar baru dibanding motor-motor yang ada.
Tetapi hal itu masih tinggal sejarah. Kecuali RX King, era kejayaan motor 2-tak telah usai. Sebagian besar pabrikan otomotif telah enggan memproduksi motor 2-tak dan mengalihkannya pada produksi motor 4-tak. Saat ini, motor 4-tak lah yang mendominasi.
Menurut Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor 2 tak-mengalami penurunan signifikan pada 2004. Di 2003, angka penjualan masih mencapai 321 ribu unit, sedangkan satu tahun berselang anjlok menjadi 296 ribu unit.
Kondisi ini berbanding terbalik dengan penjualan motor 4-tak. Pada 2003, angka penjualan mencapai lebih dari 2,5 juta unit, sedangkan 2004 melonjak menjadi lebih dari 3,6 juta unit.
Mengapa era kejayaan motor 2-tak berakhir? Apa saja yang membuatnya demikian?
Pada tahun 2003, Menteri Negara Lingkungan Hidup mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 141 yang mewajibkan ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor setara dengan standar Euro 2. Keputusan ini berlaku bagi setiap kendaraan yang sedang diproduksi dan mulai diberlakukan pada 2005.
Peraturan ini membuat banyak motor 2-tak yang ada saat itu tidak akan memenuhi standar. Sementara bagi industri motor, perlu waktu sekira 2-3 tahun untuk merancang motor dengan gas buang yang lebih rendah, dan itu artinya mau tidak mau mengalihkan produksi dari 2-tak ke 4-tak.
Beberapa pabrikan yang terkenal dengan motor 2-tak nya pun menghentikan produksi motor 2-tak. Sejak peraturan tersebut dibuat, maka penjualan motor 2-tak pun mengalami penurunan sebagaimana statistik yang telah dijelaskan sebelumnya.
Kawasaki misalnya, mereka memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Ninja 150 2-tak pada Agustus tahun ini. Motor ini merupakan motor 2-tak terakhir yang diproduksi. Bahkan, Yamaha yang terkenal dengan mesin 2-taknya pun sudah sepenuhnya beralih ke 4-tak.
Dengan semakin sedikitnya penawaran, maka permintaan konsumen terhadap motor 2-tak pun menurun. Ditambah lagi, inovasi yang terus dilakukan terhadap motor 4-tak semakin membuat permintaan terhadap motor 2-tak semakin meredup.
Kemudian,satu peristiwa lainnya yang bisa dianggap menjadi tonggak yang menandai berakhirnya kejayaan motor 2-tak adalah dihapuskannya mesin 2-tak di balapan motor nomor satu dunia, MotoGP, pada 2012.
Selain RX King yang hadir tahun 80-an, kita juga mengenal Yamaha F1ZR series yang mengalami masa keemasan di tahun 90-an. Salah satu faktor yang membuatnya langsung diterima konsumen Indonesia adalah desain yang benar-benar baru dibanding motor-motor yang ada.
Tetapi hal itu masih tinggal sejarah. Kecuali RX King, era kejayaan motor 2-tak telah usai. Sebagian besar pabrikan otomotif telah enggan memproduksi motor 2-tak dan mengalihkannya pada produksi motor 4-tak. Saat ini, motor 4-tak lah yang mendominasi.
Menurut Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor 2 tak-mengalami penurunan signifikan pada 2004. Di 2003, angka penjualan masih mencapai 321 ribu unit, sedangkan satu tahun berselang anjlok menjadi 296 ribu unit.
Kondisi ini berbanding terbalik dengan penjualan motor 4-tak. Pada 2003, angka penjualan mencapai lebih dari 2,5 juta unit, sedangkan 2004 melonjak menjadi lebih dari 3,6 juta unit.
Mengapa era kejayaan motor 2-tak berakhir? Apa saja yang membuatnya demikian?
Standar emisi yang semakin tinggi
Quote:
Pada tahun 2003, Menteri Negara Lingkungan Hidup mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 141 yang mewajibkan ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor setara dengan standar Euro 2. Keputusan ini berlaku bagi setiap kendaraan yang sedang diproduksi dan mulai diberlakukan pada 2005.
Peraturan ini membuat banyak motor 2-tak yang ada saat itu tidak akan memenuhi standar. Sementara bagi industri motor, perlu waktu sekira 2-3 tahun untuk merancang motor dengan gas buang yang lebih rendah, dan itu artinya mau tidak mau mengalihkan produksi dari 2-tak ke 4-tak.
Beberapa pabrikan yang terkenal dengan motor 2-tak nya pun menghentikan produksi motor 2-tak. Sejak peraturan tersebut dibuat, maka penjualan motor 2-tak pun mengalami penurunan sebagaimana statistik yang telah dijelaskan sebelumnya.
Kawasaki misalnya, mereka memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Ninja 150 2-tak pada Agustus tahun ini. Motor ini merupakan motor 2-tak terakhir yang diproduksi. Bahkan, Yamaha yang terkenal dengan mesin 2-taknya pun sudah sepenuhnya beralih ke 4-tak.
Dengan semakin sedikitnya penawaran, maka permintaan konsumen terhadap motor 2-tak pun menurun. Ditambah lagi, inovasi yang terus dilakukan terhadap motor 4-tak semakin membuat permintaan terhadap motor 2-tak semakin meredup.
Kemudian,satu peristiwa lainnya yang bisa dianggap menjadi tonggak yang menandai berakhirnya kejayaan motor 2-tak adalah dihapuskannya mesin 2-tak di balapan motor nomor satu dunia, MotoGP, pada 2012.
Quote:
Quote:
Motor 2-Tak, Makin Tua Makin Disayang
Quote:
Meskipun kini keberadaannya mulai langka, sepeda motor 2-tak pernah menorehkan catatan manis sebagai favorit para pemotor di Indonesia.
Sepeda motor jenis ini mengalami masa kejayaan pada dekade 1980-an sampai dengan 1990-an. Saat itu, berbagai pabrikan berlomba-lomba merilis model sepeda motor 2-tak dengan berbagai keunggulannya masing-masing.
Bagi penunggang kuda besi yang mendewakan kecepatan, mereka pasti akan memilih sepeda motor bermesin 2-tak. Borosnya konsumsi BBM pada sepeda motor 2-tak bukan menjadi halangan asalkan hasrat ngebut tersalurkan.
Tercatat, Yamaha saat itu menelurkan banyak model dengan mesin dua tak seperti F1ZR dan RX King. Nah, untuk model garpu tala terakhir sukses menjadi primadona di kalangan pembesut roda dua Tanah Air.
Eksistensi RX King di Indonesia nyatanya bukan tanpa penggangu. Adalah Kawasaki yang kemudian merilis Ninja 150. Sepeda motor ini juga masuk dalam kategori sepeda motor sport seperti RX King.
Kedua model ini pun menjadi idaman karena menawarkan satu keunggulan yang sangat jelas, kecepatan. Bahkan karena memiliki akselerasi yang amat buas, RX King pun sempat dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan sebagai 'kendaraan operasional'.
RX King pun identik sebagai motornya para jambret. Kecepatan RX King yang luar biasa membuat para jambret dapat dengan mudah melarikan diri dari kejaran massa atau petugas keamanan.
Namun demikian, eksistensi sepeda motor bermesin 2-tak mulai meredup sejak pemerintah menelurkan aturan emisi gas buang EURO 3 bagi kendaraan bermotor. Pemerintah berusaha menekan emisi udara dengan melarang keberadaan kendaraan yang tidak memenuhi standar emisi yang ditetapkan.
Saat ini, menemukan sepeda motor 2-tak dengan kondisi mulus di kota-kota besar seperti Jakarta sudah mulai sulit. Para pemilik biasanya menjadikan tunggangannya sebagai barang koleksi dan membuat harga jualnya relatif mahal untuk kondisi yang terawat dengan komponen yang masih standar pabrikan.
Quote:
Quote:
Menelisik Lebih Dalam Sepeda Motor 2-Tak
Quote:
Sepeda motor 2-tak sempat menjadi primadona di kalangan pemotor Tanah Air pada dekade 1980 hingga akhir 1990-an. Saat itu, pabrikan sepeda motor di Indonesia banyak merilis model sepeda motor 2-tak dalam model cub atau bebek serta sport.
Digemarinya sepeda motor 2-tak oleh para pemotor tak lain karena performanya yang gahar jika dibandingkan dengan sepeda motor bermesin 4-tak. Sepeda motor 2-tak menjadi penyalur hasrat kalangan penggila kecepatan.
Meskipun eksistensi sepeda motor bermesin 2-tak mulai meredup, sepeda motor yang identik dengan asap putih sisa pembakaran oli samping dari knalpotnya tersebut hingga kini masih tetap dicari oleh para maniak balap. Bagaimana tidak, performa sepeda motor 2-tak masih sanggup mengasapi motor-motor baru bahkan yang memiliki kapasitas mesin diatasnya.
Selain itu, perawatan yang relatif mudah menjadi alasan sepeda motor 2-tak banyak diburu. Suku cadang sepeda motor 2-tak pun tergolong mudah dijumpai di toko-toko onderdil.
Ingin tahu lebih dalam tentang sepeda motor 2tak? Berikut ini uraian serba-serbi sepeda motor 2-tak yang berhasil dirangkum
Quote:
Keunggulan
1. Tenaga lebih besar
Quote:
Bukan rahasia lagi jika sepeda motor 2-tak mampu menghasilkan tenaga besar. Terlebih, jika dibandingkan dengan sepeda motor 4-tak yang memiliki kapasitas mesin setara.
Hal ini disebabkan karena cara kerja sepeda motor 2-tak hanya membutuhkan momentum 2 kali putaran piston naik-turun untuk mendapatkan 1 kali tenaga. Hasilnya, sepeda motor 2-tak mampu menyajikan performa yang responsif serta semburan tenaga yang melimpah.
2. Akselerasi dan performa gahar
Quote:
Sepeda motor 2-tak memiliki proses pembakaran terjadi dalam setiap putaran poros engkol, sehingga tenaga yang dihasilkan sepeda motor 2-tak pun merata mulai putaran bawah hingga atas.
Dengan cara kerja mesin 2-tak yang sederhana, membuat tenaga yang dihasilkan pun lebih cepat. Alhasil, sepeda motor 2-tak sanggup ngacir pada tarikan awal.
3. Perawatan mudah
Quote:
Keunggulan selanjutnya yang dimiliki sepeda motor 2-tak adalah perawatannya yang mudah. Hal ini disebabkan karena konstruksi mesinnya yang sederhana. Sebagian besar bengkel pun dapar memperbaiki jikalau terjadi kerusakan pada sepeda motor 2-tak.
Selain itu, sebagian besar sepeda motor 2-tak yang ada saat ini suku cadangnya masih relatif mudah didapat pada toko-toko onderdil baik yang asli maupun yang imitasi.
Quote:
Kelemahan
1. Boros
Quote:
Sudah jamak diketahui jika sepeda motor bermesin 2-tak memiliki konsumsi BBM yang boros. hal ini disebabkan karena sistem pembakaran yang hanya dua langkah sehingga butuh asupan BBM yang lebih banyak.
Tak hanya itu saja, sistem pembakaran yang sederhana yang dimiliki sepeda motor 2-tak membutuhkan bantuan oli samping. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas tambahan sekaligus campuran pembakaran. Si pemilik pun terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk pemakaian sehari-hari.
2. Bising
Quote:
Sepeda motor bermesin 2-tak terkenal dengan suaranya yang cukup nyaring. Suara mesin yang dihasilkan bakal makin nyaring jika si pemilik mengganti knalpotnya dengan model bobokan untuk menghasilkan pembuangan yang lebih plong.
Suara mesin yang khas tersebut saat ini rupanya dianggap bising oleh banyak orang. Bahkan, suara mesin sepeda motor 2-tak tersebut dapat mengganggu jika melewati kawasan perumahan yang jauh dari keramaian.
3. Polusi
Quote:
Sudah jelas jika sepeda motor 2-tak terkenal dengan asap knalpot sisa pembakaran yang berwarna putih. Asap ini berasal dari sisa oli samping yang tidak terbakar sempurna.
Dampaknya, asap sisa pembakaran tersebut menimbulkan polusi udara. Bahkan, asap tersebut dapat mengganggu pemotor lain yang kebetulan berada di belakang sepeda motor 2-tak.
Spoiler for Foto Foto Motor 2 Tak:
Quote:
Suzuki RG150 II (RGV Gamma)
Kawasaki Ninja KRR-SE PDK 150
Honda NSR 150 SP
kalo ada yang mau tambahin boleh dishare dimari
Komentar Kaskuser
Quote:
Original Posted By ninjazx250►tapi "Mesin 2-Langkah Injeksi Langsung, Dibantu Bill Gates" itu kabar terakhir yg ada di dapur media gan...jadi lagi dicari solusi kelemahannya, supaya worth it lagi di jalan raya...
Sejatinya kalau dengan olsam yg tepat sesuai regulasi pemerintah, asapnya bisa hampir ga ada gan....
Cuman ya...itu maintain kebersihan dapur mesin dan exhaustnya lebih teliti lagi, jika ga yg bakalan gampang kita temuin 2Tak yg ngebul di jalanan seperti saat ini....
GP500 aja sampai terakhir race di 2002 ga ngebul gan ....padahal maksud dgn diadakannya grand prix itu kan penemuan teknologi dari prototype yg dilombakan, berarti teknologi terakhir prototype GP500 di 2002 belum disematkan aja oleh pabrikan motor hingga saat ini....
Satu lagi gan....2 Tak itu kecil banget engine brakenya.... makanya kalau matik disematkan mesin 2 Langkah parah... keselamatan pengendara dipertaruhkan...lha wong sekarang aja matik 4 tak di rpm 2000 kebawah kalau pas nutup gas bener bener gelosor kalau ga buru-buru di rem...apalaagi matik dikasih mesin 2 Tak bakal banyak angka mortalitas di dunia ....tapi kan pasti ada inovasi teknologi yg bisa menghindari hal tsb.....
Salam Ngebul
Sejatinya kalau dengan olsam yg tepat sesuai regulasi pemerintah, asapnya bisa hampir ga ada gan....
Cuman ya...itu maintain kebersihan dapur mesin dan exhaustnya lebih teliti lagi, jika ga yg bakalan gampang kita temuin 2Tak yg ngebul di jalanan seperti saat ini....
GP500 aja sampai terakhir race di 2002 ga ngebul gan ....padahal maksud dgn diadakannya grand prix itu kan penemuan teknologi dari prototype yg dilombakan, berarti teknologi terakhir prototype GP500 di 2002 belum disematkan aja oleh pabrikan motor hingga saat ini....
Satu lagi gan....2 Tak itu kecil banget engine brakenya.... makanya kalau matik disematkan mesin 2 Langkah parah... keselamatan pengendara dipertaruhkan...lha wong sekarang aja matik 4 tak di rpm 2000 kebawah kalau pas nutup gas bener bener gelosor kalau ga buru-buru di rem...apalaagi matik dikasih mesin 2 Tak bakal banyak angka mortalitas di dunia ....tapi kan pasti ada inovasi teknologi yg bisa menghindari hal tsb.....
Salam Ngebul
0
128.6K
Kutip
987
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925KThread•90.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya