charliebegoAvatar border
TS
charliebego
Kofi Annan: Invasi AS ke Iraq tahun 2003, Pemicu Munculnya ISIS
Mantan Sekjen PBB Kofi Annan mengatakan bahwa invasi pimpinan Amerika Serikat ke Iraq tahun 2003 adalah pemicu munculnya ISIS, yang kini bertranformasi menjadi Daulah Islamiyah.

Dia juga menyalahkan negara-negara di sekitar wilayah tersebut, yang membuat konflik lebih buruk.

“Saya telah menentang invasi itu dan ketakutan saya telah terbukti. Perpecahan di tubuh pasukan Iraq menyebabkan ratusan, bahkan ribuan, tentara dan polisi yang tidak puas memberontak,” kata Kofi Annan dalam Konferensi Keamanan Munich, Ahad (08/02). Dia menambahkan sejumlah mantan anggota keamanan Iraq memutuskan untuk bergabung dengan ISIS.

Menurut Annan pemerintah Syiah yang berkuasa pasca penggulingan Saddam Husein, justru membawa Iraq jatuh ke jurang korupsi. Annan yang saat itu menjabat sebagai Sekjen PBB menambahkan bahwa ketidakadilan dan ketidakstabilan di Irak menyebabkan perlawanan dari warga Sunni.

Annan menambahkan bahwa untuk menghentikan perlawanan dari warga Sunni, pemerintah Iraq harus berbuat lebih banyak untuk mengatasi berbagai masalah termasuk pengangguran. Menurutnya tak cukup hanya dengan memerangi pengkritik rezim.

Sejak pertengahan tahun 2014 lalu Daulah Islam Iraq dan Syam (ISIS) telah berhasil menguasai sebagian besar wilayah Irak dan sebagian Suriah, dan mengumumkan berdirinya Daulah Islamiyah. Amerika Serikat pun segera membentuk koalisi internasional, termasuk merangkul negara-negara Timur Tengah untuk memerangi ISIS.

http://www.kiblat.net/2015/02/12/kof...unculnya-isis/

==================================================================================================================

memang sumber kejahatan abad ini adalah negara AS dan Eropa.

0
2.7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.