Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
683
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5532933092523319608b4567/kenali-lebih-dekat-penyebab-dan-gejala-buta-warna
SELAMAT DATANG DI TRIT ANE YG SEDERHANA INSYAALLAH NO REPOST, SILAHKAN CEK REPOST CEK REPOST Prakata Dari TS Halo gansis ketemu lagi dgn ane...kali ini ane ingin berbagi info menarik tentang buta w
Lapor Hansip
19-04-2015 00:24

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna

Past Hot Thread
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna

Quote:
SELAMAT DATANG DI TRIT ANE YG SEDERHANA

Quote:
INSYAALLAH NO REPOST, SILAHKAN CEK REPOST

Cek Repost

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna

Quote:
Prakata Dari TS

Quote:
Halo gansis ketemu lagi dgn ane...kali ini ane ingin berbagi info menarik tentang buta warna...Bagi gansis yg mau melanjutkan kuliah atau langsung kerja...tidak ada salahnya mengenali apa itu buta warna...karena utk kuliah di jurusan tertentu...mensyaratkan tidak buta warna...begitu pula utk pekerjaan tertentu...ulasan selengkapnya...langsung saja...

Quote:
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
teruskan.com

Quote:
Buta warna adalah suatu kelainan yang membuat seseorang tidak dapat mengenali warna dengan tepat. Kelainan ini dapat terjadi karena adanya kelainan pada sel retina. Seseorang yang menderita buta warna tidak buta seluruhnya, ia hanya akan buta ketika melihat warna.

Beberapa orang tidak bisa membedakan warna-warna tertentu, namun ada juga yang menganggap semua warna adalah hitam, putih, dan abu-abu.

Berikut akan dipaparkan hal-hal yang menyebabkan buta warna dan gejala-gejala yang menyertainya.

Quote:
Penyebab Buta Warna

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
klikdokter.com

Quote:
Mata normal akan dapat mengenali tiga warna dasar yaitu merah, biru, dan hijau. Cahaya masuk ke mata melalui kornea dan melewati lensa kemudian diteruskan ke sel kerucut di belakang retina. Sel kerucut tersebut membedakan warna lalu mengirim informasi kepada otak.

Jika mata Anda normal, Anda dapat mengenali perbedaan warna dengan tepat, tanpa kesulitan apapun. Namun, jika sel kerucut pada retina Anda tidak mempunyai satu atau lebih sel yang sensitif terhadap cahaya, Anda mungkin hanya dapat melihat dua warna primer. Dengan demikian, maka dapat dipastikan Anda menderita buta warna.

Lalu, hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan buta warna? Buta warna dapat disebabkan hal-hal seperti:

1. Sel yang sensitif terhadap cahaya di retina gagal merespon panjang gelombang cahaya yang memungkinkannya melihat susunan warna.

2. Penyakit turunan. Penyakit ini lebih banyak diturunkan pada pria daripada pada wanita. Wanita hanya sebagai pembawa penyakit ini.

3. Penyakit. Penyakit yang dapat menyebabkan buta warna adalah katarak, penyakit Parkinson (kelainan saraf yang menyebabkan sel yang sensitif pada retina mengalami kerusakan), diabetes, epilepsi, glukoma, alzheimer, dan kecanduan alkohol.

4. Pengobatan khusus. Beberapa obat dapat mengubah daya lihat seseorang terhadap warna. Contohnya adalah obat penyakit jantung, darah tinggi, disfungsi ereksi, infeksi, kelainan kegelisahan, dan masalah psikologis.

5. Usia. Semakin tua seseorang, kemampuannya untuk melihat warna semakin menurun.

6. Bahan-bahan kimia di tempat kerja Anda. Bahan-bahan kimia seperti karbon dan pupuk dapat menyebabkan buta warna. Bahan-bahan kimia tersebut dapat bertebaran di udara tanpa sepengetahuan Anda lalu masuk ke dalam mata dan merusak sel kerucut yang ada di dalam retina.

Quote:
Gejala-Gejala Buta Warna

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
alodokter.com

Quote:
Apakah Anda mengalami kesulitan dalam menyebutkan dengan tepat warna-warna biru dengan kuning atau merah dan hijau? Pernahkan orang lain mengatakan bahwa warna yang Anda pikirkan atau Anda sebutkan adalah salah? Jika demikian, kemungkinan Anda menderita buta warna.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tanda-tanda bahwa Anda menderita buta warna:

1. Anda tetap akan dapat melihat warna, namun kadang-kadang warnanya memudar sehingga Anda akan kesulitan untuk membedakan warna tersebut dengan warna lainnya.

2. Meskipun jarang terjadi, tanda-tanda bahwa Anda menderita buta warna adalah Anda hanya dapat melihat satu warna, yaitu abu-abu.

3. Tidak bisa membedakan warna merah dan hijau, biru dan kuning, dan warna-warna lainnya.

4. Melihat semua hal hanya berwarna hitam dan putih.

5. Cobalah melihat daftar semua warna dan sebutkan satu per satu warnanya. Jika Anda merasa kebingungan dengan warna-warna tersebut, Anda sedang mengalami gangguan penglihatan terhadap warna atau biasa disebut buta warna.

Quote:
Jenis-Jenis Buta Warna

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
teruskan.com

Quote:
Jenis-jenis buta warna dibedakan berdasarkan ketidakmampuan retina dalam membedakan warna. Ada tiga jenis buta warna.

1. Buta warna merah hijau

Buta warna merah-hijau dibedakan lagi menjadi protanomali, deuteromali, protanopia, dan deuteranopia.

Protanomali, disebabkan oleh kerusakan pada sel kerucut-L, penderita lemah untuk mengenali warna merah.

Deuteromali, disebabkan oleh kerukan sel kerucut-M, melemahkan kemampuan untuk membedakan warna merah dan hijau.

Protanopia, disebabkan oleh tidak adanya sel kerucut warna merah , menghilangkan kemampuan untuk melihat warna merah.

Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut-M sehingga penderita tidak bisa lagi membedakan warna merah dan hijau, hijau muda dengan kuning, dan merah dengan coklat.

2. Buta warna biru-kuning

Jenis ini dibedakan lagi menjadi tritanomali dan tritanopia.

Tritanomali, disebabkan oleh lemahnya sel kerucut-S, menurunkan kemampuan untuk membedakan warna biru dan kuning.

Tritanopia, jenis ini sangat jarang terjadi atau bisa dikatakan jenis langka, disebabkan oleh hilangnya sel kerucut-S. Jenis ini menghilangkan kemampuan untuk membedakan warna biru dengan hijau dan warna ungu muda dengan kuning.

3. Buta warna total

Buta warna ini adalah jenis yang hampir tidak pernah terjadi. Ada dua macamnya, yaitu monokromasi sel batang dan monokromasi sel kerucut.

Monokromasi sel batang menyebabkan penderita tidak dapat membedakan warna apapun, disebabkan oleh tidak berfungsinya atau hilangnya sel kerucut retina. Jenis ini berhubungan dengan kepekaan terhadap cahaya dan melemahnya penglihatan.

Monokromasi sel kerucut menyebabkan retina hanya mampu menerima warna putih. Orang-orang yang menderita buta warna monokromatik tidak bisa melihat berbagai macam warna, mereka hanya melihat dunia berwarna abu-abu, hitam, atau putih.

Quote:
Cara Menangani Buta Warna

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
slim232.com

Quote:
Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan buta warna, kecuali jika buta warna terkait dengan penggunaan obat-obatan atau kondisi yang dapat menyembuhkan penyakit ini dengan terapi.

Jika Anda terkena buta warna karena penyakit mata atau kecelakaan, tindakan pengobatan mungkin dapat menyembuhkannya. Anda dapat menangani buta warna dengan cara menggunakan kacamata yang dapat memfilter warna atau kontak lens warna.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mata tentang teknik penggantian gen. Teknik ini dilakukan dengan cara memasukkan material gen ke dalam mata. Yang perlu diketahui adalah teknik ini belum pernah diterapkan pada manusia, namun sudah diujicobakan pada monyet.

Walaupun tidak ada teknik pengobatan yang dapat menyembuhkan buta warna, Anda tetap dapat bekerja atau melakukan banyak hal, di antaranya dengan cara:

Ingatlah urutan warna yang ada di sekitar Anda, misalnya urutan warna lampu lalu lintas.

Beri nama benda-benda berwarna di sekitar Anda. Anda bisa meminta tolong orang-orang yang dapat melihat warna dengan normal untuk membantu Anda menyebutkan warna benda tersebut. Berilah tulisan warna benda tersebut. Lalu, susunlah benda-benda tersebut sesuai warna atau setidaknya mereka berdekatan.

Quote:
Kacamata Untuk Penderita Buta Warna

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
dailymail.co.uk

Quote:
Buat Anda yang mengalami buta warna tak perlu khawatir lagi sebab kini ilmuwan telah membuatkan kacamata khusus untuk penderita buta warna.

Pembuat kacamata ini adalah laboratorium 2AI Labs. Ilmuan penemu kacamata ini, Mark Changizi merupakan seorang spesialis evolusi neurobiologi yang telah melakukan penelitian selama 2 tahun. Ia mengatakan bahwa kebanyakan mamalia memiliki 2 dimensi warna yaitu kecerahan dan abu–abu, tetapi beberapa primata termasuk manusia memiliki dimensi ketiga yaitu merah hijau.

Mark Changizi menemukan bahwa penglihatan merah hijau pada primata sensitif terhadap tingkat oksigenasi dalam darah. Ia kemudian menciptakan kacamata yang dapat digunakan untuk melihat aliran darah di bawah kulit. Kemudian ia menyadari bahwa ternyata kacamata buatannya dapat digunakan untuk membantu penderita buta warna.

Dilakukanlah pengujian pada penderita buta warna dengan menggunakan kacamata ini, ternyata ia lulus tes pengujian buta warna. Seperti dilansir Telegraph, Jumat (8/2/2013), 2AI Labs juga mengembangkan 2 jenis lensa lain yang digunakan untuk tujuan medis.

Ternyata kacamata buta warna ini ditemukan secara tidak sengaja oleh ilmuwan.

Quote:


Quote:
Bagi penderita buta warna biasanya merasakan dampaknya saat melamar kerja gan...Karena sebagian besar perusahaan mensyaratkan calon karyawannya untuk tidak buta warna...Selain itu juga akan dirasakan bagi calon mahasiswa yg akan menempuh program studi seperti kimia, teknik, dokter, desain, dan arsitektur...Karena itulah gan, kenalilah penyakit ini sedini mungkin agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Quote:
Update!!!...Permohonan Maaf TS

Quote:
Ane secara pribadi mohon maaf yg sebesar-besarnya kepada kaskuser yg merasa tersinggung dgn isi trit di atas...Dengan dibuatnya trit ini....ane tidak bermaksud menghina atau mendeskriminasi penderita buta warna...ane hanya ingin berbagi ilmu ke kaskuser semua...ane secara pribadi mendukung dan peduli thd penderita buta warna agar tidak mudah menyerah...tidak mudah putus asa dan teruslah berkarya serta bermanfaat bagi masyarakat luas...buta warna bukanlah akhir segalanya...banyak yg bisa dilakukan oleh penderita buta warna...bahkan boleh jadi penderita buta warna lebih sukses ketimbang yg normal...sekali lagi ane mohon maaf...emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Quote:
B-log khusus buta warna

Quote:Original Posted By SonyBukanSoni
Wah bahas buta warna nih emoticon-Big Grin Ane buta warna dan bawaan dari lahir gan, yang bikin kita ga pede itu ya pasti ga bisa milih kerjaan yang kita mau karna keterbatasan kita tadi emoticon-Blue Guy Peace Ayo gan yang Buta warna ataupun engga ramein B-log ini



Sponsored By :(Click to visit)Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna

Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna

Quote:
JIKA TRIT INI BAGUS DAN BERMUTU...BANTU REKOMENDASI HOT THREADYA GAN...BIAR BANYAK KASKUSER YANG IKUT AMBIL MANFAAT DARI TRIT INI...


Quote:
Mampir ke trit ane yg lain:

Video Heboh Para TKI Indonesia Hancurkan Gadget Mahal Miliknya
5 Benda Aneh yang Pernah Ditemukan dalam Saluran Pencernaan
Kumpulan Graffiti yang akan Membuat Anda Sadar Arti Lingkungan
10 Lukisan Yang Bisa Mempermainkan Mata Dan Pikiran Anda
Cerita Personel Band Kotak Didapuk Untuk Isi Soundtrack Serial Anak Boboiboy
10 Makhluk Dasar Laut yang Membuat Anda Kagum
Kisah Nyata 5 Hewan Paling Setia pada Majikannya di Dunia
5 Hal Unik yang Hanya ada pada Tukang Parkir Indonesia
9 Senjata Canggih Terbaru Paling Mematikan di Dunia Saat ini
Turtle Taxi, Inilah Layanan Taksi Paling Lambat di Dunia
Bencana Wahana Permainan Terburuk Dalam Sejarah
Kurusetra, Game Perang Baratayuda Karya Anak Bangsa
[Alamak] Komputer Terkecil Di Dunia Hanya Sebesar Bulir Beras
Inilah Drum-set Paling Rumit Sedunia
[WOW] Rekor Dunia Ibu Melahirkan Anak Terbanyak
Tim Indonesia Juara Kontes Robot di Amerika
[ALAMAK] Layang-layang Sepanjang 6 Km Pecahkan Rekor Dunia
Lima Kisah Orang Paling Lama Terapung di Lautan
Bisnis Cokelat Bikin Mahasiswi Ini Jadi Jutawan
10 Ide Teknologi Aneh dan Gila Pada Perang Dunia ke 2 yang Gagal Total
Hueso, Restoran Unik Terbuat Dari 1.000 Tulang Hewan
Negara Pemilik Teknologi Rudal Tercanggih dan Terbaik di Dunia
[INFO UNIK] Warga ini Bangun Rumah Dengan Pondasi Ban Bekas
[INFO UNIK GAN!!!] Rig Minyak Disulap Jadi Resort Seru

Polling
990 Suara
Apakah kaskuser pernah mengalami buta warna? 
Diubah oleh ibnutiangfei
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 18 dari 36
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:16
Ane sih pernah waktu kecil dlu, kalo tiba sore misal mo maghrib gitu...mulai deh ga' bisa lihat.....udah gelap aja meski cuaca masih sedikit terang. (Duluuuuu)
Kalo skrang mah sudah sembuh, mngkin karena ane tinggalnya di kampung terus masalah gizi kurang keurus oleh ortu.....tapi lama kelamaan ortu mmberikn yg terbaik bwt ane smwa diperhatikan dg baik trutama gizi dari asupan ane.
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:23
Ibu saya suka ketuker gan warna ijo sama biru..jadi suka bingung kalo disuruh ambilin sesuatu daroi 2 warna ituemoticon-Hammer (S)
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:24
Quote:Original Posted By singlefighter89


dulu pas diterima ada tes buta warna nya juga gak ?
wah sptnya senasib ini maahh


Ada gan tp kata yg test nya ga masalah soal nya ane kerja ngecek kualitas batubara yg warna nya item doang... mka nya ane lolos..
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:24
ane buta warna parsial, lemah di warna merah-coklat. Kedeteksi buta warna waktu tes pake buku ishihara doang. Kalo liat benda-benda di kehidupan sehari-hari sih ane ga ada bedanya sama yg punya mata normal.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:30
Quote:Original Posted By tigaangkaenam.


Bapak ente orang madura ? Biasanya cm beda nyebut aja , hijau nyebutnya biru , biru daun emoticon-Big Grin

Kalo ane buta warna gan, keliatan sih warnanya , cm gatau jenisnya emoticon-Mewek:


bapak ane orang jawa timur , daerah bojonegoro emoticon-Big Grin
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:42
Alhamdulillah ane cuma rabun jauh Enggak Buta warna
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:43
smoga kacamatanya dpt subsidi gan
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:46
jadi inget temen ane.... gagal masuk fakultas desain grafis gara2 ini.....
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:46
kirain buta warna itu cuman bisa liat hitam dan putih, trnyata bnyak jenisnya..
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:48
wah alhamdulillah untung mata ane normal2 aja emoticon-thumbsup
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:51
smoga kacamatanya dpt subsidi gan
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:51
alhamdulillah mata ane masih normal. perbaiki dengan makan sayuran dab buah2an
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:52
Emak ane biru dibilang ijo,ijo dibilang biru itu buta warna gak?
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:52
ngeri gan emoticon-Takut
harus bener bener bisa ngejaga mata ni emoticon-Matabelo
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:54
ane gatau buta warna atau engga, tp saat tes warna pake angka yg biasa di dokter2 itu ada beberapa angka yg saya ga bsa jawab emoticon-Frown tp stiap tes buta warna di lolos aja walaupun ada yg sulit kejawab
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:56
ngeri bgt gan....emoticon-Takut (S)
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 18:58
nice infonya, harus pinter2 jaga mata kita gan... emoticon-Shakehand2 emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 19:09
waktu ane tes buta warna buat daftar ke poltek alhamdulillah ga buta warna. tapi ane pake kacamata. Gapapa disyukuri ajee
0 0
0
Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Buta Warna
19-04-2015 19:11
emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 18 dari 36
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia