News
Batal
KATEGORI
link has been copied
9995
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012997503/reksadana-faq---gt-quotthe-legend-continousquot
Maaf agan2 semua, nubie membuat thread ini. Hanya sekedar buat mengumpulkan smua info yg berkaitan dengan reksadana. Sehingga tidak mengakibatkan pertanyaan yg sama berulang kali, dan mungkin malah membua sakit kepala orang yg ditanya :ngakak :ngakak becanda gan... sumbang saran , ane tunggu...apalagi kritik dari para senior :beer: mabok yuk? :hammer Reksa Dana Apa itu Reksa Dana (Mutual Fund) ? R
Lapor Hansip
08-02-2012 14:09

[DISKUSI] Reksadana, FAQ---> "the legend continous"

Maaf agan2 semua, nubie membuat thread ini.
Hanya sekedar buat mengumpulkan smua info yg berkaitan dengan reksadana.
Sehingga tidak mengakibatkan pertanyaan yg sama berulang kali, dan mungkin malah membua sakit kepala orang yg ditanya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
becanda gan...

sumbang saran , ane tunggu...apalagi kritik dari para senior emoticon-Angkat Beer mabok yuk? emoticon-Hammer2


Reksa Dana

Apa itu Reksa Dana (Mutual Fund) ?
Reksa Dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Quote:Original Posted By sedanten
Gan, kata kunci lain dari reksadana yang perlu ditambahkan : RD adalah suatu produk Kontrak Investasi Kolektif antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan di mana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.

Dengan kontrak ini, maka investor dilindungi karena :
1. Investasi sesuai profil resiko dikelola oleh MI sesuai batas portfolio yg diatur di prospektus
2. Jaminan Keamanan Dana, sebab asset RD dititipkan di Bank Kustodian dan dibukukan secara terpisah dr pembukuan MI maupun Bank Kustodian shg secara legal terhindar dr sita jaminan atas kebangkrutan MI atau Bank Kustodian


emoticon-2 Jempol
Keunggulan Reksa Dana :
- Dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional
- Risiko relatif rendah karena terdiversifikasi
- Cocok untuk pemodal pemula, yang tidak terlalu menguasai teknik-teknik portofolio.
- Cocok untuk investor dengan kemampuan finansial terbatas
- Secara relatif, biaya rendah


Berikut ini adalah jenis-jenis reksa dana dan penjelasannya:

Reksadana Konvensional
Reksa Dana Konvensional adalah reksa dana yang dapat dibeli atau dijual kembali oleh investor setiap saat tergantung tujuan investasi, jangka waktu dan profil resiko investor.

Jenis-jenis Reksa Dana Konvensional adalah sebagai berikut:

Reksa Dana Pasar Uang; Reksa Dana dengan investasi 100% pada efek Pasar Uang berupa surat berharga dengan jangka waktu kurang dari satu tahun, seperti deposito, surat berharga (commercial paper) meliputi Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).
RDPU

Reksa Dana Pendapatan Tetap; Reksa Dana dengan investasi minimal 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang (obligasi).
RDPT

Reksa Dana Campuran; Reksa Dana dengan kebijakan investasi pada efek saham, efek hutang & pasar uang yang porsi masing-masing instrumennya tidak termasuk dalam ketiga
jenis Reksa Dana lainnya.

Reksa Dana Saham; Reksa Dana dengan investasi minimal 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham).
RDS


emoticon-Shakehand2
Tips Berinvestasi
1.\tTentukan Tujuan Investasi Anda ; jangka waktu
2.\tKenali Profil Risiko Anda
3.\tPemilihan Pengelola Investasi yang tepat.
4.\tDiversifikasi Investasi ; untuk mengelola return & risiko.
5.\tInvestasi secara bertahap
6.\tJangan terpengaruh pada pergerakan return harian.
7.\tReview portfolio investasi secara berkala; 3 bulanan


Sebelum mulai invest , cek dulu di mari. agan termasuk yang mana emoticon-Angkat Beer
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=208

Panduan Investasi
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1415

Tipe investor dari cara top up dan mengelola RD-nya
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=221

Reksadana Terproteksi


Jenis Risiko Investasi Reksa Dana yang harus dipahami
[spoiler="[credit to:yellowprincess]"]

Untuk melakukan investasi Reksa Dana, Investor harus mengenal jenis risiko yang berpotensi timbul apabila membeli Reksadana :

Risiko menurunnya NAB (Nilai Aktiva Bersih) Unit Penyertaan

Penurunan ini disebabkan oleh harga pasar dari instrumen investasi yang dimasukkan dalam portofolio Reksadana tersebut mengalami penurunan dibandingkan dari harga pembelian awal. Penyebab penurunan harga pasar portofolio investasi Reksadana bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat kinerja bursa saham yang memburuk, terjadinya kinerja emiten yang memburuk, situasi politik dan ekonomi yang tidak menentu, dan masih banyak penyebab fundamental lainnya.

Risiko Likuiditas

Potensi risiko likuiditas ini bisa saja terjadi apabila pemegang Unit Penyertaan reksadana pada salah satu Manajer Investasi tertentu ternyata melakukan penarikkan dana dalam jumlah yang besar pada hari dan waktu yang sama. Istilahnya, Manajer Investasi tersebut mengalami rush (penarikan dana secara besar-besaran) atas Unit Penyertaan reksadana. Hal ini dapat terjadi apabila ada faktor negatif yang luar biasa sehingga memengaruhi investor reksadana untuk melakukan penjualan kembali Unit Penyertaan reksadana tersebut. Faktor luar biasa tersebut di antaranya berupa situasi politik dan ekonomi yang memburuk, terjadinya penutupan atau kebangkrutan beberapa emiten publik yang saham atau obligasinya menjadi portofolio Reksadana tersebut, serta dilikuidasinya perusahaan Manajer Investasi sebagai pengelola Reksadana tersebut.

Risiko Pasar

Risiko Pasar adalah situasi ketika harga instrumen investasi mengalami penurunan yang disebabkan oleh menurunnya kinerja pasar saham atau pasar obligasi secara drastis. Istilah lainnya adalah pasar sedang mengalami kondisi bearish, yaitu harga-harga saham atau instrumen investasi lainnya mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Risiko pasar yang terjadi secara tidak langsung akan mengakibatkan NAB (Nilai Aktiva Bersih) yang ada pada Unit Penyertaan Reksadana akan mengalami penurunan juga. Oleh karena itu, apabila ingin membeli jenis Reksadana tertentu, Investor harus bisa memperhatikan tren pasar dari instrumen portofolio Reksadana itu sendiri.

Risiko Default

Risiko Default terjadi jika pihak Manajer Investasi tersebut membeli obligasi milik emiten yang mengalami kesulitan keuangan padahal sebelumnya kinerja keuangan perusahaan tersebut masih baik-baik saja sehingga pihak emiten tersebut terpaksa tidak membayar kewajibannya. Risiko ini hendaknya dihindari dengan cara memilih Manajer Investasi yang menerapkan strategi pembelian portofolio investasi secara ketat.
[/spoiler]

Temennya Reksadana
Obligasi
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 481 dari 503
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
10-04-2015 16:21
Quote:Original Posted By magicianseeker


Ho oh. Kan mereka perlu waktu untuk kalkulasi jugalah, dengan asset2 yang segitu banyak (liat aja AUM-nya uda M-an dan T-an), perlu waktu untuk menghitung jelas nilai NAB-nya. Kadang malah ane pernah pengalaman coba liatin pas weekend, lebih cepat update bloomberg & infovesta daripada website MI ._. tergantung MI-nya juga sih sepertinyaemoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By wibieg


Biasanya lewat 22.00 di hari H udah ada NAB pasti.
Utk keputusan beli/jual RD, metode yg di artikel itu udah cukup bagus..

Saya sendiri sih ngga terlalu memikirkan.. Karena keputusan beli/jual saya berdasarkan analisis oversold/overbought dari chart IHSG, dan utk hold dalam rentang yg cukup panjang (6-8 bulan).. Selisih dikit di NAB sih acceptable buat saya, Gan.. Apalagi buat yg mau hold sampai 3 tahun atau lebih; lebih ngga ngefek, hehe..


oh.. biasa malam2 ya.. ane pengen lama sih.. hehe

0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
10-04-2015 18:38
agan2 yg invest d commonwealth mo tanya ni.

it d detail tarif n biaya
ex di batavia dana kas maxima ad keterangan ^jumlah saldo minimum setelah dilakukan penjualan kembali sebagian unit^ 1000 unit it maksudnya gimana ya? apa it berarti kita gak bsa jual semua unit penyertaan kita?
mohon pencerahanx donk.makash emoticon-Wink
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
10-04-2015 22:08

RUMOR: SYARAT AUM MINIMUM PADA RD AKAN DITURUNKAN.

Saya dapet kabar akan ada perubahan aturan OJK ttg AUM minimum utk RD dari Rp25 miliar menjadi Rp10 miliar aja. Apa teman-teman di MI, APERD atau Media bisa mengonfirmasi berita ini? Kapan kira-kira akan diberlakukan..?

Kalau bener, asumsi saya utk F3M-DCA v2 mesti diubah dan iterasinya mesti dihitung ulang nih.. padahal udah 65-an% rampung.. Cape deech, hehe.. emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
11-04-2015 07:26
Quote:Original Posted By andre0387
agan2 yg invest d commonwealth mo tanya ni.

it d detail tarif n biaya
ex di batavia dana kas maxima ad keterangan ^jumlah saldo minimum setelah dilakukan penjualan kembali sebagian unit^ 1000 unit it maksudnya gimana ya? apa it berarti kita gak bsa jual semua unit penyertaan kita?
mohon pencerahanx donk.makash emoticon-Wink


Kalau agan mo menjual si RD (btw ini ga di CW doang, semua RD sama kok), antara agan mesti sisain 1000 unit atau tarik semua. Anggapannya kayak kalo di bank2 konvensional, kita mesti sisain 50K di tabungan, kalo nga, akun kita ditutup sama bank. Sama aja kayak gitu emoticon-Smilie
- Kalau agan sisain 1000 unit, artinya agan masih punya RD tersebut - pembelian berikutnya akan termasuk subscription (lihat minimum subscription), bisa via online banking.
- Kalau agan tarik semua, artinya agan udah nga punya RD tersebut - pembelian berikutnya berarti termasuk ke minimal initial subscription (liat initial subscription) dan berdasarkan peraturannya, agan mesti ke kantor cabang untuk pembelian pertama ._.

So, kesimpulannya, agan bisa jual semua, hanya saja pilihannya adalah antara jual sebagian sampe max dengan sisain 1000 unit, atau jual semua, sekalian. Ga bisa sisain gitu 1 unit ato 999 unit aja ^_^

Semoga membantuemoticon-Cendol (S)
Diubah oleh magicianseeker
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
11-04-2015 08:28
Quote:Original Posted By magicianseeker
Kalau agan mo menjual si RD (btw ini ga di CW doang, semua RD sama kok), antara agan mesti sisain 1000 unit atau tarik semua. Anggapannya kayak kalo di bank2 konvensional, kita mesti sisain 50K di tabungan, kalo nga, akun kita ditutup sama bank. Sama aja kayak gitu emoticon-Smilie
- Kalau agan sisain 1000 unit, artinya agan masih punya RD tersebut - pembelian berikutnya akan termasuk subscription (lihat minimum subscription), bisa via online banking.
- Kalau agan tarik semua, artinya agan udah nga punya RD tersebut - pembelian berikutnya berarti termasuk ke minimal initial subscription (liat initial subscription) dan berdasarkan peraturannya, agan mesti ke kantor cabang untuk pembelian pertama ._.

So, kesimpulannya, agan bisa jual semua, hanya saja pilihannya adalah antara jual sebagian sampe max dengan sisain 1000 unit, atau jual semua, sekalian. Ga bisa sisain gitu 1 unit ato 999 unit aja ^_^

Semoga membantuemoticon-Cendol (S)



nah udah dijelasin ma agan diatas ..
tpi banyak banget nyisain 1000 unit rd apaan gan ?? biasanya paling 100-200 unit minimal disisainnya klo gak redempt semuanya ..
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
11-04-2015 15:35
Quote:Original Posted By magicianseeker
Kalau agan mo menjual si RD (btw ini ga di CW doang, semua RD sama kok), antara agan mesti sisain 1000 unit atau tarik semua. Anggapannya kayak kalo di bank2 konvensional, kita mesti sisain 50K di tabungan, kalo nga, akun kita ditutup sama bank. Sama aja kayak gitu emoticon-Smilie
- Kalau agan sisain 1000 unit, artinya agan masih punya RD tersebut - pembelian berikutnya akan termasuk subscription (lihat minimum subscription), bisa via online banking.
- Kalau agan tarik semua, artinya agan udah nga punya RD tersebut - pembelian berikutnya berarti termasuk ke minimal initial subscription (liat initial subscription) dan berdasarkan peraturannya, agan mesti ke kantor cabang untuk pembelian pertama ._.

So, kesimpulannya, agan bisa jual semua, hanya saja pilihannya adalah antara jual sebagian sampe max dengan sisain 1000 unit, atau jual semua, sekalian. Ga bisa sisain gitu 1 unit ato 999 unit aja ^_^

Semoga membantuemoticon-Cendol (S)

ooo begitu terima kasih gan atas pencerahan nya. soalnya bau belajar invest ni saya hehehe
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
11-04-2015 15:37
Quote:Original Posted By fuzz88
nah udah dijelasin ma agan diatas ..
tpi banyak banget nyisain 1000 unit rd apaan gan ?? biasanya paling 100-200 unit minimal disisainnya klo gak redempt semuanya ..


RDpasar uang gan punya batavia dana kas maxima
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
11-04-2015 17:04
Quote:Original Posted By andre0387

ooo begitu terima kasih gan atas pencerahan nya. soalnya bau belajar invest ni saya hehehe


Quote:Original Posted By andre0387


RDpasar uang gan punya batavia dana kas maxima


ini commwealth emank min nya gede bgt.. ane pna liat schroder aja min 1000 unit rata2..

0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
12-04-2015 00:49
Quote:Original Posted By wibieg
Saya dapet kabar akan ada perubahan aturan OJK ttg AUM minimum utk RD dari Rp25 miliar menjadi Rp10 miliar aja. Apa teman-teman di MI, APERD atau Media bisa mengonfirmasi berita ini? Kapan kira-kira akan diberlakukan..?

Kalau bener, asumsi saya utk F3M-DCA v2 mesti diubah dan iterasinya mesti dihitung ulang nih.. padahal udah 65-an% rampung.. Cape deech, hehe.. emoticon-Cape d... (S)

pengaruhnya ap emng gan?ke f3m?maaf soalnya ane kurang paham. skalian belajar aj emoticon-Smilie
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
12-04-2015 11:30
Quote:Original Posted By andre0387

pengaruhnya ap emng gan?ke f3m?maaf soalnya ane kurang paham. skalian belajar aj emoticon-Smilie


Ini utk pengujian statistik datanya aja Gan. Kalau AUM minimumnya diturunin, berartikan kandidat RD utk masuk seleksi dan screening akan lebih banyak. Di F3M-DCA v2, pengujian datanya lumayan banyak sebelum bisa diambil kesimpulan dan dibuat formula karenanya butuh waktu. Apalagi saya ngga punya data NAB yg readily available. Mesti diolah semi-manual dulu. Jadwal saya yg akan release v2 bulan April ini terpaksa dipending dulu. Sampai ada kepastian aturan itu dari OJK.

Nanti kalau v2 udah jadi, beda lagi cerita. Buat investor tantangannya adalah hanya nambah beberapa proses kerja dan analisis. Dan investor mesti punya/nambah skill penggunaan Microsoft Excel sedikit. Worthed utk potensi return yg lebih besar dari yg v1.

Saya ngga punya ekspektasi akan banyak yg mengadopsi v2. Perkiraan saya masih akan lebih banyak yg tetap pakai v1 nanti. Namanya manusia, semua mau lebih sejahtera tapi ngga semua mau nambah usaha dan keahliannya'kan, hehe.. Tapi ya gapapa, biar seleksi alam aja yang akan menentukan.. Hanya dia yang punya niatan kuat, mau belajar dan mau berusaha yang akan lebih sukses.. emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
12-04-2015 12:20
Quote:Original Posted By wibieg
Ini utk pengujian statistik datanya aja Gan. Kalau AUM minimumnya diturunin, berartikan kandidat RD utk masuk seleksi dan screening akan lebih banyak. Di F3M-DCA v2, pengujian datanya lumayan banyak sebelum bisa diambil kesimpulan dan dibuat formula karenanya butuh waktu. Apalagi saya ngga punya data NAB yg readily available. Mesti diolah semi-manual dulu. Jadwal saya yg akan release v2 bulan April ini terpaksa dipending dulu. Sampai ada kepastian aturan itu dari OJK.

Nanti kalau v2 udah jadi, beda lagi cerita. Buat investor tantangannya adalah hanya nambah beberapa proses kerja dan analisis. Dan investor mesti punya/nambah skill penggunaan Microsoft Excel sedikit. Worthed utk potensi return yg lebih besar dari yg v1.

Saya ngga punya ekspektasi akan banyak yg mengadopsi v2. Perkiraan saya masih akan lebih banyak yg tetap pakai v1 nanti. Namanya manusia, semua mau lebih sejahtera tapi ngga semua mau nambah usaha dan keahliannya'kan, hehe.. Tapi ya gapapa, biar seleksi alam aja yang akan menentukan.. Hanya dia yang punya niatan kuat, mau belajar dan mau berusaha yang akan lebih sukses.. emoticon-Blue Guy Peace


ooo bgt. kemaren ane baru eksekusi yg v1 padahal hahaha. ya moga aj aturan baru dr OJK baru rumor aj. klo beneran ud berubah d tunggu juga yg v2 nya gan. bagi2 ilmunya gan pake excel nya emoticon-Smilie
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
12-04-2015 18:48
Quote:Original Posted By andre0387


ooo bgt. kemaren ane baru eksekusi yg v1 padahal hahaha. ya moga aj aturan baru dr OJK baru rumor aj. klo beneran ud berubah d tunggu juga yg v2 nya gan. bagi2 ilmunya gan pake excel nya emoticon-Smilie


Kalau maksudnya eksekusi v1 yg Bab 4, ngga papah. Lanjutin aja, Gan. Yg akan di-overhaul yg Bab 5 kok. Masih ada waktu sampai Desember. Mestinya, udah ada kepastian aturannya sebelum itu. Referensi.

Ttg aturan OJK, bukan rumor aja ternyata. Udah masuk di berita mainstream.

Diubah oleh wibieg
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
12-04-2015 22:15
Quote:Original Posted By wibieg
Kalau maksudnya eksekusi v1 yg Bab 4, ngga papah. Lanjutin aja, Gan. Yg akan di-overhaul yg Bab 5 kok. Masih ada waktu sampai Desember. Mestinya, udah ada kepastian aturannya sebelum itu. Referensi.

Ttg aturan OJK, bukan rumor aja ternyata. Udah masuk di berita mainstream.


oke gan. ane lajut dah. n makasih e booknya jadi tambah referensi ilmu ni.klo gt tinggal tunggu tgl maen nya doank ni dr OJK
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
13-04-2015 07:30
Quote:Original Posted By andre0387


oke gan. ane lajut dah. n makasih e booknya jadi tambah referensi ilmu ni.klo gt tinggal tunggu tgl maen nya doank ni dr OJK


Iyah Gan.. Moga sesegera mungkin.. emoticon-thumbsup

0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
13-04-2015 07:46
Pagi agan2...
Sy ada niat inves reksadana...
Ane ada 200jt..
Rncana disimpen 10taun...
Opsi paling bagus gmn?
N kira2 jd brp 10th lg?
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
13-04-2015 09:16
Quote:Original Posted By vienroom
Pagi agan2...
Sy ada niat inves reksadana...
Ane ada 200jt..
Rncana disimpen 10taun...
Opsi paling bagus gmn?
N kira2 jd brp 10th lg?


Opsi paling bagus nya masing-masing kita bisa beda Gan, karena di setiap jenis Investasi--selain ada potensi Profit--ada juga potensi Risiko. Adigum klasiknya "Higher Return comes with Higher Risk". Seberapa besar Agan ingin menghindar dari Risiko dibanding saya, misalnya, tentu beda'kan.. Karena itu--kembali lagi--apa yg bagus buat satu investor belum tentu bagus buat yg lain..

Saran saya baca buku ttg RD dulu, Gan.. yg dijual di TB atau bisa dipinjem di Perpus.. Kita dapatkan pengetahuan utuh dan dasarnya dulu.. Baru setelah itu informasi tambahan dan kembangannya bisa ditanyakan di mari atau dicari di website kayak portalreksadana.com atau rudiyanto.blog.kontan.co.id.

Tentang potensi keuntungan investasi, salah satunya, bisa dihitung sendiri pakai kalkulator yg di sini http://www.panin-am.co.id/Investment...alculator.aspx

Cheers..
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
13-04-2015 14:46
siang gan, ikutan nanya2 reksadana.
kemarin nyobain beli RD saham schroder 90+, manulife dana saham, dan BNP paribas pesona syariah. menurut agan yg lebih pengalaman RD saham tersebut gimana kira2 perkembangnya taun ini ya gan ? emoticon-Smilie
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
13-04-2015 15:00
Hai gan semua.
Saya sudah investasi reksadana sejak 2007 (Danareksa Mawar & Mawar Agresif)
Thn 2012 saya join juga Schroders Dana Istimewa bulanan sampai sekarang via Comm**nk.
Saya ada dana pensiun dari persh A dan saya pilih opsi 100% di Dana Saham, saya sudah resign dari persh A.
Usia saya 30 tahun dan sudah bisa ambil dana pensiun itu, jumlah sudah sangat lumayan, bisa untuk DP rumah kecil.
Sebaiknya apakah Dana Pensiun tersebut sebaiknya dijual dan dibuat Top Up manual ke Schroders Dana Istimewa nya atau dibiarkan saja di persh DPLK? karena apabila didiamkan saja kena admin terus.
Atau disetor ke tabungan biasa yang bunganya 7%an?
Mohon pencerahan.

Thanks
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
13-04-2015 16:45
Quote:Original Posted By lestari74
siang gan, ikutan nanya2 reksadana.
kemarin nyobain beli RD saham schroder 90+, manulife dana saham, dan BNP paribas pesona syariah. menurut agan yg lebih pengalaman RD saham tersebut gimana kira2 perkembangnya taun ini ya gan ? emoticon-Smilie


Bisa dibandingkan di websitenya IPOTFUND, klik List Reksadana, All funds (karena gak semua dijual di IPOTFUNDS), centang pilihan reksadana yang disuka. Lalu klik Compare. Secara grafik, Schroder 90 lebih unggul kinerja dibandingkan 2 reksadana lainnya (YTD).
0 0
0
Reksadana, FAQ---> "the legend continous"
13-04-2015 20:22
Quote:Original Posted By barcolz


Bisa dibandingkan di websitenya IPOTFUND, klik List Reksadana, All funds (karena gak semua dijual di IPOTFUNDS), centang pilihan reksadana yang disuka. Lalu klik Compare. Secara grafik, Schroder 90 lebih unggul kinerja dibandingkan 2 reksadana lainnya (YTD).


ane coba gan... thank you gan
0 0
0
Halaman 481 dari 503
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia