KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Success Stories] Merajut Kisah Bersama FJB KASKUS



Heyho Juragans Semua!

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2

Seperti biasa nih, Gan ada seorang seller lagi yang ceritanya terpilih menjadi Success Stories bulan ini. Berkecimpung di dunia per-FJBan KASKUS sejak tahun 2009, Agan Betet89 menjual berbagai macam produk, mulai dari lampu motor, modem, handphone sampai laptop. Agan yang satu ini juga punya banyak cerita saat jadi seller KASKUS nih, pernah gak tidur dua hari sampai ngumpet di got udah pernah dialamin. Penasaran baca gimana cerita sukses Agan ini dan apa aja yang udah diraih? Yok, langsung cek TKP, Gan!



1. Halo Gan, siapa nama lengkap Agan dan berlokasi dimana?

Ane Limantomo biasa dipanggil Betet atau Tomo. kenapa ane dipanggil Betet89? Karena ane orangnya bawel selalu ngoceh dimanapun dan apapun, ane senang berbagi, terutama berbagi ilmu, itulah kenapa ane bikin ID Kaskus “betet89” karena ane kelahiran 1989. Lokasi ane di Cakung, tepatnya dibelakang terminal terpadu Pulogebang, disini rumah sekaligus kamar, sekaligus kantor ane Gan.

2. Lagi sibuk apa sekarang?

Kalau ditanya sibuk, mungkin ane bingung. Karena disaat orang lain sibuk dandan, mandi, bangun pagi, siap-siap berangkat kerja, ane masih tidur emoticon-Hammer (S)

Nah disaat orang lain masih sibuk kerja dikantor, ane baru bangun dan ngecek HP, Kaskus khususnya FJB, Sosmed, dan Website ane. Disinilah awal kesibukan ane, bangun tidur Alhamdulillah banyak pesanan masuk, transferan masuk, PM, dll. Jadi intinya sekarang ane sibuk membangun usaha jualan Online ane di FJB Kaskus, untuk sekarang ini ane jualan Lampu Philips, Laptop Lenovo ThinkPad, Sparepartnya, ACC nya, dan Rokok Cigarillos. Sekarang ini ane lebih fokus ke Laptop Lenovo ThinkPad Gan, tapi tetap ingat apa kata orangtua ane, "kacang tidak boleh lupa sama kulitnya", makannya ane tetap jualan Lampu Philips, dan Cigarillos, karena awal muasal ane jualan di FJB ya lampu philips Gan. emoticon-Malu (S)

3. Sudah berapa lama berkecimpung di FJB Kaskus?

Ane mulai ngaskus tahun 2009, berarti sekitar 6 Tahunan inilah yak. Awalnya ane cuma iseng-iseng buka KASKUS, awalnya dikasih tau sama teman ane namanya Gia, akhirnya ane beli modem tuh. Duh gile jaman itu punya modem udah mantep kayanya, itu jamannya ane kuliah Gan. Dari sana ane mulai buka-buka KASKUS dan ikut ke regional, sampai akhirnya lampu motor ane putus, Gan. Nah ane cari-cari lampu untuk motor ane yang merk philips dibengkel-bengkel, susah bgt, dan sekalinya ada harganya 50rb/pcs emoticon-Hammer (S).
Akhirnya, mau ga mau ane beli daripada motor ane ga pakai lampu kena tilang nanti.

Nah dari pengalaman ane itu, ane berfikir kenapa ga ane jual di FJB aja yak. Di FJB ga ada yang jual kok, otak bisnis ane mulai muncul Gan. Ketika ada kesempatan disitulah ane beranikan diri untuk mencari distributor itu lampu, dan akhirnya ketemu, ane beranikan diri pakai uang jajan ane untuk beli lampu itu 2pcs harga 50rb, nahkan ada untungnya hahaha, ane jual 30rb/pcs Gan, berarti ane dapat untung 10rb dari 2pcs lampu, darisana ane sisihkan 5rb untuk makan 5rb untuk tambah modal, dan akhirnya lama kelamaan Agan-Agan yang ada dikaskus malah transfer duluan untuk beli lampu di ane, disinilah Alloh memberikan jalan untuk ane terus semangat berusaha Gan.



Ada yang beli 4pcs harga 30x4=120rb ditambah ongkir waktu itu 4rb jne, Gan. Alhamdulillah disaat ane ga punya modal tp ane punya Thread Lampu Philips di FJB, orang-orang pada lihat dan beli langsung transfer ke ane, disinilah testimonial sangat berpengaruh. Dari uang yang sudah di transfer tadi ane belikan lampunya dan langsung ane kirimkan. Seperti cerita ane diatas, ketika dapat untung, 5rb untuk makan, sisanya ane tambahkan untuk modal, dari modal modal yang ane kumpulkan akhirnya ane bisa stock lampu banyak Gan, sampai sekarang ane bisa jadi juragan laptop.





4. Adakah nama official untuk lapak Agan?



Untuk nama official lapak ane adalah “ThinkPad Jakarta” entah darimana nama itu datang, tapi yang jelas ane senang dengarnya Gan, enak didengar, dan enak di hafal.

5. Bisnis apa aja sih yang dilakukan oleh Agan? Apa hanya laptop Thinkpad? Dan kenapa memilih bisnis ini?

Seperti cerita ane diatas, ane awalnya jualan lampu, terus modem, rokok, HP, akhirnya jualan laptop sekarang. Semua itu ane lakukan secara Online khususnya via FJB KASKUS. Alasannya ane pilih bisnis ini adalah, ane bisa punya waktu free, tidak terikat kontrak, ga perlu dandan rapih, cukup siapkan internet dan PC atau Laptop. Terus ane bisa meningkatkan jiwa wirausaha, bisa atur gaji sendiri, yang paling utama, ane mau buka lapangan pekerjaan untuk orang lain, Gan.

Alasan ane pilih bisnis laptop adalah, ane ini tipe orang yang maunya fokus, jadi jualan laptop pun ane fokus hanya jualan ThinkPad. Kenapa? karena orangtua ane bilang, apapun yang kita kerjakan akan berhasil dan sukses ketika kita bisa FOKUS. Akhirnya ane memilih untuk Fokus dan menjadi Spesialis penjual Laptop Lenovo ThinkPad, karena yang spesialis akan dicari sama orang Gan.







Contoh: Agan punya mobil BMW, ketika Agan mau service mobil BMW Agan, apakah Agan akan pilih ke bengkel umum atau ke bengkel spesialis BMW? 90% pasti akan pilih ke bengkel spesialis, karena yang spesialis sudah terjamin dan sudah terlatih, mengerti apa yang dijual, dan dikerjakannya. Itulah kenapa ane menjadi spesialis penjual Laptop Lenovo ThinkPad, ane berharap suatu saat orang akan mencari ane, karena ThinkPad adalah laptop khusus bisnis, yang kokoh, tangguh, terbukti tahan banting, boleh dicek review dan video-video yang ada di youtube. ThinkPad itu punya banyak fitur, dari WaterSpill (keyboard tahan tumpahan air), layar yang bisa dibuka 180 derajat, ThinkVantage (sumpah ini tombol ajaib ThinkPad Gan), Trackpoint, UltraBay, Engsel kokoh, dll banyak deh, boleh main-main ke Forum ThinkPad yang ada di Kaskus atau ke website ane di [url=http://www.thinkpadjakarta.com.]www.thinkpadjakarta.com.[/url] emoticon-Cendol (S)

6. Spesifikasi Laptop yang dijual ada apa aja Gan?

Banyak Gan. Mau cari apa? Ane belajar dari Jokowi, untuk menjadi penjual, maka kita harus mengikuti apa maunya pembeli, jadi untuk calon customer ane, biasanya ane tanyakan begini “maaf Agan mau yang spesifikasi bagaimana?” kalau ane ada stoknya ya ane tawarkan langsung stok yang dia mau dan harganya.





Kalau deal Alhamdulillah, atau ketika customer ane bingung (awam) ane tanyanya begini Gan “Maaf Gan, Agan ada dananya berapa ya, nanti biar ane carikan spesifikasi yang paling terbaik sesuai dengan dana yang Agan punya” begitulah Gan. Jadi, banyak spesifikasi yang ane punya, tinggal kembali ke Agan mau spesifikasi yang bagaimana dan ada dana berapa. Contoh: ane punya stok dari yang Dual Core, Core2Duo, I3, I5, I7, dan juga ada yang ber VGA Intel, ATI, dan Nvidia. Untuk layar ada yang 12inci untuk seri X, 14inci dan 15inci untuk seri T atau R atau Z, dan seri Workstation 15inci untuk seri W monsternya ni di ThinkPad Gan.

7. Yang paling laris biasanya yang mana Gan?

Yang paling laris biasa seri X 12inci dan seri T 14inci Gan. kenapa? Karena harganya worth it Gan. Contoh X201 spesifikasi i5, 4GB, 320GB, camera, fingerprint, win 7 64bit, fitur jalan semua cuma ane kasih harga 3,3jt Gan. JOSS bgt kan harga segitu dengan spesifikasi diatas? Begitu juga untuk seri T410, harga sama 3,3jt, bedanya seri T410 itu layarnya 14inci, untuk spesifikasi sama seperti X201 Gan.

8. Apakah Agan mempunyai supplier sendiri dalam mengirimkan barang? Berapa paling banyak Agan menjual laptop dalam satu bulan?

Ane ada suplier sendiri Gan. Untuk masalah mengirim barang ane dibantu sama adik dan teman ane Gan, untuk pengiriman luar kota ane berpartner sama JNE Gan, ane udah dapat diskon 15% karena ane member sudah lama dan point bejubel Gan hehe. Untuk 1 bulan paling banyak ane pernah jual sampai 50 laptop Gan.

9. Apakah dalam menjual barang elektornik ada tantangannya sendiri Gan? Seperti apa sih? emoticon-Big Grin

Tentu Gan, karena barang elektronik itu gampang rusak. Namanya juga elektronik Gan, salah pasang, atau kebanting sedikit aja bisa rusak. Nah dari sini ane bisa ambil hati customer, ane siap memberikan pelayanan dan aftersales yang terbaik Gan. Kebanyakan orang beli laptop khawatir untuk masalah pemakaian untuk jangka panjang, apalagi yang ane jual laptop second Gan, tp janGan khawatir, ane siap memberikan garansi, dan seperti yang ane jelaskan diatas, ane mau nama ane baik, makannya ane jaga aftersales. Alhamdulillah sampai detik ini customer ane banyak ya karena pelayanan yang ane berikan Gan. Untuk jaman sekarang uang no.2 Gan, yang paling penting pelayanan, disitulah tantangan berjualan barang elektronik, apalagi klo pengiriman jarak jauh. Ngeri Gan, ngeri dibanting-banting di expedisi jadi takut rusak.

10. Apakah lapak Agan hanya menjual barang atau juga bisa membantu reparasi barang Kaskuser?





Untuk saat ini ane juga membuka service, bagi yang punya Laptop ThinkPad monggo silahkan datang ke workshop ane Gan. Nanti bisa ane bantu, terutama untuk masalah software dan hardware bagian luar. Kalau mau upgrade-upgrade juga bisa Gan, tambah ram, dan ganti processor, atau mau ganti cover-cover dan sparepart lainnya, terutama ThinkPad ya Gan.

11. Untuk memotivasi Kaskuser, berapa kisaran omzet Betet89 tiap bulannya?
Hmmmmm, untuk masalah omzet ane perbulan Alhamdulillah Gan. Untuk saat ini belasan jut jut Gan, pernah sampai puluhan jut jut. Tapi pada intinya, berapapun pendapatan kita, yang penting kita bisa mensyukurinya dan bisa berbagi sama fakir miskin terutama anak yatim Gan.

12. Mengapa Agan membuka lapak di KASKUS? Apa manfaat dan cerita tentang KASKUS buat Agan hingga akhirnya mendapat penghargaan?

Karena KASKUS adalah The Largest Indonesian Community. Kaskus yang pertama untuk ane dalam mengenal dunia bisnis, kaskus yang pertama membuat ane punya banyak teman karena ane bergabung di forum regional kaskus, kaskus yang bisa bikin ane sukses sampai sekarang ini, karena kaskus bisnis online ane berkembang, karena kaskus customer ane jadi banyak, karena kaskus produk-produk yang ane jual bisa dilihat oleh seluruh penjuru dunia khususnya yang berada di Indonesia, karena kaskus dapur ane bisa ngebul, ane bisa beli motor, ane bisa nyicil rumah, ane bisa jadi jurAgan laptop, karena kaskus adalah jembatan dalam usaha online ane.

13. Apakah ada lapak offline (toko) Agan?

Ada Gan, silahkan datang ke Jln. Warga Bakti No. 105 RT. 08/03 Pulogebang, Cakung. Sebenarnya bukan toko Gan, bisa dibilang workshop aja Gan. Agan bebas mau pilih laptop, lampu, dll kebutuhan yang Agan cari tapi yang ane jual ya Gan. emoticon-Big Grin

14.Apa pengalaman lucu atau unik yang pernah dialami Agan selama berjualan?

Ini ni hahahaha, ane punya customer yang pernah sampai nginep di workshop ane Gan hahaha. Ane juga pernah ga tidur 2 hari untuk ngeladenin pesanan customer. Ane pernah kehujanan dan akhirnya neduh dimana hayoo? Di lubang selokan GOT Gan hahahaha emoticon-Big GrinUdah kaya kecoa Gan, ngumpet di GOT biar ga kehujanan. Pokoknya ane pernah dan sering suka duka COD dah Gan

15. Bagi tips untuk Kaskuser dong, gimana caranya jadi seller sukses di KASKUS emoticon-Big Grin

Tipsnya ni Gan:
Jujur, Mengerti apa yang Agan jual, Mengerti diri Agan sendiri, Mengerti kemauan Customer, Pelayanan No. 1, Respon cepat (SMS, WA, BBM, Email, TLP), Kualitas barang yang dijual, Menjadi Spesialis karena yang spesialis akan dicari orang, Harga kompetitif, Sering-seringlah pantau pasar kaskus, Jangan lupa sundul, Berkata sopan walau customer bawel, Jelaskan produk Agan sejelas jelasnya jika perlu berikan contoh dan gambar terbaik, jadi kaskus DONATUR kepercayaan orang akan bertambah, cantumkan alamat jelas jika Agan punya workshop jadi customer bisa langsung pantau barang ke tempat Agan, jangan takut rugi karena orang yang berani rugi adalah orang yang siap sukses, jangan pernah tolak ajakan COD jika memang masih bisa terjangkau, jika agak jauh ya minta uang bensin, banyak baca motifasi dan pengalaman dari seller-seller yang sudah sukses, yang terakhir jangan lupa SODAQOH. emoticon-Blue Guy Cendol (S)

16. Terima kasih Gan atas waktunya, sukses terus untuk lapak-nya!
Sama-sama Gan, semoga sharing ane bisa membuat Agan juga siap untuk berwirausaha Gan, karena diagama ane, 9 dari 10 pintu rezeki datangnya dari berdagang.

Terima kasih, Agan Betet89!

emoticon-Recommended Seller


Nama: Limantomo
Username: Betet89
Ngaskus Sejak: Desember 2009
Lapak: Thinkpad Jakarta
Diubah oleh KASKUS.Editor 23-03-2015 09:01
grg.
grg. memberi reputasi
1
175.7K
830
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.