Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1412
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5524a07d118b467a268b456c/jokowi-efek-share-yuk-dampak-kelesuan-ekonomi-pada-kondisi-usaha-kaskuser
Selasa, 31 Maret 2015 , 10:57:00 WIB RMOL. Saat ini omzet dari Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di seluruh Tanah Air mengalami penurunan dikarenakan daya beli rakyat yang semakin menurun. Hal ini tidak lain dikarenakan tidak stabilnya ekonomi Indonesia saat di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo. "Ini akibat tata kelola ekonomi bangsa yang semrawut dan distortif, melenceng dari Pancasila
Lapor Hansip
08-04-2015 10:29

[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser

Selasa, 31 Maret 2015 , 10:57:00 WIB
RMOL. Saat ini omzet dari Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di seluruh Tanah Air mengalami penurunan dikarenakan daya beli rakyat yang semakin menurun. Hal ini tidak lain dikarenakan tidak stabilnya ekonomi Indonesia saat di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Ini akibat tata kelola ekonomi bangsa yang semrawut dan distortif, melenceng dari Pancasila dan UUD 1945. Jika hal ini dibiarkan, bukan saja kedaulatan ekonomi bangsa yang robek, dan lebih dari itu pada akhirnya bisa bubarkan Indonesia," kata Ketua Umum DPP Asosiasi Pedangang Kaki Lima Indonesia (APKLI), Ali Mahsun, melalui keterangan tertulis, Senin (30/3).

Ali menggambarkan, kondisi dampak tak stabilnya perekonomian Indonesia di akar rumput, seperti bisul yang menganga. Sangat berbahaya, karena ketika terkena jarum kecil saja, dapat meluber ke mana-mana.

"Rakyat sangat penat bahkan putus asa. Semakin sulit memenuhi kebutuhan hidup. PKL pun menjerit omzetnya anjlok akibat semakin tak stabilnya ekonomi nasional. Jangan main-main, jangan coba-coba, apalagi utamakan kepentingan asing dalam kelola ekonomi bangsa," ujarnya.

Menurutnya, kesabaran rakyat ada batasnya. Rakyat bisa marah kalau perutnya keroncongan. Karena itu pemerintah harus segera mengatasi kesemrawutan dan distorsi tata kelola ekonomi bangsa.

"APKLI mendesak Presiden Joko Widodo tidak main-main, tidak coba-coba dan tidak utamakan asing dalam kelola ekonomi Indonesia. Jangan biarkan perut rakyat keroncongan. Jangan biarkan rakyat semakin jauh dari rasa aman, tentram, adil, dan sentosa," katanya.

Jika tak terpenuhi, Ali khawatir rakyat bisa marah. "Mengingat apa yang terjadi telah berada diambang toleransi. Baik itu kenaikan BBM maupun kenaikan sejumlah harga-harga kebutuhan pokok yang terus merangkak naik," tukasnya.

http://m.rmol.co/news.php?id=197457


ini trit ane bikin kayak trit sebelumnya di forum berita politik http://www.kaskus.co.id/thread/551a2...konomi-bangsa/ . trit sejenis pernah didelete sama momodemoticon-Najis (S)

ane bukannya ngejelein Jokowi ya.. tapi dampak kenaikan BBM, gas, listrik berdampak luas ke harga barang kebutuhan lain menjadi naik dari yang primer sampe yang tersier semua menurun bahkan ada yang sampe tutup

buat kalian yang suka komen BBM naik "cuma" seribu duaribu dll kebanyakan protes bla bla bla nih dampaknya mulai terasa sekarang terutama bagi para pedagang UKM

nih ya analoginya daya beli menurun ekonomi lesu

harga" BBM, GAS, listrik naik secara bersamaan padahal tau sendiri usaha jasadan barang banyak membutuhkan BBM, GAS, listrik. > harga barang lain ikutan naik dari harga barang dan jasa > barang naik, konsumen irit yang ga perlu ditunda dulu belinya ato yang dulu makan masak 4 menu dikurangi jadi 2-3 menu > rakyat ngirit efeknya ada barang yang tidak terbeli, penjualan omset profit pedagang menurun > barang numpuk, perputaran uang stagnan. pabrik produksi bisa" mengurangi produksi > pengusaha cost nambah, pendapatan menurun akhirnya beberapa memecat karyawan


itu real terjadi sekarang beberapa bulan terakhir terutama sejak jokowi dilantik, ditambah pelemahan kurs rupiahemoticon-Cape d... (S)
ini juga dikeluhkan oleh KADIN , perdagangan ritel 3 bulan terakhir minus 5%

pemerintah cuma diem aja pura" ga tau. bagi mereka duit subsidi dicabut, pajak ditarget tinggi . pemasukan apbn meningkatemoticon-Cape d... (S)

tim ekonomi kebinet jokoemoticon-Najis (S)

gimana agan" sekalian merasakan juga kan pada ngirit? yang pengusaha omset nurun? kecuali sembako, obat, pulsa emoticon-Big Grin
yang kerja di bank, sektor jasa dll juga bisa di share perkembangan gimana

wajib komenemoticon-Cendol (S) emoticon-Rate 5 Star

wajib buka


yang punya dagangan selipin info lapaknya juga gakpapa, buat promosi saat sepi emoticon-Malu (S)


Diubah oleh likekus
-1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 26 dari 72
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 13:34
ctrl+D ah,
pingin tau trit seperti ini biasanya bakal dihapus paksa sama petinggi kaskus atau kagak emoticon-Big Grin
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 13:34
Kalo pernah baca buku "Confessions of an Economic Hit Man" tulisan John Perkins akan paham kenapa ekonomi makro Indonesia selalu dianggap meningkat padahal berbeda jauh dengan kenyataannya.
Diubah oleh menanggalkan
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 15:45
Quote:Original Posted By beben_a1
Ternyata sepi nya nasional yah gan, ane kira cuma daerah ane aja. Sampe medan, jkt, dll juga sepi sampe sate gule pun sepi. Untuk daerah jawa (tengah,yogya, semarang, sby, dll) gmn nih? Blm liat ada laporannya.

Harus di apain yah biar ekonomi bergairah lg?? Masa harus di panggilin miyabi yah?

Pajak minta gede 1% dari omset gila aja. Untung kotor aja 3% gmn coba bayar nya?? Di kira kita kerja ini buat bikin kaya negara? Buat bikin kaya pejabat?? Kalo emg kita bayar pajak tp sesuai, kayak di ausie, singapur. Aman, tentram sih gpp. Lah ini, jalan protokol aja bolong2


Akalinnya ya lapornya omzetnya setengah dr real lah gan, Suru aja pegawai pajak tongkrongin toko agan Kalo gak percaya
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 16:30
Quote:Original Posted By sobakatsu
babeh ane punya usaha kecil2an juga, dan meski kecil udah bisa nguliahin 3 anaknya sampe lulus Alhamdulillah. Tapiii beberapa bulan belakangan beliau ngeluh kalo usahanya lesu bgt, gak cuman babeh..temen2nya juga sama. Pas baca trit TS ane jadi mikir ternyata dampaknya udah seluas itu yak, padahal belom setengah tahun. Jujur babeh ane pensboy jokopret..udah ane bilangin orang macam apa itu jokopret sejak sebelum pemilu, tapi namanya masayarakat kecil palagi yg gak sempet sekolah tinggi kayak babeh ane ..kalo udah liat pejabat (sok) merakyat senengnya bukan main, ngerasa diperhatiin, terlebih kampung kami gak jauh dari Solo dan berita di tipi yg lebay pisan (babeh ane g bisa internetan). Tapi babeh ane jauh lebih beruntung dari banyak KK lain yang masih banyak tanggungan, anak masih kecil2, butuh makanan cukup gizi dan biaya sekolah..:sigh
Ane cuma bisa berdoa kalo bener jokopret dan kroni2nya yg bikin orang Indonesia tambah sengsara, biarin mereka mengerak di neraka. Trus moga2 masyarakat Indo lebih melek politik, gak ketipu tampang dan lebih hati2 kalo milih prsiden.


Jokopret jaman 2012-2014 memang mempesona gan digosok terus beritanya emoticon-Mewek
Ini lesu biasa ato lesu karena sikon akhir" ini?

Berarti daerah dapil mentri princess emoticon-Embarrassment
Diubah oleh likekus
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 16:47
Quote:Original Posted By likekus


Jokopret jaman 2012-2014 memang mempesona gan digosok terus beritanya emoticon-Mewek
Ini lesu biasa ato lesu karena sikon akhir" ini?

Berarti daerah dapil mentri princess emoticon-Embarrassment


haha emoticon-Ngakak (S) ..betul, jateng kan kandang banteng gan
namanya usaha emang kadang sepi kadang rame..tapi katanya beberapa bulan ini sepinya gak umum, babeh ane sampe ngeluh..biasanya woles aja
kita liat aja menjelang bulan puasa tar gimana emoticon-Cendol (S)

0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 16:49
Quote:Original Posted By cintatanahair

bos, elu bsa ngmg gitu soalnya elu cuman LIHAT, elu bukan PELAKU. coba lu tanya bos nya gimana bisnis akhir2 ini trus lu post disini jawaban dia.

bisnis yg omsetnya anjlok dan ongkos produksi naik gila2an bukan cuman bisnis baru bos. bisnis yg udh jalan tahunan, belasan, puluhan taun jg anjlok sekarang. elu kira mereka yg teriak2 itu pengusaha kemarin sore ?

gw ngomong gini karena gw, rekan2 gw banyak yg bisnis, baik kecil maupun besar, baru maupun lama. dan SEMUA pengusaha yg gw kenal pada protes kebijakan ekonomi jokowi. bukan karena kita pendukung prabowo tp murni karena kita setres mikirin usaha dan karyawan

emang bener pasti gak 100% semua bisnis lesu. ada lah 1 - 2 yg bisa survive. tp lu liat yg lainnya. gw yakin SEMUA usaha sedikit banyak pasti terdampak sekarang. bbm, elpiji, listrik, pajak naik semua dan hampir bebarengan. nikmat mana lagi yang engkau dustakan ?


yoi bos, gw emang cuma LIHAT, gw cuma LIHAT dan mengamati bisnis bokap dan temen2nya dan emang kagak ada masalah, mau tau kenapa? sori buat komen sotoy gw dari sudut pandang orang yang cuma bisa LIHAT, tapi ini filosofi peraturan bisnis sederhana:

Jual barang & jasa jenis apapun selalu dibagi jadi 2 hal:
1) barang & jasa yang HARUS dibeli sekalipun harus berutang
2) barang & jasa yang AKAN dibeli kalo ada kelebihan uang

udah simpel, itu aja, dan gw yakin elu sebagai PELAKU yang usahanya sepi pasti paham maksud gw, dan bisa MENGKATEGORIKAN sendiri bisnis elu di nomor yang mana..

gw LIHAT bisnis bokap gw dan temen2nya ada di nomor 1,bisnis yang mau nggak mau orang harus beli / pakai jasa dari usaha mereka

gw cuma mau ngasih pandangan aja, karena bisnis kategori 2 itu bahaya, kenapa?

bisnis nomor 2 bergantung pada gaya hidup KONSUMTIF, dimana ada kelebihan uang, nggak ditabung malah dihamburin buat beli barang & jasa yang sebetulnya nggak dibeli pun nggak masalah,

gaya hidup KONSUMTIF bisa terjadi kalo masyarakat punya kelebihan uang dari [Gaji - Biaya Hidup] & kecil kesadaran buat nabung / mau jadi kaya

seandainya ekonomi stabil sekalipun, tapi masyarakat pola hidupnya tidak KONSUMTIF (ngejar buat jadi kaya dengan tidak menghambur2kan duit), bisnis nomor 2 apa tetap bisa jalan? masyarakat yang punya uang lebih milih nabung daripada dihamburin buat barang yang nggak urgent buat dibeli.. kalo gitu tetep aja kan bisnis nomer 2 bakal kesulitan karena bergantung pada KELEBIHAN uang masyarakat

semoga ente nggak panas baca tulisan gw, dan semoga bermanfaat bagi kaskuser lain emoticon-Big Grin

sekali lagi ini cuma PENDAPAT PRIBADI GW emoticon-Big Grin
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 17:27
Quote:Original Posted By rizky.veu


Ane tw kok rasanya gan. Soalnya paman ane jga usahanya lgi anjlok dan hari sabtu ini udah tutup. Pdahal udh modal milyaran.
Tpi ane tdk menyalahkan ini itu. Menurut ane memang usahanya krang tepat, mulai dri marketingnya tdak ada sama sekali dan lokasinya kgak mendukung! Jdi ini bkan salah pemerintah hehe! Salah managementnya dan promonya krang banget.

No ofeence, ane positive slalu bwt pemerintah


Gak selalu pemerintah itu jalannya positive bro.. malah banyak pemerintah yang berjalan negative.. Contohnya pemerintahan Nazi Jerman dulu.. Atau pemerintah Hindia Belanda? Itu kan juga pemerintah.. Ndukung positive yang kayak gitu??
Namanya juga manusia, kalo udah dapet kekuasaan memang rentan disalahgunakan, kemakan sama nafsu pribadi.. Maka dari itu kita harus selalu mengawasi dan mengkritisi pemerintah..

0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 17:42
Quote:Original Posted By menanggalkan
Kalo pernah baca buku "Confessions of an Economic Hit Man" tulisan John Perkins akan paham kenapa ekonomi makro Indonesia selalu dianggap meningkat padahal berbeda jauh dengan kenyataannya.


jelasin dong gan
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 17:43
ya milih wowo siapa sih...
rindu dulu semua harga masih stabil gak kayak sekrang kayak remaja ababil yg alay
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 18:29
Quote:Original Posted By cybermelikan
ini aja belum lebaran gan, bagaimana coba kalo udah lebaran?

Mungkin nanti kalo pas idul adha udah jarang yang qurban kambing apalagi sapi dan kemungkinan qurbannya jadi qurban ayam. (maybe)


kalo ayam juga mahal mungkin korban perasaan saja kayanya
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 19:12
emang semua usaha pada was-was ke jurang kehancuran gan. biarpun ane buruh pabrik produksinya mulai menurun dan mulai pengurangan karyawan. udah gtu usaha sampingan ane rada berkurang karna semuanya harga dan pajak naek. usaha ane cuma agen gas elpiji itu pun yg ngurus nyokap keuntungannya ga seberapa mana distribusi dari pertaminanya labil lagi jadinya gas melon langka di mari
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 20:17
Quote:Original Posted By cissors
usaha keluarga gw lancar2 aja, tetep seperti biasanya kok emoticon-Malu (S)


usaha apa an gan?
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 20:29
kata siapa jualan online fine2 aja ? yg kasih solusi jualan online aja coz pembelinya pada pindah ke online , kalau toko biasa harganya mahal ? hmm , emng lu mau produknya laku 100% tapi ga dapat untung sama sekali ?

ane ngerasain gan efeknya 3 bln belakangan ini , biasanya toko online ane kebanjiran order dari tgl 1-15 tiap bln , pas tgl2 itu bnyak org yg minta norekening buat transfer , nah sekarang siklusnya cuma 3hr doang , habis tgl 4 tiap bln org2 pada bilang " ane minat ma xxxxx gan tp trfnya nunggu gajian bln depan ya " , padahal baru kemarin konsumen pada terima gaji .
0 0
0
Post ini ditandai sebagai spam
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 20:44
Quote:Original Posted By aldean1605
ya gan dosen ane juga pernah bilang, >50% tepat nya gk tau berapa, tapi persis seperti yg agan ini bilang. Semoga indonesia bisa kembali normal masa paceklik nya gan emoticon-Shakehand2


iya gan ane juga aneh sama kebijakan yang dibikin sama pemerintahan sekarang kenapa banyak yang justru blunder..diantaranya pelemahan KPK secara ga disadari pemerintah memberikan borok sama dirinya sendiri bahwa pemerintah tidak mendukung kejujuran ya pantes aja dolar jadi 13.000 sekarang negara mana yang mau nanem modal di negara lain yang udah tau ga jujur ..aneh..

kedua petugas pajak diberi bonus besar padahal gaji juga udah gede..emang sih pajak merupakan pengumpul terbesar sumber dana tapi kenapa sektor produksi justru di cuekin dan pajak jadi anak emas..sekarang analoginya kalo semua orang kepengennya jadi petugas pajak atau katakanlah PNS terus negara uangnya mau dari mana? yang mau produktif kerja dan berdagang siapa?

ayolah pemerintah / para pembuat kebijakan sadarlah ...dukunglah sektor yang benar benar produktif jangan maen aman semua orang mau jadi PNS mau jadi apa negeri ini?
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 21:36
ane mau nambahin gan.. ane punya usaha dibidang fashion dimulai dari tahun 2010 yang selalu meningkat omset perbulannya.. market base ane di online saja, ya memang online 5 tahun lalu adalah sebuah solusi utk memasarkan produk tanpa banyak potongan kaya jualan offline. omset bulanan ane hampir menyentuh 100jt. tadinya ane optimis bila jokowi jadi presiden dia akan membantu pelaku bisnis online. eh tapi kenyataan dia malah mau netapin pajak buat para pelaku bisnis online. dan sangat terasa 2 bulan ini omset ane anjlok sampe 70% padahal target market bisnis ane strata menengah ke atas.. solusinya ane putar haluan berjualan dengan dollar pasar luar negri.. tapi belom ampuh karena butuh waktu utk trial dan error.. dan masih berjuang demi 7 pegawai ane.

utk yang mau coba berdagang barang buatan sendiri ke pasar asing silahkan pake www.etsy.com (tapi berbayar) atau yg gratis www.bigcartel.com atau yg totally gratis bisa pake www.storenvy.com selamat mencoba!

pengusaha muda tidak boleh kalah ide. kita harus coba cara alternatif yg kreatif utk mencari peluang dikondisi yg seperti ini. tetap semangat dan berdoa!

turut prihatin dengan kondisi seperti sekarang.. SEMANGAT! dan segera ganti presidennya!
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 21:52
Quote:Original Posted By kyociro


Tambahan lagi...Sebenarnya Indonesia sudah harus melakukan penghematan besar2an dari segala sektor..gua saja heran Indonesia masih bisa ngak colaps di hadang krisis berkali-2. Kalo perlu seperti di China...misalnya ...koruptor di Hukum Mati, setiap warga cuma boleh py anak 1 spy beban subsidi negara tdk makin bertambah saja, perusahaan yg merugikan pemerintah di sita dan pemiliknya di hukum mati.. dst..dst. Kalo utk program KB menurut saya cocoknya Indonesia ini setiap warga harus KB anak 2, jadi kl orang kaya kalo mau nambah anak ke 3 bayar 20 juta lagi, anak ke 4 bayar 40 juta...dst2. Nanti uangnya bisa dipake untuk pendapatan negara dan bisa dipake utk subsidi rakyat miskin....
Tapi ya begitulah Indonesia negara dengan populasi yg sangat besar dan konsumsi yg sangat besar tetapi daya saing SDMnya minim di banding negara tetangga lain.. Akhirnya begitu ada krisis..negara tdk sanggup menopang populasi yg banyak dengan tingkat daya saing SDM yg rendah.


Setuju ama agan ini..
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 21:57
Quote:Original Posted By bandrex87


Memang ndak hrs selesai semua masalah gan.. Tapi paling ndak tidak lebih buruk dr taon sebelumnya... emoticon-Sorry


apa parameternya bisa bilang taon ini lebih buruk dibanding taon sebelumnya ? emoticon-Smilie

BBM naek ? jaman SBY juga BBM naek. Trus diturunin lagi. Jaman Ibu Mega juga BBM naek. Jaman Soeharto apalagi, berapa kali BBM naek.

listrik naek ? sama juga cing, presiden gonta-ganti juga tarif listrik naek. Gue memulai bisnis taon 2001, dan alangkah indahnya tarif listrik kala itu kalo dibandingin (ngga usah dibandingin ke taon sekarang deh, ke taon sebelumnya aja dulu ...... emoticon-Big Grin) dgn taon 2008, aja.

harga bahan baku naek ? pelajaran ekonomi dikit nich, sebagai negara yg sehat, tingkat inflasi 5-10 % tu wajar, sebagai tanda aktifitas ekonomi yg bergairah. Mau tau contoh negara yg tingkat inflasinya di bawah 1 % ? ngga usah jauh2, tu Brunei Darussalam. Sumber daya alamnya berlimpah, penduduknya cuman maksimal 500 ribu jiwa. Bandingin sama kotamadya di Jakarta juga masih jauh lebih sedikit Brunei.
Selain migas, Brunei relatif minim sumber daya alam. Produk konsumer banyak diisi oleh barang impor. Jangan cari daerah kayak Tambun, Karawang, Cikarang, Batam dan MM2100 (alias daerah industri berisikan pabrik2 segala rupa) di Brunei. Mau bikin pabrik apaan ? pasarnya cuman 400 ribu kepala emoticon-Big Grin
Mau bandingin RI dengan Brunei Darussalam ? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

harga gas naek ? yg bikin program peralihan dari minyak tanah ke gas, era presiden siapa ? taon berapa ya ?

pajak ? dari jaman dulu juga pajak kan ada. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

dolar US naek ? nah, taon 1998, inget ngga ? naek dari berapa ke berapa tuh ? berapa persen melonjaknya ? perasaan gue, banyak yg bangga tuh karena bisa memimpin perusahaan melewati krismon. CEO macam gini, kan sekarang2 juga kagak ngeluh tuh soal nilai tukar IDR against USD.

yg makin murah kan juga ada : tarif seluler, tarif internet, tarif penerbangan, harga perangkat elektronik, harga kendaraan, dsb.

perasaan gue, waktu alm. Om Bob Sadino baru berpulang, di Kaskus sini lumayan rame membahas petuah2 dan perjalanan bisnis alm. Om Bob. Kok sekarang kayak gone with the wind gitu aja ?
ngga heran kalo puluhan taon lalu, presiden pertama republik ini sudah was2 kalo bangsa ini mudah melupakan nilai historis, sehingga beliau melontarkan salah satu jargon tenarnya : Jas Merah ! emoticon-Smilie


0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 22:01
Percuma bro situ ngomong ampe berbusa di mari
Di mari banyak panastak die hard yg ngomong "kita jangan selalu nyalahin pemerintah blablabla"
Gatau juga tuh panastak di sogrok apa sama si kodok emoticon-Nohope
Diubah oleh nopeace
0 0
0
[Jokowi EFEK] Share Yuk Dampak Kelesuan Ekonomi pada Kondisi Usaha kaskuser
11-04-2015 22:06
bikin bisnis satu macem, dengan pola satu macem, kemudian laris, dan terus mengharapkan everything remain the same ?
masuk kerja lalu dikasih job desc., terus sukses di job desc. dan posisi tsb., dan kemudian terus mengharapkan everything remain the same sampe pensiun ?

kalo gitu, Research in Motion dan Nokia tampaknya juga harus mengeluh ya ...... emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 26 dari 72
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia