News
Batal
KATEGORI
link has been copied
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d7880a128b4678608b456f/4-kecurangan-minimarket-amp-supermarket-di-indonesia
Keberadaan ritel besar maupun kecil memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli barang kebutuhan pokoknya. Apalagi, usaha ritel memberikan keuntungan cukup besar bagi pemiliknya, namun tak jarang pula yang melakukan kecurangan demi meraup keuntungan besar. Kondisi ini dialami oleh warga bekasi, di mana uang kembalian yang harusnya dikonversikan dalam bentuk sumbangan tidak dimasukkan ke dal
Lapor Hansip
08-02-2015 23:00

4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia

Keberadaan ritel besar maupun kecil memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli barang kebutuhan pokoknya. Apalagi, usaha ritel memberikan keuntungan cukup besar bagi pemiliknya, namun tak jarang pula yang melakukan kecurangan demi meraup keuntungan besar.

Kondisi ini dialami oleh warga bekasi, di mana uang kembalian yang harusnya dikonversikan dalam bentuk sumbangan tidak dimasukkan ke dalam struk belanja. tak pelak, mereka memprotes kebijakan perusahaan ritel yang dinilai mencari keuntungan berkedok uang sumbangan.

Hanani misalnya, warga Bekasi Barat ini menganalogikan, jika satu minimarket berhasil menarik 'uang kembalian' Rp 200 setiap harinya terhadap satu pembeli. Maka, dalam sebulan pendapatan donasi mencapai Rp 6 ribu.

Namun, kecurangan ini tak hanya dialami Hanani, masih banyak kecurangan-kecurangan yang pernah dirasakan masyarakat saat berbelanja di ritel modern. Berikut rangkumannya:


1. Sumbangan tak masuk nota

Sejumlah warga Kota Bekasi, Jawa Barat mempertanyakan pengembalian dari minimarket Alfamart yang nilainya di bawah Rp 500. Soalnya, sering kali pelayan toko menawarkan kembalian didonasikan untuk sosial. Tapi, herannya tak tercantumkan donasi di dalam struk belanja.

"Sering, kadang Rp 100-400. Biasanya menawarkan dulu mau didonasikan apa enggak. Tapi kebanyakan saya donasikan," kata Hanani, warga Bekasi Barat saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (4/1).

Dia menganalogikan, jika satu minimarket berhasil menarik 'uang kembalian' Rp 200 setiap harinya terhadap satu pembeli. Maka, dalam sebulan pendapatan donasi mencapai Rp 6 ribu.

Dhendy, warga Pondok Gede, mengaku heran kenapa selama ini pihak Alfamart tidak pernah memberikan tanda bukti donasi.

"Padahal saya sering ditawari untuk donasi dari uang kembalian yang nilainya ganjil. Namun mereka tidak pernah memberikan bukti dari donasi tersebut seperti donasi dari PMI," ungkapnya.

Pihak Alfamart membantah kalau dalam struk belanja tak tercantumkan nilai donasi dari customer atau pelanggan. Nilai itu tercantum bersama dengan total belanjaan.

"Nominalnya sesuai dengan yang diamalkan," kata seorang karyawan toko Alfamart di bilangan Bekasi Selatan, Ari saat ditemui merdeka.com, Rabu (4/2).

Menurut dia, donasi tersebut dalam struk bertuliskan pundi amal. Ia mengatakan, donasi itu tergantung dari customer atau pelanggan yang belanja. "Terserah mau didonasikan atau enggak. Kalau enggak, ya akan dikembalikan sesuai dengan nilai kembalian," katanya.


2. Kembalian permen


Uang kembalian diganti permen ini sepat menghebohkan publik Tanah Air. Kejadian ini sempat booming pada 2008 lalu, di mana hampir semua toko dan pusat perbelanjaan mensiasati kekurangan dengan permen.

Beberapa pembeli yang menyadari kesalahan itu lantas menggelar protes, tak pelak media sosial menjadi media curhat pembeli yang merasa ditipu. Apalagi permen tersebut tidak dimasukkan dalam struk belanja.

masyarakat pun mengeluhkan kebijakan pemilik toko mengganti uang kembalian dengan permen. Sebab, kembali berupa permen dipandang merugikan, karena dianggap bukan transaksi jual beli.

Kondisi ini menjadi perhatian pemerintah kala itu, bahkan meminta toko-toko, baik minimarket maupun hypermart sekalipun. Pemerintah pun membuat aturan tegas, melarang seluruh ritel memberikan kembalian berupa permen.

"Peritel harus sebisa mungkin memberikan kembalian berupa uang, harus berusaha mendapatkan stok uang logam cukup untuk memberikan kembalian transaksi," kata Pelaksana Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abad, Kamis (2/9/2010).

Direktur Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Radu M Sembiring sependapat dengan Tulus. "Harus diberi pilihan dulu, jangan langsung bilang karena tidak ada koin kembaliannya disumbangkan saja," katanya.

Ketua Harian Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan beberapa peritel memang menjalin kerja sama dengan lembaga kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan dari sisa uang belanja konsumen. Upaya itu, dilakukan untuk menyiasati keterbatasan ketersediaan uang pecahan logam untuk mengembalikan sisa belanja konsumen.


3. Beda harga di rak dan kasir

Perbedaan harga antara yang terpajang di rak dengan kasir ini juga bikin heboh publik Tanah Air. Alhasil, pembeli harus membayar lebih saat melakukan pembayaran.

Sebagai contoh, pembeli membeli produk A di mana harga dalam rak menunjukkan harga Rp 12.300, namun saat akan dibayar, pembeli harus membayar sebesar Rp 12.900.

Tak jarang ketika pembeli memprotes perbedaan harga tersebut ditanggapi negatif oleh penjaga kasir. Meski pada akhirnya mereka mengembalikan selisih harga yang dibayarkan dengan harga rak.

Ternyata, keluhan serupa juga dialami sejumlah pembeli yang berbelanja di supermarket maupun hypermarket. Perbedaan harga itu jelas terasa karena biaya yang harus dibayarkan melebihi beban yang sudah diperhitungkan pembeli.

Tindakan itu jelas melanggar Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 1999, tentang Perlindungan Konsumen. pemerintah pun mengancam akan menutup ritel yang nakal jika ketahuan melakukan kecurangan.

Diam-diam naikkan harga
Peristiwa menaikkan harga tanpa sepengetahuan pembeli sempat dialami seorang pembeli bernama Lia. Kejadian ini berlangsung ketika dirinya membeli beberapa barang di sebuah minimarket dekat tempat kerjanya. Ketika itu dia hanya berbelanja dua item, yakni sebuah roti dan minuman. Namun harga yang harus dibayarkan ternyata mencapai Rp 20 ribu. Sedangkan uang yang dikembalikan hanya Rp 6 ribu,

"Masa beli segini doang sampe Rp 25 ribu, roti dan minuman. Setelah ditanya total berapa dia malah minta maaf," ungkap Lia. Alhasil, dirinya mendapat kembalian yang dihitung dari selisih harga antara di rak dengan kasir.

Namun, saat ditanya mengapa memberi harga berbeda, penjaga kasir hanya mengaku lupa memberikan harga promo. "Tapi saat dikasih lihat struk belanja, ketahuan dia berbohong karena jelas harganya beda banget," keluhnya.

Source: Merdeka.com
Diubah oleh addriadi
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
11-04-2015 16:43
Quote:Original Posted By luckisan
Ada lagi gan yang curang. Alf*mar* tuh sering ada promo kumpulin kupon. Kalo belanja kelipatan yg ditentuin dapet kupon. Kadang udah belanja banyak tapi ga dikasih kupon nya nih. Mesti di tegor dulu baru kasih. Trus belanja produk sponsor kadang ga ngefek nambahin kupon nya gan. Tipu tipu aja


Ditegor aja gan kasirnya, ga salah kalo kita yang tau ada promo itu buat ingetin, mungkin aja dia lupa. ane juga pernah gitu.
kalau ada promo, tapi dibilang ga ada. nah itu baru pelanggaran
0 0
0
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
11-04-2015 21:44
Lha kok habis 3, 3 lagi gan. Tapi nais info gan emoticon-Big Grin
0 0
0
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
18-05-2015 09:44
ane seringnya dinonasiin, entah mau ditilep apa bnr2 disumbangin ane ga ngurus,,, kapan lagi bisa nyumbangin duit segitu (100-500) perak? emoticon-Big Grin niatnya udah bener, udah jadi amal. Tinggal pihak ritel nya aja yang harus konsisten ma niatnya. Kalo permen paling pas diwarung2 kecil yang penjualnya udah akrab ma ane.
0 0
0
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
18-05-2015 10:18
berarti karyawannya punya otorita untuk ubah harga di mesin pos nya
0 0
0
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
18-05-2015 15:43
tanpa tanya dlu ke ane tu kasir udah masukin aja ke nota, biasanya kan kasir nawarin " 700 nya mo disumbangin pak".. ini ma kgak, pas sampe rumah bru ane liat tu struk ternyata ada sumbangan donasi
0 0
0
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
19-05-2015 22:38
Quote:Original Posted By FatMan
Makanya ane kalau belanja di segala macam (mini/super/hyper)market, gak pernah pakai uang tunai gan.
- Belanja jumlah kecil => pakai uang elektronik spt BCA Flazz atau Mandiri e-Money
- Belanja jumlah besar => kartu debit atau kartu kredit.
Jadi jumlah pembayaran bisa pas sampai satuan sen (kalau perlu), gak ada alasan buat kasir untuk kasih kembalian berupa permen atau menawarkan uang kembalian yang pecahan kecil untuk sumbangan.


Klo belanjanya cuma dikit, suka males pake gituan Gan hehe

Quote:Original Posted By rb182
tapi sekarang udah gaada gan kembalian permen emoticon-2 Jempol


Iya Gan udah jarang, paling diminta donasi

Quote:Original Posted By robbydelonge182
Bener banget ini gan... Ane sering banget belanja di market modern... Kembalian di donasi in katanya... Tp ane ga ngerti donasi kemana untuk siapanya


Mendingan ditanyain kayak gitu Gan, biar jelas.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By MeiCHocoEido99
Mak gw juga pernah blanja 120 dibayar pake 100nya 2 trus dibalikin cm 30 ribu. Hrusnya kan 80, kasirnya bilang gni " OH IYA GAK LIAT"


Waduh gampang bener ya bilang gak liat emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By luckisan
Ada lagi gan yang curang. Alf*mar* tuh sering ada promo kumpulin kupon. Kalo belanja kelipatan yg ditentuin dapet kupon. Kadang udah belanja banyak tapi ga dikasih kupon nya nih. Mesti di tegor dulu baru kasih. Trus belanja produk sponsor kadang ga ngefek nambahin kupon nya gan. Tipu tipu aja


Klo kupon udah terkumpul kadang stock bonusnya abis juga gak (pengalaman) emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By natadicoco
tapi saya sebagai pembeli ikhlas gan, kan niatnya emang nyumbang entah mau di apain uang sumbangan biar yg nanggung dosa dan akibat pihak supermarket.


Iya Gan, yg nyumbang gak akan salah krn niatnya udah baik, tp baiknya ditanya dulu aja disumbangin kemana hehe...


Quote:Original Posted By donnierichard
namanya jg bisnis, gan. psti ada yg bgituan..


Selalu ya Gan ....

Quote:Original Posted By masuf
Iya Bener GaN Gw jg pernah Ngalamin Itu emoticon-Cendol (S)


Hehe.... banyak yang ngalamin kayaknya ya emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By deedeemo
taun kemaren kabarnya alfamart merugi gan. kalau soal kecurangan itu SDM anak2 tokonya aja masalahnya gan.


Semoga aja emang dari karyawannya yang nakal Gan, bukan di sengaja dari "atasnya"

Quote:Original Posted By smoxrz
TSnya curang... aslinya cuma 3 tapi dibikin 4...
emoticon-Bingung


Hehe sorry Gan, udah di edit

Quote:Original Posted By alirusydi
Soal beda harga display dan struk baru saja kejadian.

Kronologis:
Beli SKM merek carnation harga display Rp. 8.800.- namun cetakan struk tiba2 jadi Rp. 10.100.- apakah ini hanya u/ menggenapi belanjaan saya satunya sebesar Rp. 9.900.- sehingga total Rp. 20.000.-
Mungkin buat kalian itu hanya duit kecil yang remeh temeh sebesar Rp. 1.300.- namun ini bukan soal nominal. Ini soal indikasi penipuan dan ketidakjujuran.

Mohon luangkan waktu 5 detik u/ mencegah indikasi penipuan beda harga display dan struk terjadi.


4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia


Nah, ada kejadian lagi ni... thanks share-nya....

Quote:Original Posted By hanpand
keempatnya apa gan?


Udah di edit di depan Gan sorry salah masukin hehe...

Quote:Original Posted By imrifpo
Kalau dibalikin permen sering gan, padahal udah minta uangnya tapi tetep diberi permen gan kembaliannya
BTW TSnya curang nih 3poin dibilang 4poin


Hehe... Sorry Gan, udah di edit


Quote:Original Posted By sejukelektronik
itu sih udah sering gan.....tapi klo unt donasi gpp lah


Siipppp
Diubah oleh addriadi
0 0
0
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
10-09-2020 22:13
Permen bukan mata uang
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
4 Kecurangan Minimarket & Supermarket Di Indonesia
29-03-2021 00:28
Nomor 2 dan nomor 3. Itu yg paling gw ga suka banget
0 0
0
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia